13 Tempat Titik Lokasi Tes SKD CPNS 2021/2022

Posted in: CPNS
Tagged: cpns SKD CPNS

13 Tempat Titik Lokasi Tes SKD CPNS 2021/2022 — Dalam seleksi atau pelaksanaan CPNS, kamu akan menghadapi yang namanya tes SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar. Di artikel lain Mamikos sudah menginformasikan mengenai SKD secara mendetail.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini, Mamikos akan fokus memberikan informasi terkait tempat titik lokasi tes SKD CPNS 2021/2022 yang pasti akan sangat berguna untuk kamu nanti. Sudah tidak sabar dengan info lengkapnya, simak terus sampai habis.

Daftar Tempat Titik Lokasi Tes SKD CPNS 2021/2022

kompas.com

Mamikos sudah menginformasikan bahwa mengetahui tempat titik lokasi tes SKD CPNS akan sangat berguna untuk kamu. Oleh sebab itu kamu perlu membaca artikel kali ini sampai selesai jika ingin tahu info selengkapnya tersebut.

Perlu diketahui bahwa sistem pendaftaran CPNS 2021 kali ini dibuka melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Kamu bisa mengakses atau membuka langsung portal resminya di alamat sscasn.bkn.go.id.

Sementara untuk seleksinya akan digelar dengan sistem yang berbeda-beda. Pada sekolah kedinasan, CPNS dan PPPK non guru seleksinya menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), sedangkan untuk guru PPPK akan menggunakan sistem UNBK-DIKBUD.

Info lainnya mengenai lokasi seleksi juga perlu kamu tahu. Untuk lokasi seleksi sekolah kedinasan, CPNS dan PPKN non guru rencananya akan digelar di BKN Pusat, Kanreg, UPT BKN dan beberapa titik lokasi mandiri yang belum ditentukan namun akan segera di update.

Sedangkan untuk lokasi seleksi guru PPPK tergantung pada sebaran peserta seleksi di sekolah-sekolah. Kamu bisa langsung simak penjelasan terkait lokasi pelaksanaan tes SKD CPNS yang telah Mamikos rangkum sebagai berikut.

Daftar Titik Lokasi Pelaksanaan Tes SKD CPNS 2021/2022

Di bawah ini adalah 13 kantor regional BKN yang digunakan sebagai lokasi tes SKD diantaranya adalah:

  1. Kantor Regional I BKN Yogyakarta
  2. Kantor Regional II BKN Surabaya
  3. Kantor Regional III BKN Bandung
  4. Kantor Regional IV BKN Makassar
  5. Kantor Regional V BKN Jakarta
  6. Kantor Regional VI BKN Medan
  7. Kantor Regional VII BKN Palembang
  8. Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin
  9. Kantor Regional IX BKN Jayapura
  10. Kantor Regional X BKN Denpasar
  11. Kantor Regional XI BKN Manado
  12. Kantor Regional XII BKN Pekanbaru
  13. Kantor Regional XIII BKN Aceh

Untuk titik lokasi tes yang pengadaannya mandiri kini telah tersedia 394 tempat. Namun, BKN terus memastikan untuk jumlah titik lokasi akan terus bertambah.

Di lokasi berbeda Heri Susilowati selaku Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara menyatakan bahwa saat ini, masing-masing kantor BKN masih terus melakukan koordinasi dengan instansi mandiri.

Disamping itu, kelayakan dan kelengkapan sarana dan prasarana yang disiapkan instansi terkait juga terus dipantau guna memperlancar proses seleksi atau tes SKD yang berlangsung nanti.

Agenda dan Jadwal Seleksi CPNS

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil berada di bawah kewenangan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Seleksi tersebut mendapat infrastruktur sistem seleksi yang auditnya dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) secara langsung.

Sementara untuk sistem keamanan IT dibantu oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kamu perlu mengetahui agenda dan jadwal pelaksanaan seleksi CPNS yang sudah Mamikos rangkum.

Simak dengan saksama rangkaian jadwal rencana pelaksanaan seleksi CPNS 2021 diantaranya adalah:

  1. Pendaftaran Sekolah pendidikan kedinasan pada April 2021
  2. PPPK guru pada bulan Mei hingga Juni 2021
  3. CPNS dan PPPK non-guru pada bulan Mei hingga Juni 2021

Pelaksanaan seleksi sekolah pendidikan kedinasan SKD akan dimulai pada Mei 2021. Untuk seleksi lanjutan telah dijadwalkan masing-masing instansi PPPK guru yaitu:

  1. Tahap 1 pada bulan Agustus 2021
  2. Tahap 2 pada bulan Oktober 2021
  3. Tahap 3 pada bulan Desember 2021

CPNS dan PPPK non-guru: Juli hingga Oktober 2021.

Pengumuman, pemberkasan dan penetapan NIP PPPK guru

  1. Tahap 1: Agustus hingga September 2021
  2. Tahap 2: Oktober hingga November 2021
  3. Tahap 3: Desember 2021 hingga Januari 2022

CPNS dan PPPK non-guru: November 2021 hingga Januari 2022

Adapun untuk titik lokasi seleksi sekolah pendidikan kedinasan, CPNS dan PPPK non-guru dilaksanakan di:

  1. BKN pusat
  2. Kanreg
  3. UPT BKN
  4. Titik lokasi mandiri Cost Sharing (khusus CPNS dan PPPK non-guru)

Sementara titik lokasi golongan lainnya tergantung sebaran peserta seleksi.

PPPK guru pada bulan Mei hingga Juni 2021

Jumlah Formasi yang Diperlukan 2021/2022

Setelah kamu mengetahui titik lokasi tempat pelaksanaan tes SKD CPNS, jumlah formasi yang diperlukan pun perlu kamu tahu. Total kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) pada 2021 ialah sebanyak 1.275.387 orang.

Akan tetapi meskipun jumlah ASN yang dibutuhkan lebih dari satu juta orang, untuk rencana penetapannya, Menpan RB Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa jumlahnya hanya 741.551 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 69.684 untuk pemerintah pusat dan 671.867 untuk pemerintah daerah.

Dari angka tersebut kebutuhan ASN terdiri dari:

  1. Instansi pemerintah pusat sebanyak 69.684 orang, dengan rincian 61.129 untuk 56 kementerian/lembaga dan 8.555 untuk 8 sekolah kedinasan
  2. Instansi pemerintah daerah sebanyak 671.867 orang

Rincian formasi untuk pemerintah daerah meliputi:

  1. PPPK guru 565.633 orang
  2. PPPK non-guru 21.517 orang
  3. CPNS 84.663 orang

Dengan rincian nya adalah sebanyak 144.096 untuk 34 pemerintah provinsi dan 527.771 untuk 492 pemerintah kabupaten dan pemerintah kota. Untuk kebutuhan ASN di atas diperoleh dari usulan yang disampaikan oleh 588 instansi dengan rincian 539 instansi telah mengusulkan dengan dokumen lengkap.

Lalu sebanyak 49 instansi sudah mengusulkan dan sedang dalam proses melengkapi dokumen, serta 32 instansi yang tidak mengusulkan kebutuhan ASN.

Syarat pendaftaran Pendaftaran CPNS 2021

Sudah mulai mengumpulkan dokumen penting untuk mendaftar, maka info syarat pendaftaran CPNS ini pasti perlu kamu ketahui. Syarat dan dokumen yang diperlukan untuk CPNS tahun 2021 ini masih sama dengan rekrutmen CPNS sebelumnya.

Merujuk pada seleksi CPNS sebelumnya, beberapa dokumen utama yang perlu kamu sebagai calon peserta siapkan diantaranya adalah:

  1. Pasfoto berwarna latar belakang merah
  2. Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun
  3. KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  4. Ijazah
  5. Transkrip nilai
  6. Surat lamaran
  7. Dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan sesuai instansi yang diminati

Dengan informasi tadi maka berakhir lah artikel yang bisa Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tempat titik lokasi tes SKD CPNS 2021/2022. Mudah-mudahan apa yang telah Mamikos berikan pada kesempatan ini berguna dan dapat bermanfaat untuk kamu semuanya.

Apabila kamu memerlukan informasi hunian maka sangatlah tepat jika kamu mengakses aplikasi pencari kos Mamikos. Sebab di sana ada banyak sekali pilihan kos yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Unduh aplikasinya sekarang untuk tahu info selanjutnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta