7 Alasan Kenapa Attitude di Dunia Kerja Itu Penting

Posted in: Tips Kerja



7 Alasan Kenapa Attitude di Dunia Kerja Itu Penting – Persaingan di dunia kerja semakin hari semakin meningkat hingga banyak orang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Selain itu, perusahaan juga semakin selektif dalam memilih karyawan yang sesuai dengan standar yang telah mereka tetapkan. Salah satu modal penting yang harus kamu miliki agar perusahaan lebih melirikmu di antara para pelamar lain adalah attitude atau sikap. Ya, kali ini Mamikos akan menjelaskan informasi seputar pentingnya attitude di dunia kerja.

Informasi Tentang Pentingnya Attitude di Dunia Kerja

unsplash.com

Skill atau kemampuan memang wajib dimiliki oleh setiap orang yang sedang mencari kerja. Kamu memang sangat diperbolehkan jika kamu memiliki kecerdasan dan skill yang mengalahkan teman-temanmu. Tapi perlu kamu pahami juga bahwa perusahaan juga sangat memperhitungkan attitude kamu selain melihat bakat dan skill mumpuni yang kamu miliki. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui betapa pentingnya attitude di dunia kerja.

Mengenal Attitude di Dunia Kerja

Lalu, apa sebenarnya attitude di dunia kerja itu? Attitude sebenarnya merupakan bahasa Inggris dari kata sikap dan bisa dijabarkan menjadi sikap atau perilaku yang biasanya kamu tunjukkan sehari-hari. Selain itu, attitude juga bisa dijelaskan sebagai sikap yang ada atau muncul pada aspek afektif seseorang yang kemudian akan menentukan bagaimana ia bertindak. Adanya kemauan dan kerelaan dalam diri seseorang untuk bertindak tersebut yang kemudian menentukan bagaimana orang itu berperilaku sesuai dengan karakter dan sikap yang ia miliki.

Di dunia kerja, kamu tidak hanya butuh skill atau kemampuan mumpuni dan kecerdasan yang tinggi. Kamu juga membutuhkan attitude sebagai sebuah landasan tentang bagaimana caramu bekerja di kantor. Skill dan pengetahuan memang bisa kamu kembangkan dengan banyak belajar, membaca, dan praktik. Namun attitude menjadi komponen penting yang akan membentuk karakter di dalam dirimu dan kamu dapat mempelajari dan melatih diri agar memiliki attitude yang baik.

Daftar Lengkap Alasan Pentingnya Attitude di Dunia Kerja

Apa saja alasan yang membuat attitude di dunia kerja menjadi penting? Mamikos telah menghimpun 7 alasan utama mengapa attitude di dunia kerja itu penting. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Melancarkan Pengembangan Karir

unsplash.com

Menurut penelitian yang ada di Amerika, 90 persen kasus PHK atau pemutusan hubungan kerja yang terjadi di sana cenderung disebabkan oleh attitude buruk para karyawan. Beberapa attitude buruk tersebut di antaranya adalah tidak bertanggung jawab, hubungan interpersonal yang buruk, serta tidak bertanggung jawab atas pekerjaan. Pekerjaanmu mungkin memang bisa kamu kerjakan dengan skill yang kamu miliki. Tapi attitude yang buruk justru akan menghambat pekerjaanmu tersebut.




Sehingga, attitude di dunia kerja menjadi penting jika kamu ingin meningkatkan karirmu. Ketika kamu menyelesaikan pekerjaan sesuai aturan, kamu akan dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab oleh atasanmu. Atasanmu akan lebih percaya pada kamu dan bukan tidak mungkin bahwa kamu akan mendapatkan karir yang cemerlang.

2. Attitude Berperan Untuk Kemajuan Perusahaan

unsplash.com

Attitude yang dimiliki oleh para karyawan suatu perusahaan nyatanya dapat mencerminkan bagaimana pengelolaan perusahaan. Selain itu, attitude juga akan menunjukkan tentang bagaimana karyawan menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi di perusahaan. Sehingga, sumber daya manusia atau SDM menjadi salah satu aspek yang penting dalam pengembangan perusahaan. Maka jangan heran jika banyak perekrut yang mencantumkan attitude yang baik sebagai salah satu syarat melamar kerja.

Attitude di dunia kerja juga menjadi salah satu aspek penting bagi perusahaan untuk membangun brand image. Perusahaan tidak akan mau mengorbankan citra yang mereka miliki jika merekrut karyawan dengan attitude yang buruk. Tidak hanya itu, mereka juga akan kehilangan klien dan partner bisnis jika mereka memiliki karyawan dengan attitude yang tidak baik. Maka dari itu, besar kemungkinannya bagi perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang memiliki attitude baik dibandingkan mempertahankan mereka yang memiliki kinerja baik namun sikapnya buruk.

3. Membantu Untuk Beradaptasi di Lingkungan Baru

unsplash.com

Saat kamu diterima di perusahaan, itu berarti kamu akan berhubungan dengan orang lain yang mungkin tidak kamu kenal sebelumnya. Kamu akan berurusan dengan rekan kerja, atasan, bahkan orang luar yang memiliki urusan bisnis di perusahaan tempatmu bekerja. Menjaga attitude di dunia kerja ternyata memiliki pengaruh yang besar dalam adaptasimu di lingkungan yang berisi orang-orang baru.




Attitude yang baik akan membuat kamu lebih bisa diterima di lingkungan baru meskipun terdapat beragam jenis dan tipe orang yang berbeda. Orang lain tentunya akan lebih menjaga jarak jika kamu menampilkan kesan yang angkuh dan tidak ramah. Sehingga, wajib hukumnya bagimu untuk menjaga tata krama saat bertemu orang lain, menjaga keramahan, serta mau untuk dimintai bantuan. Setelah kamu diterima dan bisa beradaptasi, kamu akan lebih mudah jika hendak menjalin komunikasi dengan orang-orang tersebut.

4. Memudahkan Urusan Pekerjaan

unsplash.com

Alasan lain tentang pentingnya attitude di dunia kerja yang selanjutnya adalah memudahkan kamu soal urusan pekerjaan. Terkadang kamu akan diberikan tugas yang mungkin cukup berat dan sulit untuk kamu kerjakan. Di saat itulah mau tidak mau kamu harus meminta bantuan dari orang lain, baik itu rekan kerjamu atau atasanmu. Jangan pernah merasa malu atau segan untuk meminta bantuan karena hal itu malah akan mempersulit urusanmu.

Ketika kamu mau membantu orang lain soal pekerjaan mereka, kamu juga akan menemukan bantuan itu kembali padamu ketika kamu sedang kesulitan. Orang lain juga tidak akan segan membantu kamu menyelesaikan pekerjaanmu karena kamu juga telah memberikan mereka bantuan. Dengan menjaga attitude di dunia kerja, bisa dipastikan bahwa segala urusan pekerjaanmu akan terasa lebih mudah.

5. Membuat Diri Lebih Profesional

unsplash.com

Attitude di dunia kerja yang baik misalnya adalah jujur, bertanggung jawab, dan menghargai waktu. Secara tidak kamu sadari, attitude tersebut akan membuat dirimu lebih profesional. Ketika kamu sedang mengalami masalah keluarga, kamu mencoba untuk tidak mencampuradukkannya dengan urusan pekerjaan agar tidak memancing emosimu. Hal semacam itulah yang bisa meningkatkan profesionalitas di dalam dirimu.




Profesionalitas juga akan membuatmu tidak mudah menyerah ketika sedang dihadapkan oleh masalah pekerjaan. Kamu akan cenderung mencari solusi untuk setiap masalah, termasuk rasa jenuh dan lelah yang tiba-tiba datang. Selain itu, perusahaan akan menganggapmu sebagai karyawan yang layak diperhitungkan jika kamu menjaga attitude di dunia kerja. Bukan tidak mungkin bahwa kamu akan mendapatkan kenaikan jabatan dengan attitude kamu yang baik.

6. Attitude Mengalahkan Kemampuan

unsplash.com

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, attitude di dunia kerja tidak kalah pentingnya dengan skill atau kemampuan. Kamu bisa mengasah kemampuan yang kamu miliki melalui berbagai macam pelatihan kerja. Meskipun attitude yang baik bisa dipelajari, akan cenderung sulit bagimu untuk mengubah sikap yang sudah ada di dalam dirimu selama bertahun-tahun. Sekalipun bisa diubah, attitude di dalam dirimu tidak akan mengalami perbedaan yang signifikan.




Meskipun kadang disepelekan, psikotes ternyata memiliki porsi yang besar dalam proses rekrutmen karyawan. Dari psikotes, perusahaan bisa melihat apakah attitude yang dimiliki oleh seseorang cocok dengan budaya yang ada di perusahaan. Attitude utama yang biasanya dilihat oleh perusahaan adalah mudah beradaptasi, berkepribadian baik, serta rendah hati. Dengan attitude yang baik, maka seseorang akan mampu mengatasi masalah dalam pekerjaannya bahkan bersedia jika ditempatkan di mana saja.

7. Meningkatkan Kekompakan

unsplash.com

Salah satu attitude di dunia kerja yang juga tak kalah penting adalah sikap saling menghormati dan menghargai sesama karyawan. Jalinan hubungan yang baik antar karyawan juga kemudian akan muncul jika setiap karyawan menjaga attitude masing-masing. Bukan tidak mungkin bahwa attitude menjadi salah satu aspek penting dalam kekompakan tim. Dengan tim yang kompak, lingkungan kerja akan menjadi lebih positif dan produktivitas perusahaan akan meningkat secara optimal.

Hubungan yang baik antar karyawan juga akan menciptakan lingkungan persaingan yang sehat. Setiap karyawan tidak akan menjatuhkan rekan kerjanya tetapi berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapai target. Selain produktivitas dan kekompakan tim yang meningkat, attitude di dunia kerja juga akan meningkatkan kemampuan masing-masing karyawan. Bukan menghambat satu sama lain, setiap karyawan justru akan saling bahu-membahu untuk membuat perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa alasan kenapa attitude di dunia kerja itu penting. Agar kamu bisa mudah meningkatkan karir atau mendapat pekerjaan, kamu jangan hanya fokus pada pengembangan kemampuanmu. Pengembangan kemampuan dan attitude harus berjalan dengan seimbang secara beriringan agar kamu bisa menjadi pribadi yang layak diperhitungkan perusahaan. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.




Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: