Ukuran Kertas F4 di Word, Excel, PDF, Print Dalam Cm, Inci, Mm

Ukuran Kertas F4 di Word, Excel, PDF, Print Dalam Cm, Inci, Mm – Kertas HVS F4 sebenarnya memiliki ukuran standar sendiri. Di mana ukuran ini kerap diterapkan di perkantoran dan fotocopy. Ukuran kertas ini juga kadang disebut dengan nama kertas folio. Buat kamu yang masih bingung cara mengubah ukuran kertas F4 di Microsoft Word, Excel ataupun PDF ketika ingin ngeprint, silahkan simak info di bawah ini.



Ukuran Kertas F4

unsplash.com

Print atau mencetak file adalah salah satu kegiatan yang akan kerap kamu temui baik dalam kegiatan perkuliahan hingga dunia kerja nanti. Kertas F4 ini memiliki ukuran yang sama dengan kertas folio bergaris. Maka tak heran jika sebagian orang bahkan menyebut kertas F4 ini dengan sebutan kertas folio.

Cara mengubah ukuran kertas merupakan salah satu hal yang wajib kamu pelajari guna melengkapi skill komputer kamu. Perlu kamu ketahui bahwa kertas F4 bukanlah ukuran kertas standar internasional. Sehingga kamu tidak akan menemukan pilihan Page Layeout pada Microsoft Word, Excel ataupun PDF. 

Jika diukur dalam centimeter, kertas F4 berukuran 21,59 x 33 cm atau 8,5 x 13 inch. Jika diukur dalam satuan milimeter, kertas F4 berukuran 215 x 330 mm. Namun ukuran ini kembali lagi kepada jenis printer yang akan kamu gunakan. Apapun program yang kamu gunakan, baik itu Microsoft Word, Excel ataupun PDF.


Berbagai Satuan Kertas F4

Selain membutuhkan pengaturan khusus, kertas F4 juga memiliki ukuran yang sama di berbagai daerah, karena sudah terstandar berdasarkan ISO. Satuan yang sering digunakan yaitu millimeter (mm), sedangkan untuk aplikasi Word biasa menggunakan satuan inci atau centimeter (cm). Berikut merupakan konversi kertas ukuran F4 dengan berbagai satuan.

  1. Ukuran Kertas F4 dalam Centimeter (cm): 21.5 (panjang kertas), 33 (lebar kertas)
  2. Ukuran Kertas F4 dalam Inchi: 8.74 (panjang kertas), 12.99 (lebar kertas)
  3. Ukuran Kertas F4 dalam Milimeter (mm): 215 (panjang kertas), 330 (lebar kertas)

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 

Umumnya, tiap kertas memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda. Sehingga biasanya diperlukan pengaturan terlebih dahulu ketika akan menggunakannya. Hal ini juga sama dengan penggunaan kertas F4, di mana biasanya sudah terlampir sebagai pilihan di word atau excel. Namun, jika di computer kamu belum ada atau belum tersedia, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word, Excel ataupun PDF.


1. Cara Mengubah Ukuran Kertas F4 di Word

Ketika kamu ingin mencetak dokumen di Microsoft Word, terkadang kamu akan kesulitan dikarenakan ukuran kertas yang diinginkan tidak terdaftar. Jika dokumen yang sering kamu buat menggunakan kertas F4, maka ada baiknya jika kamu menambahkan sebuah ukuran kertas F4 dalam daftar kertas di Word kamu. Tentunya ini akan mempermudah kamu ketika ingin memakai ukuran kertas F4, karena kamu hanya perlu klik menu layout lalu pilih item Size pada Page Setup dan pilih F4 (Folio). Nah, berikut adalah cara mengubah ukuran kertas F4 di Word 


  1. Pada halaman Ms Word silahkan pilih menu “Page Layout”, kemudian pilih “Size” dan pilih “More Parer Sizes”.
  2. Pada menu “paper size”, silahkan ganti menjadi “custom size”.
  3. Kemudian ubah ukuran width menjadi 21,59 cm dan height menjadi 33 cm, atau dalam inchi yaitu width menjadi 8,5″ dan height menjadi 13″. Selanjutnya, klik “OK”.
  4. Ukuran halaman kertas Word kamu pun telah berubah menjadi HVS atau F4.

2. Cara Mengubah Ukuran Kertas F4 di Excel

Sama dengannya dengan aplikasi Microsoft Excel, jika kamu membutuhkan kertas dengan ukuran F4 maka kamu pun dapat melakukan pengaturan ulang terlebih dahulu. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel yang sudah tersedia
  2. Pilih menu ‘Page Layout’ pada bagian atas kertas
  3. Kemudian, pilihlah ‘Size’ untuk melihat ukuran yang tersedia dari Excel
  4. Selanjutnya, kamu bisa memilih ‘Folio’ untuk menggunakan kertas F4. Lantaran Folio merupakan sebutan lain bagi kertas F4 ini
  5. Setelah itu, kamu pun dapat mengatur posisi kertas sesuai kebutuhan. Terdapat pilihan portrait dan landscape.
  6. Terakhir, kamu dapat meng-klik ‘Ok’ untuk menyelesaikan pengaturan dan menyimpan pengaturan yang sudah dilakukan.

3. Cara Mengubah Ukuran Kertas F4 di PDF

Umumnya, ketika kamu akan mencetak dokumen PDF dari Aplikasi Adobe Reader maka secara otomatis dokumen akan terseting dalam ukuran atau size kertas A4 kuarto. Namun, terkadang kamu pun perlu mencetak dokumen pdf tersebut dalam ukuran kertas folio atau tepatnya F4. Jika kamu sedang dalam keadaan demikian, kamu mungkin bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah ukuran kertas menjadi F4 pada Aplikasi Adobe Reader.


  1. Pada program adobe reader, klik menu “file”dan “print”
  2. Kemudian cari “page setup”
  3. Pada page setup, ubah paper size ke Legal, atau pilih kertas F4 jika kamu sudah mempunyai setting ukuran kertas F4 di komputer kamu.
  4. Beri tanda pada radio bottom Custom scale, kemudian ubah value yang 100% ke 90%
  5. Klik Print.

Tips Memilih Kertas F4 dengan Benar

Jika kamu memerlukan kertas F4 untuk mencetak dokumen berukuran F4 yang kamu miliki, ada baiknya kamu memilih kertas dengan baik dan benar. Mengingat di luar sana ada banyak sekali merk dan jenis kertas F4. Berikut Mamikos tambahkan tips dalma memilih kertas F4 dengan benar.

  • Perhatikan gramasi dari kertas F4

Gramasi atau GSM adalah berat dari suatu kertas. Umumnya ada banyak sekali kertas F4 dengan ukuran yang berbeda-beda. Namun biasanya ukuran yang sering digunakan adalah jenis 70 GSM. Namun, ada juga jenis kertas yang gramasinya 60 GSM dan juga 80 GSM.

Sebelum kamu membeli kertas F4, ada baiknya jika kamu menentukan terlebih dahulu kira-kira mana saja yang bakal dibutuhkan oleh banyak orang. Umumnya jenis 60 dan 70 GSM banyak digunakan di fotokopi. Selanjutnya untuk jenis yang 80 GSM banyak digunakan di kantor untuk mencetak dokumen penting.

  • Perhatikan merk kertas

Selain gramasi, kamu juga perlu memperhatikan merk kertas F4 sebelum memutuskan untuk membelinya. Masing-masing merek biasanya memiliki harga yang berbeda-beda. Selain itu, kualitas dari kertasnya juga bervariasi. Ada kertas yang kualitas baik dan ada yang biasa-biasa saja sehingga mudah sekali rusak.



  • Perhatikan warna dan bahan

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan warna dari kertas F4 yang akan dibeli. Ada beberapa warna dari kertas F4 yang dijual di pasaran, mulai dari warna kuning, merah muda, biru, dan hijau. Namun, umumnya warna kertas yang paling sering digunakan adalah warna putih.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait ukuran kerta f4 dan cara mengubah ukuran kertas menjadi F4 pada Microsoft Word, Excel ataupun PDF. Kertas ukuran F4 memang sangat dibutuhkan dan sering digunakan dalam bidang percetakan atau pengetikan sebuah dokumen. Terdapat banyak kegiatan yang akan membutuhkan kertas ini, misalnya dalam pengerjaan laporan kegiatan kerja atau pelatihan karyawan atau semacamnya. Jika kamu membutuhkan informasi lainnya terutama seputar kost-kostan, kamu bisa unduh aplikasi Mamikos dan temukan infonya disana.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah