Jangan Sampai Salah, Baca 5 Tips Ini Dalam Memilih Rumah Kontrakan

 Mamikos | Kam, 15 Agu 2019

Jangan Sampai Salah, Baca 5 Tips Ini Dalam Memilih Rumah Kontrakan – Seperti memilih kost, saat kamu memutuskan untuk mengontrak, memilih rumah kontrakan menjadi salah satu bagian penting yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Bila kamu memilih dengan benar rumah kontrakan yang kamu akan tinggali sebelum menyewanya, tentunya kamu akan merasa nyaman begitu tinggal di sana. Lantas, apa saja tips memilih rumah kontrakan yang bisa kamu ikuti agar bisa mendapatkan rumah kontrakan idaman? Simak di bawah ini!

Jangan Sampai Salah, Baca 5 Tips Ini Dalam Memilih Rumah Kontrakan Agar Hidupnya Nyaman!

1. Tips memilih rumah kontrakan: Teliti rumah secara keseluruhan

Beberapa hal yang kamu perlu untuk teliti diantaranya: jumlah kamar, kamar mandi, instalasi listrik, instalasi air, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut perlu untuk diteliti apakah sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga atau tidak. Kamu juga bisa menyingkirkan atau meminta perbaikan hal-hal yang dapat membahayakan misalnya : kusen yang rapuh, lantai yang pecah, instalasi listrik yang terbuka dan lain-lain.

2. Tips memilih rumah kontrakan: Survei lingkungan sekitar rumah

Survei lingkungan sekitar rumah ini artinya, apakah bebas banjir, aman dari gangguan keamanan, dan lain-lain. Selain itu, dengan survei lingkungan rumah, kamu juga bisa mengetahui kebersihan lingkungan di sekitar rumah tersebut.

3. Tips memilih rumah kontrakan: Survei juga akses rumah kontrakan tersebut

Kamu perlu untuk mensurvei juga akses rumah kontrakan tersebut ke tempat kerja. Selain itu survei juga ketersediaan fasilitas umum seperti pasar atau mini market, klinik atau rumah sakit, angkutan umum, bank atau atm, sekolah anak dan lain-lain.

4. Tips memilih rumah kontrakan: Mintalah kontrak sewa rumah, dan teliti klausul-klausul hak dan kewajiban kedua belah pihak

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Tidak asal sewa dan hanya bayar saja, tapi mintalah kontrak sewa rumah, dan teliti klausul-klausul hak dan kewajiban kedua belah pihak terutama kepastian: harga sewa, jangka waktu sewa, penanggung jawab bila terjadi kerusakan, pengembalian uang sewa secara proporsional bila ada masalah dengan rumah antara pemilik rumah dan Pihak Ketiga, yang karena itu kamu tidak bisa menempati rumah tersebut selama masa kontrak sewa.

5.Tips memilih rumah kontrakan: Bersosialisasi dengan Tetangga

Bila kamu telah menempati rumah kontrakan tersebut, sebaiknya kamu dan keluargamu bersosialisasi dengan tetangga sekitar agar dapat saling membantu bila ada kesulitan dan memperluas pergaulan keluarga.

Klik dan dapatkan info rumah kontrakan idamanmu:

Jangan Sampai Salah, Baca 5 Tips Ini Dalam Memilih Rumah Kontrakan

Jangan Sampai Salah, Baca 5 Tips Ini Dalam Memilih Rumah Kontrakan