Tahapan Tes Masuk STIS dan Lokasi Ujian (Polstat) 2020/2021

 Lailla | Jum, 29 Mei 2020

Tahapan Tes Masuk STIS dan Lokasi Ujian (Polstat) 2020/2021 – Politeknik Statistika (STIS) membuka pendaftaran baru bagi calon mahasiswa yang akan meneruskan studi. Salah satu Perguruan Tinggi yang termasuk bagian dari Badan Pusat Statistik (BPS) ini sangat diminati. Bahkan, setiap tahun pendaftar Sekolah Kedinasan STIS mengalami peningkatan. Agar kamu bisa diterima sebagai mahasiswa di STIS, lakukan persiapan dengan matang sebelum dan ketika menjalani seleksi.

Tahapan Ujian Masuk STIS dan Lokasi Ujian

Jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru STIS akan segera dibuka. Sebelum kamu diterima sebagai mahasiswa baru, terdapat serangkaian tes yang perlu dijalani. Informasi terkait pendaftaran STIS 2020/2021 kemungkinan akan diperbarui atau diupdate. Agar tidak ketinggalan, Mamikos akan memberikan referensi informasi terkait tahapan ujian masuk STIS beserta lokasi ujian STIS yang dapat dipilih.

Mengenal Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) adalah salah satu sekolah kedinasan yang setiap tahun persaingan masuknya cukup ketat. Mungkin peminat sekolah kedinasan STAN lebih banyak karena lebih populer. Tapi, sebenarnya ada perbedaan STAN dan STIS yang perlu kamu tahu. Jika STAN memfokuskan bidang keilmuan pada Akuntansi, STIS lebih menitikberatkan pada statistika.

Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) serta Jurusan Komputasi Statistik. Nantinya, dari Jurusan Statistika akan dihasilkan tenaga ahli statistik ekonomi dan tenaga ahli statistik sosial-kependudukan. Selain itu, dari Jurusan Komputasi Statistik akan dihasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

Apa gelar yang akan didapatkan setelah lulus STIS?. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan beban studi dan dinyatakan lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST.).

Jadwal Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Lakukan persiapan untuk menjadi bagian dari mahasiswa Politeknik Statistika STIS. Tahun ini, STIS membuka peluang untuk kamu agar menjadi mahasiswa angkatan 62. Adapun jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIS pendaftarannya akan dibuka pada 8 – 23 Juni 2020. Informasi terkait tata cara pendaftaran STIS dan syarat umum seleksi masuk STIS akan terus diupdate melalui website resmi.

Tahapan Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Alur pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Statistik hampir sama dengan Sekolah Tinggi Kedinasan lainnya. Berikut ini adalah alur pendaftaran STIS.

• Pengumuman Pendaftaran: mulai 1 Juni 2020
• Pendaftaran di SSCAN: 8 Juni – 23 Juni 2020
• Tahap Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Juli 2020
• Tahapan Seleksi Lanjut: pelaksanaan diatur oleh instansi masing-masing (STIS)

Sebagai referensi, seleksi masuk STIS tahun 2019 dilakukan dengan tahapan berikut:

• Seleksi Tahap I: Tes Akademik Matematika (menggunakan sistem Ujian Berbasis Komputer)
• Seleksi Tahap II: Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Tes menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). SKD diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) bekerjasama dengan Politeknik Statistika STIS.
• Seleksi Tahap III: Tes Psikotes
• Seleksi Tahap IV: Tes Kesehatan dan Kebugaran

Setiap tahapan pada tes tersebut menerapkan sistem gugur. Jadi, jika ada pendaftar yang tidak lulus pada seleksi tahap I, maka pendaftar tidak dapat melanjutkan tahap II dan selanjutnya. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk benar-benar mempersiapkan diri pada setiap tahapannya agar bisa meneruskan seleksi hingga tahap akhir.

Sistem Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik membuka dua jalur pendaftaran, yaitu Jalur Ikatan Dinas (ID) dan Jalur Tugas Belajar (TB). Kedua jalur tersebut berbeda targetnya dan sistem seleksinya.

Pada Jalur Ikatan Dinas, lulusan SMA/MA dapat mengikuti seleksi tersebut. Mahasiswa juga tidak perlu membayar biaya kuliah, bahkan akan mendapatkan tunjangan ikatan dinas. Namun, setelah lulus mahasiswa wajib bekerja di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) serta kementerian atau lembaga atau instansi selama masa ikatan dinas.

Pada Jalur Tugas Belajar, seleksi diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN atau BUMD, TNI atau POLRI, atau instansi lainnya. Pendaftar sudah direkomendasikan atau ditugaskan instansi asal agar menempuh pendidikan di STIS. Biaya studi mahasiswa akan ditanggung instansi yang merekomendasikan.

Lokasi Ujian Tes Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Lokasi tes untuk bisa masuk STIS tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Lokasi ujian setiap tahap tidak sama. Berikut ini adalah lokasi ujian yang digunakan pada seleksi tahun 2019 dan jika tidak ada perubahan akan kembali digunakan untuk seleksi tahun 2020. Lokasi ujian tahap 1 sampai akhir tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Peserta ujian dapat memilih tempat ujian yang terdekat dari lokasi tempat tinggalnya.

No Pilihan Lokasi Ujian Alamat Lokasi
1 Banda Aceh Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh:         Jalan Tgk. H M Daud Beureueh No.50, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 23121
2 Medan Universitas Harapan Medan: Jalan. HM Joni No 70 C Medan
3 Padang Universitas Negeri Padang (UNP): Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang
4 Pekanbaru BPS Provinsi Riau; Alamat : Jl. Pattimura No 12 Gobah Pekanbaru
5 Jambi STIKOM Dinamika Bangsa Jambi; Alamat : Jalan Jendral Sudirman, Kec. The Hok, Kota Jambi, 36138
6 Palembang SMK Negeri 1 Palembang

Alamat : Jl. Letnan Jaimas No.100 Sungai Pangeran (Cinde), Ilir Timur I, Palembang

7 Bengkulu Gedung LPTIK Universitas Bengkulu; Alamat : Jl. Wr. Supratman, Kandang Limun, Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu, Bengkulu
8 Bandar Lampung BPS Provinsi Lampung; Alamat : Jalan Basuki Rahmat No.54 Bandar Lampung, 35215
9 Pangkalpinang BPS Prov. Kep. Bangka Belitung; Alamat : Komplek Perkantan dan Pemukiman terpadu Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam Pangkalpinang
10 Tanjungpinang BPS Provinsi Kepulauan Riau; Alamat : Jl. A. Yani No. 21, Kecamatan Bukit Bestari, Kelurahan Sei Jang, Kota Tanjungpinang – 29124
11 Jakarta Kampus Politeknik Statistika STIS; Alamat : Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta 13330
12 Bandung BPS Provinsi Jawa Barat; Alamat : Jl. PH. H. Mustafa No. 43 Bandung – Jawa Barat
13 Semarang Gedung CAT BKD Provinsi Jawa Tengah

Alamat : Kompleks Bpsdmd Provinsi Jawa Tengah, Jl. Setia Budi Nomor 201 A, Srondol Kulon, Semarang

14 Yogyakarta Kampus III Universitas Sanata Dharma Yogyakarta; Alamat : Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta
15 Surabaya Gedung Majapahit BKN Kanreg II Surabaya; Alamat : Jl. Letjen S. Parman No. 6, Waru, Krajan Kulon, Waru, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256
16 Serang Kantor BPS Provinsi Banten; Alamat : Jl. Syech Nawawi Al Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B),Kav. H1-2, Serang, Banten.
17 Denpasar STMIK STIKOM INDONESIA (STIKI); Alamat : Jl. Tukad Pakerisan No. 97, Denpasar Bali
18 Mataram SMK Negeri 5 Mataram; Alamat : Jalan Merdeka Raya Pagesangan Mataram
19 Kupang SMK NEGERI 1 KUPANG; Alamat : Jl. Prof. Dr W.Z. Yohanes Kupang Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang-Nusa Tenggara Timur, 85000
20 Pontianak BPS Provinsi Kalimantan Barat; Alamat : Jalan Sutan Syahrir Nomor 24/42 Pontianak
21 Palangkaraya BKD Provinsi Kalimantan Tengah; Alamat : Jl Wilem A.S No 11 Palangka Raya
22 Banjarbaru BPS Provinsi Kalimantan Selatan; Alamat : Jl. Soekarno Hatta No.7 Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 70713
23 Samarinda STMIK Widya Cipta; Alamat : Jl. M. Yamin no 25, Gn. Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda
24 Tanjung Selor BPS Provinsi Kalimantan Utara; Alamat : Jalan H. Masykur RT. 19, Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor
25 Manado Kantor BPS Provinsi Sulawesi Utara; Alamat : Jl. 17 Agustus
26 Palu SMP Negeri 1 Palu; Alamat : Jl. Gatot Subroto No. 34 Kel.Besusu Tengah Kec. Palu Timur, Kota Palu
27 Makassar BPS Provinsi Sulawesi Selatan; Alamat : Jalan Haji Bau No.6 Makassar
28 Kendari SMA Negeri 4 Kendari; Alamat : Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 13, Bende, Kadia, Bende, Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93111
29 Gorontalo Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo; Alamat : Jalan Prof. Dr. Aloei Saboe No.117 Kel. Wongkaditi Kec. Kota Utara, Kota Gorontalo
30 Mamuju Kantor BPS Provinsi Sulawesi Barat; Alamat : Jl. RE Martadinata No 10, Kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju
31 Ambon Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Ambon; Alamat : Gedung Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Ambon. Jl. Ir. M. Putuhena, Rumah Tiga, Tlk. Ambon.
32 Ternate Kantor BPS Provinsi Maluku Utara; Alamat : Jl. Stadion No. 65 Ternate
33 Manokwari Kantor BPS Provinsi Papua Bara; Alamat : Jl. Trikora Sowi IV Kelurahan Sowi Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat
34 Jayapura Kantor BPS Provinsi Papua; Alamat : Jl Dr Sam Ratulangi Dok II Jayapura-Papua

Demikian informasi tahapan tes masuk STIS dan lokasi ujian (Polstat) 2020/2021. Lakukan persiapan sejak sekarang, apalagi persaingan masuk STIS cukup ketat. Pelajari setiap jenis tes yang diujikan agar peluangmu diterima semakin besar. Cermati pula setiap tahapan pendaftaran masuk STIS agar tidak ada satu pun yang terlewatkan.

Persiapan lanjutan yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat tinggal sementara, apalagi jika kamu adalah mahasiswa rantau. Tapi kamu tidak perlu khawatir setelah diterima sebagai mahasiswa baru karena ada aplikasi rumah kost Mamikos yang akan membantu pencarian hunian. Langsung download aplikasi kesayanganmu via ponsel android atau ios dan dapatkan semua kemudahan prosesnya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: