5 Ukuran Tempat Tidur Kasur King, Queen, Double, Single dan Tips Memilihnya

5 Ukuran Tempat Tidur Kasur King, Queen, Double, Single dan Tips Memilihnya – Ukuran kasur busa, Ukuran Kasur Double 140×200. Kasur Queen 160×200. Kasur King 180×200. Ukuran Kasur Super King 200×200. Ukuran Kasur Single 90 cm x 200 cm. Ukuran Kasur 140×200. Mana ukuran kasur yang cocok untuk kamu?

Setiap manusia pasti membutuhkan istirahat yang cukup setelah melakukan pekerjaan sehari-hari. Istirahat yang paling maksimal adalah dengan tidur yang berkualitas. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kita harus memiliki kasur yang cocok. 

Dengan ukuran kasur yang tepat, kita akan lebih nyaman untuk tidur di malam hari. Selain itu, ukuran dari kasur juga harus disesuaikan dengan ukuran ruangan, supaya barang-barang lainya bisa ditempatkan dengan baik.

Sekarang ada banyak orang yang mulai tidak menggunakan tempat tidur atau ranjang untuk menempatkan kasur. Namun, masih ada orang yang tetap menggunakan tempat tidur atau ranjang untuk menempatkan kasur.

Orang yang masih menggunakan tempat tidur atau ranjang tentunya harus menyesuaikan ukuran dari kasur dengan ukuran tempat tidur atau ukuran ranjang. Kasur yang terlalu besar tentunya tidak akan muat di ranjang dan kasur yang terlalu kecil akan membuat kondisi ranjang kurang nyaman. Maka dari itu, ukuran dari kedua barang tersebut harus disesuaikan dengan baik.

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak ukuran untuk kasur. Di dunia sebenarnya ada banyak jenis ukuran dari kasur, namun di Indonesia sendiri hanya ada 5 jenis ukuran untuk kasur. Pada umumnya, setiap penjual kasur akan menjelaskan ukuran dari kasur yang mereka jual.

5 Macam Ukuran Kasur Tempat Tidur

unsplash

Ada 5 macam ukuran kasur yang perlu kamu ketahui :

1. Kasur Super king

Yang pertama adalah kasur super king. Kasur super king merupakan kasur dengan ukuran terbesar yang ada di negara kita. Ukuran dari kasur ini adalah seluas 200 cm x 200 cm. Dengan ukuran kasur 200×200, tentunya kita bisa tidur dengan posisi apapun.

blog.spacestock.com

Kasur super king bisa digunakan oleh 3 orang dalam waktu bersamaan. Bahkan, 3 orang bisa tidur dengan nyaman di atas kasur super king. Maka dari itu, kasur super king cocok untuk keluarga baru yang mempunyai anak kecil. Ayah, ibu, dan juga anak bisa tidur secara bersamaan di atas kasur super king dengan nyaman.

Umumnya kasur super king ini digunakan di dalam hotel. Layanan hotel family suite menggunakan kasur super king. Sesuai dengan nama layanannya, satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak bisa tidur dengan nyaman di dalam hotel. 

Jika kamu ingin menggunakan kasur ini, kamu harus mempunyai kamar dengan ukuran yang luas. Ukuran tinggi kasur tidak berbeda jauh dengan kasur pada umumnya. Namun, jika kamu ingin memasang kasur ini pada ranjang, kamu harus benar-benar memperhatikan kerangkanya.

2. Kasur King

Yang kedua adalah kasur king. King size bed merupakan kasur dengan ukuran terbesar kedua yang ada di negara kita. Ukuran dari kasur ini adalah seluas 180 cm x 200 cm. Dengan ukuran kasur sebesar itu, tentunya kita bisa tidur dengan lebih nyaman.

liputan6.com

Dengan ukuran dari king bed atau yang biasa dikenal dengan ukuran kasur no 1, kasur ini cocok untuk digunakan oleh 2 orang dalam waktu bersamaan. Ketika kasur ini digunakan oleh 2 orang, masih terdapat space yang lumayan banyak sehingga bisa bergerak dengan bebas di atas kasur. Maka dari itu, kasur king cocok untuk pasangan yang baru saja menikah.

Kasur king ini biasa digunakan di dalam hotel. Layanan hotel eksklusif biasanya menggunakan jenis kasur king. Penggunaan kasur ini di dalam hotel sudah terbukti membuat para pelanggan bisa tidur dengan leluasa. 

Jika kamu ingin menggunakan kasur ini, kamu harus memastikan bahwa ukuran kamar kamu cukup luas. Dengan kamar yang cukup luas, tentunya kasur king size bisa dimasukkan dan ditempatkan dengan mudah.

3. Kasur Queen

Yang ketiga adalah kasur queen. Queen size bed merupakan kasur dengan ukuran terbesar ketiga yang ada di negara kita. Ukuran kasur queen adalah seluas 160 cm x 200 cm. Ukuran tersebut cukup nyaman untuk tidur dan beraktivitas di atas kasur seperti membaca buku, menonton film, dan lain sebagainya.

grid.id

Dengan ukuran dari queen bed atau yang biasa dikenal dengan ukuran kasur no 2, kasur ini cocok untuk digunakan oleh 2 orang dalam waktu bersamaan. Dua orang akan mendapatkan space yang cukup luas ketika tidur di atas kasur queen. Banyak pasangan yang baru menikah memilih menggunakan kasur queen di dalam rumahnya.

Kasur queen memang memberikan ruang yang cukup luas bagi dua orang untuk tidur, namun banyak orang yang mengatakan bahwa kasur ini tidak cocok untuk orang-orang yang tidurnya sering berganti-ganti posisi. Maka dari itu, pastikan kamu memahami dengan baik kebiasaan tidur kamu sebelum membeli kasur ini.

4. Kasur Double

Yang keempat adalah kasur double. Kasur double merupakan kasur dengan ukuran yang cukup luas untuk seseorang yang tidur sendirian. Ukuran kasur tumpuk adalah seluas 140 cm x 200 cm. Di atas kasur double, seseorang bisa melakukan berbagai kegiatan dengan leluasa dan tidur dengan nyaman karena ruang yang cukup luas.

google

Dengan ukuran kasur 140×200 atau yang biasa dikenal dengan ukuran kasur nomor 3, kasur ini kurang cocok untuk digunakan oleh 2 orang dalam waktu bersamaan. Dua orang yang menggunakan kasur ini akan memiliki space yang cukup sempit sehingga kurang nyaman ketika tidur. Kasur ini cocok untuk ibu yang menyusui atau anak-anak yang takut tidur sendiri.

5. Kasur Single

Yang terakhir adalah kasur single. Kasur single merupakan kasur dengan ukuran yang pas untuk satu orang. Ukuran kasur single adalah seluas 90 cm x 200 cm dan 100 cm x 200 cm. Di atas kasur single, seseorang bisa nyaman untuk tidur sendiri meskipun space nya tidak terlalu luas. Kasur single bisa dikatakan merupakan ukuran kasur anak karena ukurannya yang kecil.

Kasur Single

Kasur single biasanya ditempatkan pada dipan. Ukuran single bed biasanya disesuaikan dengan ukuran dipan. Jadi ukuran dari dipan harus sesuai dengan ukuran kasur 90×200 dan ukuran kasur 100x 200. Pada jenis kasur busa, ukuran kasur busa juga harus dipertimbangkan mengingat adanya kemungkinan menyusut atau rusak. Ukuran kasur busa memang sedikit tricky.

Tips Memilih Kasur Tempat Tidur Agar Tidak Salah Pilih Ukuran

Ada dua tips untuk mendapatkan kasur yang nyaman untuk tidur :

1. Sesuaikan Dengan Ukuran Ruangan

Tips yang pertama adalah menyesuaikan ukuran kasur dengan ukuran dari ruangan. Kamu harus benar-benar memperhatikan ukuran kamar yang akan kamu gunakan untuk menempatkan kasur. Dengan begitu, nantinya kasur bisa muat di dalam kamar.

2. Pilih Jenis Paling Nyaman

Tips yang kedua adalah memilih jenis kasur yang paling nyaman untuk kamu. Pilihlah bahan yang sekiranya nyaman untuk tidur. Setiap orang pasti memiliki kenyamanan yang berbeda-beda, maka dari itu kamu harus menyesuaikan kasur dengan kenyamanan kamu.

Itulah beberapa informasi mengenai ukuran kasur dan tips untuk mendapatkan kasur yang nyaman untuk istirahat. Sekarang seharusnya kamu sudah bisa memilih kasur dengan ukuran yang tepat untuk kamar kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah