19 Wisata Malam Semarang Kekinian dan Hits Instagramable

19 wisata malam semarang kekinian dan hits instagramable – Sekarang, alasan mengunjungi tempat wisata di Semarang bukan hanya untuk melepas penat saja. Adanya tempat wisata yang instagramable di Semarang menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini akan Mamikos ulas wisata Semarang hits instagram yang bisa kamu kunjungi malam hari.

Wisata Malam Semarang

Tempat wisata malam hari di Semarang memang menyajikan suasana berbeda. Jika kamu ingin jalan-jalan siang hari, tempat wisata yang bisa dikunjungi memang cukup banyak. Namun, apabila kamu mendapatkan kesan istimewa ketika datang ke Semarang, cobalah untuk mengalokasikan waktu malam hari. Tedapat banyak pilihan wisata malam di Semarang yang dapat dikunjungi.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata religi dengan mengunjungi tempat ibadah umat muslim dapat kamu lakukan di Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajah Raya 128, Sambirejo, Gayamsari, Semarang. Jika datang pada malam hari, kemegahan bangunan yang dipadu dengan lampu-lampu masjid pun menambah kesan istimewa.

2. Kota Lama Semarang

Wisata Kota Lama Semarang tidak hanya cocok dikunjungi siang hari saja. Bagi kamu yang baru sempat jalan-jalan malam hari, wisata hits Semarang di Kota Lama wajib masuk daftar kunjungan. Kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang bangunan Eropa dan mampir menikmati kuliner di sekitar.

3. Pecinan Semarang

Habiskan waktu malam hari di Semarang dengan mencicipi berbagai macam kuliner di Pecinan. Tempat ini buka mulai pukul 6 sore hingga 11 malam, sehingga cocok dikunjungi ketika pulang kerja. Tidak perlu khawatir berdesakan karena Pecinan Semarang tidak dilalui kendaraan. Langsung saja datang ke Jalan Gang Warung 50, Semarang Tengah, Kauman.

4. Taman Tabanas Bukit Gombel

Tempat wisata malam hits di kalangan remaja ini menawarkan pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Berlokasi di Jalan Setyabudi, Taman Tabanas Bukit Gombel dapat diakses menggunakan transportasi pribadi. Kamu bisa datang bersama teman-teman atau keluarga dan mampir ke tempat kuliner tidak jauh dari lokasi.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong terdapat di Jalan Simongan 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat. Klenteng ini buka pukul 8 pagi hingga 8 malam. Klenteng ini memang agak jauh dari pusat kota, namun tidak membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk sampai lokasi. Harga tiket masuk terusan ketika akhir pekan kurang lebih 25 ribu rupiah.

6. Taman Pandanaran

Lokasi Taman Pandanaran terdapat di Jalan Pandanaran, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan. Pada malam hari, suasana Taman Pandanaran tidak sama seperti siang hari. Terdapat bagian yang diterangi cahaya lampu, sehingga cocok untuk tempat foto. Lokasi taman ini juga cukup dekat dari tempat berbelanja seperti mall dan pusat perbelanjaan.

Melakukan wisata malam di Semarang bahkan menjadi impian bagi para wisatawan. Selain bisa mendapatkan pengalaman seru di tempat wisata malam, adanya kuliner khas sebagai pelengkap pun akan kamu peroleh. Tentunya kamu perlu mempertimbangkan transportasi ketika datang ke Semarang. Apabila tidak membawa kendaraan pribadi, masih ada transportasi malam hari di Semarang yang beroperasi.

Wisata Malam Ambarawa

Ambarawa menjadi destinasi wisata di Semarang yang banyak diminati. Ada beberapa destinasi wisata Ambarawa di malam hari yang dapat kamu kunjungi.

7. Eling Bening

Salah satu tempat wisata hits di Semarang yang dapat kamu kunjungi malam hari adalah Eling Bening. Buka setiap hari, Eling Bening buka pukul 8 pagi sampai 7 malam. Biaya masuk Eling Bening tidak sampai 20 ribu rupiah per orang, sehingga isi kantongmu tidak akan terkuras. Lokasi Eling Bening di perbukitan ditambah dengan fasilitas tempat penginapan serta tempat makan menjadi nilai lebih.

8. Museum Palagan Ambarawa

Ingin mengenang perjuangan pahlawan-pahlawan yang sudah berjuang di Ambarawa? Datang saja ke Museum Palagan. Lokasi Museum yang buka pada pukul 8 pagi hingga 6 sore ini terletak di Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Panjang. Hanya perlu biaya masuk 5 ribu rupiah saja untuk bisa mengunjungi tempat wisata sejarah ini. Kamu pun bisa melihat koleksi benda-benda sejarah secara langsung, serta bangkai Pesawat Mustang P-51.

9. Museum Kereta Api Ambarawa

Meskipun museum ini hanya buka sampai pukul 5 sore, kamu bisa mulai berkunjung sejak pukul 8 pagi. Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jalan Stasiun 1, Panjang. Hanya dengan biaya masuk 5-10 ribu rupiah, kamu bisa menyaksikan peninggalan zaman Belanda. Bahkan, pengunjung juga bisa mencoba berkeliling dengan kereta api tenaga uap.

10. Kampung Kopi Banaran

Bersantai bersama keluarga di tempat ngopi bisa menjadi alternatif pengisi liburan. Datang saja ke Jalan Raya Bawen-Solo KM 35, tepatnya ke Kampung Kopi Banaran. Biaya masuknya hanya 5 ribu sampai 20 ribu rupiah saja. Kampung kopi yang buka pukul 7 pagi hingga 9 malam ini sebenarnya milik Perkebunan Nusantara IX, namun dibuka untuk umum.

Suasana sejuk nan teduh bisa kamu dapatkan ketika datang ke kampung kopi. Ditambah lagi, adanya hamparan kebun kopi yang semakin memanjakan mata. Jika datang pada pagi atau siang hari, jangan lupa untuk mencoba kereta wisata. Sempatkan pula membeli oleh-oleh untuk anggota keluarga dan teman-teman.

11. Rawa Pening

Tempat wisata malam murah meriah di Semarang adalah Rawa Pening. Biaya masuk yang tidak sampai 5 ribu rupiah tentu tidak akan membuat pengeluaran membengkak. Waduk Rawa Pening dibuka mulai pukul 08.30 sampai pukul 9 malam. Masyarakat sekitar sangat mengenal Rawa Pening sebagai danau yang banyak ditumbuhi eceng gondok.

Sebenarnya, Rawa Pening menempati 2 wilayah berbeda, tidak hanya di Semarang saja, tetapi juga di Salatiga. Datang pada sore hari ke Rawa Pening adalah pilihan paling tepat. Selain bisa melihat pemandangan matahari terbenam, kamu pun bisa menyewa perahu sambil mengambil banyak foto.

12. Kampung Rawa

Lokasi Kampung Rawa terdapat di Jalan Lingkar Ambarawa, KM 3, Waduk Rawa Pening. Kampung Rawa buka pukul 8 pagi hingga 20.30 malam. Apabila kamu merasa lapar dan ingin singgah sebentar, Kampung Rawa adalah pilihan paling tepat. Tempat makan terapung ini menyajikan beragam hidangan yang memanjakan perut. Keunikan tempat makan berupa bangunan beratap joglo pun menjadi nilai lebih.

13. Wisata Umbul Sidomukti

Tempat wisata yang diminati masyarakat sekitar Semarang pada akhir pekan adalah Wisata Umbul Sidomukti. Lokasinya terdapat di Jetis, Bandungan. Tempat yang buka setiap hari pukul 8 pagi hingga 10 malam ini sebenarnya tidak hanya terdiri dari satu jenis wisata saja. Kamu bisa mencoba sensasi berenang sambil melihat pemandangan Gunung Ungaran. Jika mengajak buah hati, mampir ke pondok lesehan atau mencoba area outbond bisa menjadi alternatif.

14. Bukit Cinta

Sepulang kerja, kamu bisa mampir ke Bukit Cinta yang terletak di Kebondowo, Banyubiru. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 petang. Dengan biaya kurang dari 10 ribu rupiah saja per orang, kamu akan menyaksikan langsung legenda yang erat kaitannya dengan Rawa Pening. Bukit Cinta memang tidak terlalu jauh dari Rawa Pening. Kamu dapat menyempatkan diri untuk mengunjungi Rawa Pening setelah dari Bukit Cinta atau sebaliknya.

Wisata Simpang Lima Semarang

Kawasan Simpang Lima hampir selalu ramai pada malam hari. Aktivitas yang berlangsung di Simpang Lima tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Semarang saja. Karena lokasi Simpang Lima sangat strategis, biasanya wisatawan yang melewati Semarang akan mampir untuk beristirahat atau sekadar mengambil foto. Terdapat beberapa wisata malam hari di Simpang Lima Semarang.

15. Giant Letter Simpang Lima

Jika sudah sampai ke Simpang Lima, abadikan momen kunjungan tersebut dengan mengambil foto di spot instagrammable. Ikon Simpang Lima berupa tulisan ‘SIMPANG LIMA’ yang diterangi lampu ternyata cukup banyak diminati. Bahkan, tidak jarang pengunjung perlu mengantre agar bisa mendapatkan foto terbaik.

16. Kuliner Kawasan Simpang Lima

Rasanya belum lengkap jika belum mencicipi ragam kuliner yang terdapat di Kawasan Simpang Lima Semarang. Setelah puas berkeliling, kamu bisa mampir ke spot kuliner dengan harga terjangkau yang tidak jauh dari Simpang Lima. Terdapat banyak pilihan makanan di tempat ini, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat untuk kamu yang tidak sempat makan malam.

Makanan rekomendasi di sekitar kawasan Simpang Lima adalah Tahu Petis Prasojo yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Ada pula pilihan kuliner Pecel Mbok Sador bagi kamu pecinta sayur. Jika senang dengan olahan daging, Nasi Ayam Bu Widodo pun bisa menjadi pilihan. Tenang, budget sekali makan per orang yang tidak sampai 50 ribu rupiah akan membuat isi dompetmu tetap aman.

17. Lawang Sewu

Mungkin bagi sebagian orang Lawang Sewu adalah tempat wisata di Semarang yang dikenal mistis. Namun, kamu bisa mampir untuk berfoto di Lawang Sewu pada malam hari karena lokasinya tidak jauh dari Simpang Lima. Sebagai tempat wisata andalan, Lawang Sewu pun cukup ramai pada malam hari, sehingga kamu tidak perlu takut.

Lokasi Lawang Sewu terdapat di Kompleks Tugu Muda, tepatnya di Jalan Pemuda, Sekayu. Tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun jika hanya berniat untuk foto-foto di tempat ini.

Wisata Jalan Pahlawan Semarang

Belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi jantung kota Semarang jika sudah berada di kota lumpia. Jalan Pahlawan Semarang menawarkan banyak pesona berupa lampu-lampu yang indah. Tidak hanya itu, pada malam hari pun spot kuliner di Jalan Pahlawan Semarang cukup beragam sebagai pilihan untuk mengisi perut.

18. Melihat Komunitas Semarang

Jalan Pahlawan yang cukup lebar menjadi pilihan masyarakat Semarang untuk berkumpul. Bahkan, ada banyak komunitas yang biasanya menjadikan kawasan ini sebagai titik kumpul. Komunitas tersebut diantaranya adalah komunitas breakdance, komunitas pecinta motor gede, komunitas pecinta binatang, dan sebagainya.

19. Wisata Kuliner Jalan Pahlawan

Jika sudah sampai di Jalan Pahlawan, kamu wajib mencicipi kuliner Nasi Pecel Mbok Sador yang sangat terkenal. Harga makanan yang ditawarkan mulai dari 10 ribu rupiah saja. Tentu ada keunikan nasi pecel ini dibandingkan nasi pecel lainnya. Terdapat daun pepaya untuk campuran sayurnya, sehingga rasa pecel menjadi semakin khas.

Wisata Lain di Semarang

Selain rekomendasi tempat wisata di atas, sebenarnya masih ada alternatif tempat wisata di Semarang. Wisata Semarang Ungaran, wisata Semarang Bandungan, wisata Hutan Pinus Semarang, wisata Pedurungan Semarang, dan tempat wisata lainnya dapat kamu masukkan dalam daftar kunjungan. Sebelum melakukan wisata ke Semarang, ada beberapa hal yang perlu dipastikan.

Jangan sampai liburanmu menjadi kacau karena kamu belum merencanakan tempat menginap. Saat ini, adanya fasilitas sewa kost online dari aplikasi kost Mamikos akan sangat memudahkanmu. Tanpa harus survey ke Semarang, apalagi datang langsung, kamu sudah bisa mendapatkan hunian kost sederhana hingga kost mewah.
Download aplikasi Mamikos melalui ponsel kesayanganmu agar informasi kost Semarang murah bisa langsung kamu akses. Ada pula pilihan hunian lain, seperti apartemen, villa, bahkan rumah kontrakan. Manfaatkan fitur booking kost dari Mamikos agar kamar idamanmu tidak ditempati orang lain. Sangat mudah dan praktis, bukan?


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah