Apa itu Latar Belakang, Isi Latar Belakang dan Strukturnya Lengkap

Posted in: Mahasiswa
Tagged: Latar Belakang

Apa itu Latar Belakang, Isi Latar Belakang dan Strukturnya Lengkap- Halo sobat setia, kita jumpa lagi dengan artikel-artikel bermanfaat, nah kali ini Mamikos akan membagikan info artikel mengenai Pengertian Latar Belakang, Tujuan Latar Belakang, Isi Latar Belakang, Cara Membuat Latar Belakang, dan Struktur Latar Belakang. Simak artikel di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Pengertian Latar Belakang

unsplash.com/@thoughtcatalog

Latar belakang adalah halaman yang ditulis oleh penulis (penulis buku atau penulis laporan artikel ilmiah), yang memungkinkan pembaca untuk memahami secara umum tujuan dan keinginan penulis. Penulisan latar belakang yang baik, sejelas mungkin dan konsisten dengan fakta.

Dilihat dari sudut lain, latar belakang masalah menjadi dasar utama bagi penulis untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. Latar belakang ditulis untuk memberikan ringkasan tentang apa yang akan dibahas dalam inti makalah.

Dapat dikatakan bahwa menulis artikel ilmiah itu sulit dan mudah. Penulisan ilmiah ini meliputi pendahuluan, isi dan kesimpulan. Menulis artikel ilmiah harus sistematis, yang terpenting adalah mengetahui masalah apa yang ingin ditulis dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan cara ini, Kamu tidak akan bingung saat menulis karya ilmiah. Saat menulis artikel ilmiah, Kamu juga harus berfikir secara objektif, karena karya ilmiah tidak diselesaikan berdasarkan emosi penulis.

Latar belakang merupakan bagian penting dari penulisan artikel ilmiah. Ketika kamu ingin menulis artikel, jurnal, makalah, atau bahkan proposal, informasi latar belakang sangat diperlukan. Dengan menulis dengan latar belakang yang kokoh, tulisan ilmiah kamu akan lebih berkompeten dan tidak mudah dipertanyakan.

Latar belakang biasanya berisi berbagai alasan di balik penyelidikan yang sedang berlangsung. Di latar belakang, penulis akan melihat kasus atau masalah seperti seorang detektif. Latar belakang masalah harus dirinci agar proses pembuatan kertas berjalan lancar dan pekerjaan menjadi efisien.

Memahami latar belakang masalah seringkali melibatkan krisis keamanan, budaya, pertahanan negara, sosial, ekonomi, politik dan ideologi, dan bidang lainnya. Pada bagian akhir, biasanya diakhiri dengan kalimat kunci yang menjelaskan pentingnya penelitian. Jika penelitian tidak dilakukan, maka akan berdampak negatif. Latar belakang pertanyaan secara umum terdapat dalam pembahasan Bab 1, dan panjang brief dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kecuali kesimpulan analisis dan rekomendasi bab terakhir, latar belakang masalah tidak boleh lebih luas dari bab-bab lainnya. Atur tulisan Kamu agar pekerjaan bisa cepat selesai.

Tujuan Latar Belakang

Latar belakang bertujuan untuk menyajikan atau mendiskusikan informasi yang berkaitan dengan topik.Latar belakang berperan penting dalam mengkomunikasikan masalah secara tertulis, karena kerangka penulisan dapat diselesaikan secara detail. Tujuan latar belakang sering digunakan dalam data seperti karya, proposal, makalah, dll.

Isi Latar Belakang

Pokok-pokok dan isi latar belakang masalah lebih spesifiknya sebagai berikut:

  • Alasan yang masuk akal dan esensial berdasarkan data, fakta dan referensi yang ada. Alasan ini dijadikan acuan untuk kepentingan peneliti.
  • Permasalahan yang telah terjadi dan ada di tempat kejadian menyebabkan masalah untuk diteliti lebih lanjut.
  • Adanya permasalahan kompleks yang muncul ketika dibiarkan dan tidak secepatnya dicari solusi.
  • Metode ditinjau dari sudut pandang teoritis untuk mengatasi masalah.

Selain itu, latar belakang juga dapat mengacu pada permasalahan sosial, ekonomi, budaya, ideologi, politik, keamanan, dan pertahanan negara. Latar belakang diakhiri dengan kalimat kunci, yang intinya menekankan pentingnya meneliti permasalahan sesegera mungkin. Secara garis besar, berikut ialah isi latar belakang dalam karya tulis ilmiah:

  1. Berdasarkan data dan fakta
    Data dan fakta akan menjadi referensi saat menulis latar belakang. Berdasarkan data dan fakta yang kamu peroleh, kamu harus menggambarkan masalah yang akan kamu bahas. Tentunya data tersebut akan dibandingkan dengan teori atau standar ilmiah yang ada. Jika data berbeda, disitulah masalah yang harus diteliti.
  2. Analisis
    Menggunakan teori analisis yang tepat terhadap suatu permasalahan yang akan dibahas, analisis perlu digunakan untuk mengolah data yang telah kamu peroleh.
  3. Alasan kenapa harus diteliti
    Dari hasil analisis, kamu bisa memperoleh kesimpulan awal dan menjadikan alasan permasalahan tersebut bisa atau harus diteliti lagi.

Banyaknya halaman latar belakang harus proporsional dengan jumlah halaman proposal ataupun laporan penelitian, halaman tidak boleh terlalu pendek dan tidak boleh terlalu panjang. Penting untuk diingat bahwa latar belakang pertanyaan tidak boleh melebihi jumlah halaman di bab lain. Kecuali bab terakhir, karena bab ini hanya berisi saran dan kesimpulan.

Sebelum menentukan judul, baiknya kamu menentukan suatu masalah atau pembahasan terlebih dahulu, sehingga permasalahan tersebut lah yang akan diolah dan dijadikan judul untuk diteliti.

Cara Membuat Latar Belakang

Banyak penulis pemula yang bingung dalam membuat latar belakang, khususnya penulis pemula atau mahasiswa yang ingin membuat skripsi atau laporan. Terutama apa saja yang harus dibahas dan harus dipersiapkan untuk menulis latar belakang.

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat latar belakang, ada poin penting yang harus kamu perhatikan, yaitu mengetahui garis besar isi dari latar belakang. Alasan dari penulisan latar belakang harus ditulis secara rasional dan esensial, artinya latar belakang ditulis berdasarkan data dan fakta yang terjadi di lapangan.

Buat kamu yang ingin menulis latar belakang, ada beberapa cara sebagai berikut:

Latar belakang ditulis secara sistematis

Tulis latar belakang secara teratur dan rapi, mulai dari kronologis, bahasan permasalahan, alasan penelitian, dst. Jika kamu menulisnya secara acak, hal tersebut akan membuat pembaca kesulitan untuk memahami isi dari permasalahan yang ingin kamu teliti.

Fokus kepada permasalahan yang dibahas

Pembahasan topik harus seputar permasalahan yang dibahas, tidak diperbolehkan membahas topik yang tidak relevan dari permasalahan tersebut. Fokus pada aspek-aspek penting penelitian, misalnya tuliskan perbedaan dari literatur pembahasan, tuliskan hal-hal baru yang akan kamu bahas dalam penelitianmu, dan jelaskan mengapa penelitian kamu penting. Dengan cara ini, pembaca akan tertarik dengan karya ilmiah kamu.

Penulisan tidak ambigu

Ini terjadi jika kamu hanya menjelaskan sebagian topik saja, tidak secara rinci. Bagaimana cara menghindarinya? Cobalah untuk memposisikan diri kamu sebagai pembaca yang sama sekali tidak memahami permasalahan tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa dengan jelas menulis latar belakang.

Struktur Latar Belakang

Identifikasi

Untuk membentuk struktur latar belakang yang baik, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan penyelidikan atau identifikasi, pada bagian ini kamu harus mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan masalah. Topik isu dapat dihasilkan dari beberapa sudut, salah satunya berasal dari lingkungan sekitar.

Fakta Permasalahan

Untuk menentukan latar belakang yang tepat, terlebih dahulu kamu harus menentukan berbagai fakta terkait permasalah yang akan dibahas. Masalah muncul dari kesenjangan antara yang diharapkan dan kenyataan.

Menentukan Fokus Permasalahan

Untuk menjadi peneliti yang baik, kamu juga harus mampu melakukan analisis dengan baik. Melalui analisis awal, kamu bisa menemukan kesimpulan untuk dijadikan pokok pembahasan. Fokus permasalahan tergantung sudut pandang penulis, permasalahan yang lebih dominan dan yang lebih penting bisa langsung diteliti.

Urutan Permasalahan

Untuk membuat garis besar latar belakang masalah yang baik, kamu dapat melakukannya dengan memasukkan hal-hal umum dan melanjutkan dengan hal-hal khusus. Tetapi konsepnya juga bisa dibalik, dengan latar belakang pertanyaan yang jelas, pembaca akan dengan mudah memahami berbagai permasalahan yang disajikan.

Setelah membaca artikel tentang pengertian latar belakang di atas, latar belakang harus ditulis secara objektif berdasarkan data dan fakta yang ada. Jangan lupa share ke teman-teman kamu jika artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya di situs kami.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah