Pelajar Harus Tahu, Ini 5 Tips Belajar Agar Lebih Efektif

Posted in: Edukasi
Tagged: belajar tips

Pelajar Harus Tahu, Ini 5 Tips Belajar Agar Lebih Efektif – Wah, rasanya baru saja kemarin pergantian Tahun Ajaran Baru 2021/2022, dan sekarang semester ini sudah akan berakhir saja. Artinya, musim Ujian Akhir Semester sudah dekat, nih! Kamu sudah mulai mencicil belajar materinya, belum? Dengan begitu, belajar untuk ujian akan menjadi lebih gampang dipahami dan otak tidak kaget dan overheat ketika diisi banyak materi. Nah, disini kita ada sedikit tips-tips agar belajar dapat menjadi lebih efektif namun tetap menyenangkan. Apa saja sih itu? Yuk, langsung kita lihat!  

5 Tips Belajar Agar Lebih Efektif

Photo by Leah Kelley from Pexels

1. Tumbuhkan motivasi dan tetapkan target terlebih dahulu!

Coba diingat-ingat kembali, apa sih tujuan kamu untuk belajar? Apakah ingin nilai di rapor bagus, ingin masuk perguruan tinggi impian, atau jangan-jangan hanya ingin dapat pujian dari teman-teman? Dasar ini penting, loh, sebagai landasan kamu agar dapat menjadi lebih fokus dalam mencapai apa yang ingin dicapai. Apabila kamu tidak tahu kemana arah yang dituju, kamu akan dapat dengan mudah berhenti di tengah jalan dan akan susah untuk kembali dalam kebiasaan belajar. 

Belajar dengan tujuan untuk memperluas wawasan juga sangat bisa dilakukan, ya. Kamu jadi dapat lebih mengatur kecepatan langkah perkembanganmu dalam ilmu tersebut. Tetap jaga konsistensi ketika melakukan hal ini. 

2. Jangan lupa, Waktu adalah Emas!

Mengakunya lelah sehabis sekolah dan berakhir menatap ponsel seharian, padahal waktu tersebut dapat digunakan sebagai waktu untuk mengerjakan tugas-tugas atau kewajiban lain yang belum terselesaikan. Penghargaan kepada diri sendiri memang benar diperlukan sebagai salah satu sumber motivasi, namun apabila hal ini tidak sebanding atau seimbang dengan usaha yang dilakukan, keuntungan dari waktu yang dikorbankan juga tidak akan sebanding dengan hasil yang didapatkan. 

Maka dari itu, penting untuk menentukan, berapa lama waktu untuk mengintip sosial media, berapa lama waktu untuk membaca ulang pelajaran yang baru saja dipelajari, lalu berapa lama waktu untuk mengerjakan tugas. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih disiplin dan tetap merasa fleksibel dengan jadwal yang kamu buat. 

Selesaikan dulu tugas-tugas yang memang memiliki tenggat waktu lebih dekat, yang lebih mendesak, dan yang menurutmu lebih baik dikerjakan terlebih dahulu (bisa yang paling mudah ataupun yang paling sulit). Belajar akan menjadi lebih ringan dan tidak terburu-buru apabila kewajiban lain telah diselesaikan terlebih dahulu. 

3. Buatlah rangkuman tiap pelajaran agar tidak bingung tentang apa yang akan dipelajari!

Ketika sudah mulai akan belajar, tentukan dulu apa yang akan dipelajari. Salah satu penghambat niat untuk belajar adalah karena materi yang akan dipelajari tidak lengkap dan jelas. Mengetahui bahwa belajar akan lebih sulit karena hal tersebut, rasa malas akan dengan mudah kembali muncul. 

Buatlah rangkuman sesuai pemahamanmu-jangan khawatir tentang bagaimana orang lain akan memahami tulisanmu, itu adalah catatan yang akan kamu baca sendiri. Jika rangkuman dan materi-materi yang akan dipelajari sudah jelas dan lengkap, kamu akan merasa lebih nyaman untuk membaca ulang dan memahaminya. Dan karena kamu sendiri yang menulis rangkuman tersebut, materi akan lebih mudah terserap, karena salah satu cara efektif untuk mengingat sesuatu adalah dengan menuliskannya. 

4. Gunakan metode yang cocok dengan dirimu!

Siapa sih yang suka apabila belajar harus dengan cara yang tidak menyenangkan, sehingga tidak dapat menikmati esensinya? Pernah dengar Sistem Kebut Semalam? Banyak sekali orang yang menggunakan metode tersebut, belajar semalam sebelum ujian dilaksanakan. Mungkin bagi beberapa orang, dengan menggunakan metode tersebut, penyerapan ilmu menjadi lebih maksimal. Meskipun banyak juga yang melakukan hal ini dengan keterpaksaan karena berbagai alasan.

Nah, kalau kamu bagaimana? Kamu tipe yang kalau belajar sambil mendengarkan lagu? Lebih nyaman belajar bersama teman? Atau kalau belajar, suasananya harus bersih, rapi, sepi, dan sunyi? Apakah ditemani dengan cemilan-cemilan kecil? Atau bahkan kalau minum sebentar, fokusnya sudah hilang? Suka membaca-baca saja? Atau membuat catatan warna-warni dengan pulpen warna dan stabilo? 

Eksplorasilah gaya belajar yang nyaman untukmu, agar belajar dalam waktu yang lama dapat menjadi lebih menyenangkan dan tetap efektif! 

5. Gunakan Teknik POMODORO!

Sudah tahu, Teknik Pomodoro? Teknik ini telah populer di kalangan para pelajar, di mana kamu bisa belajar selama sekian waktu–mulai dari 20 hingga 60 menit–dan diselingi waktu istirahat mulai 5-15 menit setiap sesi. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah suntuk di tengah belajar dan otak tidak lelah di-marathon sampai berjam-jam, sehingga penyerapan materi juga akan menjadi lebih maksimal. 

Sudah banyak sekali aplikasi yang hadir untuk membantu para pelajar untuk menggunakan teknik ini.  Bahkan, ada beberapa jenis ponsel yang telah menyediakan fitur-fitur yang dapat mendukung hal ini. Seperti pengatur waktu yang dapat membatasi aplikasi apa saja yang tidak dan dapat diakses saat fitur ini digunakan. 

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah menerapkan tips-tips tersebut? Yang disebutkan di atas hanyalah sebuah tambahan, yang terpenting adalah kesungguhan untuk belajarnya, ya! Semangat terus. Jangan lupa, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Berjuanglah sebisa mungkin untuk mencapai apa yang kamu inginkan. 

Kontributor: Azzahratul Balqis


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah