Arti Attitude Serta Contoh Penerapan di Dunia Kerja

Arti Attitude Serta Contoh Penerapan di Dunia Kerja – Attitude artinya sikap atau perilaku seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap tersebut. Attitude sering juga dikaitkan dengan kesiapan mental seseorang yang mempengaruhi serta menentukan kegiatan orang tersebut dalam merespon sebuah situasi yang memiliki arti untuknya. Karakteristik attitude cukup beragam, di antaranya merupakan sikap yang dibawa seseorang sejak lahir, sikap yang tetap, tidak dapat berdiri sendiri dan memiliki segi motivasi serta perasaan.

Arti Attitude Serta Contoh Penerapan di Dunia Kerja

Untuk meraih kesuksesan pada dasarnya dapat diasah dari tiga hal penting yaitu skill (keterampilan), knowledge (pengetahuan) dan attitude (sikap). Antara skill dan knowledge sebenarnya dapat diasah melalui banyak belajar, membaca dan praktik. Namun untuk attitude merupakan komponen yang akan membentuk karakter kamu serta dapat dipelajari dan dilatih. Attitude sangat penting dalam kehidupa seseorang terutama kaitannya dengan dunia kerja.

Persaingan di dunia kerja semakin ketat membuat setiap orang harus siap menghadapi dunia kerja. Bukan lagi sebatas kemampuan, namun attitude yang baik sangat dibutuhkan di dunia kerja. Penerapan attitude di dunia kerja tentu akan berhubungan dengan kualitas individu tersebut. Jika seorang karyawan tidak memiliki attitude baik terkadang pemecatan dapat dilakukan berdasarkan kebijakan pimpinannya atau bahkan diasingkan dari tempat kerja oleh karyawan lain. Adapun keuntungan dari attitude positif antara lain:

  1. Menghasilkan kepribadian yang menyenangkan
  2. Meningkatkan produktivitas
  3. Meningkatkan kualitas hidup
  4. Meningkatkan kenikmatan hidup
  5. Menginspirasi orang di sekitar kita
  6. Menghasilkan loyalitas
  7. Mengurangi stress
  8. Memelihara team work

Penerapan Attitude di Dunia Kerja

Attitude yang ditunjukan oleh seorang pekerja dapat mencerminkan bagaiman kualitas perusahaan tersebut dikelola. Attitude menjadi peran penting untuk kemajuan perusahaan karena sumber daya manusia memiliki aset paling penting untuk sebuah perusahaan. Karenanya attitude sangat penting untuk dijaga dan memiliki porsi besar untuk penilaian yang dilakukan oleh departemen sumber daya manusia. Attitude yang dapat kamu miliki sebagai contoh penerapan ketika berada di dunia kerja, antara lain:

1. Menghargai Waktu

Dalam dunia kerja, waktu amat penting bagi Anda. Pastikan untuk selalu datang tepat waktu ke kantor serta menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggang waktu habis. Dengan selalu menepati waktu, Anda akan memiliki kenyamanan selama bekerja dan bebas dari stress. Hal ini pun menunjukkan bahwa Anda sangat propesional dan memiliki komitmen penuh terhadap pekerjaan.

2. Menerima Kritik

Apapun yang dikatakan oleh rekan, senior ataupun atasan Anda yang bermakna negatif janganlah langsung bersedih. Terima apa yang mereka katakan jika untuk kebaikan mengenai kinerja Anda. Percayalah bahwa apa yang dikatakan oleh mereka tujuannya untuk membantu menjalankan tugas-tugas kantor menjadi lebih baik.

3. Menghormati Rekan Kerja

Sebagai seorang karyawan yang berkualitas dan memiliki attitude baik, rasa hormat tidak hanya ditunjukkan kepada atasan Anda tapi juga sesama karyawan baik senior, junior atuapun klien. Dengan demikian anda menunjukkan sikap profesionalisat sebagai seorang karyawan. Anda pun akan dihargai sesama karyawan jika attitude yang dimiliki sangat baik.

4. Berkomitmen Terhadap Pekerjaan

Sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik, salah satunya karena komponen sumber daya manusia memiliki attitude yang baik termasuk Anda sebagai karyawan. Pentingnya untuk Anda menunjukkan komitmen terhadap sebuah pekerjaan sehingga keuntungan bukan lagi dirasakan oleh individu tapi juga oleh perusahaan. Selain di dunia kerja, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik di lingkungan masyarakat.

5. Bersikap Sopan

Bersikap sopan sangat penting untuk menerapkan attitude yang baik di dunia kerja. Bukan sekedar sopan terhadap atasan atau klien tapi juga sesama pekerja baik senior ataupun junior. Ketika berkomunikasi dengan customer misalnya, sebanyak apapun masalah yang terjadi, Anda sebagai karyawan harus tetap berbicara dan bersikap santun.

6. Jangan Bergosip

Kantor adalah tempat untuk Anda harus bekerja bukan bergosip. Jadi jangan sampai melakukan hal demikian di kantor bersama dengan rekan kerja lainnya. Manfaatkan waktu Anda dengan produktif di tempat kerja dan jangan gunakan untuk hal yang tidak penting.

7. Jangan Membawa Urusan Pribadi ke Kantor

Masalah pribadi setiap karyawan tentu berbeda. Ketika sampai di kantor, seberat apapun masalah Anda di rumah sebaiknya jangan di bawa ke lingkungan pekerjaan. Tunjukkan attitude serta sikap profesional Anda sebagai karyawan. Demikian juga dengan pekerjaan di luar kantor, tidak baik jika harus menggabungkan pekerjaan luar kantor di dalam kantor Anda saat ini.

8. Memperhatikan Penampilan

Antara perusahaan satu dengan lainnya memiliki kebijakan yang berbeda termasuk peraturan cara berpakaian. Anda tidak perlu berpenampilan seperti model di kantor, namun setidaknya gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Hindari pakaian ketat atau transparan untuk menunjukkan seorang pekerja dengan attitude yang baik.

Untuk Anda yang baru akan masuk dunia kerja, penting hukumnya untuk mengetahui informasi mengenai hal yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan di jaman sekarang. Seseorang bisa saja memiliki tingkat kecerdasan tinggi namun belum tentu memiliki attitude yang baik. Lantas apa alasan yang membuat attitude menjadi sangat penting apalagi bagi calon pekerja seperti Anda?

  1. Attitude akan membantu Anda diterima di lingkungan baru
  2. Pekerjaan sesulit apapun akan terasa lebih mudah
  3. Dapat membentuk profesionalitas diri
  4. Menjadi seorang pribadi yang layak diperhitungkan
  5. Sangat membantu mengembangkan karir

Peran Penting Attitude dalam Dunia Kerja

Sedangkan peran penting dalam lingkungan kerja, di antaranya:

1. Attitude Mengalahkan Hard Skill

Skill atau kemampuan merupakan sesuatu yang dapat dipelajari, sedangkan attitude sulit untuk diubah. Meski bukan bawaan lahir, namun seseorang yang memiliki kepribadian tertentu cukup sulit mengalami perubahan. Individu yang memiliki attitude baik biasanya mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Dalam dunia kerja, perusahaan cenderung memilih calon karyawannya dengan kepribadian yang terbuka dan rendah hati karena mereka harus bersedia ditempatkan dimana saja.

2. Attitude Memungkinkan Pekerja Lebih Kompak

Attitude merupakan bagian dari sikap saling menghormati sehingga dalam produktivitas dari perusahaan mampu meningkatkan kualitas secara optimal. Para karyawan diharapkan mampu memiliki komunikasi dengan baik sehingga visi misi sebuah perusahaan dapat tercapai dengan baik.

3. Membantu Mengatasi Berbagai Masalah

Dalam dunia kerja, sikap untuk saling menghargai tentu sangat dibutuhkan. Dengan memiliki attitude yang baik, invidivu dapat meciptakan suasana kerja yang baik dan lebih nyaman. Bukan sekedar hubungan dengan atasa melainkan dengan sesama karyawan sehingga semua masalah yang terjadi dapat teratasi dengan baik.

Setelah mengetahui semua informasi terkait dengan arti attitude serta contoh penerapan di dunia kerja, bagi Anda yang saat ini baru akan terjun ke dunia kerja maka informasi ini sangat penting untuk diterapkan di tempat Anda bekerja nanti. Tunjukkan sikap yang baik kepada semua orang di kantor mulai dari karyawan dengan posisi paling bawah hingga atasan Anda sendiri. Dengan menunjukkan attitude baik, tidak sedikit perusahaan yang membuat kebijakan kepada karyawannya dengan cara menaikan jabatannya pada posisi yang lebih tinggi.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah