8 Jenis Bunga Hias Cocok Untuk Iklim Indonesia

Posted in: Informasi
Tagged: bunga hias

Jenis Bunga Hias Cocok Untuk Iklim Indonesia – Akhir-akhir ini tanaman hias menjadi sangat populer di kalangan masyarakat, khususnya bagi para pecinta bunga. Berbagai jenis bunga cocok dijadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah dan pekarangan Anda. Namun tidak semua jenis bunga dapat hidup di berbagai iklim khususnya iklim tropis di Indonesia. 

Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Ketika musim hujan, curah hujan di Indonesia cukup tinggi sehingga tingkat kelembaban juga tinggi. Rata-rata suhu udara di Indonesia mulai dari 18 hingga 38 derajat celcius pada musim kemarau. Agar tanaman hias Anda dapat berbunga dengan sempurna, maka Anda perlu memilih jenis yang tepat.

Ragam Jenis Bunga Cantik Untuk Daerah Tropis

Beberapa jenis tanaman hanya mampu hidup di kondisi iklim tertentu, ada pula yang hanya dapat hidup pada suhu tertentu. Oleh  sebab itu, penting untuk mengetahui nama-nama bunga yang cocok untuk di tanam pada daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Berikut ini beberapa nama bunga yang bisa menjadi pilihan sebagai tanaman hias daerah tropis:

1. Jenis Bunga Kertas

wikipedia.org

Bunga kertas atau disebut juga sebagai bunga Bougainville adalah salah satu jenis bunga yang paling sering ditemukan di pekarangan rumah maupun di taman. Pasalnya bunga kertas dapat tumbuh dengan subur di seluruh daerah Indonesia. Bunga kertas ini cukup populer sebagai tanaman hias sebab perawatannya yang terbilang mudah. 

Selain itu, bunga kertas memiliki beragam varian warna yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Warna-warna pada bunga kerta antara lain adalah ungu, merah, kuning, dan oranye. Bunga kertas berwarna merah adalah yang paling banyak diminati oleh para pecinta bunga hias.

2. Jenis Bunga Melati

merdeka.com

Salah satu jenis bunga kebanggaan masyarakat Indonesia yang tidak lain adalah bunga melati. Ciri khas dari bunga melati yaitu aromanya yang sangat harum dan warna putihnya yang melambangkan kesucian. Bunga melati termasuk ke dalam salah satu macam bunga yang dapat hidup subur di wilayah tropis Indonesia. 

Bunga melati tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja, tetapi juga dijadikan sebagai salah satu pelengkap dalam riasan pengantin Jawa. Sehingga bunga melati banyak dibudidaya untuk tanaman hias maupun untuk keperluan lainnya.

3. Jenis Bunga Kembang Sepatu

liputan6.com

Bunga kembang sepatu dapat hidup di daerah tropis dan dikenal sebagai salah satu bunga cantik di Indonesia. Meski dinamakan bunga kembang sepatu, tetapi bentuk bunga sama sekali tidak mirip dengan sepatu. Bentuk bunga kembang sepatu memiliki kelopak yang mekar dengan serbuk sari yang mirip batang panjang berada di tengah kelopak. 

Bunga kembang sepatu termasuk jenis tanaman bunga yang cocok dijadikan tanaman hias di wilayah tropis karena tahan terhadap sinar matahari dan cuaca panas. Ada dua jenis bunga kembang sepatu yaitu jenis berkelopak tunggal dan jenis kembang sepatu berkelopak ganda. Bunga kembang sepatu juga memiliki beragam pilihan warna seperti ungu, merah, merah muda, dan kuning.

4. Jenis Bunga Pentas

kompasiana.com

Meski namanya tidak populer dan jarang diketahui oleh banyak orang, namun jika melihat bunga ini Anda pasti akan teringat dengan masa kecil. Bunga ini adalah bunga pentas yang sering dicari oleh anak-anak untuk dihisap madunya. Cara menghisap madu dari bunga ini pun cukup mudah yaitu dengan menarik bagian tengahnya sehingga madunya dapat keluar.

Bunga pentas memiliki ukuran yang kecil namun karena tumbuh banyak pada satu titik sehingga terlihat besar seperti sebuah buket bunga. Bunga pentas termasuk jenis bunga tropis yang tahan terhadap cuaca panas di Indonesia. 

5. Jenis Bunga Kamboja

pikiran-rakyat.com

Bunga Kamboja adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak ditemukan di area pemakaman. Meski demikian, bunga Kamboja dapat tumbuh subur diwilayah panas dan tanpa diberikan pupuk maupun air. Biasanya bunga Kamboja yang dijadikan sebagai tanaman hias adalah jenis Kamboja bonsai yang dimodifikasi sehingga memiliki ukuran pohon yang kecil.

6. Jenis Bunga Tebebuya

louiesnursery.com

Bunga tabebuya tidak seperti tanaman hias bunga lainnya, sebab bunga tabebuya adalah bunga dari pohon tabebuya. Tanaman ini berasal dari Brazil dan dapat hidup di wilayah tropis maupun subtropis. Bunga tabebuya juga dikenal sebagai bunga sakura tropis karena dapat hidup di cuaca yang panas. 

Anda bisa menjadikan pohon tabebuya sebagai hiasan di pekarangan rumah atau halaman belakang rumah Anda. Bunga tabebuya memiliki dua varian warna kelopak yaitu merah muda dan kuning. Tetapi bunga tabebuya hanya mekar satu kali dalam setahun, sehingga kurang banyak diminati sebagai tanaman hias. 

7. Jenis Bunga Euphorbia

wikipedia.org

Bunga euphorbia sangat sering dijumpai sebagai tanaman hias dengan lebih dari 2.420 spesies. Bunga euphorbia sangat mudah dibudidaya dan dimodifikasi sehingga memiliki varian yang beragam. Tanaman ini termasuk bunga yang bagus untuk dijadikan tanaman hias agar halaman rumah semakin indah dan cantik.

Bunga euphorbia memiliki bentuk kecil dengan kelopak yang bulat melingkar. Variasi warna dari bunga ini adalah merah, putih, dan merah muda dengan bagian tengah yang berwarna kuning. Bunga euphorbia banyak digunakan sebagai bahan pembuat lilin oleh orang-orang Meksiko.

8. Jenis Bunga Marigold

paktanidigital.com

Bunga marigold cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias sebab memiliki bentuk kelopak yang saling bertumpuk dengan perpaduan warna oranye dan kuning sehingga menghasilkan efek keemasan yang indah. Bunga Marigold paling banyak ditemukan di daerah Bali, dan sangat mudah tumbuh pada wilayah tropis.

Tips Merawat Tanaman dan Bunga Hias Di Daerah Tropis

Setelah mengetahui beragam aneka bunga cantik yang cocok untuk iklim tropis, Anda juga perlu mengetahui cara merawat bunga dengan tepat. Agar bunga dapat mekar dan tumbuh subur meskipun cuaca sedang panas maupun saat curah hujan sedang tinggi. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

  1. Beberapa jenis tanaman bunga perlu dipangkas secara teratur agar dapat tumbuh lebih subur dengan indah dan terlihat rapih. Sebaiknya perhatikan cara pemangkasan yang tepat pada bunga untuk taman sesuai jenisnya.
  2. Berikan pupuk secukupnya, hindari pemberian pupuk yang berlebihan.
  3. Lakukan penyiraman pada pagi hari dengan sedikit air, penyiraman yang berlebihan justru tidak baik untuk tanaman hias.
  4. Pengendalian hama sangat diperlukan agar bunga dapat mekar dengan baik tanpa terganggu hama.

Menanam dan merawat tanaman hias dapat menjadi kegiatan yang positif, selain itu juga bermanfaat bagi kesehatan. Sebab tanaman hias dengan bunga-bunga yang cantik dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres bila dipandang. Oleh karena itu, pilihlah bunga yang cocok ditanam di halaman rumah yang sesuai dengan iklim tropis Indonesia. 

Demikianlah beberapa jenis bunga yang cocok untuk wilayah tropis yang bisa Anda tanam di halaman rumah. Pemilihan bunga yang tepat tidak hanya mudah dalam perawatan tetapi juga memberikan keindahan yang sempurna bagi rumah dan pekarangan Anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah