10 Ide Liburan Murah Tahun Baru Buat Anak Kost yang Gagal Pulkam

Posted on Posted in Seputar Anak Kost

Ide liburan murah tahun baru tentunya dibutuhkan oleh anak kost yang pas malam pergantian tahun gak bisa pulang kampung alias pulkam ke rumah masing-masing. Emang sih, liburan tahun baru yang biasanya jadi momen kumpul-kumpul bareng keluarga gak bisa dirasakan oleh semua anak kost. Kebanyakan anak kost yang gagal pulkam saat tahun baru biasanya mengalami kendala gak ada biaya untuk pulkam, gak kebagian tiket pulkam, atau emang jadwal ujian semester di kampusnya belum kelar.

Kalau kamu adalah salah satu anak kost yang gagal pulkam di malam pergantian tahun 2017 ke 2018 besok, jangan khawatir karena banyak kok ide liburan murah tahun baru yang bisa kamu lakukan. Gak perlu sedih karena baik di malam pergantian tahun atau di hari libur tahun baru esoknya, banyak kegiatan liburan tahun baru bisa dilakukan di kost atau di rumah teman tanpa harus ke luar kota. Berikut beberapa di antaranya:

1. Nonton Film Bareng

Daftar Isi

Malam tahun baru biasanya film yang diputar di berbagai stasiun TV lumayan seru-seru tuh. Kamu bisa mengumpulkan sesama teman-teman kost kamu yang gagal pulkam di malam tahun baru dan bikin acara nonton film bareng. Kalau film-film di TV gak ada yang cocok dan sesuai sama selera kalian, boleh lah satu dua orang ke warnet dulu untuk download film yang mau ditonton, terus yang lainnya beli camilan dan makanan. Seru pasti tuh bisa rame-rame nonton film bareng dan gak harus kesepian sendirian di kamar kost.

Baca juga :  25 Tips untuk Merayakan Acara Tahun Baru 2018

2. Bakar-Bakar Jagung

Salah satu kegiatan yang paling identik dengan malam tahun baru adalah kegiatan bakar-bakar jagung. Kegiatan ini paling asyik dilakukan untuk mengisi waktu menjelang detik-detik pergantian tahun. Kalau kamu malam tahun baru ini gak bisa pulang ke rumah dan bikin acara bakar-bakar jagung dengan keluarga, kamu masih bisa melakukannya dengan teman-teman kost kamu yang juga tetap di kost pas malam tahun baru. Acara seperti ini gak mahal kok, kalau ada 5-7 orang yang bisa diajak untuk patungan mengadakan acara ini, satu orang paling hanya keluar Rp. 15,000 an. Lumayan tuh, kamu bisa bikin acara bakar-bakaran seru dan bisa makan kenyang bareng sembari menunggu detik-detik tahun berganti.

 

3. Baksos

Ide liburan murah tahun baru, baik di malam tahun barunya atau di keesokan paginya adalah mengadakan baksos atau bakti sosial. Gak harus yang ribet-ribet, cukup kamu dan beberapa teman kamu yang ada di kost aja kok. Kalian bisa mengumpulkan sumbangan dari teman-teman kampus berupa uang, pakaian pantas pakai, atau apalah yang lainnya. Kalian juga bisa membuat nasi bungkus sederhana untuk dibagi-bagikan pada yang membutuhkan di malam tahun baru. Untuk bisa mensyukuri hidup, kadang kita perlu melongok ke bawah. Masih banyak orang-orang yang kerja keras di malam tahun baru hanya untuk sesuap nasi. Makanya, malam tahun baru gak melulu soal senang-senang. Kalian bisa juga memanfaatkan momen ini untuk membahagiakan sesama yang membutuhkan.

 

4. Nonton Pesta Kembang Api

Malam tahun baru gak akan lengkap tanpa adanya pesta kembang api. Pesta kembang api pasti ada di tiap kota dan pasti dirayakan secara meriah. Buat kamu yang gak bisa pulang kampung di malam tahun baru dan bingung cari ide liburan murah tahun baru, kamu bisa mendatangi spot-spot di kotamu yang mengadakan pesta kembang api. Main kesanalah sama teman-teman kamu yang sama-sama gak bisa pulang pada saat malam tahun baru. Kamu tetep bisa merasakan meriahnya acara pergantian tahun baru tanpa keluar biaya banyak dan tanpa rasa ngenes sendirian di kost akibat gagal pulkam.

 

5. Tanding PlayStation

Anak-anak kost, apalagi yang cowok, biasanya punya hobi ngumpul dan tanding main PlayStation, entah itu main Pre Evolution Soccer (PES) atau game-game yang lainnya. Daripada bingung cari ide liburan murah tahun baru, kalian bisa kok bikin acara kumpul bareng di salah satu kost teman dan bikin acara tanding PlayStation. Dijamin pasti akan seru karena kalian bisa main sampai larut malam, bahkan sampai detik-detik menjelang pergantian tahun. Gak ada yang bakal protes deh karena malam pergantian tahun emang udah biasa banget orang-orang pada begadang dan bersenang-senang sampai pagi.

 

6. Nonton Karnaval/Parade

Di beberapa kota, di malam pergantian tahun pasti ada karnaval atau parade. Biasanya sih parade seperti ini akan diisi oleh pertunjukan-pertujukan yang seru-seru. Kamu bisa nonton acara-acara yang seperti ini untuk menghabiskan malam pergantian tahun, tanpa harus keluar uang banyak dan tanpa harus bingung sendirian di kost. Di event semacam ini kamu bakal ketemu dengan banyak orang kok dan kamu bisa tetap merasakan euforia tahun baru, meski jauh dari keluarga di rumah.

 

7. Beres-Bares Kamar

Salah satu ide liburan murah tahun baru terbaik yang bisa kamu lakukan adalah beres-beres kamar. Kamar kost yang bersih, rapi, dan beda dari biasanya pasti bisa jadi awal yang positif untuk tahun yang baru, kan? Makanya, daripada bingung cari ide liburan murah tahun baru, lebih baik kamu fokuskan hari pertama di tahun baru ini untuk membersihkan kamar kost kamu. Meski itu bukan kamar yang bakal kamu tempati selamanya, gak ada salahnya kan kita bersihkan dan kita rawat. Toh, kalau kamarnya bersih dan rapi, kamu juga enak menempatinya.

Baca juga :  Tips Belanja Hemat di Akhir Bulan untuk Anak Kost

8. Melakukan Hobi

Banyak orang yang memanfaatkan hari pertama di tahun baru untuk melakukan hobinya masing-masing. Hobi terbilang penting lho untuk kesehatan batin kita, terutama kalau selama ini kita sibuk soal pekerjaan atau soal kegiatan kuliah. Buat kamu anak-anak kost yang di liburan tahun baru gak bisa pulang kampung dan harus tinggal di kost, kamu bisa memanfaatkan liburan tahun baru ini untuk melakukan hobimu. Kalau hobi kamu mancing, ya buruan pergi mancing mumpung libur. Kalau hobi kamu naik gunung, kamu bisa rencanakan acara hiking atau trekking bersama teman-teman komunitasmu. Pokoknya, buat awal tahun baru ini jadi istimewa buat diri kamu pribadi.

 

9. Keliling Kota

Ide liburan murah tahun baru gak harus muluk-muluk. Kamu bisa menghabiskannya dengan cara sederhana seperti keliling kota di tempat kamu menimba ilmu ini. Kalau malas naik motor, kamu bisa gunakan kendaraan umum seperti bis TransJakarta di Jakarta atau TransJogja di Jogja untuk keliling kota. Lumayan kan, dengan biaya yang gak seberapa, kamu bisa keliling kota dan melihat suasana tahun baru di kota yang saat ini kamu tinggali.

 

10. Wisata Alam

Kebanyakan kota memiliki spot-spot wisata alam seperti danau, pegunungan, perkebunan teh, dan lain sebagainya yang bisa dikunjungi secara gratis. Alhasil, salah satu ide liburan murah tahun baru yang bisa diambil oleh anak kost yang gagal pulkam adalah berwisata alam. Rame-rame bareng teman-teman kost yang di momen libur tahun baru ini juga gak bisa pulkam kunjungilah spot-spot wisata alam di kotamu. Kamu bisa refreshing sekaligus membuka tahun yang baru dengan menikmati indahnya karunia alam yang sudah diberikan oleh Sang Pencipta.

 

Demikian tadi beberapa ide liburan murah tahun baru yang cocok buat anak kost yang gagal pulkam. Jangan sedih pokoknya kalau malam pergantian tahun besok kamu gak bisa pulang kampung. Hal-hal di atas tadi semuanya bisa kamu lakukan tanpa harus keluar biaya banyak. Iya kan? Happy New Year! Selamat liburan!

Dapatkan juga info apartemen murah dibawah ini.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost