Biaya Kuliah UPN Veteran Jawa Timur 2021/2022

Biaya Kuliah UPN Veteran Jawa Timur 2021/2022 – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, disingkat UPN “Veteran” Jatim atau UPN V JT berlokasi di Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berdiri sejak 5 Juli 1959.

UPN “Veteran” Jawa Timur didirikan oleh para veteran pejuang perang kemerdekaan sebagai monumen hidup dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Dalam perkembangannya, UPN “Veteran” Jawa Timur telah mengalami beberapa kali perubahan nama dan status.

UPN “Veteran” Jawa Timur didirikan oleh para veteran pejuang perang kemerdekaan sebagai monumen hidup dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan tinggi. Dalam perkembangannya UPN “Veteran” Jawa Timur telah mengalami beberapa perubahan nama dan statusnya.

Pada Periode 1959 – 1965 kampus ini bernama Akademi Administrasi Perusahaan “Veteran” Cabang Surabaya. Pada tahun 1968 berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran” Cabang Jawa Timur. Periode 1976 – 1994 terjadi peralihan status PTPN “Veteran” Cabang Jawa Timur sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah pembinaan Departemen Pertahanan Keamanan RI. Pada tahun 1977 berubah nama menjadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Cabang Jawa Timur.

Pada tahun 1995 berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan nama UPN “Veteran” Jawa Timur yang secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman dan secara fungsional di bawah pembinaan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI. Pada tahun 2007 UPN” Veteran” Jawa Timur secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan yang secara fungsional di bawah pembinaan Kementrian Pertahanan RI.

Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan yang telah diraih, maka UPN “Veteran” Jawa Timur diproyeksikan oleh Kementrian Pertahanan untuk menjadi Perguruang Tinggi Negeri (PTN). Pada 6 Oktober 2014 UPN “Veteran” Jawa Timur berubah status menjadi PTN yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono saat acara HUT TNI ke-69 di Surabaya.

Pada 27 Desember 2014 UPN “Veteran” Jawa Timur secara resmi bergabung dengan sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dalam penerimaan mahasiswa baru (untuk tahun akademik 2015/2016) dan Pada tahun akademik 2016/2017 secara resmi mulai bergabung dengan sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dalam penerimaan mahasiswa baru, sehingga sampai saat ini sistem penerimaan mahasiswa baru di lingkungan UPN “Veteran” Jawa Timur menggunakan 3 jalur seleksi, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) , Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri .

Jumlah Tenaga Pengajar Tetap di UPN “Veteran” Jawa Timur adalah 335 orang, Guru Besar : 13 orang, berpendidikan Doktor : 51 orang dan 95 % telah bergelar S-2 (Magister), 54 Dosen telah bersertifikat Dosen dari Kementrian Pendidikan Nasional. Berdasarkan Surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi , beberapa Program Studi telah memperoleh status terakreditasi A.

Pada awal tahun akademik 2010/2011 jumlah mahasiswa yang terdaftar mencapai 8.500 orang, dan hingga akhir tahun 2010, UPN “Veteran” Jawa Timur telah meluluskan lebih 29.000 orang S-1 (Sarjana) dan kurang lebih 600 orang lulusan S-2 (Magister)

Tahun ajaran 2021/2022 nanti, kampus ini juga membuka pendaftaran untuk para mahasiswa baru. Lantas berapa biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di kampus ini?

Biaya Kuliah UPN Veteran Jawa Timur 2021/2022

Biaya registrasi: Rp 350.000 (pilihan tunggal) atau Rp 500.000 (pilihan ganda).

Uang Kuliah Awal (UKA) Mahasiswa Baru:

Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa baru dipatok antara Rp 500 ribuan hingga Rp 8 jutaan dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) antara Rp 1,5 jutaan hingga Rp 7 jutaan. Mahasiswa baru nantinya juga dikenai biaya SKS, KKN, PKL, praktikum, hingga biaya bimbingan skripsi.

(Data di atas merupakan data biaya kuliah UPN Jatim Tahun 2020. Untuk data terbaru tahun ajaran 2021/2022, menunggu rilis dari official website UPN Jatim.)


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta