18 Spot Wisata Pangalengan Bandung Wajib Dikunjungi

18 Spot Wisata Pangalengan Bandung Wajib Dikunjungi – Bandung memang kaya akan berbagai destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Terletak di area Bandung Selatan. Pangalengan merupakan sentra pertanian, perkebunan, dan peternakan. Ada berbagai spot wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Pangalengan Bandung ini. Yuk cek daftar spot wisata di Pangalengan Bandung berikut ini.

Deretan Spot Wisata Pangalengan Bandung

unsplash.com

Memiliki sejuta pesona yang indah membuat Bandung menarik untuk dikunjungi. Hampir semua sudut kota Bandung memiliki spot wisata yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya saja kawasan Pangalengan Bandung. Merupakan suatu kecamatan di Bandung, kawasan Pangalengan menawarkan banyak spot wisata yang pastinya tak kalah seru dengan wisata lainnya. Beberapa diantaranya adalah:

1. Perkebunan Teh Malabar

diyahdiyah48.files.wordpress.com

Berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut, perkebunan teh Malabar menjadi salah satu spot wisata yang wajib kamu kunjungi. Perkebunan ini yang berkembang pesat saat dikelola oleh Karel Albert Robert Bosscha sejak tahun 1896. Karel Albert Robert Bosscha datang ke Indonesia pada tahun 1887 sebagai seorang penjajah yang bertugas menjadi administratur di perkebunan teh di Bandung ini. selain merupakan pengelola perkebunan teh yang masyhur, ia merupakan pendiri Technische Hogeschool atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung (ITB). Perkebunan teh Malabar juga dijadikan sebagai wisata alam yang sarat akan nilai sejarah, ada banyak kisah yang patut diabadikan lewat perkebunan ini.

Perkebunan Teh Malabar berlokasi di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sejauh 45 kilometer dari pusat kota Bandung, atau sekitar 2 jam lamanya. Jika berangkat dari arah Kecamatan Pangalengan sejauh 10 kilometer. Perkebunan ini terletak pada ketinggian 1550 meter di atas permukaan laut di mana suhunya mencapai antara 16-26 derajat celcius. Bukan hanya kebun teh, namun suguhan hutan pinus, hamparan kebun sayur, perbukitan landai curam dan sejuknya udara. Tak jarang pula akan terlihat aktivitas warga setempat memetik teh. Pemandangan ini tentu memanjakan setiap mata yang menemukannya.

2. Hutan Pinus Rahong

blog.reservasi.com

Hutan wisata berupa pepohonan pinus ini telah menjadi destinasi wisata populer di Pangalengan Bandung sejak dua tahun terakhir. Suasananya yang sejuk dengan panorama alam yang memukau membuat pengunjung betah berlama-lama. Wisata Hutan Pinus Rahong memiliki kawasan yang sangat asri dan ditumbuhi oleh hutan pinus yang tinggi dan lebat. Wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk sehingga dapat menjadi salah satu destinasi yang dapat kamu pilih untuk melarikan diri dari hiruk piruk kota.

Tak hanya sebagai kawasan wisata, pepohonan di daerah resapan air ini dimanfaatkan getahnya dan batang kayunya untuk pembuatan tripleks. Kalau beruntung, kamu bisa melihat-lihat aktivitas petani pinus sambil menikmati keindahan atmosfer hijaunya. Lantunan air yang deras akan menyambut harikamu dan keluarga ketika menghabiskan waktu bersama. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih destinasi ini sebagai tempat menghabiskan waktu lebih lama dengan orang terkasih.

3. Perkebunan Teh Cukul

traverse.id

Jika kamu yang memiliki hobi foto landscape atau pemandangan, perkebunan teh cukul adalah tempat yang layak dijadikan lokasi Hunting. Cukul memiliki keindahan yang luar biasa, kita akan disuguhkan hamparan bukit-bukit perkebunan teh yang dikelilingi pegunungan. Cukul juga dikenal sebagai negeri diatas awan, lokasinya yang terletak diketinggian 1600 Mdpl membuat iklim didaerah ini menjadi sangat sejuk.

Selepas mata memandang pengunjung akan dikasih pemandangan bak permadani raksasa berwarna hijau. Saat pengunjung sampai di puncak bukit untuk menunggu sunrise, akan terlihat indahnya hamparan perkebunan teh dengan dikelilingi pegunungan. Matahari akan muncul dari balik pegunungan dengan warna keemasannya. Kabut putih yang menyelimuti akan membuat pemandangan semakin indah. Tidak heran, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat langsung keindahan sunrise di Perkebunan teh Cukul ini.

4. Kampung Singkur

explorewisata.com

Jika kamu datang berlibur bersama keluarga, rasanya tepat jika kamu mendatangi Kampung Singkur. Berlokasi di tengah hutan pinus Rahong, Kampung Singkur menyediakan pengalaman berwisata menarik dengan melakukan kegiatan outdoor seperti arung jeram, flying fox, paint ball, dan tubing trip. Dengan harga tiket masuk yang sangat ekonomis, spot wisata ini salah satu referensi untuk kalian yang ingin menghilangkan penat bersama keluarga.

Tak hanya pas dipilih sebagai destinasi wisata untuk keluarga, Kampung Singkur di Pangalengan juga kerap dikunjungi beberapa kelompok atau komunitas untuk menghabiskan waktu libur. Tetapi memang, lanskap di kawasan ini, sangat cocok untuk keluarga. Arenanya luas, udaranya sejuk, serta terdapat beberapa fasilitas menyenangkan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Beberapa di antaranya adalah arena tangkap ikan untuk anak-anak, naik perahu di Situ Cileunca dan Kebun Petik Strawberry.

5. Situ Cileunca

4.bp.blogspot.com

Pemandangan yang dimiliki oleh Situ Cileunca memang tiada duanya. Bak salah satu danau yang ada di Taman Nasional Banf Kanada, Situ Cileunca memiliki pemandangan perbukitan hijau dan gugusan pegunungan yang menawan. Buat kamu yang tertarik untuk melihat keindahan situ Cileunca ketika matahari terbit, kamu bisa juga lho bermalam di sini dengan menyewa tenda kemah yang disediakan oleh pengelola. Percaya deh, saat kamu bangun, kemudian menunggu mentari muncul dari ufuk.

Menaiki perahu dan mengelilingi danau adalah salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan di Situ Cileunca. Kamu hanya perlu membayar biaya sekitar Rp 75.000 satu perahu dengan kapasitas 10 orang. Artinya, jika perahu penuh maka setiap orang hanya perlu membayar sekitar Rp 7.500 saja. Tiket masuk Situ Cileunca bisa dibilang sangat terjangkau, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk anak-anak. Jika kamu menggunakan mobil, maka biaya masuk mobil adalah sebesar Rp 4.000, dan jika kamu menggunakan motor, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 12.000 untuk motor sekaligus dua orang pengendaranya.

6. Penangkaran Rusa Kertamanah

garutselatan.info

Penangkaran Rusa Pangalengan juga tak boleh kamu lewatkan ketika mengisi waktu liburan. Berlokasi di Jalan Raya Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, spot wisata yang satu ini dikelilingi oleh perkebunan teh yang di kelola PT Perkebunan Nusantara VIII. Hamparan kebun teh di sepanjang jalan menuju Wisata Alam Kertamanah akan membuat kalian terpukau.

Penangkaran yang satu ini menjadi habitat bagi sekumpulan populasi rusa, kamu pun bisa menyaksikan langsung dan berbaur langsung dengan para rusa di sini. Masih dalam kawasan yang sama dengan Taman Hutan Raya Juanda, penangkaran rusa ini memiliki pemandangan hijau yang menyegarkan mata dan hati. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti bermain futsal, arung jeram, flying fox, ATV circuit, hingga berkemah.

7. Rumah Putih Cukul

i.ytimg.com

Rumah berwarna putih ini kerap disebut Villa Jerman. Julukan tersebut disematkan karena bangunan rumah klasik memiliki gaya arsitektur khas tradisional Eropa. Memang, bangunan megah ini telah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Hingga saat ini, rumah tersebut masih tampak awet bertahan di Desa Sukaluyu dan dapat disaksikan saat menuju ke Perkebunan Teh Cukul. Kamu bisa berfoto dengan latar foto rumah ini untuk menambah nilai estetik.

8. Air Tejun Penganten

yukepo.com

Air terjun ini memiliki keunikan karena terdapat dua aliran air terjun yang saling berdampingan bak kedua mempelai di atas pelaminan. Makanya, air terjun ini disebut Curug Panganten yang dalam bahasa Sunda berarti air terjun pengantin. Curug ini memiliki air sungai yang bersih dan jernih sehingga bisa menjadi tempat untuk menceburkan diri sambil menikmati kesegaran udaranya. Tak hanya itu, air terjun yang berada di tengah hijaunya pepohonan semakin merelaksasi pengunjung.

9. Curug Bangku

i0.wp.com

Berada di Margaluyu, Curug Bangku salah satu curug di Pangalengan yang memberikan pemandangan eksotis. Segarnya air saat kita berenang di sini mampu merefresh pikiran dengan melupakan segudang masalah. Buka mulai pukul 08.00-17.00, di spot wisata ini kamu pun dapat sepuasnya menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

10. Curug Ceret

sitifijriah.files.wordpress.com

Berada di tepi jalan, air terjun yang satu ini dikenal dengan nama Curug Ceret. Air terjun setinggi 5 meter ini bersumber dari mata air yang melalui celah batu dan akar pohon. Untuk menyaksikan keindahan curug, saat matahari sedang cerah dan memantulkan cahayanya di atas aliran air sehingga menghasilkan pelangi mini. Perpaduan kejernihan air dan warna-warna pelangi menjadikan Curug Ceret tampak begitu menawan untuk di jadikan salah satu tujuan wisata di daerah pengalengan bandung.

11. Kawah Burung Gunung Wayang Windu

4.bp.blogspot.com

Kawah Burung Gunung Wayang Windu ini merupakan gunung berapi kembar yang terdapat di sebelah timur Pangalengan dengan ketinggian 2241 Mdpl. Jika kamu memiliki hobi hiking, gunung Wayang Windu adalah salah satu yang patut dicoba, selain memiliki kawah sabit yang luas gunung ini memiliki pemandangan menakjubkan dengan view hamparan perkebunan teh dan gugusan gunung-gunung disekitarnya. Untuk mendaki gunung ini, pengunjung di sarankan melalui titik start yang berlokasi di dekat pembangkit panas bumi Wayang Windu.

12. Rumah Boscha

erunasite.files.wordpress.com

Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa menambah wawasan dan melihat jejak sejarah yang ditinggalkan oleh Karel Albert Rudolf Bosscha dengan mengujungi Rumah Boscha. Jika di wilayah Lembang kamu menemukan tempat peneropongan bintang Bosscha, maka di Pangalengan kamu bisa melihat lebih dekat kehidupan sang meneer melalui rumah peninggalan dan makamnya. Untuk bisa melihat keindahan arsitektur rumah Bosscha, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000. Tak hanya rumah tinggal Bosscha, kamu juga bisa menginap di wisma yang terletak di belakang rumah Bosscha dengan kisaran harga mulai dari Rp400.000 an per malam.

13. Sungai Palayangan

raftingpangalengan.com

Jika kamu termasuk pecinta aktivitas arung jeram, Sungai Palayangan menjadi destinasi wajib saat berwisata di Pangalengan Bandung. Area rafting di sungai yang mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam. Sungai yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini ideal bagi kalangan pemula ataupun yang telah mahir dalam arung jeram. Keistimewaan rafting di sungai ini karena tepi sungainya merupakan kawasan hutan dan kebun, mulai dari hutan pinus, kebun teh, dan kebun sayur-sayuran akan menemani sepanjang perjalanan menyusuri sungai.

14. Gunung Artapela

catwalkus.files.wordpress.com

Memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan air laut, Gunung Artapela merupakan gunung yang berstatus tidak aktif. Spot wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan favorit di kalangan pendaki pemula. Meski tidak begitu tinggi untuk didaki, Gunung Artapela menawarkan pemandangan yang begitu indah.Tak hanya sunset atau sunrise yang bisa kita saksikan digunung ini namun juga awan rumput ilalang yang menghijau dan pemandangan sisi lain gunung yang sangat indah.

Terdapat pula kawasan padang rumput dan Danau Aul yang menjadi spot favorit di gunung ini. Momen matahari terbit dan matahari senja juga menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu saat melakukan pendakian di sini lho. Untuk bisa datang kesini ada beberapa alternatif jalur, namun yang sudah pos pendakiannya bisa melalui jalur Pacet Sukapura Kertasari Bandung, dengan Retribusi Jasa Lingkungan Rp. 5.000,-/orang parkir motor Rp. 5.000,- permotor/malam dan roda 4 parkirnya Rp.15.000,- permobil/malam.

15. Gunung Puntang

1.bp.blogspot.com

Gunung Puntang memiliki ketinggian 2.223 meter di atas permukaan laut, sedangkan kawasan bumi perkemahannya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Berlokasi di Bandung Selatan, Jawa Barat, Gunung Puntang merupakan bagian dari pegunungan Malabar. Meskipun kalah populer dengan Ciwidey dan Ranca Upas, keindahan dan kesejukan alamnya tak perlu diragukan lagi. Pemandangan di sekitarnya juga sangat indah dan asri. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Gunung Puntang, seperti berkemah, trekking, atau bersepeda.

Sama halnya dengan pendakian gunung pada umumnya, kamu hanya perlu mempersiapkan fisik, mental dan stamina prima. Terdapat 5 pos pendakian dengan estimasi normal 3 jam sampai puncak. Puncak Mega adalah titik tertinggi Gunung Puntang yang mencapai 2223 Mdpl, di mana titik ini pula yang menjadi spot favorit para pendaki untuk berburu foto. Waktu terbaik untuk mendaki adalah saat musim kemarau. Menariknya, di Gunung Puntang ini juga terdapat Air Terjun Siliwangi yang menambah daya tariknya.

16. Bukit Gunung Nini

3.bp.blogspot.com

Terletak di tengah perkebunan teh Malabar, bukit gunung Nini dahulu ialah tempat yang digunakan oleh Karel Albert Rudolf Bosscha. Pendiri perkebunan tersebut, yang menjadikan bukit gunung Nini sebagai tempat untuk mengawasi kebun teh miliknya. Sekarang, banyak sekali pengunjung yang datang kesini untuk menikmati kesejukan dari ketinggian bukit gunung Nini karena pemandangan alamnya yang mampu menghipnotis pikiran.

17. Sungai Palayangan

zamq-outbound.com

Kamu juga bisa melakukan rafting di Pangalengan, tepatnya di Sungai Palayangan, sungai yang berawal dari Situ Cileunca dan berakhir di Hutan Pinus Rahong. Sungai yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam, sehingga cocok untuk pemula maupun yang sudah expert. Bukan hanya asyik untuk main rafting, tapi Sungai Palayangan juga asyik untuk menikmati suasana, soalnya sungai ini dikelilingi oleh hutan pinus, perkebunan teh, dan kebun sayuran. Sungai lain di Pangalengan yang bisa kamu manfaatkan untuk rafting adalah Sungai Cisangkuy.

18. Kampung Cai Ranca Upas

2.bp.blogspot.com

Jangan lupa juga untuk mendatangi Kampung Cai Ranca Upas yang berada di jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah. Kampung Cai Ranca Upas ini memiliki luas sekitar 215 hektar dan dikelilingi hutan lindung dengan aneka tanaman, seperti Pohon Huru, Jamuju, Pohon Kurai, Kihujan, Kitambang, Hamirug, Puspa, dan Pasang. Sedangkan, fauna-fauna yang ada di sana adalah beragam jenis burung dan jenis satwa lainnya. Lucunya, kamu bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa mengingat Kampung Cai Ranca Upas juga memiliki penangkaran rusa.

Oke, itulah 18 spot wisata di Pangalengan Bandung yang wajib untuk kamu kunjungi. Mamikos infokan kembali, Pangalengan Bandung ini adalah salah satu kecamatan di Bandung yang merupakan sentra pertanian, perkebunan, dan peternakan. Jika kamu ingin mencari referensi tempat wisata di daerah lainnya, jangan lupa kunjungi situs Mamikos ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah