Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui dan Tidak Dapat Diperbarui

Posted in: Edukasi
Tagged: SDA

Contoh Sumber Daya Alam – Sumber daya alam (SDA) merupakan segala sesuatu yang bersumber dari alam dan bermanfaat untuk kehidupan manusia. Ada dua jenis sumber daya alam, yaitu dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui juga sangat beragam.

Sumber daya alam bisa ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. Namun, mungkin Anda masih bingung membedakan antara SDA yang bisa diperbarui dan tidak bisa diperbarui. Untuk memahami lebih dalam, simak pengertian serta contoh sumber daya alam berikut ini:

Contoh Sumber Daya Alam

unsplash.com

Jenis Jenis Sumber Daya Alam

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi dua yaitu dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Kedua jenis tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan, terutama yang terkait dengan keberlangsungan sumber daya di alam sekitar.

Mengetahui masing-masing jenis sumber daya alam sangat penting, dengan harapan Anda bisa mempergunakannya dengan lebih bijak. Bagi Anda yang masih belum memahami perbedaan kedua jenis SDA, simak pembahasan di bawah ini:

1. Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui

SDA yang dapat diperbarui adalah sumber daya yang bersumber dari alam dan bisa tersedia kembali dalam waktu relatif cepat sehingga tidak akan habis. Berbagai jenis hewan dan tumbuhan termasuk golongan sumber daya alam yang dapat diperbarui melalui proses reproduksi.

Meskipun bersifat dapat diperbarui, beberapa sumber daya alam ini bisa habis bahkan punah dari muka bumi. Penyebabnya adalah pemanfaatan yang tidak terkendali serta tidak adanya upaya untuk melestarikan sumber daya tersebut.

Selain itu, beberapa jenis sumber daya alam juga bisa mengalami penurunan kualitas. Sebagai contoh, udara dan air tidak akan mengalami kepunahan karena bisa memperbarui dirinya sendiri. Namun, keduanya bisa mengalami penurunan kualitas akibat pencemaran yang disebabkan oleh ulah manusia.

Berbagai jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui sangat penting bagi kehidupan manusia, seperti tumbuhan, hewan, dan air. Tanpa adanya salah satu dari sumber daya tersebut, maka manusia tidak akan bisa hidup.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sementara itu, SDA yang tidak dapat diperbarui merupakan seluruh sumber daya yang berasal dari alam dan terbentuk sangat lambat. Proses pembentukan sumber daya ini bisa memakan waktu ribuan hingga jutaan tahun.

Inilah yang menyebabkan sumber daya jenis ini tidak dapat diperbarui. Apabila dilakukan eksplorasi dan eksploitasi secara terus menerus, maka sumber daya tidak diperbarui akan berkurang bahkan suatu saat akan habis.

Bagaimana cara agar sumber daya tersebut tidak cepat habis? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti beralih ke sumber daya yang dapat diperbarui atau menghemat penggunaan bahan yang berasal dari sumber daya tidak dapat diperbarui agar pemakaian tidak berlebihan.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Setelah membahas tentang pengertian masing-masing sumber daya alam berdasarkan sifatnya, kini saatnya beralih ke contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Tidak hanya contoh, Anda juga akan menemukan berbagai macam pemanfaatannya.

1. Air

Air termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Air sangat penting dalam kehidupan, bahkan tidak ada satu pun makhluk hidup yang mampu bertahan tanpa air. Beruntung, sumber daya yang satu ini dapat diperbarui sehingga Anda bisa menemukannya dengan mudah di alam sekitar.

Air dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan seperti konsumsi, keperluan sehari-hari hingga bercocok tanam. Bahkan air juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, misalnya seperti yang digunakan pada pembangkit listrik tenaga air.

2. Tumbuhan

Berbagai jenis tumbuhan juga tergolong sumber daya alam yang bisa diperbarui. Seperti halnya air, tumbuhan juga memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi kehidupan. Pasalnya, tumbuhan mampu menyuplai oksigen di udara yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk bernafas.

Ada banyak sekali jenis tumbuhan di dunia ini. Berbagai jenis tumbuhan tersebut juga bisa dimanfaatkan dengan cara yang beragam, misalnya dikonsumsi sebagai sayur, menghasilkan buah, hingga menghasilkan kayu untuk bahan bangunan.

3. Hewan

Karena memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri, hewan termasuk ke dalam kategori sumber daya alam yang bisa diperbarui. Hewan dimanfaatkan untuk diambil daging, susu, telur, ataupun kulit dan bulunya. Agar kelestariannya tetap terjaga, beberapa jenis hewan diternakkan oleh manusia.

Selain hewan darat, hewan laut juga merupakan sumber daya alam yang bermanfaat bagi kehidupan. Kebanyakan ikan dan hewan laut lainnya dimanfaatkan untuk konsumsi karena memiliki kandungan protein yang tinggi. 

4. Cahaya Matahari

Cahaya matahari tergolong sumber daya alam non hayati yang tersedia dalam jumlah sangat melimpah, terutama di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Cahaya matahari sangat penting dalam kehidupan karena memungkinkan tumbuh-tumbuhan untuk tetap hidup.

Karena melimpahnya intensitas matahari di Indonesia, wajar jika sumber daya alam ini dimanfaatkan sebagai sumber energi. Pemanfaatan sumber daya alam ini juga membantu ketersediaan energi tanpa tergantung pada minyak bumi atau batu bara.

5. Udara

Udara yang kaya akan oksigen sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Tanpa adanya udara, manusia, hewan, dan tumbuhan akan mati dalam sekejap. Sebagai sumber kehidupan, udara sangat melimpah di muka bumi.

Meskipun berlimpah, kurangnya kesadaran untuk menjaga udara bisa berdampak buruk bagi kualitas udara tersebut. Udara yang tercemar justru akan menimbulkan ancaman tersendiri bagi makhluk hidup.

Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terbentuk kembali. Ada banyak sekali contoh sumber daya alam jenis ini, namun kebanyakan membutuhkan proses penambangan untuk mengambilnya.

Dalam pembahasan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui ini, Anda akan segera mengetahui contoh SDA yang tidak dapat diperbarui sebagai berikut:

1. Minyak Bumi

Minyak bumi terbentuk dari organisme hidup yang mati dan tertimbun jutaan tahun lalu. Pengaruh suhu dan tekanan tinggi membuat organisme tersebut membentuk minyak yang dikenal dengan sebutan minyak bumi. Sumber daya ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

2. Batu Bara

Batu bara merupakan jenis batuan yang dapat dipergunakan sebagai bahan bakar. Batu bara terbentuk dari endapan organik seperti tumbuhan yang terbentuk dalam waktu ratusan tahun. Eksploitasi batu bara yang berlebihan bisa membuat sumber daya yang satu ini cepat habis.

3. Bijih Besi

Besi yang sering Anda temukan di sekitar rumah berasal dari sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Material ini terbentuk dari reaksi fusi nuklir yang terjadi di bumi. Ada pula besi yang berasal dari hujan meteor yang mengandung besi.

4. Aluminium

Aluminium juga sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari karena mampu menghantarkan listrik. Bahan ini juga ringan sehingga biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga. Aluminium sendiri diambil dari biji bauksit yang terdapat di permukaan bumi. 

Kini Anda telah mengetahui contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Dengan begitu, diharapkan Anda lebih bijak dalam menggunakan sumber daya alam tersebut.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah