Tes UTBK Berakhir 29 Juli 2020, Cek Cara Melihat Hasil Nilainya

 Bella Carla | Sel, 21 Jul 2020

Tes UTBK Berakhir 29 Juli 2020, Cek Cara Melihat Hasil Nilainya – Berdasarkan pengumuman resmi dari LTMPT di website resminya, pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 akan diumumkan pada 20 Agustus 2020 mendatang. Buat kamu yang kemarin sudah mengikuti UTBK, kira-kira sudahkah kamu menegtahui cara melihat hasil nilai UTBK ini? Jika belum, silahkan cek informasi lengkapnya di bawah ini.

Info Terkait Cara Melihat Hasil Nilai Tes UTBK

unib.ac.id

Pada UTBK 2020 ini, protokol kesehatan secara ketat diberlakukan bagi peserta maupun panitia ujian. Seperti yang kita ketahui, UTBK tahun ini diselenggarakan sebanyak dua tahapan. Di mana tahapan pertama akan tetap digelar pada tanggal 5 hingga 14 Juli 2020 dengan total dua sesi per hari. Sedangkan, untuk tahapan kedua sendiri nantinya akan digelar pada tanggal 20 hingga 29 Juli 2020.

Sekilas Tentang UTBK

UTBK merupakan tes atau ujian tulis sebelum masuk perguruan tinggi ketika kamu mendaftarkan diri melalui SBMPTN. Sederhananya, UTBK merupakan tes wajib dilalui oleh calon mahasiswa sebelum masuk PTN. Sedangkan, SBMPTN merupakan seleksi setelah kamu mendapatkan hasil dari UTBK tadi. Intinya perjuangan kamu tidak berakhir sampai UTBK saja, tetapi masih harus berjuang di SBMPTN.

Jadwal Pelaksanaan UTBK

Pelaksanaan tes UTBK dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap pertama mulai 5 hingga 14 Juli 2020 dan tahap kedua pada 20 hingga 29 Juli 2020. Adapun untuk info rincinya adalah sebagai berikut:

  • Tahap 1 (5 – 14 Juli 2020)

Pelaksanaan UTBK tahapan pertama diperuntukkan bagi peserta yang sudah berada/tinggal di lokasi yang sama dengan lokasi tes UTBK 2020. Dan tempat tes, daerah, sudah siap dengan protokol kesehatan Covid-19. Setiap sesi nantinya akan ada jeda waktu selama 2 jam 45 menit yang digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi. Adapun untuk jadwalnya per sesinya adalah sebagai berikut:

Sesi 1: pukul 09.00 – 11.15 (WIB/WIT/WITA)

Sesi 2: pukul 14.00 – 16.15 (WIB/WIT/WITA)

  • Tahap 2 (20 – 29 Juli 2020)

Pelaksanaan UTBK tahapan kedua diperuntukkan bagi peserta yang sudah terlanjur memilih lokasi Pusat UTBK di luar domisilinya dan sulit meninggalkan lokasi tempat tinggal karena adanya peraturan PSBB dan lainnya. Adapun untuk jadwalnya per sesinya adalah sebagai berikut:

Sesi 1: pukul 09.00 – 11.15 (WIB/WIT/WITA)

Sesi 2: pukul 14.00 – 16.15 (WIB/WIT/WITA)

Syarat Pendaftaran UTBK

  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  3. Peserta mengikuti satu kali tes UTBK.
  4. Membayar biaya UTBK.

Tata Cara Pendaftaran UTBK

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A

  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun: (a) tahap I (2 Desember 2019 s.d. 10 Januari 2020) atau (b) tahap II (17 Februari s.d. 5 April 2020).
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
  8. Membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Lihat dan baca petunjuk tata cara pembayaran di laman https://www.ltmpt.ac.id. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.
  9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK-SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman  https://portal.ltmpt.ac.id untuk menuntaskan proses pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  10. Mengisi jenis jurusan SMTA.
  11. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  12. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  13. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  14. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B

Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun: (a) tahap I (2 Desember 2019 s.d. 10 Januari 2020) atau (b) tahap II (17 Februari s.d. 5 April 2020).

  1. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
  3. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  4. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  5. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  6. Mengisi jenis jurusan SMTA
  7. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  8. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  9. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  10. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Materi Tes UTBK

Meskipun ada beberapa ketentuan tambahan terkait pelaksanaan UTBK 2020, namun untuk materi tes UTBK sendiri hanya akan tetap mengujiankan satu materi saja yakni Tes Potensi Skolastik (TPS). Diketahui, TPS ini dirancang untuk memprediksi peserta mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi. TPS bertujuan untuk mengukur kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Lokasi Pelaksanaan Tes UTBK

Sebelumnya, terhitung ada 74 Pusat UTBK yang akan menyelenggarakan UTBK. Namun, dikarenakan Pusat UTBK Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tidak menyelenggarakan UTBK maka kini tercatat hanya ada 73 Pusat UTBK PTN saja yang menyelenggarakan UTBK. Selain di 73 Pusat UTBK tersebut, kini beberapa pusat UTBK yang telah bekerjasama dengan Mitra PTS maupun SMA dan SMK sebagai tempat penyelenggaraan UTBK untuk tahap I dan tahap II.

Tata Tertib Pelaksanaan UTBK

Di bawah ini adalah tata tertib pelaksanaan UTBK 2020 resmi dari LTMPT:

Sebelum Ujian UTBK Berlangsung

  1. Peserta ujian harus sudah mengetahui RUANG UJIAN dan LOKASI UJIAN sehari sebelum ujian berlangsung.
  2. Peserta harus membawa:
  3. Kartu Tanda Peserta Ujian;
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi (bagi lulusan 2018 dan 2019) atau Surat Keterangan Lulus asli (bagi lulusan 2020) ditandatangani Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto terbaru dan dibuahi cap sekolah; atau Kartu Identitas Diri (Asli).
  5. Peserta dilarang mengenakan Kaos Oblong (T-Shirt)
  6. Peserta harus bersepatu
  7. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 60 menit sebelum ujian dimulai
  8. Keterlambatan dengan alasan apapun sejak waktu tes dimulai (peserta sudah diminta masuk ruang ujian), peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian
  9. Peserta tida diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian
  10. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler, jam tangan (arloji), kamera, modem, segala jenis alat elektronik untuk merekam dan sebagainya.
  11. Tas, buku dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di tempat yang telah ditentukan.
  12. Peserta akan diperiksa jika dianggap ada sesuatu hal yang mencurigakan
  13. Peserta harus duduk di tempat yang sudah ditentukan sesuai dengan nomor peserta dan nomor meja, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain
  14. Peserta meletakkan Kartu Tanda Peserta Ujian dengan foto menghadap ke atas
  15. Peserta mengisi daftar hadir dengan menggunakan alat tulis yang disediakan
  16. Peserta yang kehilangan Kartu Tanda Peserta Ujian harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian
  17. Melakukan Tutorial Ujian UTBK sesuai dengan waktu yang telah disediakan agar peserta mengetahui cara menggunakan aplikasi.

Saat Mengerjakan Ujian UTBK

  1. Membaca dengan seksama petunjuk mengerjakan ujian yang sudah tersedia pada aplikasi ujian.
  2. Mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar perangkat dan bila sesuai klik Mulai Ujian.
  3. Memaskkan Token pada isian Token Ujian. Nantinya, token ujian akan diberikan atau diinformasikan kepada peserta oleh Pengawas Ujian sesaat sebelum ujian dimulai.
  4. Mengerjakan soal sesuai dengan lama waktu pengerjaan.
  5. Menjawab butir soal dengan cara memilih/meng-klik opsi jawaban menggunakan mouse.
  6. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar. Jawaban peserta otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.
  7. Selama ujian berlangsung, peserta DILARANG:
  8. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun
  9. Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain
  10. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian
  11. Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/jawaban peserta lain
  12. Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizing pengawas ujian
  13. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain
  14. Menyalin dan merekam soal ujian dengan menggunakan media apapun
  15. Apabila peserta melakukan kecurangan pada Poin 7 maka yang bersangkutan akan dicatata di dalam Berita Acara Pelanggaran Ujian (BAPU)
  16. Aplikasi UTBK akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir dan peserta wajib klik tombol “OK”
  17. Peserta yang meninggalkan ruangan setelah memasukan Token Ujian dank arena satu dan lain hal tidak kembali lagi hingga waktu ujian berakhir, dinyatakan telah selesai menempuh ujian UTBK.

Sesudah Mengerjakan Ujian UTBK

  1. Peserta UTBK meninggalkan ruangan pada waktu yang bersamaan sesuai protokol Covid-19 mengikuti instruksi panitia.
  2. Peserta UTBK hanya dapat meninggalkan ruangan ujian dengan izin dan pengawalan dari pengawas UTBK.
  3. Peserta UTBK yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu ujian selesai, tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan.

Cara Melihat Hasil Tes UTBK

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat hasil tes UTBK 2020, yakni:

  1. Melihat hasil tes UTBK melalui situs pengumuman resmi
    • Siapkan perangkat elektronik seperti PC, laptop, atau ponsel pintar. Pastikan koneksi internet yang akan digunakan stabil. Disarankan menggunakan koneksi Wi-Fi atau modem mengingat pada hari pengumuman SBMPTN trafik website akan padat.
    • Akses website khusus pengumuman di peramban (Chrome, Firefox, Safari, dan lain-lain) di alamat pengumuman.sbmptn.ac.id.
    • Begitu laman termuat, kamu akan diminta memasukkan data berupa nomor pendaftaran peserta beserta tanggal lahir.
    • Jika kamu dinyatakan lolos SBMPTN, peserta akan menerima ucapan selamat dan laman yang berisi penerimaan di jurusan tujuan.
  2. Melihat hasil tes UTBK melalui media cetak

Meskipun tak secepat mengecek lewat website, mengecek hasil pengumuman di media cetak masih bisa kamu andalkan. Hal ini disebabkan ada banyak peserta SBMPTN yang berasal dari daerah-daerah terpencil dan belum menerima koneksi internet stabil untuk membuka link pengumuman SBMPTN 2020. Koran adalah media cetak paling populer yang akan mengumumkan hasil SBMPTN pada hari yang telah ditentukan.

Carilah koran yang paling lengkap menampilkan daftar peserta yang lolos dan mencakup universitas yang dituju. Kamu mungkin akan sedikit kerepotan menelusuri nama dalam daftar yang tertera, jadi pastikan kamu masih ingat atau menyimpan nomor pendaftaran saat mengikuti SBMPTN. Jika dibandingkan dengan versi website, pengumuman SBMPTN 2020 yang dicetak di koran memungkinkan kamu untuk memeriksa nama teman yang daftar ke jurusan atau universitas lain. Jadi, kamu bisa mengabari mereka yang belum sempat membeli koran atau mengecek lewat situs.

Oke, itulah informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait cara melihat hasil nilai tes UTBK 2020. Mamikos infokan kembali, hasil UTBK-SBMPTN 2020 akan diumumkan pada 20 Agustus 2020. Kamu pun bisa mengecek pengumuman tersebut melalui website resmi pengumuman SBMPTN atau melalui media cetak. Jika kamu masih ingin mencari informasi lainnya, silahkan cek situs Mamikos secara berkala ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: