Surat Keterangan Mahasiswa Magang Yang Wajib Kamu Tahu

Posted on Posted in Info Penting, Informasi

Surat Keterangan Mahasiswa Magang Yang Wajib Kamu Tahu – Sebelum dan sesudah menjalani magang, seorang mahasiswa perlu mengurus surat keterangan magang. Biasanya, surat keterangan magang kuliah mahasiswa diperoleh dari kampus untuk kemudian diserahkan pada pihak perusahaan. Ada pula surat keterangan magang yang baru bisa didapatkan setelah kegiatan tersebut selesai. Setelah selesai menjalani magang pun mahasiswa akan mendapatkan surat keterangan magang dari tempat PKL. Berikut ini adalah contoh surat keterangan mahasiswa magang yang bisa menjadi refensi. Selamat membaca!

Surat Keterangan Mahasiswa Magang Yang Wajib Kamu Tahu

  • Contoh surat keterangan magang dari kampus

Selain perlu membuat surat permohonan magang yang menunjukkan bahwa kamu memang tertarik untuk melakukan kerja praktik di lokasi tersebut, kamu pun perlu mencari surat keterangan magang yang berasal dari kampus. Surat keterangan magang yang berasal dari kampus biasanya berisi rekomendasi mengenai lokasi magang yang akan kamu tuju. Biasanya, surat tersebut dibuat oleh dosen pembimbing, ketua jurusan, atau tokoh penting di kampus seperti dekan.

Sebenarnya, isi dari surat pengantar magang dari kampus adalah adanya izin sekaligus pemberitahuan resmi pada pihak perusahaan yang dituju untuk lokasi magang. Surat tersebut diterbitkan menggunakan kop resmi dari kampus kemudian ditandatangani dan distempel. Apabila pihak kampus memintamu untuk membuat surat sendiri, kamu bisa menggunakan format di bawah ini:

Contoh surat pengantar magang dari kampus

Tempat, Tanggal – bulan – tahun

No:

Lampiran:

Perihal:

Kepada Yth. Bapak/Ibu Pimpinan (lokasi magang yang dituju)

Di tempat

Dengan hormat,

Universitas (Nama) adalah institusi pendidikan yang memiliki tujuan menciptakan lulusan profesional serta trampil di bidangnya. Agar mampu berdiri dan bersaing di dunia kerja, baik di tingkat nasional maupun internasional, maka setiap mahasiswa yang sudah menginjak tingkat akhir diwajibkan mengikuti kegiatan magang atau Praktik Kerja Lapangan. Harapannya, mahasiswa dapat menambah pengetahuan dan wawasan agar setelah lulus nanti mahasiswa sudah mendapatkan bekal yang cukup.

Sehubungan dengan hal tersebut, kamu memohon kepada Bapak atau Ibu untuk bisa menerima mahasiswa kami dalam melaksanakan kegiatan PKL atau magang tahun ajaran 2018/2019 dari tanggal xx sampai tanggal xx (3 bulan) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Daftar mahasiswa yang akan mengkuti kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

No – Nama – NIM – Program Studi

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas bantuan dan kerjasama Bapak/Ibu yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

(jabatan)

Tanda tangan

Selain contoh surat keterangan magang dari kampus di atas, kamu juga bisa menanyakan langsung pada pihak kampus terkait format yang diberikan. Biasanya, pihak kampus sudah memiliki kriteria tersendiri terkait format surat keterangan magang. Jangan lupa pula untuk memintakan stempel di Tata Usaha agar suratmu diterima.

  • Contoh surat keterangan magang mahasiswa dari perusahaan

Ketika mahasiswa sudah selesai menjalani proses magang, maka perusahaan akan memberikan surat keterangan magang. Dalam surat tersebut, akan tertera penjelasan bahwa mahasiswa sudah menyelesaikan tugasnya. Selain itu, surat pernyataan tersebut juga menjadi bukti bahwa kamu pernah melakukan magang di perusahaan yang bersangkutan. Bukan hal yang aneh lagi jika saat ini tempat magang bergengsi semakin diserbu mahasiswa. Selain bisa digunakan sebagai tempat belajar, bisa magang di tempat bagus akan menjadi keuntungan tersendiri bagi karirmu. Berikut ini adalah contoh surat keterangan selesai magang mahasiswa yang dapat menjadi referensi apabila perusahaan yang kamu tuju belum memiliki format dan kamu harus membuatnya.

PT Tempat Magang yang Dituju

Surat Keterangan Magang Kerja

Nomor: 00/Kode/Bulan/Tahun

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    :

Jabatan                : Direksi/ pimpinan di tempat magang

Dengan ini menerangkan bahwa

Nama                    : (isi dengan namamu)

Asal                        : (isi dengan nama Perguruan Tinggi)

Bahwa nama yang bersangkutan telah menyelesaikan aktivitas magang kerja atau praktik kerja lapangan di perusahaan kami selama (jumlah bulan) terhitung sejak tanggal … – sampai dengan ….

(nama mahasiswa) telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya selama melakukan magang kerja atau praktik kerja lapangan di perusahaan kami. Selain itu, yang bersangkutan juga aktif dalam mempelajari serta mengikuti kegiatan yang berlangsung di perusahaan.

Demikian surat keterangan ini kami buat untuk dipergunakan sebagai mana mestinya.

Lokasi, tanggal, tahun

Surat keterangan magang memang menjelaskan kegiatan magang yang dilakukan mahasiswa. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah kegiatan magang memiliki aktivitas yang berbeda dengan karyawan. Surat magang dapat kamu gunakan untuk tambahan lampiran yang disertakan ketika kamu melamar kerja. Jadi, kamu akan memiliki nilai plus karena selain mencantumkan CV, lamaran kerja, dan sertifikat, kamu pun sudah membuktikan bahwa kamu sudah memiliki pengalaman kerja. Selain contoh surat keterangan di atas, masih ada contoh surat keterangan magang yang dapat kamu buat:

PT Tempat Magang

(alamat tempat magang)

SURAT KETERANGAN MAGANG KERJA
Nomor:

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama

Jabatan

Alamat

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama

Asal Perguruan Tinggi

Alamat

Bahwa yang bersangkutan telah telah melaksanakan kegiatan magang kerja di (nama perusahaan). Magang kerja tersebut telah dilaksanakan selama (jumlah) bulan, yaitu mulai tanggal … – …. Selama menjalani magang di (nama perusahaan), yang bersangkutan telah belajar tentang (kegiatan yang dilakukan di lokasi magang).

Demikian surat keterangan magang ini kami buat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Lokasi, tanggal, tahun

Direktur,

  • Contoh surat penerimaan magang

Setelah kamu dipastikan diterima di suatu perusahaan tempat magang, maka kamu akan mendapatkan surat penerimaan magang. Surat penerimaan magang juga disebut dengan surat balasan magang. Surat ini digunakan agar kamu bisa diterima di lokasi tempat magang. Jika kamu diminta untuk membuat format surat balasan PKL, kamu dapat membuatnya dengan format seperti di bawah ini:

Nomor :

Hal : Konfirmasi Permohonan Izin Praktik Kerja Industri/ Magang

Kepada Yth.

(Nama Dekan/ Kepala Program Studi)

Dengan hormat,

Sehubungan dengan surat nomor (nomor surat sebelumnya) tanggal ..perihal permohonan magang kepada mahasiswa:

Nama

NIM

Program Studi

Bersama ini kami sampaikan bahwa mahasiswa di atas dapat kami terima untuk melaksanakan program magang di perusahaan terhitung mulai bulan … – bulan …. Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Lokasi, tanggal, tahun

Demikian contoh surat keterangan magang bagi mahasiswa yang dapat menjadi referensi. Bagi kamu yang masih berada di jenjang SMK dan ingin mencari contoh surat magang kerja untuk SMK, kamu pun bisa mulai mencari format contoh surat keterangan selesai PKL SMK. Selamat membuat surat keterangan magang!

Agar tidak mengalami kesulitan perihal tempat tinggal di dekat lokasi magang, gunakan aplikasi kost Mamikos yang dapat diunduh gratis melalui playstore. Carilah lokasi kost yang tidak terlalu jauh dari tempat magang agar pengeluaran tempat tinggalmu tidak membengkak. Fasilitas filter yang terdapat di aplikasi mamikos juga bisa kamu gunakan untuk menyaring informasi kost dalam jangka waktu harian hingga tahunan.

Baca juga :  Jadwal Job Fair Jogja september - Desember 2018
Baca juga :  Jadwal Job fair Malang september - Desember 2018

Cari lowongan kerja lain:

Surat Keterangan Mahasiswa Magang Yang Wajib Kamu Tahu

Surat Keterangan Mahasiswa Magang Yang Wajib Kamu Tahu