Kenali Dengan Baik Struktur Bunga Beserta Fungsinya

Posted in: Informasi
Tagged: tanaman

Kenali Dengan Baik Struktur Bunga Beserta Fungsinya – Bunga adalah bagian dari tanaman yang terkenal akan kecantikan dan keindahannya. Tidak sedikit juga masyarakat yang menjadikan bunga dari tanaman tertentu sebagai tanaman hias.

Sama halnya dengan tanaman yang memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing, bagian-bagian bunga juga penting untuk diketahui beserta fungsinya.

Bunga Lengkap Dan Bunga Tidak Lengkap

Bunga memiliki fungsi yaitu sebagai alat reproduksi yang terdapat pada tumbuhan berbunga. Secara umum, bunga dikenal memiliki dua alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Benang sari adalah alat kelamin jantan pada bunga, sedangkan putik merupakan alat kelamin betina pada bunga.

Berdasarkan kelengkapan bagian bunga, bunga terbagi menjadi 2 jenis seperti berikut ini.

  • Bunga lengkap atau bunga sempurna, adalah bunga yang memiliki seluruh bagian penting. Khususnya 4 komponen utama pada bunga yaitu benang sari, putik, mahkota bunga dan kelopak bunga. Contoh bunga yang termasuk ke dalam jenis bunga sempurna yaitu bunga mawar dan bunga sepatu.
  • Bunga tidak lengkap atau bunga tidak sempurna, adalah bunga yang tidak memiliki salah satu dari 4 komponen utama. Misalnya bunga yang hanya memiliki satu alat reproduksi seperti hanya benang sari saja atau hanya putik saja. 

Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya pada Tanaman

Bagian bunga yang dikenal secara umum hanya 4 seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu benang sari, putik, mahkota bunga dan kelopak bunga.

Namun secara lengkap bagian bunga yang terdapat dalam struktur bunga seperti bakal biji, bakal buah, tangkai bunga dan daun pelindung juga perlu diketahui fungsinya.

Berikut ini bagian bunga secara lengkap beserta fungsinya masing-masing yang perlu Anda ketahui:

1. Mahkota Bunga

Mahkota bunga dalam bahasa ilmiah disebut corolla dan merupakan bagian paling mencolok dari bunga. Mahkota bunga biasanya memiliki warna yang beragam dan mencolok serta termasuk bagian bunga dengan ukuran yang paling besar. 

Fungsi mahkota bunga adalah untuk menarik serangga agar mendekat untuk membantu proses penyerbukan pada bunga. Mahkota bunga terletak di lingkaran dalam kelopak bunga dan secara morfologi merupakan modifikasi daun yang fungsinya untuk melindungi alat reproduksi pada bunga. 

Disebut sebagai bagian bunga yang paling mencolok karena mahkota bunga dapat memiliki warna yang bervariasi. Warna mahkota bunga sangat beragam seperti merah, putih, ungu, kuning, merah muda, bahkan ada pula yang berwarna hijau seperti daun. Warna yang mencolok dapat dengan mudah menarik serangga penyerbuk sehingga proses reproduksi bunga atau penyerbukan dapat berlangsung.

2. Kelopak Bunga

Kelopak bunga atau disebut calyx adalah bagian dari lingkar terluar pada bunga, kelopak fungsinya adalah untuk melindungi mahkota bunga saat belum mekar atau kuncup. Biasanya kelopak bunga mirip dengan daun yang berwarna hijau dan tidak seindah mahkota bunga.

Kelopak bunga dapat menutupi bagian-bagian bunga lainnya, saat kelopak bunga masih berbentuk kuncup atau saat akan mekar. Namun masih banyak orang keliru membedakan kelopak bunga dengan mahkota bunga yang jelas berbeda.

3. Putik 

Bagian-bagian bunga yang memiliki peran penting adalah putik. Putik merupakan alat reproduksi pada bunga betina yang disebut juga sebagai gynoecium. Letak putik berada di tengah bunga dan dilindungi oleh mahkota bunga. Sel telur akan terbentuk di dalam putik pada masa reproduksi berlangsung, bagian pada putik yang perlu Anda ketahui

  1. Stigma atau kepala putik merupakan bagian yang berada di ujung paling atas (pucuk) pada putik
  2. Stilus atau tangkai putik merupakan bagian yang berada pada tengah putik yang berfungsi membantu proses reproduksi pada bunga dan penyerbukan.
  3. Ovarium atau bakal buah merupakan bagian putik paling bawah fungsinya sebagai tempat penyimpanan sel telur.

4. Benang Sari

Benang sari atau dengan nama lain androecium adalah bagian bunga yang dikenal dengan sebagai alat kelamin bunga jantan. Fungsi benang sari adalah menyimpan serbuk sari untuk proses penyerbukan atau reproduksi pada bunga. Benang sari juga memiliki bagian-bagian yang terpisah secara morfologi seperti berikut:

  1. Anter adalah kepala sari yang berada pada bagian paling ujung pada benang sari. Fungsi dari anter adalah sebagai tempat serbuk sari disimpan.
  2. Polen adalah serbuk sari yang merupakan bagian dari benang sari tempat alat kelamin jantan pada bunga berada. 
  3. Filament adalah bagian tangkai pada benang sari yang berfungsi untuk membantu proses reproduksi bunga atau penyerbukan dengan cara memosisikan kepala sari berada di atas pucuk.

5. Bakal Biji

Bakal biji adalah tempat terjadinya penyerbukan atau tempat bertemunya serbuk sari dengan sel-sel telur pada bunga. Fungsi dari bakal biji adalah melindungi sel telur dan memastikan proses penyerbukan berjalan dengan baik. Bakal biji terbungkus dan terlindungi oleh bakal buah atau ovarium namun hanya pada beberapa jenis bunga saja.

Bakal biji juga terdapat pada tumbuhan berbiji, letak dari bakal biji sendiri adalah diatas bakal buah dan dapat dilihat secara langsung oleh mata.

6. Bakal Buah

Bakal buah adalah ovarium dikenal juga sebagai bagian-bagian bunga yang unik. Bakal buah memiliki peran penting dalam proses penyerbukan dan juga merupakan salah satu bagian dari putik. Bakal bunga adalah bagian bunga yang menyimpan sel telur dan tempat terjadinya pembuahan. Proses peleburan antara gamet jantan dan gamet betina hingga menjadi bakal buah baru terjadi pada bagian bunga ini.

7. Daun Pelindung

Tidak semua bunga memiliki daun pelindung, sehingga daun pelindung hanya muncul pada bunga tertentu. Daun pelindung bernama latin lachtea adalah pelindung mahkota bunga letaknya terpisah dari kelopak bunga.

Meski memiliki fungsi yang sama dengan kelopak bunga, namun daun pelindung juga memiliki bunga yang berada di sekitarnya. Fungsi satu-satunya adalah sebagai letak tumbuhnya kuncup baru yang akan menjadi bunga dewasa ketika mekar.

8. Dasar Bunga

Bagian bunga selanjutnya adalah dasar bunga dengan nama latin receptacle. Dasar bunga seperti namanya terletak pada bagian bunga paling dasar atau paling bawah pada bunga. Fungsi dasar bunga secara tidak langsung adalah sebagai pondasi yang mampu menahan seluruh bagian bunga.

9. Tangkai Bunga

Tangkai bunga memiliki nama latin yaitu pedicellus, merupakan bagian bunga yang berada tepat di bagian bawah bunga. Fungsi dari tangkai bunga adalah untuk menopang bunga sekaligus penghubung antara bunga dengan ranting tanaman.

Secara keseluruhan, bunga sempurna adalah bunga yang tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tanaman tetapi juga berfungsi sebagai alat reproduksi untuk menghasilkan bakal buah pada tanaman. Namun proses reproduksi membutuhkan bantuan serangga penyerbuk atau angin agar serbuk sari dapat bertemu dengan putik sehingga terjadi pembuahan.

Demikianlah penjelasan mengenai bagian-bagian bunga dan fungsi masing-masing pada bunga. Agar penjelasan bagian bunga dapat dengan mudah dipahami, sebaiknya gunakan gambar bagian bunga untuk melihat bagian pada bunga dengan lebih baik. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah