9 Tips Persiapan Jelang Sidang Skripsi Agar Sukses

 karin | Sen, 07 Okt 2019

9 Tips Persiapan Jelang Sidang Skripsi Agar Sukses – Sidang skripsi atau yang juga biasa disebut sebagai pendadaran adalah proses akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh sebuah gelar. Setelah bertahun-tahun mendalami teori masa perkuliahan. Hingga menyusun karya ilmiah yang syarat dengan penelitian. Umumnya, sebagian besar mahasiwa pasti cemas menghadapi sidang skripsi ini. Lantas bagaimana cara mengatasi kecemasan tersebut dan tips agar sidang skripsi berjalan lancar?

9 Tips Persiapan Jelang Sidang Skripsi Agar Sukses, Bisa Jadi Referensi

Tips Persiapan Jelang Sidang Skripsi

1. Istirahat atau tidur yang cukup adalah perlu

Belajar memang harus, tapi seimbangkan juga dengan tidur yang cukup sebelum hari besarmu tiba agar tubuh segar dan pikiran jernih. Ingat juga untuk beristirahat di sela-sela belajar, agar keesokan harinya kamu tetap fit dan bugar.

2. Kamu harus optimis serta percaya diri

Setelah skripsi dikumpul, tidak ada hal yang bisa kamu lakukan selain mempersiapkan diri dengan baik. Berhenti merasa khawatir, dan siapkan diri sebaik mungkin untuk sidang yang akan kamu hadapi di depan mata. Jangan lupa juga untuk memanjakan dirimu sejenak agar tidak stres dan bisa merasa lebih rileks.

3. Pelajari inti dari materi skripsi

Selama kamu mengerjakan skripsi, banyak hal tentunya yang akan menjadi pertanyaan dari dosen penguji. Untuk itu siapkan catatan kecil untuk menulis poin penting yang harus kamu ingat dalam skripsimu. Kamu juga bisa mengira-ngira pertanyaan apa saja yang kemungkinan besar ditanyakan oleh dosen penguji.

4. Konsultasikan pertanyaan yang mungkin bakal muncul nantinya ke dosen pembimbing

Setiap dosen pembimbing skripsi hampir bisa dipastikan pernah juga menjadi dosen penguji sidang. Karena itu, tidak ada salahnya kamu bertanya seputar tips sukses sidang skripsi kepada dosen pembimbingmu.

5. Latihan presentasi di depan teman-temanmu sendiri

Sebelum sidang, banyak kampus memberikan kesempatan melakukan pra-sidang. Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai simulasi sidang, di mana kamu akan presentasi dan diuji oleh dosen pembingbing skripsimu. Manfaatkan kesempatan emas ini untuk menyiapkan slide presentasi dengan baik dan mintalah masukan dari dosen pembimbing. Saat pra-sidang, kamu juga bisa menyimak dan mencatat pertanyaan yang diberikan sebagai gambaran saat sidang asli nanti.

6. Datang lebih awal saat pendadaran

Datang lebih awal bisa membuatmu beradaptasi dengan ruangan ujian dan pikiranmu lebih tenang. Mungkin kamu bisa memeriksa layar LCD, memastikan baterai laptop terisi penuh, mengecek ulang berkas-berkas ujian, dan nikmati suasana ruang ujian sembari menunggu dosen penguji datang.

7. Terima setiap masukan dan hindari mengeluarkan argumen yang tak masuk akal

Sangat dimaklumkan apabila kamu tidak bisa menjawab atau tidak mengetahui beberapa hal yang ada di skripsimu. Ketika kamu tidak bisa menjawab, berikan pernyataan yang jujur bahwa kamu tidak tahu. Apabila kamu tidak yakin dengan jawabanmu, sampaikan bahwa kamu tidak tahu, kemudian diikuti dengan pendapat dan analisamu sendiri. Hindari menjawab pertanyaan dengan pernyataan tidak masuk akal hanya karena kamu tidak mau mengakui bahwa kamu tidak tahu.

8. Simak dan catat setiap masukan

Setelah sidang, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk merevisi skripsinya sebelum dikumpul dalam bentuk hardcover. Hal-hal yang perlu direvisi ini diberikan oleh dosen penguji saat sidang. Karena itu, pastikan kamu menyimak dengan baik dan memahami setiap masukan dan poin revisi yang diberikan.

9. Berdoa dan minta restu orang tua

Berdoa menjadi bagian dari usaha dan sumber kekuatan. Mintalah doa restu juga pada kedua orang tua, yang senantiasa mendoakan kesuksesan dan kelancaranmu menghadapi ujian. Paling tidak dengan berdoa, kamu jauh lebih tenang dan siap.

Berhadapan langsung dengan 3 dosen penguji memang sedikit membuat nyali ciut. Kamu tidak perlu terbebani dan takut. Jika dibantai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk kamu jawab, cukup diam sejenak. Percayalah pertanyaan yang akan diajukan tidak akan keluar dari jalur materi skripsimu. Jadi pahami dengan baik dan jangan lupa untuk semangat terus!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: