10 SMP Terbaik Jakarta Untuk Acuan PPDB 2021

10 SMP Terbaik Jakarta Untuk Acuan PPDB 2021 — Sebelum melakukan pendaftaran PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru, kamu bisa mencari dan mempertimbangkan beberapa sekolah yang masuk dalam daftar sekolah terbaik.

Pada artikel Mamikos kali ini, Mamikos akan coba memberikan daftar lengkap sekolah yang masuk dalam kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) terbaik di Jakarta. Jadi, apabila kamu sudah tidak sabar dengan daftarnya, langsung saja simak penjelasan berikut.

Daftar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbaik di Jakarta

haikalpramono.blogsot.com

Seperti yang sudah Mamikos singgung di atas bahwa pada kali ini kamu akan mendapatkan info terkini mengenai daftar SMP (Sekolah Menengah Pertama) terbaik yang ada di Jakarta.

Dengan mengetahui daftar Sekolah Menengah Pertama (SMP) terbaik tersebut, kamu akan mengetahui apa saja keunggulan antara satu dengan yang lainnya. Di sana juga kamu akan melihat sebuah perbedaan dan bisa mempertimbangkan SMP yang paling cocok sebelum kamu mendaftar PPDB tersebut.

Kalau begitu maka langsung saja simak informasi selengkapnya sebagai berikut.

Rekomendasi SMP Terbaik Jakarta

1 SMP Negeri 115 Tebet, Jakarta

– Nilai Rata-rata UN 93,78

– Lokasi sekolah berada di Jalan KH. Abdullah Syafei No.8, Tebet, Jaksel

Dari rekomendasi pertama Mamikos pada kesempatan kali ini adalah SMP Negeri 115 Tebet yang lokasinya bisa dibilang tidak terlalu jauh dari Stasiun Tebet. Sekolah ini memang sudah terkenal sebagai salah satu SMP terbaik yang ada di Jakarta.

Selain dari segi pengajaran yang diberikan, fasilitas yang disediakan sekolah juga terbilang lengkap. Di SMPN 115 Tebet ini terdapat 28 ruang kelas, perpustakaan, lapangan olahraga, lapangan utama sekolah dan memiliki sekitar 50 tenaga pengajar.

Di tahun 2019 lalu, nilai rata-rata UN SMPN 115 Tebet Jakarta ini menjadi yang tertinggi terutama di tingkat provinsi. Selain itu, SMPN 115 Tebet juga menduduki posisi ke-3 tingkat nasional.

SMPN 115 Tebet bukan hanya unggul dalam prestasi akademik saja. Para siswa di sekolah ini juga memiliki banyak prestasi di bidang non-akademik yang cukup membanggakan. Tak heran jika sekolah ini menjadi salah satu SMP terbaik di Jakarta.

2. SMP Negeri 255 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 92,06

– Lokasi sekolah berada di Jalan Raden Inten II, Duren Sawit, Jaktim

Dari daftar SMP Negeri terbaik Jakarta rekomendasi Mamikos ada SMPN 255 Jaktim yang memperoleh nilai rata-rata UN tertinggi ke-2 setelah SMPN 115 Tebet. Hal tersebut membuat SMPN 255 Jaktim ini menempati posisi tertinggi nomor 7 setelah SMPN 1 Godean, Yogyakarta.

Apabila meninjau fasilitas sekolah, di SMPN 255 ini terdapat bangunan sekolah yang terbilang luas. Di sana ada lapangan utama, puluhan ruang kelas, perpustakaan, dan ruang lainnya yang cukup lengkap.

Sekolah Menengah Pertama Negeri 255 Jakarta Timur ini sudah mendapat predikat akreditasi A lho. Hal tersebut tentu jadi alasan kuat mengapa SMPN 255 ini begitu diidamkan banyak siswa tiap tahun ajaran baru dimulai.

3. SMP Negeri 49 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 90,57

– Lokasi sekolah berada di jalan Raya Jakarta-Bogor KM 2, Kramat Jati, Jakarta Timur

Daftar SMP terbaik Jakarta berikutnya yang masuk dalam rekomendasi Mamikos ini adalah SMP Negeri 49 Jakarta. Di kalangan pelajar dan anak muda, sekolah ini juga dikenal dengan julukan Forty Nine.

Sekolah Menengah Pertama ini memiliki dua gedung terpisah namun lokasinya masih cukup berdekatan. Bagi warga Jaktim, nama Forty Nine bukanlah nama yang asing. Sebab sekolah ini seakan jadi favorit para calon siswa tiap tahun ajaran baru.

Apalagi para siswanya sangat berbakat dan aktif dalam beberapa perlombaan, baik di bidang akademik atau non akademik.

4. SMP Negeri 41 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 90,39

– Lokasi sekolah berada di jalan Harsono RM No 7, Ragunan, Ps Minggu, Jakarta Selatan

Rekomendasi Mamikos berikutnya adalah SMP Negeri 41 Jakarta yang bisa dikatakan sebagai Sekolah Menengah Pertama Negeri yang sudah berstandar nasional. Hal tersebut maka tidak mengherankan jika sekolah ini berada dalam jajaran daftar SMP Negeri terbaik Jakarta.

Selain membantu mengembangkan bakat serta potensi siswa dalam pelajarannya, SMPN 41 juga mengedepankan kualitas diri para siswa dan siswinya. Visi dan misi sekolah ini ingin menjadikan para siswa bertakwa pada Tuhan serta menjunjung akhlak mulia.

5. SMP Negeri 9 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 89,61

– Lokasi sekolah berada di Jalan H. Usman No. 6, Dua Wetan, Ciracas, Jaktim

Rekomendasi SMP terbaik Jakarta versi Mamikos selanjutnya adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Jakarta Timur. Sekolah satu ini sudah berstandar Nasional dan telah dikenal sebagai salah satu SMP terbaik yang ada di Jakarta.

Untuk fasilitas sekolah, SMPN 9 Jakarta Timur ini memiliki sekitar 24 ruang kelas, 2 ruang laboratorium, perpustakaan, masjid, kantin, dan 2 ruang sanitasi siswa.

Ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 9 juga cukup variatif. Sebab ada paskibra, basket, futsal, taekwondo, seni tari, paduan suara, sampai marching band. Jadi, selain menuntut ilmu, para peserta didik juga dapat mengembangkan bakat mereka.

6. SMP Negeri 19 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 88,87

– Lokasi sekolah berada di Bumi No 21, Gunung, Kebayoran Baru, Jaksel

Rekomendasi Sekolah Menengah Pertama terbaik di Jakarta versi Mamikos selanjutnya ada SMPN 19 Jakarta Selatan. Sekolah ini tidak mungkin terlewat dari daftar SMP Negeri terbaik Jakarta.

Lokasi sekolah satu ini terbilang sangat strategis. Meskipun sekolah ini sudah didirikan sejak tahun 1969, namun SMPN 19 Jakarta Selatan ini cukup konsisten dalam mencetak para lulusan berprestasi setiap tahunnya.

Selain itu, SMP Negeri 19 Jakarta juga sudah mendapatkan akreditasi A dan telah berstandar nasional. Ekstrakurikuler unggulan yang ada di SMP Negeri 19 Jakarta Selatan ini adalah bola basket.

7. SMP Negeri 75 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 88,19

– Lokasi sekolah berada di jalan Raya Kebon Jeruk No.19, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Dalam daftar SMP Negeri terbaik Jakarta versi Mamikos berikutnya adalah SMP Negeri 75 Jakarta Barat. Pada UN 2019 lalu perolehan nilai rata-rata SMPN 75 adalah 88,19.

Usia sekolah ini juga sudah terbilang matang sebab sudah berdiri sejak tahun 1964 yang semula ruang kelasnya hanya berjumlah 6 kelas saja.

Namun seiring berjalannya waktu, SMP Negeri 75 Jakarta Barat ini pun mengalami banyak perubahan. Malah kini, SMP ini menjadi salah satu yang difavoritkan di Jakarta Barat.

8. SMP Negeri 111 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 87,68

– Lokasi sekolah berada di jalan Bhakti VII No 2, Kemanggisan, Palmerah, Jakbar

Masih dalam rangkaian SMP terbaik Jakarta untuk acuan PPDB 2021, ada SMP Negeri 111 Jakarta. Sekolah satu ini mendapatkan predikat Sekolah Rujukan Nasional lho.

Julukan tersebut tentu saja menjadi penanda bahwa SMPN 111 Jakarta ini secara langsung dibina oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Secara sederhana berarti SMP Negeri 111 Jakarta ini menjadi acuan bagi sekolah lain dalam penerapan serta penjaminan mutu pendidikan yang dapat dicontoh.

Untuk fasilitas yang dimiliki SMPN 111 Jakarta Barat ini juga terbilang lengkap. Bangunan sekolahnya cukup besar serta area lapangan utamanya juga sangat luas.

9. SMP Negeri 30 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 86,58

– Lokasi sekolah berada di Jalan Anggrek No 4, Rawabadak, Utara, Koja, Jakut

SMP Negeri 30 Jakarta Utara masuk dalam rekomendasi Mamikos dalam daftar SMP terbaik Jakarta kali ini. Perolehan nilai rata-rata pada UN 2019 lalu, SMPN 30 Jakut ini mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 86,58 yang diraih para siswanya.

Jika meninjau pada metode pengajaran di kelas mereka, para guru SMPN 30 Jakut ini menerapkan sistem belajar yang sangat interaktif serta menyenangkan.

Tak mengherankan sebab metode pengajaran tersebut sangat efektif sehingga membuat para siswa menikmati setiap proses belajar mengajar di kelas.

Bangunan sekolah terdiri dari empat lantai. Ada lapangan utama sekolah yang cukup luas, serta berbagai fasilitas lengkap lain tersedia di sekolah satu ini.

10. SMP Negeri 85 Jakarta

– Nilai rata-rata UN 86,27

– Lokasi sekolah berada di jalan Margasatwa No.8, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan

Rekomendasi terakhir pada artikel rekomendasi daftar SMP terbaik Jakarta ada SMPN 85 Jakarta Selatan. Lokasi SMPN 85 ini cukup dekat lho dengan SMP Negeri 41 Jakarta. Pada UN tahun 2019, rata-rata nilai yang berhasil diraih para siswa SMPN 85 Jakarta ini mencapai 86,27.

Apabila kamu hendak masuk ke sekolah ini, calon siswanya diwajibkan untuk memiliki nilai UN SD yang tinggi juga. Sebab, SMP Negeri 85 Jakarta sudah mengantongi akreditasi A yang membuka peluang besar bagi para peserta terbaik.

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Jakarta 2021

Selain informasi dari SMP terbaik Jakarta, Mamikos pun tak lupa melampirkan informasi mengenai jadwal PPDB SMP Jakarta 2021. Informasi selengkapnya dapat kamu simak di bawah ini:

PPDB SMP Jalur Prestasi

  1. Pendaftaran dan proses pemilihan sekolah diselenggarakan mulai 7 hingga 9 Juni 2021 pukul 14.00 WIB
  2. Proses verifikasi dokumen serta proses seleksi peserta pada 7 hingga 9 Juni 2021 pukul 15.00 WIB
  3. Pengumuman peserta lolos pada tanggal 9 Juni 2021 pukul 17.00 WIB
  4. Pelaksanaan lapor diri pada tanggal 10 hingga 11 Juni 2021 pukul 14.00 WIB

PPDB SMP Jalur Afirmasi

  1. Pendaftaran dan proses pemilihan sekolah diselenggarakan mulai tanggal 14 hingga 16 Juni 2021 pukul 12.00 WIB
  2. Proses verifikasi dokumen serta proses seleksi peserta pada tanggal 14 hingga 16 Juni 2021 pukul 15.00 WIB
  3. Pengumuman peserta lolos pada tanggal 16 Juni 2021 pukul 17.00 WIB
  4. Pelaksanaan lapor diri pada tanggal 17 hingga 18 Juni 2021 pukul 14.00 WIB

PPDB SMP Jalur Zonasi

  1. Pendaftaran dan proses pemilihan sekolah mulai tanggal 28 hingga 30 Juni 2021 pukul 14.00 WIB
  2. Proses seleksi peserta pada 28 hingga 30 Juni 2021 pukul 15.00 WIB
  3. Pengumuman peserta lolos pada tanggal 30 Juni 2021 pukul 17.00 WIB
  4. Pelaksanaan lapor diri pada tanggal 1 hingga 2 Juli 2021 pukul 14.00 WIB

PPDB SMP Jalur Pindah Tugas Orangtua atau Anak Guru

  1. Pendaftaran dan proses pemilihan sekolah pada tanggal 7 hingga 30 Juni 2021 pukul 12.00 WIB
  2. Proses verifikasi dokumen serta proses seleksi peserta pada 7 hingga 30 Juni 2021 pukul 15.00 WIB
  3. Pengumuman peserta lolos pada 30 Juni 2021 pukul 17.00 WIB
  4. Pelaksanaan lapor diri pada 1 hingga 2 Juli 2021 pukul 14.00 WIB.

Memiliki pertimbangan dan pilihan saat hendak memilih Sekolah Menengah Pertama tentu saja harus dilakukan oleh masing-masing siswa. Sebab dengan memiliki pertimbangan atau pilihan sendiri, kita pun jadi memiliki motivasi agar bisa masuk ke sekolah tujuan tersebut.

Dengan informasi tadi maka usai sudah penjelasan yang bisa Mamikos berikan pada artikel kali ini berisi Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai bahan acuan untuk pendaftaran PPDB 2021.

Mamikos harap informasi yang sudah tertuang di artikel kali ini bermanfaat dan dapat memberikan kamu bayangan pilihan SMP yang paling sesuai dengan kamu.

Jika kamu saat ini sedang memerlukan informasi hunian kos, maka jangan lupa ada aplikasi pencari kos Mamikos. Di sana kamu bisa temukan beragam informasi menarik dan terkini mengenai kos-kosan. Unduh aplikasinya di appstore atau playstore, sekarang.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta