Apa Itu Identifikasi Masalah, Metode, dan Cara Mengidentifikasi Masalah

Posted in: Mahasiswa

Apa Itu Identifikasi Masalah, Metode, dan Cara Mengidentifikasi Masalah – Halo sobat setia, kita jumpa lagi dengan artikel-artikel bermanfaat, nah kali ini Mamikos akan membagikan info artikel mengenai Pengertian Identifikasi Masalah, Metode Identifikasi Masalah, dan Cara Mengidentifikasi Masalah. Sebelum kita masuk ke pembahasan identifikasi masalah, alangkah baiknya kita mengerti dahulu apa itu masalah. Yuk simak bersama artikel di bawah ini.

Apa Itu Identifikasi Masalah

unsplash.com/@officestock

Pengertian Masalah Menurut Ahli

Di bawah ini merupakan beberapa definisi masalah menurut para ahli.

1. Abdul Cholil

Menurut Abdul Cholil, masalah merupakan suatu bagian kecil dari kehidupan. Setiap manusia pasti pernah mempunai dan juga menghadapi masalah baik yang berasal dari diri sendiri maupun yang akan bersumber dari orang lain.

2. Istijanto

Menurut Istijanto, masalah merupakan dimana bagian terpenting dalam suatu proses riset, karena masalah dapat juga menghadirkan petunjuk berupa jenis informasi yang dimana nantinya akan sangat kita butuhkan.

Pengertian Identifikasi Masalah

Pengertian identifikasi masalah adalah pengenalan dari sebuah masalah atau inventarisasi masalah. Identifikasi masalah adalah salah satu proses penelitian yang paling penting dibanding proses lainnya. Masalah penelitian dapat menentukan kualitas penelitian, bahkan menentukan apakah suatu kegiatan dapat disebut penelitian. Masalah penelitian  dapat ditemukan lewat studi kepustakaan atau observasi lapangan (observasi, survey, dll). Pertanyaan penelitian dapat didefinisikan sebagai pernyataan yang mempertanyakan variabel atau hubungan antar variabel dalam suatu fenomena. Variabel itu sendiri dapat diartikan sebagai perbedaan antara satu hal dengan hal lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai sumber masalah:

1. Bacaan

Bacaan jurnal penelitian Laporan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai sumber pertanyaan, karena laporan penelitian yang baik harus memuat rekomendasi penelitian terkait penelitian yang akan datang. Karena keterbatasan penelitian, suatu penyelidikan seringkali tidak dapat menyelesaikan semua masalah yang ada. Ini membutuhkan lebih banyak penelitian ketika mengangkat masalah yang belum terpecahkan. Selain jurnal penelitian, bacaan umum lainnya juga dapat dijadikan sebagai sumber pertanyaan, seperti membaca buku, khususnya buku yang menggambarkan gejala-gejala dalam kehidupan yang menyangkut dimensi ilmiah dan teknis atau bacaan dalam bentuk artikel tercetak.

2. Pertemuan ilmiah

Pertanyaan dapat diperoleh melalui pertemuan ilmiah seperti seminar dan diskusi. Seminar, konferensi, dll. Berbagai pertanyaan mungkin muncul dalam pertemuan ilmiah yang perlu dijawab melalui survei.

3. Manifesto Kekuasaan (Otoritas)

Orang yang memiliki kekuasaan atau otoritas seringkali adalah orang-orang yang berada di bawah kekuasaan orang-orang yang berada di bawah komandonya. Beberapa hal yang diungkapkan oleh pemegang otoritas mungkin menjadi sumber masalah. Kewenangan di sini bisa formal dan informal.

4. Pengamatan

Pengamatan yang dilakukan oleh seseorang tentang hal-hal yang direncanakan atau tidak direncanakan, baik yang bersifat sementara maupun jangka panjang, dapat menimbulkan masalah.

5. Wawancara dan Kuesioner

Melalui wawancara dengan masyarakat, kamu dapat memahami situasi terkini di lapangan dan memahami masalah terkini yang dihadapi masyarakat tertentu. Demikian pula dengan menyebarkan kuisioner kepada masyarakat, mereka akan dapat memahami permasalahan yang sebenarnya di masyarakat. Kegiatan ini umumnya dilakukan sebagai studi pendahuluan untuk mengkaji permasalahan di lapangan dan memastikan adanya permasalahan di masyarakat.

6. Pengalaman

Pengalaman bisa dikatakan guru terbaik. Tetapi tidak semua pengalaman seseorang selalu positif, tetapi terkadang yang terjadi adalah sebaliknya. Pengalaman seseorang, baik yang diperoleh sendiri maupun oleh orang lain, dapat menjadi sumber masalah yang dapat dipecahkan melalui penelitian.

7. Intuisi

Secara intuitif, manusia akan memiliki masalah. Pertanyaan tentang penelitian semacam ini muncul di benak manusia pada saat yang tidak direncanakan.

Ketujuh faktor di atas dapat saling mempengaruhi dalam menghasilkan pertanyaan penelitian, dan mereka juga dapat menimbulkan masalah secara mandiri. Oleh karena itu, untuk menentukan masalah, Anda dapat mencari akar penyebab masalah di atas. Sumber pertanyaan tersebut dapat saling mempengaruhi dalam menentukan pertanyaan penelitian, atau dapat juga melalui satu sumber. Setelah menentukan masalah, Anda harus memilih dan menentukan masalah yang akan diangkat dalam penyelidikan. Untuk memilih dan menentukan soal yang layak dipelajari, perlu diperhatikan standar soal yang baik.

Pengertian Identifikasi Masalah Menurut Ahli

Pengertian identifikasi masalah menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

1. Amien Silalahi

 Amien Silalahi Mendefinisikan bahwa identifikasi masalah sebagai usaha untuk mendaftar sebanyak-banyaknya pertanyaan terhadap suatu permasalahan yang sekiranya dapat ditemukan jawabannya.

2. Suriasumantri

Identifikasi masalah menurut Suriasumantri mengartikan bahwa identifikasi masalah sebagai tahap awal dari penguasaan masalah dimana objek dalam suatu jalinan tertentu dapat kita kenali sebagai suatu masalah.

Fungsi Pengertian Identifikasi Masalah

Berikut ini adalah beberapa fitur pemecahan masalah.

  1. Sebagai suatu bentuk dorongan untuk kegiatan penelitian agar terjadi kegiatan penelitian.
  2. Memperoleh wawasan baru seiring pengembangan perumusan masalah.
  3. Mengetahui apa yang perlu didiskusikan dan apa yang perlu dilakukan untuk menjadi karya, hasil, atau pengetahuan baru.
  4. Dapat dengan mudah menentukan mana yang harus diprioritaskan dan mana yang hanya pelengkap.

Jenis Identifikasi Masalah

Berikut ini adalah beberapa jenis identifikasi masalah, yang akan dijelaskan dengan urutan sebagai berikut.

1. Rumusan Masalah Asosiatif

Masalah Asosiatif adalah hubungan antara dua variabel atau lebih dalam proses penelitian. Simetri, kausalitas, dan timbal balik.

2. Rumusan Masalah Komparatif

Pertanyaan perbandingan adalah pertanyaan dalam survei, yang membandingkan keberadaan satu atau lebih variabel dengan dua sampel dan waktu yang berbeda.

3. Rumusan Masalaah Deskriptif

Pertanyaan deskriptif adalah pertanyaan yang berkaitan dengan pernyataan tentang adanya variabel bebas, tentang satu atau lebih variabel, dan jenis-jenis variabel bebas. Penelitian semacam itu tidak mencari atau menggunakan variabel dan sampel lain.

Cara Identifikasi Masalah

Berikut ialah beberapa cara yang dilakukan oleh para peneliti untuk identifikasi suatu masalah:

  1. Harus mampu memahami teori, fakta dan ide dari suatu penelitian tersebut. Hal ini bisa kamu peroleh dengan cara riset literatur.
  2. Pengetahuan baru tentang minat peneliti dapat diperoleh melalui jurnal, majalah, dan buku baru.
  3. Di akhir laporan penelitian dan tinjauan laporan penelitian, kamu perlu berikan ringkasan tujuan penelitian.
  4. Pengaruh bertahap dari situasi kehidupan, hubungan yang dibangun oleh penelitian terkait dengan kemajuan teknologi.
  5. Kamu harus memiliki rasa keingin tahuan, karena biasanya hal tersebut yang menimbulkan minat untuk identifikasi masalah.

Itulah merupakan beberapa informasi cara untuk mengidentifikasi Masalah. Dapat disimpulkan bahwa Identifikasi masalah adalah pengenalan dari sebuah masalah yang kemudian diteliti untuk tujuan observasi. Banyak hal yang bisa Kamu jadikan sumber masalah dan identifikasi mengapa masalah tersebut terjadi. Untuk kamu yang mempunyai masalah tempat tinggal atau sedang mencari tempat tinggal di Kota tempat kamu ingin kuliah ataupun bekerja. Kamu cukup download aplikasi Mamikos di google play store atau apple store di handphone kesayangan kamu. Dapatkan banyak List kost hanya dengan install aplikasi Mamikos. Semoga informasi dari artikel Identifikasi masalah ini bermanfaat untuk kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta