Manfaat Buah Naga Untuk Tubuh

Posted in: Informasi
Tagged: Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Tubuh – Buah naga merupakan salah satu buah yang memang cukup populer sekarang ini, karena rasanya yang manis dan segar. Manfaat buah naga sendiri sebenarnya cukup banyak dan sangat baik untuk tubuh kita, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Mari kita pelajari lebih dalam soal buah naga ini meliputi manfaat dan juga kandungan yang ada di dalamnya. 

Manfaat Buah Naga Untuk Tubuh

unsplash.com

Jenis Buah Naga

Buah naga sendiri memiliki jenis yang sebenarnya cukup banyak, akan tetapi yang populer di Indonesia hanya ada beberapa saja. Salah satu jenis yang mungkin paling populer adalah buah naga merah, karena rasanya yang sangatlah manis sekali. Padahal buah naga merah sendiri ada 2 lho, ada yang merah pekat dan ada yang hanya merah biasa saja. 

Sebenarnya jenis dari buah naga ini sendiri ada 6, berikut ini beberapa jenis dari buah naga.

  1. Buah Naga Putih
  2. Buah Naga Merah
  3. Buah Naga Merah Pekat
  4. Buah Naga Kuning
  5. Buah Naga Hitam
  6. Buah Naga Oranye

Jenis buah naga diatas sebenarnya dilihat dari warna daging dari buah tersebut yang memang beragam sekali ya. Untuk kandungan yang ada di dalam setiap buah naga itu tidak banyak berbeda, jadi rata-rata hampir sama. 

Kandungan Dalam Buah Naga

Buah naga memiliki kandungan vitamin dan juga nutrisi yang cukup banyak, sehingga jelas memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat buah naga merah dan juga jenis yang lainnya itu didapatkan karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah tersebut. Berikut ini kami beberapa kandungan dari buah naga yang perlu kalian ketahui. 

1. Magnesium

Salah satu kandungan yang ada di dalam buah naga itu adalah magnesium, ini merupakan kandungan nutrisi yang sangat penting. Kandungan magnesium dalam 100 gram buah naga itu bisa sampai 10% lho, jadi cukup besar ya. Kandungan ini memberikan manfaat buah naga yakni mencegah kram otot dan memberikan stamina lebih saat berolahraga. 

2. Vitamin C

Buah naga juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar, sehingga akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C di buah naga bisa merangsang pembentukan kolagen serta membantu penyerapan zat besi. 

3. Kalsium

Kandungan gizi pada buah naga merah berikutnya adalah kalsium yang merupakan nutrisi yang sangat baik untuk tulang. Sehingga buah naga ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu kita memenuhi kebutuhan kalsium harian kita. Ini supaya tulang tetap terjaga kesehatannya sampai kita tua. 

4. Zat Besi

Kandungan berikutnya adalah zat besi yang berperan sangat penting di dalam tubuh dan menjadi kebutuhan bagi tubuh kita. Kalau sampai kekurangan zat besi, maka tubuh akan mengalami banyak sekali gangguan ya. 

5. Vitamin B2 Dan B3

Vitamin pada buah naga itu ada beberapa, selain vitamin C ada juga vitamin B2 dan juga vitamin B3. Vitamin B ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolisme tubuh dan juga menjaga fungsi jaringan tubuh tetap sehat. 

6. Antioksidan

Buah naga juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi lho yang tentunya akan bisa dipakai untuk menangkal radikal bebas. Kehidupan manusia jaman sekarang sangat dekat dengan radikal bebas, jadi buah naga ini sangat baik untuk dikonsumsi. 

Manfaat Mengonsumsi Buah Naga

Dari kandungan yang ada di dalam buah naga ini, maka kita tahu kalau ada banyak sekali manfaat buah naga ini. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita mengonsumsi buah naga secara rutin dan juga benar. 

1. Mencegah Diabetes

Manfaat yang pertama adalah bisa dipakai untuk mencegah diabetes atau menjaga kadar gula di dalam darah. Buah ini memiliki kadar glikemik yang rendah, sehingga sangat aman untuk bisa menjaga gula darah. Selain itu ada magnesium juga yang bisa membantu menstabilkan gula darah. 

2. Mencegah Hipertensi

Manfaat yang kedua adalah mencegah hipertensi, ini karena kandungan magnesium dan nutrisi lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah. 

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Buah naga tentu memiliki serat, sehingga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan di tubuh kita. Bila sistem pencernaan sehat, maka tubuh pun akan jadi lebih sehat. 

4. Mencegah Anemia

Salah satu kandungan buah naga itu adalah zat besi dan juga vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Sehingga buah ini bisa mencegah anemia dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang sering mengalami anemia. Ini menjadi salah satu khasiat buah naga.

Tips Konsumsi Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah yang bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara, namun harus diperhatikan soal gizi dan nutrisi ya. Karena kalau konsumsinya salah, maka mungkin kandungan nutrisi didalamnya sudah berkurang juga. Berikut beberapa cara mengonsumsinya. 

1. Dibuat Minuman

Cara yang pertama adalah dibuat minuman seperti misalnya dimasukkan ke dalam sop buah atau bisa juga dibuat jus. Manfaat jus buah naga itu sangatlah baik bagi tubuh kita, karena kandungan nutrisinya masih tetap banyak.

2. Dimakan Langsung

Cara yang kedua adalah dengan dimakan langsung, jadi dikupas dan kemudian dipotong-potong dagingnya untuk dimakan. Ini adalah cara yang paling sederhana dan tentunya menjadi cara yang paling tepat untuk mengonsumsi buah naga untuk mendapat nutrisi yang lengkap. 

Ada satu hal yang harus dihindari bila akan mengonsumsi buah naga ini ya, salah satunya adalah perhatikan warna dan tekstur daging buahnya. Kalau sudah berubah kecoklatan dan tekstur sudah lebih lembek, maka sebaiknya jangan dikonsumsi ya. Karena biasanya itu berbahaya dan bukan manfaat buah naga yang kita dapatkan malah bisa membuat kita mendapatkan penyakit. 

Tips Menyimpan Buah Naga

Supaya kandungan vitamin buah naga itu tetap terjaga, maka cara menyimpan buah naga ini pun harus sangat diperhatikan ya. Karena apabila cara menyimpannya salah maka akan cepat busuk dan mungkin beberapa kandungan vitamin akan berkurang. Berikut ini beberapa tips bila ingin menyimpan buah naga dengan jenis apapun juga di rumah Anda. 

  1. Bungkus plastik terlebih dahulu sebelum kalian masukkan ke dalam lemari pendingin
  2. Jika sudah memotong buah naga, maka sebaiknya langsung dihabiskan ya, jangan disimpan lagi. 
  3. Bila memang sudah terlanjur dipotong dan ingin disimpan, maka masukkan ke wadah yang kedap udara sebelum dimasukkan kulkas. Ini supaya kesegaran dari buah naga masih terjaga meski sudah dimasukkan ke kulkas. 

Buah Naga Baik Untuk Diet

Buah naga itu memiliki kadar kalori yang sangat sedikit, akan tetapi memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga ini sangat baik untuk diet karena kalorinya sedikit namun sangat cepat membuat kita kenyang. Jadi salah satu manfaat buah naga adalah bisa menjadi menu diet yang baik. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah