Ukuran Kertas HVS A5 di Word, Excel, Pdf, Print Dalam Cm, Inci, Mm

Posted in: Informasi

Ukuran kertas HVS A5 Di Word, Excel, Pdf, Print Dalam Cm, Inci, Mm  – Kamu pasti sering menggunakan kertas HVS, bukan? Tapi, tahukah kamu? HVS adalah singkatan dari “Houtvrij schrijfpapier” yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas HVS sendiri memiliki berbagai macam seri dan ukuran. Seri yang mungkin sering kamu dengar dan pakai adalah kertas A4. Tapi sesungguhnya, kertas yang penggunaannya paling populer adalah seri kertas A5. 

Ukuran kertas HVS A5 

pixabay.com

Buku tulis yang sering digunakan anak sekolah adalah contoh ukuran kertas HVS A5. Ukuran kertas HVS A5 merupakan kertas A4 yang ditekuk atau dipotong menjadi dua. Kertas HVS A5 memiliki ukuran yang sesuai dengan standar berdasarkan ISO (International Organization for Standardization) dalam satuan mm (milimeter), yang bisa dikonversikan ke dalam satuan cm (centimeter). 

Kertas HVS seri A merupakan kertas yang sering digunakan untuk keperluan penerbitan dan percetakan. Kertas seri Ini memiliki beberapa jenis, yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10. Namun, kertas A9 dan A10 jarang sekali ditemui karena ukurannya sangat kecil dan jarang digunakan. 

Ukuran Kertas HVS A5

Berikut ini adalah ukuran kertas HVS A5 dalam satuan mm, cm, dan inci:

  1. Kertas A5 dalam mm: 148 x 210 mm
  2. Kertas A5 dalam cm: 14,8 x 21 cm
  3. Kertas A5 dalam inci: 5,8 x 8,3 inci

Perkembangan Penggunaan Ukuran Kertas HVS A5

Perkembangan zaman dan dunia digital membuat segala sesuatu dapat dikendalikan hanya melalui laptop atau telepon pintar saja. Orang-orang yang memiliki hobi dan pekerjaan menulis seperti para content writer turut merasakan perubahan zaman tersebut. Dulu, menulis dilakukan di atas sebuah kertas dengan menggunakan alat tulis pensil atau pulpen. Sekarang, menulis bisa langsung dilakukan pada kertas kerja digital seperti di Microsoft Word dan Microsoft Excel. 

Salah satu hal yang menarik dari perkembangan tersebut adalah ukuran kertas HVS A5 tidak berubah, baik ukuran pada kertas sesungguhnya, maupun secara digital. Pada Microsoft Word, Microsoft Excel, PDF, dan pengaturan printer, ukuran kertas HVS A5 disesuaikan standar ISO yang telah ditetapkan. 

Pada Microsoft Word, Microsoft Excel, dan pengaturan printer ukuran kertas HVS A5 sudah dibuat dengan jelas. Jadi, kamu hanya perlu mencari jenis kertasnya saja, kemudian, isi dokumen yang kamu pilih akan menyesuaikan dengan ukuran kertas secara otomatis.  Namun, pada beberapa aplikasi desain seperti Coreldraw, ukuran kertas HVS A5 harus diisikan secara manual. Itulah sebabnya, ukuran kertas A5 dalam satuan mm, cm, dan inchi menjadi standar internasional agar semua dokumen yang menggunakan kertas HVS A5 memiliki ukuran yang sama. 

Cara Setting Kertas HVS A5 di Word

1.Siapakan dokumen di Microsoft Word

2.Klik tata letak “layout” pada menu bagian atas;

3.Klik ukuran “size” dan “more paper size”;

4.Pada jendela “Paper – Paper Size” klik pilihan kertas “A5”. Jika tidak ada, pilih “Custom Size”, kemudian isikan Width: 14.8 cm; Height: 21.0 cm atau  Width: 5.83″ ; Height: 8.27″;

5.Klik “OK”;

6.Selesai

Cara Setting Kertas HVS A5 di Excel

Caranya sama dengan di Word, hanya ada perbedaan sedikit pada nama menunya, sebagai berikut:

1.Siapakan Dokumen di Microsoft excel;

2.Klik tata letak halaman “page layout”;

3.Klik ukuran “size” dan “more paper size”;

4.Pada jendela “Page -Page Zise” langsung pilih ukuran kertas “A5”;

5.Excel tidak dilengkapi pilihan “Custome Zise” sehingg tidak dapat mengisikan ukuran kertas secara manual. Oleh sebab itu, langsung klik “Print” di bagian bawah. Kamu akan diarahkan menuju pengaturan printer (Cara pengaturan di bawah ini).

6.Selesai

Cara Setting Kertas HVS A5 Untuk Print

1.Buka dokumen yang akan dicetak

2.Klik “File” 

3.Klik “Print”

4.Setelah muncul dialog print, klik “Printer Properties”

5.Klik Jendela “PageSetup” pada pilihan diatas. Setelah muncul daftar pilihan kertas, cari tulisan “A5” dan klik, kemudian klik “Ok”.

6.Selesai

Di Mana Kita Dapat Menemui Ukuran Kertas HVS A5 ?

1. Buku

Ukuran buku tulis memang lebih beragam. Banyak buku menggunakan ukuran kertas HVS A4. Tapi, buku yang lebih populer adalah buku dengan ukuran kertas HVS A5.  Buku yang berbeda ukuran sama sekali tidak menghilangkan fungsinya sebagai alat tulis. Ukurannya hanya mengukur tingkat kepraktisan saja. 

Buku dengan ukuran kertas HVS A5 lebih mudah dimasukan kedalam tas kecil, sehingga tidak perlu repot-repot membawa tas besar yang hanya berisi satu buku saja. Namun, itu semua kembali pada kenyamanan pengguna. 

2. Binder

Binder, tepatnya kertas binder memiliki fungsi yang sama dengan buku. Itulah sebabnya ukuran binder sama dengan ukuran kertas A5 pada buku agar lebih praktis dibawa. Meskipun ada kertas binder yang memiliki ukuran lebih besar, tapi binder dengan ukuran kertas A5 adalah yang paling umum digunakan. 

Hal yang membeda binder dengan buku adalah buku di klip menjadi satu kesatuan yang lebih rapat dan teratur. Sedangkan, kertas binder adalah satuan kertas terpisah yang dapat tersusun dengan rapi jika disatukan pada wadah binder. 

3. Buku Agenda

Sama halnya dengan buku tulis dan binder,  kertas HVS A5 memiliki ukuran yang praktis untuk digunakan pada buku agenda. Sebagian besar orang menggunakan buku agenda untuk membantu memanajemen waktu dengan mencatat jadwal mereka. Selain itu, segala kebutuhan dan list  pekerjaan juga bisa ditulis pada buku agenda. Oleh sebab itu, buku agenda jarang terpisah dari pemiliknya. 

4. Kalender

Sebagian besar kalender yang sering kamu temui memiliki ukuran yang besar, seperti kalender dinding pada umumnya. Tapi, ada juga, loh kalender meja yang biasanya dipakai di kantor-kantor atau menjadi souvenir beberapa produk.

Nah, kalender meja biasanya menggunakan ukuran kertas HVS A5. Ukuran tersebut dirasa cocok karena tidak terlalu besar di meja dan tidak terlalu kecil sehingga tulisannya tetap dapat dibaca. 

5. Selebaran/Brosur

Kamu pasti sering mendapat selebaran atau brosur di lampu merah, di mall, pameran dan tempat lainnya. Sebagian besar selebaran atau brosur tersebut menggunakan kertas HVS A5. Ukuran ini rasa lebih efisien karena brosur tidak memerlukan banyak kata-kata, tapi harus dibuat menarik dengan tulisan yang mudah dibaca. 

6. Undangan Ulang Tahun atau Pernikahan

Ukuran kertas HVS A5 juga sering digunakan sebagai patokan membuat undangan ulang tahun atau pernikahan. Ukuran ini dirasa ideal untuk mencantumkan informasi acara dan beberapa keterangan. Dalam hal pembuatan undangan, ukuran memang mempertimbangkan kelayakan, pantas atau tidak tergantung acara yang akandilaksanakan. 

Demikan informasi yang dapat Mamikos berikan mengenai Ukuran kertas HVS A5 di word, excel, pdf, print dalam cm,inci,mm. Informasi ini akan sangat berguna saat kamu ingin menulis atau membuat desain dengan ukuran yang lebih pasti. Apalagi bagi kamu yang mulai menggeluti bidang penerbitan dan percetakan. Dengan mengetahui ukuran kertas secara detail, pekerjaanmu akan lebih mudah dilakukan. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah