18 Universitas Swasta Jurusan DKV Terbaik di Indonesia

18 Universitas Swasta Jurusan DKV Terbaik di Indonesia – Apakah saat ini kamu sedang mempertimbangkan untuk mendaftar ke jurusan Desain Komunikasi Visual alias jurusan DKV? Di Indonesia, ada cukup banyak universitas yang membuka jurusan tersebut dan bisa kamu pilih sesuai minat kamu. Tak hanya universitas negeri, ada juga beberapa universitas swasta yang membuka jurusan DKV dengan kualitas terbaik di Indonesia. Nah, berikut ini telah Mamikos rangkum 18 universitas swasta jurusan DKV terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih saat akan mendaftar kuliah nanti.

Informasi Terbaru Universitas Swasta Jurusan DKV Terbaik di Indonesia

unsplash.com

Kalau saat ini kamu sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar ke jenjang perkuliahan jurusan DKV, kamu memiliki banyak pilihan universitas baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk kamu yang hendak berkuliah di Indonesia, kamu bebas memilih universitas yang terbaik versi kamu sendiri. Kamu tidak harus serta merta memilih universitas negeri karena ada banyak universitas swasta jurusan DKV yang tak kalah bagusnya dari universitas negeri di Indonesia. Simak daftar lengkap 18 universitas swasta jurusan DKV terbaik di Indonesia berikut ini.

Apa Itu Jurusan DKV?

Kamu mungkin memang suka dengan gambar dan desain, tapi kamu harus terlebih dahulu tahu apa itu jurusan DKV sebelum kamu menentukan akan mendaftar di universitas swasta jurusan DKV terbaik yang mana. Kalau kamu memang tertarik kuliah di jurusan ini, kamu harus bisa menguasai kemampuan membuat sebuah karya seni untuk tujuan tertentu seperti mempersuasi orang lain Sesuai dengan namanya, jurusan ini merupakan cabang ilmu Desain yang khusus mempelajari bagaimana cara mengolah karya seni agar bersifat informatif, komunikatif, dan efektif. Tak hanya menggambar, kamu juga akan mempelajari penggunaan software desain dan kemampuan komunikasi secara verbal, visual, maupun tekstual.

Daftar Lengkap Universitas Swasta Jurusan DKV Terbaik di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada 24 universitas dengan jurusan DKV yang memiliki akreditasi A sesuai data resmi yang dirilis oleh BAN-PT (per Oktober 2020), sebuah lembaga akreditasi perguruan tinggi di Indonesia. Jumlah tersebut terdiri dari 6 universitas negeri dan 18 universitas swasta jurusan DKV terbaik yang ada di Indonesia. Daftar yang akan Mamikos berikan di bawah ini bukan berdasarkan peringkat, melainkan hanyalah daftar universitas swasta dengan jurusan DKV terbaik yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi kamu. Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Institut Kesenian Jakarta

senirupaikj.ac.id

Universitas swasta yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia yang pertama adalah Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Jurusan DKV di universitas yang satu ini telah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2014 hingga bulan Desember tahun 2019. Kemudian, jurusan DKV IKJ kembali mendapat akreditasi A untuk periode lima tahun berikutnya, yaitu mulai tahun 2019 hingga bulan Oktober tahun 2024 mendatang.

2. Universitas Kristen Petra

tribunnews.com

Universitas Kristen Petra di Surabaya juga masuk ke dalam daftar universitas swasta dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia setelah IKJ. Bersama dengan tiga perguruan tinggi swasta lainnya, Universitas Kristen Petra berhasil mencatatkan akreditasi A untuk jurusan DKV pada tahun 2015 lalu. Di tahun 2020, jurusan DKV Universitas Kristen Petra kembali berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk periode tahun 2020 hingga tahun 2025.

3. Universitas Ciputra

tribunnews.com

Satu lagi universitas swasta di Surabaya yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Ciputra. Sama seperti Universitas Kristen Petra, jurusan DKV yang terdapat di Universitas Ciputra juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2015 yang berlaku hingga bulan Desember 2020.

4. Universitas Pelita Harapan

beritasatu.com

Selanjutnya adalah salah satu universitas swasta yang banyak diincar di daerah Karawaci, Tangerang, yaitu Universitas Pelita Harapan. Minat masyarakat yang tinggi untuk masuk ke universitas ini bukan tanpa alasan, Universitas Pelita Harapan memiliki beragam jurusan terbaik yang tidak kalah saing dengan universitas negeri lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah jurusan DKV yang masuk ke dalam jajaran jurusan DKV terbaik di Indonesia dengan akreditasi A dari BAN-PT.

5. Universitas Dian Nuswantoro

dinus.ac.id

Universitas Dian Nuswantoro yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang, jawa Tengah. Selain institusinya yang mendapatkan akreditasi A, jurusan DKV di universitas tersebut juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Hal tersebut sekaligus menempatkan jurusan DKV Universitas Dian Nuswantoro sebagai salah satu jurusan DKV terbaik di Indonesia untuk universitas swasta.

6. Universitas Multimedia Nusantara

umn.ac.id

Masih di daerah Tangerang, Universitas Multimedia Nusantara juga mencatatkan diri sebagai salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia. Universitas swasta yang berdiri pada tahun 2005 ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan DKV yang ada di sana. Kalau kamu hendak mendaftar ke jurusan DKV di universitas ini, kamu bisa memilih peminatan Graphic Design atau Interactive Media Design sesuai dengan minat kamu.

7. Universitas Trisakti

idntimes.com

Siapa yang tak tahu salah satu universitas swasta bergengsi bernama Universitas Trisakti? Universitas ini secara resmi didirikan pada tahun 1965 di Jakarta Barat dan berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Sama seperti di universitas sebelumnya, jurusan DKV yang terdapat di Universitas Trisakti juga masuk menjadi jurusan DKV terbaik di Indonesia dengan akreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT.

8. Universitas Bina Nusantara

binus.ac.id

Berikutnya adalah jurusan DKV terbaik di Indonesia yang berada di bawah naungan universitas swasta ternama di kawasan Jabodetabek, yaitu jurusan DKV Universitas Bina Nusantara. Masih sama seperti jurusan DKV di universitas swasta sebelumnya, jurusan DKV yang ada di Binus juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Jurusan DKV di Binus sendiri berada di bawah naungan Sekolah Desain.

9. Universitas Kristen Satya Wacana

linkedin.com

Universitas Kristen Satya Wacana merupakan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia pada tahun 1956 menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Kristen Satya Wacana di Salatiga, Jawa Tengah. Universitas ini juga memiliki salah satu jurusan DKV terbaik di Indonesia dengan akreditasi A dari BAN-PT. Untuk jurusan DKV di universitas yang satu ini sendiri berdiri di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi.

10. Universitas Telkom

linkedin.com

Universitas swasta yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Telkom. Untuk jurusan DKV Universitas Telkom sendiri berada di bawah naungan Fakultas Industri Kreatif atau FIK. Jurusan DKV yang satu ini juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT yang berlaku mulai tahun 2017 dan akan berakhir pada tahun 2022 mendatang.

11. Universitas Paramadina

idntimes.com

Jurusan DKV terbaik di Indonesia selanjutnya adalah jurusan DKV yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina. Pada tahun 2017, jurusan DKV yang satu ini berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu jurusan DKV universitas swasta yang memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Status tersebut akan disandang hingga berakhirnya periode akreditasi pada tahun 2022 mendatang.

12. Universitas Bunda Mulia

mediaindonesia.com

UBM atau Universitas Bunda Mulia di Jakarta Utara juga masuk menjadi salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia. Sama seperti Universitas Paramadina, jurusan DKV di Universitas Bunda Mulia mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2017 dan akan berakhir pada tahun 2022 nanti.

13. Universitas Tarumanagara

go.untar.ac.id

Satu lagi jurusan DKV terbaik di Indonesia yang berada di bawah naungan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yaitu Universitas Tarumanagara. Universitas tersebut masuk menjadi salah satu universitas swasta tertua mengingat pendiriannya pada tanggal 1 Oktober 1959. Jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara itu juga mendapat akreditasi A dari BAN-PT yang berlaku mulai tahun 2017 hingga tahun 2022.

14. Universitas Indraprasta PGRI

youtube.com

Pada tahun 2018, ada dua universitas swasta yang mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan DKV. Salah satunya adalah Universitas Indraprasta PGRI dan sekaligus mencatatkan diri sebagai salah satu universitas swasta dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia. Status tersebut berlaku hingga bulan Februari tahun 2023 mendatang.

15. Institut Teknologi Nasional Bandung

cnnindonesia.com

Jurusan DKV terbaik di Indonesia yang selanjutnya adalah jurusan DKV di Institut Teknologi Nasional Bandung. Bersama Universitas Indraprasta PGRI, jurusan DKV di universitas swasta yang satu ini juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2018. Jurusan DKV ini berdiri sebagai bagian dari Fakultas Seni Rupa dan Desain atau FSRD Itenas.

16. Universitas Persada Indonesia YAI

upi-yai.ac.id

Universitas Persada Indonesia YAI juga masuk ke dalam jajaran universitas swasta yang memiliki salah satu jurusan DKV terbaik di Indonesia. Jurusan DKV di universitas swasta yang satu ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2019 dan akan berakhir di tahun 2024 mendatang.

17. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

galeri.upiyptk.ac.id

Selanjutnya adalah universitas swasta di Padang yang juga memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Bersama dengan Universitas Persada Indonesia YAI, jurusan DKV ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2019 lalu. Status tersebut akan berlaku selama lima tahun dan berakhir pada tahun 2024. Status tersebut juga mencatatkan jurusan DKV di universitas ini sebagai satu-satunya jurusan DKV yang memiliki akreditasi A di pulau Sumatera.

18. Universitas Wanita Internasional

iwu.ac.id

Terakhir adalah Universitas Wanita Internasional atau International Woman University yang juga memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia. Jurusan DKV yang satu ini juga telah mencatatkan diri sebagai jurusan DKV universitas swasta yang terakreditasi A pada tahun 2019 lalu dan akan berlaku sampai tahun 2024 mendatang.

Nah, demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar 18 universitas swasta dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia sebagai pertimbangan kamu. Apakah kamu sudah menentukan akan mendaftar ke universitas mana? Pastikan bahwa kamu memilihnya sesuai dengan pertimbangan minat dan kemampuan kamu, ya! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.