9 Tips Sukses Memulai Bisnis dari Nol!

 Posted on Selasa, Mei 21st, 2019  Posted in Info Penting, Informasi  Mamikos

9 Tips Sukses Memulai Bisnis dari Nol! – Ditengah maraknya dunia digital baru-baru ini, banyak orang yang akhirnya mengambil kesempatan untuk membuka peluang bisnis. Dengan menggunakan kekuatan media sosial, yakni secara online, banyak yang mulai berbisnis, dari mulai kosmetik, makanan, pakaian, hingga travel. Namun, semudah itukah memulai bisnis? Bila kamu punya mimpi untuk bisa memulai bisnis, kamu bisa mengikuti tips-tips menarik berikut ini. Simak, yuk!

9 Tips Sukses Memulai Bisnis dari Nol Berikut Bisa Menjadi Referensimu

Lowongan kerja Jogja - Lowongan Kerja Jogja - Pebisnis Online

1. Meyakinkan Diri

Pertama,mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, kamu akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang kamu bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Belajar mengorganisir diri

Lantas, cobalah untuk membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usahamu. Sederhananya, jika kamu tak bisa mengorganisir diri, bagaimana kamu akan mengorganisir semua elemen bisnis milikmu?

3. Fokus pada satu bisnis dulu

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang kamu kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

4. Jalankan bisnis yang kamu sukai

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, kamu dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.

5. Siapkan modal usaha

Pastikan apakah modal dalam bisnis yang akan kamu bangun berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasil.

6. Tentukan target pasar

Meski memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.

7. Lihat peluang bisnis

Kini sudah banyak sekali contoh peluang bisnis yang dapat kamu manfaatkan. Kamu bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.

8. Pilih SDM yang tepat

Sumber daya manusia adalah salah faktor krusial apakah bisnismu dapat bertahan atau tidak. Sebab tak mungkin kamu mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang kamu pekerjakan mendatangkan manfaat.

9. Mental baja

Bila bisnismu akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan, jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang kamu butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman. Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses bisa kamu raih.