Tips Tetap Bertahan Untuk Kamu Korban PHK Karena Corona Covid-19

Posted in: Tips Loker

Tips Tetap Bertahan Untuk Kamu Korban PHK Karena Corona Covid-19 – Merebaknya pandemi virus Corona di Indonesia membawa dampak besar bagi beberapa sektor di Indonesia. Tak hanya soal kesehatan dan rumah sakit yang penuh dengan pasien, sektor ketenagakerjaan dan perekonomian juga terkena dampak paling besar dan signifikan. Pengurangan tenaga kerja terjadi di banyak perusahaan hingga mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran di Indonesia. Untuk kamu yang menjadi salah satu korban PHK karena Corona, kali ini Mamikos akan membagikan beberapa tips agar kamu tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini.

Informasi Terbaru Tips Bertahan Untuk Korban PHK Karena Corona

unsplash.com

Dampak signifikan pandemi virus Corona dirasakan oleh sebagian pekerja, baik itu di Indonesia maupun di seluruh dunia. Pasalnya, himbauan stay at home membuat beberapa sektor perekonomian macet dan menyebabkan banyak pekerja dirumahkan hingga diberhentikan. Di Indonesia sendiri, macetnya perekonomian akibat pandemi virus Corona ternyata menyumbang jumlah pengangguran hingga jutaan orang. Nah, kali ini Mamikos telah menghimpun beberapa tips yang bisa diterapkan untuk tetap bertahan bagi kamu yang merupakan korban PHK karena Corona.

Peningkatan Jumlah Pengangguran Akibat Pandemi

Seperti yang sudah Mamikos jelaskan sebelumnya, sektor perekonomian menjadi salah satu sektor yang terkena dampak signifikan dari pandemi virus Corona. Dampak tersebut adalah menurunnya angka pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai angka minus 5,32 persen untuk kuartal kedua tahun 2020 sesuai laporan BPS (Badan Pusat Statistik). Selain itu, SMERU Research Institute juga mencatatkan dua implikasi krisis ekonomi yang dialami Indonesia untuk sektor ketenagakerjaan. Salah satu implikasi yang disebutkan dalam laporan SMERU berjudul “Mengantisipasi Potensi Dampak Krisis Akibat Pandemi Covid-19 terhadap Sektor Ketenagakerjaan” adalah peningkatan jumlah pengangguran.

Menurunnya aktivitas perekonomian mau tak mau membuat para pelaku usaha harus melakukan efisiensi untuk menghindari kerugian. Pemangkasan jumlah tenaga kerja menjadi salah satu jalan yang harus diambil dengan merumahkan sampai melakukan PHK kepada para pekerja. Sesuai catatan dari Kementerian Ketenagakerjaan, ada 34.453 perusahaan dan 189.452 pekerja sektor informal terdampak pandemi virus Corona ini. Ada pula sebanyak 39.977 perusahaan sektor formal yang merumahkan dan mem-PHK pekerjanya dengan rincian jumlah sebagai berikut.

  1. Total pekerja terdampak: 1.010.579 orang
  2. 873.090 pekerja dirumahkan dari 17.224 perusahaan
  3. 137.489 pekerja di-PHK dari 22.753 perusahaan

Daftar Lengkap Tips Bertahan Untuk Korban PHK Karena Corona

Perusahaan tempat kamu bekerja mungkin menjadi salah satu perusahaan yang terkena dampak dari pandemi ini dan membuat mereka tidak memiliki pilihan lain selain melakukan pemangkasan tenaga kerja. Untuk kamu korban PHK karena Corona, jangan menyerah pada keadaan karena kamu tetap harus melanjutkan hidup. Kamu memang tidak bisa memutar waktu, tetapi kamu memiliki begitu banyak cara untuk bertahan hidup di tengah pandemi yang melanda Indonesia ini. Berikut adalah tujuh tips untuk tetap bertahan bagi kamu yang merupakan korban PHK karena Corona yang telah Mamikos himpun.

1. Tetap Tenang dan Jaga Kestabilan Mental

unsplash.com

Saat pertama kali mendapat kabar bahwa kamu adalah salah satu pekerja yang terkena PHK karena Corona, kamu mungkin kaget dan mengalami kecemasan. Sebelum kamu mengambil langkah apapun, kamu harus bisa menenangkan dirimu sendiri dan jangan sampai terpancing emosi. Kalau kamu bertanya-tanya mengapa semua ini bisa terjadi, dalam sebagian besar kasus ini tidak ada hubungannya dengan kinerja kamu selama bekerja. Semua karena keadaan yang mengharuskan perusahaan mengambil langkah untuk menyelamatkan perekonomian mereka agar tidak hancur.

Kamu mungkin marah dan sedih, tapi jangan sampai kemarahan dan kesedihan itu mempengaruhi mental kamu. Bicarakan hal ini kepada keluarga, pasangan, atau teman kamu agar kamu tidak memendamnya seorang diri saja. Katakan pada mereka bahwa kamu terkena PHK karena Corona dan perusahaan kamu tidak memiliki pilihan lain selain melakukannya. Kamu juga bisa meminta pendapat dan masukan dari mereka soal langkah selanjutnya yang harus kamu ambil untuk bisa terus melanjutkan hidup kamu.

2. Menabung

unsplash.com

Sebagai salah satu korban PHK karena Corona, perusahaan tentunya tidak serta-merta melepas kamu. Di dalam kontrak kerja dan sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan, setiap pekerja yang mengalami PHK harus diberikan pesangon. Sebagian dari uang pesangon yang kamu terima tersebut harus kamu tabung sampai kamu bisa menemukan pekerjaan lagi nantinya. Kamu tidak tahu apa yang terjadi di masa mendatang sehingga kamu harus mempersiapkan uang tersebut sebagai dana darurat.

3. Mengurangi Pengeluaran

unsplash.com

Setelah kamu terkena PHK karena Corona, kamu mungkin belum bisa menemukan pekerjaan baru untuk menyambung hidup dan keuanganmu sangatlah terbatas. Maka dari itu, kamu harus bisa memangkas pengeluaran kamu untuk hal-hal yang sekiranya tidak terlalu penting. Jika saat ini kamu tinggal di hunian dengan sewa cukup mahal, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk pindah ke hunian sederhana yang biasa sewanya jauh lebih murah. Kamu juga bisa membuat daftar pengeluaran bulanan dan menghilangkan pengeluaran yang tidak terlalu pokok demi menghemat uang kamu sebelum mendapat pekerjaan lagi.

4. Mengasah Keterampilan Baru

unsplash.com

Kamu tentunya memiliki waktu luang yang cukup banyak setelah mengalami PHK karena Corona. Manfaatkan waktu luang tersebut untuk hal-hal yang lebih berguna untuk karir kamu nantinya. Kamu memang boleh memanfaatkan waktu tersebut untuk mencari hiburan agar tidak terlalu stres dan tertekan setelah pemutusan hubungan kerja. Tapi jangan lupa juga bahwa kamu harus mengembangkan diri kamu agar tetap bisa bersaing mencari kerja di tengah pandemi ini.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan di waktu luang adalah dengan mengasah keterampilan baru dan mengikuti pelatihan online. Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi ini membuat sedikit pergeseran di dunia kerja, seperti peralihan ke teknologi terbaru. Hal tersebut membuat banyak perusahaan mencari dan hendak merekrut orang-orang yang ahli di bidang teknologi. Kamu mungkin bisa menambah atau mengembangkan keterampilan kamu dalam bidang teknologi agar kamu bisa lebih mudah mencari pekerjaan setelah terkena PHK karena Corona.

5. Mencari Pekerjaan Online

unsplash.com

Kebijakan social distancing dan physical distancing membuat banyak perusahaan memilih untuk menutup rekrutmen secara offline. Tips bertahan bagi kamu korban PHK karena Corona yang selanjutnya adalah dengan mencari pekerjaan secara online dari tempat tinggal kamu. Meskipun banyak perusahaan yang melakukan PHK karena Corona, tetapi ada beberapa perusahaan yang masih membutuhkan freelancer dan ini adalah kesempatan emas untuk kamu. Manfaatkan platform pencari kerja yang ada di internet agar kamu tetap memiliki pendapatan demi menyambung hidup di tengah pandemi ini.

6. Membuka Bisnis Kamu Sendiri

unsplash.com

Nah, kalau kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada, kamu bisa membuka bisnis online kamu sendiri, kok! Pandemi ini membuat sebagian besar orang beralih untuk membeli barang dan jasa secara online, seperti misalnya memanfaatkan eCommerce. Dengan memanfaatkan uang pesangon yang kamu terima setelah terkena PHK karena Corona, kamu bisa menggunakannya sebagai modal untuk membangun bisnis online kamu sendiri. Memang awalnya tidak mudah untuk membangun bisnis online, tapi bukan berarti kamu bisa menyerah sebelum mencobanya.

7. Mendaftar Kartu Prakerja

okezone.com

Pemerintah juga bukannya diam saja melihat banyaknya pekerja yang terkena PHK karena Corona. Ada banyak bantuan yang diberikan pemerintah bagi para pekerja tersebut, salah satunya adalah kartu prakerja yang bisa kamu daftar untuk mendapatkan insentif dari pemerintah. Meskipun tidak terlalu banyak, uang yang kamu dapatkan tersebut setidaknya bisa membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan bulanan kamu. Selain itu, uang tersebut bisa kamu tabung untuk membuka bisnis sendiri atau untuk dana darurat kamu.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar tips untuk tetap bertahan bagi kamu yang menjadi korban PHK karena Corona. Tetaplah tenang dalam menghadapi pandemi ini karena memang tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan selain berjuang untuk diri sendiri. Manfaatkan setiap peluang yang ada agar kamu tetap bisa menyambung hidup dan bertahan di tengah pandemi ini. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.