Mengenal Tes Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan

Tagged: Tes Wawancara

Mengenal Tes Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan  – Sebentar lagi proses rekrutmen CPNS online akan segera dilakukan, hal yang sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para pendaftar yang ingin menjadi pegawai negeri sipil. Titik di dalam CPNS ada salah satu rangkaian seleksi yang disebut tes wawancara pengamatan fisik, yang bisa dikatakan salah satu tes tersulit di dalam proses penerimaan pegawai negeri sipil tersebut.

Memang ada banyak sekali orang yang sangat berminat menjadi CPNS, sehingga hal itulah yang menyebabkan mereka berusaha sangat keras untuk bisa menguasai seluruh rangkaian tes yang akan diujikan di dalam proses rekrutmen CPNS tersebut. Bahkan terkadang tidak sedikit juga mereka harus mengikuti semacam bimbingan belajar untuk bisa menguasai dengan matang setiap materi dalam seleksi CPNS tersebut.

Tes Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan

unsplash.com

CPNS memang masih menjadi pekerjaan yang sangat bergengsi di negara Indonesia, karena tentu saja menjadi seorang CPNS maka akan membuat seseorang menjadi lebih dihormati. Stigma semacam ini memang sudah ada sejak waktu yang sangat lama rumah yang membuat semakin banyak orang berminat untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil.

Meskipun semua rakyat negara Indonesia dapat menjadi seorang pegawai negeri sipil, namun tidak dari semuanya bisa lolos setiap rangkaian tes yang ada di dalam proses penerimaan CPNS tersebut. Tentu saja untuk menjadi pegawai negeri sipil tidaklah mudah, sehingga seorang CPNS harus mengikuti berbagai rangkaian seleksi yang sangat sulit.

Salah Satu Tes Tersulit yang Ada Dalam Proses Rekrutmen CPNS

Meskipun ada banyak sekali rangkaian tes di dalam proses penerimaan CPNS, namun ada beberapa jenis tes yang lebih banyak menggugurkan calon pendaftar, dibanding jenis tes yang lain. Otomatis jenis tes semacam ini menjadi tes yang paling ditakuti oleh para pendaftar pegawai negeri sipil tersebut. Namun tentu saja rangkaian tersebut harus dilakukan dan tidak bisa dihindari.

Yaitu tes yang dimaksud adalah tes wawancara pengamatan fisik. Tentu ketika kita sudah bertemu dengan orang yang akan mengetes kita untuk tes wawancara tersebut jika kita tidak terbiasa maka kita sudah akan langsung merasa grogi dan juga kebingungan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh tim pengetes tersebut.

Tes wawancara pengamatan fisik tersebut merupakan suatu proses interview yang dilakukan untuk mengetahui kecakapan dari setiap pendaftar CPNS tersebut secara lebih dekat. Para pengetes juga akan memperhatikan setiap gerak-gerik yang dilakukan oleh peserta pendaftaran tersebut untuk mengetahui secara detail setiap pendaftar yang dites.

Akan ada banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh tim pengetes, dengan tujuan mereka ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kepribadian dari peserta CPNS tersebut. Dan seorang peserta CPNS diharuskan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh para tim pengetes karena dari situlah mereka bisa melakukan penilaian.

Di dalam tes wawancara pengamatan fisik ini tim pengetes juga akan menanyakan soal kelebihan yang dimiliki oleh peserta CPNS. Seperti contohnya kemampuan berbahasa asing, penguasaan ilmu seni dan juga prestasi di bidang olahraga. Hal semua hal tersebut bisa menambah nilai dalam mengikuti tes tersebut. 

Maka tugas seorang peserta CPNS adalah menyampaikan seluruh hal yang berkaitan dengan ketiga hal tersebut yang bisa menambah nilai mereka dalam melewati tes tersebut.

Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Lolos Tes Wawancara Pengamatan Secara Fisik

Meskipun seluruh tes yang ada di dalam proses penerimaan CPNS tersebut tidak mudah untuk dilakukan namun ketika sudah lolos 1 tahap dan kita memasuki tahap lain dimana tahap tersebut sudah sering menggugurkan banyak peserta maka kita harus menaruh perhatian lebih terhadap tes tersebut agar kita tidak gagal dalam melewatinya.

Apalagi ketika mengikuti tes yang sangat sulit seperti tes wawancara pengamatan fisik, maka memang kita harus benar-benar bisa memanfaatkan segala peluang yang ada dalam situasi tersebut. Karena wawancara adalah hal yang tidak bisa dipastikan dan sangat sulit dipelajari, karena akan selalu berubah-ubah dan tidak ada suatu patokan tertentu.

Karena hal inilah tes tersebut selalu membuat banyak peserta CPNS gugur, padahal sebenarnya tes wawancara tersebut merupakan tahap akhir di dalam rangkaian proses rekrutmen CPNS. Namun tetap saja nasib seseorang sudah ditentukan sehingga lolos tidaknya itu tergantung dari rezeki masing-masing pendaftar. 

Untuk itu lakukan beberapa upaya berikut ini untuk bisa memudahkan lolos tes wawancara cara yang dilakukan tersebut.

1. Tampil Percaya Diri

Hal pertama yang harus selalu dilakukan tentu saja adalah percaya diri, ketika kita mengawali semua hal yang kita lakukan dengan kepercayaan diri maka kesuksesan tentu saja akan dengan lebih mudah datang kepada kita tidak Hal tersebut juga harus dilakukan ketika kita ingin melewati proses interview tersebut karena kepercayaan diri membuat kita lebih bersemangat.

2. Melatih Kemampuan Komunikasi

Karena proses interview akan dilakukan layaknya tanya jawab, maka untuk bisa melewati tes wawancara tersebut dengan mulus seseorang harus melatih kemampuan berkomunikasi mereka dengan sangat baik. Karena tim pengetes tentu saja akan sangat memperhitungkan Bagaimana kemampuan dan kecakapan peserta CPNS dalam berkomunikasi.

3. Fokus

Tips selanjutnya adalah kita harus tetap fokus, dan juga menjaga pikiran kita untuk tetap terpusat pada proses wawancara tersebut. Jangan sampai ada hal lain yang bisa mengalihkan perhatian kita sehingga kita tidak fokus kepada tes wawancara tersebut, hal semacam ini dapat membuat kita gagal dalam melewati tes wawancara ini.

4. Berusaha Untuk Tetap Tenang

Orang yang mengetes kita dalam tes wawancara tersebut tentu saja bukan orang sembarangan, tentu saja mereka dipilih berdasarkan standar yang sangat tinggi. Hal semacam inilah yang terkadang membuat peserta CPNS menjadi sangat grogi, maka sebaiknya hal seperti ini harus sangat dihindari seorang peserta CPNS harus selalu tetap tenang dalam mengikuti proses wawancara tersebut.

5. Sampaikan Kelebihan yang Dimiliki

Seperti yang sudah saya Sebutkan di atas, tes wawancara seperti ini juga dimaksudkan untuk mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki oleh peserta CPNS. Jadi ketika seorang peserta CPNS ingin menambah nilai dalam melewati tes wawancara ini, peserta CPNS dapat menyampaikan seluruh kelebihan yang dimiliki kepada tim pengetes.

6. Tidak Berbelit-Belit

Seorang peserta CPNS juga harus menyusun kalimat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pengetes dengan baik. Setiap perkataan yang ingin diucapkan harus disusun dengan sangat baik, namun yang harus diperhatikan adalah jawaban tersebut tidak boleh berbelit-belit agar tidak membuat tim pengetes memberikan nilai yang rendah dalam proses wawancara tersebut.

7. Berdoa

Hal terakhir yang dapat dilakukan oleh peserta CPNS setelah sudah mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik dalam mengikuti seluruh rangkaian tes penerimaan CPNS, tentu saja adalah berdoa. Berdoa juga merupakan usaha yang sangat efektif untuk membantu seorang peserta CPNS lolos tes wawancara pengamatan fisik. Dengan berserah diri, tentu saja akan besar kemungkinan Tuhan memberikan pertolongan bagi kita.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah