12 Universitas Jurusan Hubungan Internasional Favorit 2020

 Bella Carla | Jum, 01 Mei 2020

Jurusan Hubungan Internasional – Menjadi salah satu jurusan favorit setiap tahunnya, Hubungan Internasional memang terbukti memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya. Jurusan Hubungan Internasional sendiri kerap dianggap sebagai cabang dari ilmu politik, sehingga jurusan ini hampir di setiap kampus berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Pengen kuliah Jurusan Hubungan Internasional, tetapi tidak tahu kampus mana yang punya Jurusan Hubungan Internasional dengan kualitas pendidikan yang bagus? Nah pas sekali karena kali ini Mamikos akan membahas seputar 12 universitas favorit untuk Jurusan Hubungan Internasional. Untuk info selengkapnya bisa kamu cek di bawah ini.

Deretan Universitas Dengan Jurusan Hubungan Internasional Favorit

i2.wp.com

Dari tahun ke tahun, peminat Jurusan Hubungan Internasional selalu meningkat. Jurusan yang masuk dalam ranah sosial humaniora ini awalnya didirikan untuk mencetak calon-calon diplomat. Namun, seiring perkembangan zaman lulusan Hubungan Internasional ternyata punya lebih banyak peluang kerja. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa peminat Jurusan Hubungan Internasional meningkat dari tahun ke tahunnya.

Apa Itu Jurusan Hubungan Internasional?

Hubungan Internasional atau yang kerap disingkat HI adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negara, organisasi antarpemerintah (IGO), organisasi nonpemerintah internasional (INGO), organisasi non-pemerintah (NGO), dan perusahaan multinasional (MNC). Hubungan Internasional juga berkaitan erat dengan upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan, masalah lingkungan secara global, dan kemiskinan melalui kerja sama antarnegara. Cakupan jurusan ini sangat luas, mulai dari globalisasi, kedaulatan negara, keamanan internasional, terorisme, kejahatan terorganisasi, intervensionisme asing, hingga hak asasi manusia. Lulusan jurusan hubungan internasional bisa berkarir di berbagai lembaga lokal maupun internasional. Karena kecakapannya, mereka berhak bekerja di kedutaan besar, CIA dan bahkan pemerintahan.

Deretan Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Buat kamu yang tertarik untuk berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional, tentunya kamu juga harus mengenal apa saja mata kuliah yang diajarkan. Berikut adalah deretan mata kuliah Hubungan Internasional yang perlu kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan:

  • Pengantar Ilmu Hubungan Internasional
    Di semester awal, tentu saja lamu harus belajar mengenai dasar-dasar ilmu hubungan internasional terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya di mata kuliah pengantar ilmu hubungan internasional ini.
  • Sejarah Internasional
    Sebelum mulai belajar lebih jauh tentang suatu topik, kamu perlu mendalami sejarahnya terlebih dahulu. Untuk itu ada mata kuliah Sejarah Internasional yang harus kamu pelajari ketika mengambil Jurusan Hubungan Internasional.
  • Perbandingan Politik
    Mata kuliah perbandingan politik merupakan mata kuliah yang mempelajari perbandingan sistem politik satu negara dengan negara lain. Di mata kuliah ini pengetahuanmu tentang dunia politik akan semakin terbuka lebar.
  • Politik Internasional
    Jurusan Hubungan Internasional memang tidak jauh-jauh dari dunia politik baik politik di negara sendiri maupun politik internasional. Di mata kuliah Politik Internasional, kamu akan belajar banyak sistem politik yang berlaku di negara-negara di dunia.
  • Organisasi Internasional
    Tak hanya mempelajari sistem Politik Internasional, kamu juga akan belajar mengenai Organisasi Internasional di Jurusan Hubungan Internasional. Ada banyak jenis organisasi internasional yang ada dan kamu wajib mendalami setiap jenis organisasi tersebut.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hubungan Internasional

Seorang lulusan Hubungan Internasional tak jarang memiliki peluang kerja yang sangat luas. Pekerjaan untuk lulusan ini juga digadang-gadang menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki gaji tinggi lho. Beberapa diantaranya adalah:

  • Diplomat
    Diplomat adalah salah satu profesi bagi lulusan Jurusan Hubungan Internasional yang paling umum. Seorang Diplomat bisa ditugaskan di dalam negeri (di Kementerian Luar Negeri), kedutaan besar, konsulat jenderal di berbagai negara di dunia, dan bisa juga di tempatkan di kantor tempat kedudukan organisasi regional maupun internasional, seperti Sekretariat ASEAN. Sehingga mereka pun kerap sering dipindahtugaskan kemana saja. Diplomat juga biasanya menjadi perwakilan yang dipercaya menjalankan misi diplomatik dengan negara lain maupun organisasi internasional. Untuk menekuni profesi ini di Indonesia, kamu harus mengikuti seleksi tes CPNS di Kementrian Luar Negeri yang dibuka setiap tahunnya.
  • Staf Kedutaan Asing
    Lulusan Jurusan Hubungan Internasional juga bisa menjadi seorang staf di kantor kedutaan atau konsulat asing. Setiap negara lain yang memiliki kedutaan di Indonesia tentu membutuhkan staf dalam negeri yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Lowongan pekerjaan ini biasanya tertera di situs resmi kedutaan maupun akun media sosialnya. Untuk menekuni profesi ini tentunya kamu harus lancar berbahasa Inggris, terlebih jika kamu menguasai bahasa dari negara kedutaan itu tentu akan menjadi nilai tambah. Misalnya, jika kamu melamar untuk Kedutaan Jepang di Indonesia, maka kamu harus menguasai bahasa Jepang yang merupakan bahasa resmi dari negara itu.
  • Konsultan Imigrasi
    Kini sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi imigrasi. Para Konsultan Imigrasi umumnya membantu publik untuk mengurus segala hal terkait kepergian seseorang ke luar negeri untuk berbagai kebutuhan (liburan, studi, izin tinggal sementara waktu, transit penerbangan maupun pelayaran, bekerja, dan lain-lain). Peminat dari jasa ini pun cukup banyak, karena proses yang rumit dari hubungan internasional antar-negara. Kamu pun bisa menekuni profesi yang satu ini ketika lulus dari Jurusan Hubungan Internasional.
  • Staf Yayasan Internasional
    Beberapa yayasan internasional dari berbagai negara biasanya juga memiliki kantor cabang di Indonesia. Yayasan ini biasanya melakukan aksi sosial dan pemberian bantuan sosial, pertukaran budaya, kesenian, seminar, peningkatan kualitas SDM, dan lain sebagainya. Kamu bisa bekerja sebagai staf atau seorang Data Researcher. Contoh yayasan internasional adalah seperti Singapore International Foundation, dan Toshiba International Foundation.
  • Wartawan
    Pemahaman Ilmu Hubungan Internasional yang dikombinasikan dengan kemampuan menulis dan melaporkan sebuah kejadian bisa membuatmu menjadi wartawan handal untuk berita luar negeri. Wartawan juga kerap dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat. Jenjang karier seorang wartawan pun bisa berbeda-beda tergantung media tempatnya bekerja. Namun, biasanya untuk media cetak dan media online memiliki pola jenjang yang hampir sama sedangkan media elektronik biasanya akan sedikit berbeda.
  • Politikus
    Prospek kerja lulusan Hubungan Internasional yang berkaitan dengan pelajaran politik luar negeri yang diajarkan di bangku kuliah adalah Politikus. Sebagian lulusan jurusan ini memang terjun ke dunia politik, baik di tingkat daerah maupun nasional. Karier Politikus sendiri dimulai dari proses pencalonan di pemilihan umum dan dipilih oleh pemegang hak pilih. Oleh karena itu, politikus mulai ramai berlaga ketika adanya ajang pemilihan umum baik tingkat legislatif maupun daerah. Untuk menjadi seorang Politikus, kamu bisa mulai dengan bergabung di suatu partai politik. Dengan tekun menjalankan peran di sana dan menjadi pengurus, kamu bisa dengan segera ditunjuk menjadi calon Politikus yang dicalonkan untuk menjabat di pemerintahan.

Universitas Favorit Jurusan Hubungan Internasional

Berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), berikut adalah 12 universitas favorit dengan Jurusan Hubungan Internasional yang bisa menjadi pilihan kamu.

Universitas Negeri

1. Universitas Gadjah Mada
hi.fisipol.ugm.ac.id

Jurusan Hubungan Internasional (HI) juga dimiliki oleh kampus kebanggaan Kota Pelajar, Yogyakarta. Jurusan HI Universitas Gadjah Mada telah terakreditasi A sejak tahun 2014 oleh BAN-PT. Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 2500 orang, HI UGM hanya memiliki daya tampung kurang lebih 36 orang saja. Oleh karena itu passing grade HI UGM mencapai sebesar 55,95%. Jurusan HI Universitas Gadjah Mada termasuk difavoritkan karena memiliki biaya yang relatif rendah dibandingkan universitas lainnya.

2. Universitas Indonesia
ahdanaufa.files.wordpress.com

Selalu menjadi kampus incaran para calon mahasiswa, Universitas Indonesia memiliki Jurusan Hubungan Internasional (HI) dengan nilai akreditasi A sejak tahun 2014 dari BAN-PT. Jurusan HI di kampus UI bahkan menjadi favorit kedua lho setelah Jurusan Akuntansi. HI UI ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 3000 orang, HI UI hanya memiliki daya tampung kurang dari 60 kursi. Daya tampung dari jalur SNMPTN sebanyak 17 orang, kemudian dari jalur SBMPTN sebanyak 22 orang, dan dari jalur SIMAK sebanyak 16 orang.

3. Universitas Airlangga
3.bp.blogspot.com

Jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Airlangga juga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Apalagi, akreditasi A BAN-PT-nya telah diperoleh lebih dulu dibanding UGM dan UI. Jurusan Hubungan Internasional (HI) di Universitas Airlangga sudah dinyatakan terakreditasi A sejak tahun 2011 oleh BAN-PT lho. Daya tampung Prodi Hubungan Internasional Unair lewat jalur SBMPTN 2019 berjumlah 48 kursi. Tentunya Universitas Airlangga ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif pilihan, melihat ketatnya persaingan di universitas negeri favorit lainnya.

4. Universitas Padjadjaran
pontas.id

Universitas favorit untuk Jurusan Hubungan Internasional lainnya dapat kamu temukan di Bandung, Jawa Barat. Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjajaran lebih dulu mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT, yakni pada tahun 2011. Hubungan Internasional juga termasuk sebagai salah satu jurusan favorit yang selalu ramai pendaftar tiap pelaksanaan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dibanding universitas negeri sebelumnya, Universitas Padjajaran menyediakan kuota HI yang lebih besar pada SBMPTN 2019 yakni 60 kursi.

5. Universitas Jember
unsoer.ac.id

Tahukah kamu kalau Universitas Jember adalah perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur? Kampus yang berlokasi di Kabupaten Jember ini masuk dalam daftar pemilik Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia. Universitas Jember atau yang lebih sering disebut Unej, menyediakan kuota cukup banyak untuk Jurusan Hubungan Internasional yakni 75 kursi pada SBMPTN 2019.

6. Universitas Riau
myikigai.asia

Tak hanya di Pulau Jawa saja, Universitas Riau di Provinsi Riau juga memiliki Jurusan Hubungan Internasional yang masuk daftar unggulan. Jurusan ini bahkan sudah mendapat nilai akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Bagi kamu yang berada di wilayah Riau dan ingin mengambil Prodi Hubungan Internasional di Unri, pada SBMPTN 2019 ini disediakan daya tampung sebanyak 64 kursi.

Universitas Swasta

7. Universitas Katolik Parahyangan
lh3.googleusercontent.com

Selain universitas negeri, Jurusan Hubungan Internasional di beberapa universitas swasta juga masuk daftar unggulan. Salah satunya saja ada Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dewi ‘Dee’ Lestari, penulis moncer kebanggaan Indonesia, juga pernah mengenyam studi S1 Hubungan Internasional di sana, lho. Universitas Katolik Parahyangan juga cukup berprestasi lho karena sering menang dalam kejuaraan-kejuaraan terkait Jurusan Hubungan Internasional.

8. Universitas Pasundan
1.bp.blogspot.com

Jurusan Hubungan Internasional Universitas Pasundan merupakan salah satu prodi HI tertua diantara prodi HI di Universitas lainnya di kota Bandung. Jurusan Hubungan Internasional dibentuk pada tahun 1985 di Kampus I Universitas Pasundan Bandung, Tepatnya di Jalan Lengkong besar. Jurusan Hubungan Internasional menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan menyusul dibentuknya prodi Ilmu Administrasi Negara dan Kesejahteraan Sosial. Pembentukan Prodi ilmu Hubungan Internasional dirasa penting mengingat perkembangan keilmuan serta perkembangan ilmu HI itu sendiri dalam tatanan global telah meningkat.

9. Universitas Jenderal Achmad Yani
i.postimg.cc

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Jenderal Achmad Yani juga berdiri sejak lama, yakni tahun 1993. Sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, Jurusan HI di Universitas Jenderal Achmad Yani berlokasi di Cimahi, Jawa Barat. Lebih jauh, HI Universitas Jenderal Achmad Yani menawarkan dua konsentrasi, yaitu Keamanan Internasional dan Diplomasi.

10. Universitas Paramadina
pendidikanmaju.com

Selain universitas swasta sebelumnya, Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Paramadina juga punya track record bagus. Perguruan tinggi swasta di bilangan Jakarta Selatan ini juga sering dijuluki sebagai kampus artis. Beberapa publik figur yang pernah mengenyam studi Hubungan Internasional di Universitas Paramadina adalah Luna Maya, Ashanty, dan pembalap Moreno Soeprapto. Jurusan Hubungan Internasional di Pramadina juga kerap mengadakan serangkaian kunjungan studi ke berbagai lembaga asing yang ada di dalam dan luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya wawasan mereka dalam berdiplomasi serta menganalisa kawasan Asia Tenggara dan kawasan lain termasuk Amerika Serikat, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, serta Australia dan Pasifik.

11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
radarjogja.jawapos.com

Tak hanya akreditasi A yang diunggulkannya, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memiliki kerja sama dengan Uni Eropa dalam program ERASMUS+ Jean Monnet Academic Module. ERASMUS+ adalah program dari Uni Eropa yang bergerak di bidang pendidikan, olahraga dan kepemudaan dalam rangka mempersiapkan perubahan sosial terutama pada agenda kebijakan pertumbuhan, lapangan pekerjaan, kesetaraan, dan inklusi sosial. Tujuan ERASMUS+ sendiri dari mulai membantu pembangunan berkelanjutan pada negara yang bekerjasama dan juga mempromosikan European values.

12. Universitas Prof. Dr. Moestopo
rri.co.id

Jurusan Hubungan Internasional dengan kualitas yang tidak kalah dengan universitas lainnya juga dimiliki oleh Universitas Moestopo. Sejak tahun 2011, HI Universitas Moestopo telah mengantongi Akreditasi A dari BAN-PT. Kampus HI Universitas Moestopo sendiri berlokasi di Jl. Hang Lekir, DKI Jakarta, dengan mahasiswa FISIP yang masuk setiap tahunnya berjumlah sekitar 250-an orang. Kamu pun bisa menjadikan Universitas Moestopo sebagai salah satu pilihan ketika kamu ingin mengenyam pendidikan di Jurusan HI.

Itulah 12 universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional favorit di tanah air. Kira-kira universitas mana nih yang akan jadi pilihan kamu? Apapun pilihanmu baik itu universitas negeri ataupun swasta, keduanya sama-sama memiliki kualitas pendidikan yang baik. Oh iya, buat kalian yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk melanjutkan pendidikan, jangan lupa download dan install aplikasi Mamikos di ponsel kalian ya! Di aplikasi Mamikos, kalian bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: