Tuliskan 4 Contoh Cara Makhluk Hidup Beradaptasi dengan Lingkungannya!

Bagi kamu kamu yang duduk di bangku sekolah dasar mungkin sudah tidak asing dengan pertanyaan tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya? Itu merupakan salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam ujian. 

Hampir seluruh makhluk hidup memiliki cara beradaptasi dengan lingkungannya masing-masing. Ada yang beradaptasi untuk menghindari musuh, mendapatkan makanan, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai manusia, juga melakukan adaptasi terhadap lingkungan untuk bisa bertahan hidup. Hampir seluruh makhluk hidup di muka bumi ini melakukan adaptasi dengan lingkungan untuk bisa mempertahankan hidupnya.

Jawaban dari Pertanyaan Tuliskan 4 Contoh Cara Makhluk Hidup Beradaptasi dengan Lingkungannya

Kamu bisa menemukan berbagai macam contoh makhluk hidup yang melakukan adaptasi dengan lingkungan. Kami akan memberikan beberapa contoh untuk kamu, mengenai makhluk hidup yang melakukan adaptasi dengan lingkungannya.

1. Tumbuhan Kaktus yang Memiliki Daun Duri dan Menyimpan Air pada Batangnya

Kaktus adalah tumbuhan yang mampu bertahan hidup di lahan yang gersang. Oleh karena itu kaktus melakukan adaptasi dengan mengubah daunnya berbentuk duri dan menyimpan cadangan air pada batangnya. 

2. Pohon Jati yang Menggugurkan Daunnya

Pada musim kemarau biasanya pohon jati akan menggugurkan daunnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan akibat cuaca panas yang terjadi. Mungkin saja kamu sudah pernah melihat pohon jati yang daunnya berguguran ketika musim panas.

3. Cumi-cumi Menyemprotkan Tinta Ketika Diserang Musuh

Salah Satu cara yang dilakukan oleh cumi-cumi untuk menghindari serangan musuh itu adalah menyemprotkan tinta. Ini merupakan sebuah adaptasi yang dilakukan untuk terhindar dari serangan musuh.

4. Bunglon yang Mengubah Warna Kulitnya

Bunglon melakukan adaptasi yang cukup unik, yaitu mengubah warna kulitnya menjadi sesuai dengan lingkungan di mana tinggal. Hal ini bertujuan untuk membuat musuh atau mangsanya tidak bisa mengenalinya. 

Bisa dikatakan jika cara makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan itu sangat unik dan berbeda-beda. Beberapa contoh diatas semoga bisa membantu kamu untuk menjawab pertanyaan tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah