5 Universitas Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

 Lailla | Jum, 18 Okt 2019

5 universitas jurusan pertanian terbaik di Indonesia – Kamu ingin meneruskan kuliah di bidang pertanian, namun masih belum bisa menentukan kampus yang tepat? Sebenarnya ada banyak fakultas pertanian terbaik di Indonesia. Syarat masuk jurusan pertanian yang dianggap lebih mudah dibandingkan jurusan favorit lain, seperti kedokteran atau teknik membuat peminat jurusan pertanian tidak kalah tinggi. Berikut ini adalah referensi universitas jurusan pertanian terbaik di Indonesia dan seluk-beluknya yang akan dikupas Mamikos.

5 Universitas Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia


Mengapa memilih jurusan pertanian?

Pertanyaan yang muncul ketika ada lulusan sekolah menengah yang memilih jurusan pertanian biasanya tidak jauh dari alasan memilih jurusan tersebut. Indonesia sebagai negara agraris menjadi tempat yang cocok bagi para lulusan sarjana pertanian untuk mengabdi. Lulusan jurusan pertanian pun tidak lantas menjadi petani. Lebih dari itu, mereka lah yang membuat petani hidup lebih sejahtera.

Untuk bisa memberikan kontribusi di bidang pertanian, kamu bisa menempuh perkuliahan di kampus negeri maupun kampus swasta. Sudah banyak Perguruan Tinggi yang mendapatkan akreditasi A pada jurusan pertanian. Jika belum bisa diterima di kampus negeri, masih ada fakultas pertanian swasta terbaik di Indonesia sebagai solusi.

Jenjang karier lulusan jurusan pertanian sangat luas. Kamu bisa bekerja di lembaga pemerintahan, seperti Departemen Pertanian, BUMN, Departemen Pendidikan Nasional, atau lembaga penelitian. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang konsultan, bekerja di badan pusat statistik, atau menjadi seorang wirausahawan.

Universitas Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Kampus dengan jurusan pertanian tersebar di seluruh Indonesia. Pertimbangan masuk jurusan pertanian biasanya tidak jauh dari reputasi kampus, mata kuliah yang ditawarkan, serta fasilitas yang diberikan kampus tersebut. Terdapat kampus jurusan pertanian di Jogja bagi kamu yang berniat meneruskan studi di kota pelajar. Ada pula universitas pertanian Bandung dan di kota lainnya. Berikut ini adalah 5 universitas jurusan pertanian terbaik di Indonesia yang tidak hanya unggul karena menghasilkan alumni berkualitas, tetapi juga karena pengajar dan materi perkuliahannya.

1. Universitas Brawijaya (UB)


Bagi kamu yang berasal dari Pulau Jawa bagian timur, Universitas Brawijaya adalah pilihan yang tepat. Kampus ini memiliki Fakultas Teknologi Pertanian yang menawarkan perkuliahan di jurusan Teknologi Industri Pertanian dan jurusan Teknik Pertanian. Tentunya kedua jurusan tersebut sudah memiliki akreditas A, sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi.

Apa saja yang akan dipelajari di jurusan pertanian UB Malang? Kamu tidak hanya banyak belajar tentang teori menyangkut pertanian saja, tetapi juga dilibatkan langsung melalui praktikum dan kuliah lapangan. Beberapa mata kuliah di jurusan Teknik Pertanian UB Malang adalah perancangan alat dan mesin pertanian, pengetahuan bahan pertanian, alat dan mesin pascapanen, hidrologi, dan mata kuliah lainnya. Namun, jika kamu memilih jurusan Teknologi Industri Pertanian, maka kamu akan mendapatkan banyak kesempatan belajar tentang perancangan pabrik, manajemen limbah dan lingkungan industri, hingga mata kuliah yang identik dengan teknologi seperti mikrobiologi industri.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)


Fakultas Teknologi Pertanian yang terdapat di Institut Pertanian Bogor (IPB) menawarkan jurusan kuliah Teknologi Industri Pertanian dengan akreditasi A. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit di IPB karena menghasilkan banyak alumni yang sudah berkiprah di masyarakat. Kamu bisa memilih mata kuliah yang berkaitan erat dengan teknologi industri di bidang pertanian, seperti Mikrobiologi Industri, Teknologi Industri, dan sebagainya. Sambil menyelesaikan mata kuliah teori, kamu juga akan diminta praktik langsung untuk mengaplikasikan teori-teori yang sudah dipelajari tersebut meskipun baru sekadar praktikum di laboratorium.

Kamu bisa menimba banyak ilmu selama berada di IPB. Reputasi kampus ini memang terkenal bagus di jurusannya yang berkaitan dengan bidang pertanian. Bahkan, IPB menduduki peringkat antara 151-200 dalam cakupan lembaga pendidikan terbaik di dunia. Untuk biaya kuliah jurusan pertanian di IPB bermacam-macam, mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak beasiswa yang ditawarkan.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Perguruan tinggi di Bandung yang memiliki jurusan pertanian adalah Universitas Padjadjaran. Saat ini, akreditasi jurusan tersebut adalah A. Jurusan yang menjadi bagian dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian menawarkan mata kuliah penting, seperti Teknik Penanganan Hasil Pertanian, Teknologi Informasi Spasial, Teknik Bioproses, dan Perbengkelan Pertanian.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Perguruan Tinggi Negeri favorit di Yogyakarta, yaitu UGM menawarkan lima jurusan kuliah di bidang pertanian. Jurusan tersebut sudah mendapatkan akreditasi A. Jurusan terkait pertanian yang dapat kamu pilih diantaranya adalah adalah jurusan Teknik Pertanian, jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, dan jurusan Teknologi Industri Pertanian. Jadi, kamu perlu menentukan fakultas terlebih dahulu sebelum memilih jurusan tersebut karena kelima jurusan tersebut terdapat di Fakultas Pertanian atau Fakultas Teknologi Pertanian.

Lokasi kampus fakultas terdapat di Jalan Flora, Bulaksumur. Biaya kuliah jurusan pertanian di UGM bervariasi, mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta per semester. Tapi kamu tidak perlu bingung karena terdapat banyak tawaran beasiswa di kampus tersebut. Setelah lulus, kamu akan menjadi sarjana pertanian yang mandiri dan terampil, serta mampu mengaplikasikan teknologi pertanian.

5. Universitas Andalas (Unand)


Meneruskan studi di Universitas Andalas juga menjadi pilihan menarik. Kampus tersebut memiliki jurusan Teknik Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian. Tentunya jurusan tersebut sudah terakreditasi A. Beberapa mata kuliah yang dapat kamu pilih sangat berkaitan erat dengan teknik dan teknologi, seperti Sistem Robotik untuk Bioproduksi, Agroklimatologi Dasar, Manajemen Agroindustri, Ilmu Ukur Wilayah, dan sebagainya.

Demikian 5 universitas jurusan pertanian terbaik di Indonesia. Masih ada pilihan kampus jurusan pertanian terbaik di luar negeri. Apabila kamu mendapatkan kesempatan beasiswa ke luar dan ingin meneruskan passion untuk kuliah di bidang pertanian, kampus berikut dapat kamu jadikan pertimbangan.

Wageningen University & Research (WUR) yang terletak di Belanda menyandang predikat sebagai kampus dengan bidang pertanian serta bidang kehutanan yang terbaik. Tidak tanggung-tanggung, predikat tersebut adalah predikat tingkat dunia. Meneruskan program Master di bidang pertanian di kampus Wageningen University & Research adalah pilihan tepat. Beberapa program yang ditawarkan adalah Geo-Information Science, International Land and Water Management, Plant Sciences, Development and Rural Innovation, serta Leisure, Tourism and Environment.

Kampus luar negeri dengan jurusan pertanian terbaik lainnya adalah Hokkaido University dan Tohoku University di Jepang, Kasetsart University di Thailand, Kyoto University di Jepang, dan The University of Tokyo. Tertarik untuk meneruskan studi di salah satu kampus tersebut?

Apabila kamu sudah memutuskan untuk meneruskan studi di Indonesia, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah hunian. Gunakan aplikasi pencari rumah kost Mamikos yang dapat didownload gratis via ponsel android atau ios. Mamikos juga dapat diakses melalui website mamikos.com. Berbagai informasi hunian untuk mahasiswa, karyawan, serta pasutri. Melalui fitur yang tersedia, kamu bisa memilih kost yang paling sesuai dengan kondisi keuangan. Fasilitas kost pun dapat dilihat tanpa perlu datang langsung ke lokasi. Sangat praktis dan mudah, bukan? Segera download aplikasi Mamikos ya!

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: