5 Universitas Jurusan Geografi Terbaik di Indonesia

 Lailla | Jum, 18 Okt 2019

5 universitas jurusan geografi terbaik di Indonesia – Menentukan jurusan yang akan ditempuh selepas lulus dari sekolah menengah bisa menjadi hal yang sulit. Butuh waktu lama untuk bisa mengetahui passion dan keinginan karier setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi. Meskipun ada banyak jurusan favorit yang diperebutkan, seperti jurusan kedokteran, jurusan teknik, jurusan psikologi, dan jurusan ekonomi, sebenarnya masih ada jurusan yang tidak kalah favorit, yaitu jurusan geografi. Universitas yang ada jurusan geografi di Indonesia sangat beragam. Berikut akan Mamikos ulas seluk beluk jurusan geografi dan 5 universitas jurusan geografi terbaik di Indonesia yang dapat kamu pilih.

5 Universitas Jurusan Geografi Terbaik di Indonesia


Apa yang dipelajari di Jurusan Geografi?

Barangkali kamu masih belum yakin ketika akan memilih jurusan geografi saat kuliah nanti. Geografi yang akan dipelajari saat kuliah adalah pengembangan dari teori-teori geografi di mata pelajaran IPS ketika SMP atau SMA. Kamu akan diajak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bentang alam, kenampakan fisik bumi, iklim, kondisi topografi, hingga geografi manusia. Sebenarnya belajar geografi sangat menarik, apalagi jika sudah menyangkut geografi manusia.

Selain bisa mengetahui hubungan antara kondisi alam dan perilaku manusia, kamu pun akan belajar perspektif regional yang berkaitan erat dengan pengembangan suatu wilayah. Jurusan geografi tidak hanya ada di Perguruan Tinggi Negeri saja. Universitas swasta yang ada jurusan geografi pun cukup banyak. Jika kamu ingin belajar di universitas jurusan geografi terbaik di dunia, maka kamu perlu mempersiapkan materi sejak dini. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu kamu miliki agar sukses menjalani perkuliahan di jurusan geografi.

Mahasiswa geografi dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keahlian sesuai bidangnya, yaitu geografi. Ketika berkuliah nanti, jangan sering membolos atau tidak mengerjakan tugas, ya! Selain itu, kemampuan analisis dan menggabungkan berbagai macam informasi juga akan menjadi penunjang. Agar tidak kerepotan ketika belajar geografi, senantiasa mengasah kemampuan untuk membaca data spasial dan melakukan perencanaan juga sangat penting. Secara tidak langsung, dengan menempuh perkuliahan di jurusan geografi, kemampuan manajerial dan kemampuan komunikasimu akan terasah.

Karier Setelah Lulus dari Jurusan Geografi


Setelah kuliah jurusan geografi kerja apa? Barangkali pertanyaan tersebut sering muncul dan kamu tanyakan. Dari sekian banyak keuntungan kuliah di jurusan geografi, masalah karier setelah lulus masih menjadi daya tarik bagi para mahasiswa. Lulusan geografi memiliki bekal cukup untuk melakukan kajian wilayah maupun ekologis. Selain itu, lulusan geografi juga mampu menyajikan data spasial geografi dalam bentuk yang lebih mudah dipahami masyarakat.

Karier yang dapat ditempuh lulusan dari jurusan geografi sangat banyak. Sudah bukan hal yang asing lagi jika lulusan geografi banyak berkarir di lembaga swasta maupun lembaga pemerintah, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Informasi Geospasial, dan sebagainya. Kamu bisa bekerja di lembaga survey, organisasi nirlaba yang erat kaitannya dengan Sumber Daya Alam, surveyor tanah, dosen, teknisi dan operator pabrik, ahli transportasi, Pegawai Negeri Sipil, ahli prakiraan cuaca, dan masih banyak lagi.

Universitas Jurusan Geografi Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui materi yang akan dipelajari di jurusan geografi dan prospek kariernya, kini saatnya kamu mencari tahu 5 universitas jurusan geografi terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)


Perguruan Tinggi Negeri favorit di Indonesia dengan persaingan ketat ini menawarkan jurusan geografi terakreditasi A. Jika kamu tertarik untuk menempuh studi di UI, pilih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Terdapat beberapa peminatan yang bisa kamu pilih di jurusan tersebut, yaitu peminatan Geografi Fisik, peminatan Perencanaan Wilayah, peminatan Sistem Informasi Geografi, dan peminatan Penginderaan Jauh.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Salah satu kampus favorit yang ada di kota pelajar ini menawarkan jurusan geografi yang tidak kalah populer seperti jurusan lainnya. Kamu bisa langsung memilih Fakultas Geografi agar bisa menjalani perkuliahan di jurusan tersebut. Sebenarnya, ada pula peluang untuk menjalani studi Diploma (D3) ntuk sistem informasi geografi dan penginderaan jauh. Setelah lulus dari program sarjana Geografi pun kamu bisa melanjutkan studi Magister untuk Geografi, hingga doktoral untuk Ilmu Geografi. Tertarik untuk kuliah jurusan geografi di UGM?

3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)


Apabila kamu ingin meneruskan studi geografi di Semarang, maka UNNES bisa menjadi pilihan. Jurusan geografi yang ditawarkan berada di Fakultas Ilmu Sosial. Mahasiswa yang menempuh jurusan geografi akan diajarkan materi tentang perencanaan wilayah dan informasi geospasial (Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis) yang berbasis konservasi.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Kampus yang terkenal dengan lulusan top bidang pendidikan di kota pelajar ini juga menyediakan jurusan georgrafi. Namun, jurusan yang terdapat di UNY lebih ke arah pendidikan, yaitu jurusan pendidikan geografi. Karier yang bisa ditempuh tidak hanya sebatas guru geografi saja, tetapi juga pengelola laboratorium, hingga peneliti yang ahli di bidang pendidikan geografi.

5. Universitas Lampung


Jurusan kuliah Pendidikan Geografi yang terdapat di Universitas Lampung sudah mendapatkan akreditasi A. Kamu bisa langsung memilih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tempat jurusan tersebut berada. Tidak hanya belajar tentang pendidikan saja, kamu juga diminta menguasai beberapa mata kuliah terkait geografi, seperti Geografi Ekonomi, Geografi Regional Indonesia, Kosmografi, Geografi Sumber Daya, dan sebagainya.

Sebenarnya, masih ada Perguruan Tinggi lain yang menawarkan jurusan geografi. Pilihlah kampus terdekat dari tempat tinggalmu apabila kamu belum diterima di salah satu dari kelima kampus di atas. Kampus lain yang dapat dipertimbangkan antara lain adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, dan kampus lainnya.

Mata Kuliah Jurusan Geografi

Penting untuk mengetahui mata kuliah yang akan kamu dapatkan selama menjalani studi di jurusan geografi. Kamu akan diajak untuk mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan atmosfer, iklim, bentuk permukaan bumi dan perubahannya, hidrologi, mineral penyusun batuan, ilmu wilayah, ilmu lingkungan, ekologi, data spasial geografi, pemetaan, pengelolaan SDM, perencanaan tata ruang dan tata wilayah, serta materi lainnya yang bisa diterapkan di kehidupan. Belajar geografi tidak hanya sekadar menghafal materi saja. Kehidupan kita yang sangat erat dengan geografi membuat ilmu tentang geografi sangat penting diketahui.

Mata kuliah berupa teori yang akan kamu dapatkan akan dilengkapi dengan kegiatan praktikum. Setelah dinyatakan lulus dan menguasai materi di jurusan geografi, kamu bisa menyandang gelar Sarjana Sains. Apabila kamu tertarik untuk meneruskan studi geografi di jenjang master hingga doktoral, pastikan untuk memilih kampus di jenjang pascasarjana yang peminatannya sesuai passionmu. Merasa kampus yang kamu pilih jauh dari rumah? Tenang, manfaatkan aplikasi rumah kost Mamikos yang dapat diunduh gratis melalui ponsel android atau ios. Selain bisa mencari info lokasi kost, kamu pun bisa mengetahui biaya sewa dan fasilitas yang diberikan tanpa perlu datang langsung. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: