Jawaban Interview Kerja “Kenapa Saya Harus Merekrut Anda?”

Jawaban Interview Kerja “Kenapa Saya Harus Merekrut Anda?” Hai, Jobseeker dimanapun kamu berada. Apa kabar hari ini? Sudah mendaftar pekerjaan di mana saja, nih? Di masa pandemi seperti sekarang ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Namun, kamu tidak boleh patah semangat. Selama kamu berusaha dengan maksimal, pasti ada hasil yang membahagiakan.

Jawaban Interview kerja

unsplash.com

Melamar pekerjaan bukan tidak butuh persiapan. Mengumpulkan berkas seperti CV, ijazah, transkrip nilai, surat lamaran, dan berkas lainnya mungkin terasa mudah. Namun, bagaimana kalau kamu sampai ke tahap interview atau wawancara. Pada tahap interview, kamu butuh persiapan khusus, loh. Nyatanya, banyak pelamar tidak dapat melewati tahap ini karena tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik. 

Salah satu pertanyaan yang membingungkan pelamar adalah “Kenapa Saya Harus Merekrut Anda ?”. Bagi teman-teman Mamikos yang baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa memberi jawaban interview kerja tersebut dengan menceritakan latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Selain itu,kamu juga bisa menyampaikan keterampilan dan kemampuan diluar prestasi akademik yang dapat mendukung pekerjaan tersebut. 

Bagi teman-teman yang sudah memiliki pengalaman kerja, justru menceritakan pengalaman tersebut adalah nilai tambah. Penjelasan akan lebih mudah jika pekerjaanmu yang sebelumnya linear dengan posisi pekerjaan baru. Namun, apabila jenis pekerjaannya berbeda, kamu bisa menonjolkan kemampuan lain secara umum yang sama-sama dibutuhkan pada kedua pekerjaan tersebut. 

Jangan bingung memberi jawaban interview kerja seperti itu. Intinya kamu harus meyakinkan bahwa kamu layak untuk bekerja pada posisi yang ditawarkan dan mampu mendukung kemajuan perusahaan dengan bertanggung jawab. Penyampaiannya tidak perlu bertele-tele, yang penting data dirimu dan kemampuanmu jelas tersampaikan.  

Di bawah ini, Mamikos akan memberikan gambaran jawaban interview kerja agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Contoh Jawaban Interview kerja  “Kenapa Saya Harus Merekrut Anda ?”

Bagi Pelamar yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja Profesional

unsplash.com

“Fokus studi yang saya pelajari selama berkuliah sangat erat kaitannya dengan tugas-tugas pada posisi pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu, saya merasa pengetahuan saya tersebut akan sangat berguna untuk berkontribusi pada perkembangan perusahaan ini”.

“Meskipun latar belakang pendidikan saya tidak begitu berkaitan dengan bidang posisi ini. Namun pengalaman saya yang biasa memandu acara sebagai MC di kampus, menjadi moderator diskusi, dan pemandu wisata pasti sangat dibutuhkan untuk bekerja pada posisi sebagai public relation di Hotel ini. Oleh sebab itu, saya sangat percaya diri bisa beradaptasi dengan cepat pada lingkungan perhotelan dan dapat memberi layanan terbaik dengan kemampuan saya tersebut”.

“Karakter saya yang biasanya menyelesaikan pekerjaan secara detail pasti mampu mengerjakan tugas pada posisi administrasi dan kearsipan yang ditawarkan. Selain itu saya cukup berdedikasi untuk mengerjakan pekerjaan tanpa menundanya”. 

“Saya merasa pengetahuan saya miliki mengenai mengenai teknik penyulingan air tanah sangat mumpuni untuk mendukung pekerjaan pada posisi supervisi di lapangan. Berkaitan dengan hal tersebut, skripsi saya juga melakukan penelitian terhadap hal tersebut. Berbekal pengetahuan tersebut, saya yakin bisa bekerja dengan baik pada perusahaan ini”.

Bagi Pelamar yang Sudah Memiliki Pengalaman Kerja 

unsplash.com

“Seperti yang saya ketahui bahwa pekerjaan ini sangat membutuhkan pemimpin yang bisa berkoordinasi dengan cepat pada setiap bidang bawahannya. Saya merasa pengalaman saya sebagai ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian menjadi modal yang sangat mendukung dalam posisi ini”.

“Pengalaman pekerjaan saya sebelumnya menuntut saya untuk bekerja berpindah-pindah kota. Berdasarkan hal tersebut, saya merasa cukup fleksibel untuk bisa mengerjakan tugas-tugas pada posisi pekerjaan ini. Selain itu, saya yakin bisa beradaptasi dengan mudah dengan lingkungan kerja perusahaan Bapak/Ibu”.

“Selama berkuliah, saya bekerja paruh waktu di sebuah toko online sebagai social media marketing. Saya yakin latar belakang pendidikan di jurusan manajemen dan pengalaman kerja tersebut cocok untuk mendukung pekerjaan saya pada posisi Produk Marketing yang saya lamar”.

“Saya memiliki passion yang cukup besar pada kegiatan menulis. Tulisan yang saya buat pernah terbit di salah satu koran nasional. Berdasarkan hal tersebut, saya merasa percaya diri untuk berkontribusi membuat konten tulisan guna mendukung perkembangan perusahaan ini”.

“Saya merasa visi dan misi yang saya miliki dengan perusahaan ini sama sehingga saya yakin bisa berkontribusi mengembangkan penjualan produk perusahaan melalui posisi sebagai Sales Marketing Manager

Contoh Jawaban Interview kerja “Sebutkan Kekurangan yang Anda Miliki?”

unsplash.com

Menjawab pertanyaan ini termasuk susah-susah gampang. Jangan memberikan jawaban yang justru membuatmu kehilangan kesempatan pada posisi tersebut. Misalnya, berikan jawaban kekurangan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Kamu juga bisa menyampaikan kekurangan dengan menyertakan solusi atau cara kamu menangani kekurangan tersebut.

“Saya beberapa kali kamu melewatkan salah satu tahap pengerjaan tugas. Untuk menghadapi hal tersebut, saya memiliki catatan kecil yang ditempel di komputer atau buku catatan yang dapat membantu saya mengerjakan tugas dengan terstruktur”.

“Saya orang yang cukup perfeksionis. Meskipun dipandang sebagai salah satu kelemahan, saya selalu berusaha mengerjakan tugas secara detail dan menyeimbangkan dengan tugas lainnya. Usaha tersebut membuat saya selalu mampu mencapai target yang ditentukan pada perusahaan sebelumnya”.

Pada pekerjaan yang tidak membutuhkan kemampuan public speaking: “Saya memiliki kekurangan saat berbicara di depan orang banyak. Namun hal itu tidak berarti menghambat pekerjaan saya. Saya selalu menggunakan kesempatan saat diadakan presentasi proyek di kantor”.

Contoh Jawaban Interview kerja “Sebutkan Kelebihan yang Anda Miliki?”

unsplash.com

Dalam memberikan jawab interview kerja ini, kamu harus menjawabnya dengan jujur. Terangkan  kelebihan tersebut tanpa melebih-lebihkan kemampuan agar terlihat handal. Bila perlu kamu bisa mendukung jawaan ini dengan bukti pengalaman agar HRD bisa menerimamu sebagai karyawan.

“Saya mampu bekerja dalam tim. Dibuktikan dengan banyaknya proyek penelitian yang pernah saya kerjakan saat masih berkuliah. Saya terbiasa bekerja saling mendukung dan mengkritik pendapat orang lain dengan cukup bijak. Oleh sebab itu, kemampuan saya tersebut akan membuat saya beradaptasi dengan cepat pada tim marketing perusahaan Bapak/Ibu”.

“Saya disiplin dalam hal hal waktu dan pekerjaan. Saya percaya, kemampuan ini dapat mendukung saya mengerjakan target pekerjaan dengan tepat waktu tanpa menundanya”.

“Saya sangat menyukai aktivitas menulis. Saya juga memiliki pengalaman untuk membuat iklan produk yang menarik perhatian. Saya merasa memiliki kelebihan dalam menemukan kata-kata yang mampu menggugah orang lain melakukan sebuah tindakan”. 

Demikian contoh jawaban interview kerja yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran atau panduan saat menghadapi sesi wawancara. Ingat, ya, jawaban interview kerja harus kamu susun dengan baik, jangan asal menjawab karena bisa menghilangkan kesempatanmu untuk bekerja. Kamu bisa mencari contoh-contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja di artikel Mamikos lainnya. Selamat berjuang para Jobseeker. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah