5 Cara Membuat Latar Belakang Makalah Yang Baik & Benar

Posted in: Edukasi

5 Cara Membuat Latar Belakang Makalah Yang Baik & Benar -Ketika masih dibangku sekolah atau kuliah, kita pasti akan terbiasa dengan tugas untuk membuat sebuah makalah atau karya tulis sejenis. Makalah itu sendiri merupakan sebuah karya ilmiah atau karya tulis yang mengangkat sebuah permasalahan untuk kemudian dibahasa berdasarkan hasil analisis secara objektif yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Cara Membuat Latar Belakang Makalah

pixabay.com

Sejatinya setiap karya tulis pasti mengangkat sebuah permasalahan untuk kemudian dicari solusinya atau pembahasannya. Sehingga salah satu bagian terpenting dalam karya tulis adalah latar belakang masalahnya. Maka dari itu, jika kamu hendak membuat makalah atau karya tulis lain, kamu harus mengetahui cara membuat latar belakang masalah yang lengkap dan benar.

Apa Yang Dimaksud Latar Belakang

Mungkin akan banyak yang bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan latar belakang masalah dan seberapa penting latar belakang masalah itu? Latar belakang merupakan bagian dalam karya tulis yang isinya menjelaskan tentang topik yang diteliti, masalah yang akan diangkat, serta yang terpenting adalah alasan memilih riset atau alasan mengangkat topik tersebut.

Latar belakang masalah muncul pada bagian awal tulisan, sehingga penting sekali untuk menjelaskan bagian secara umum terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan membahas bagian khusus yang menjadi isu utama dalam permasalahan tersebut. Latar belakang masalah juga harus menarik untuk dibaca, sehingga nantinya pembaca makalah akan terpancing untuk penasaran tentang isi makalah itu sendiri.

Cara Membuat Latar Belakang Masalah Yang Baik Dan Benar

Latar belakang masalah merupakan pengantar yang menghubungkan pembaca menuju isi, sehingga dalam menuliskannya harus dengan cara-cara yang akan membuat pembaca menjadi tertarik dengan makalah yang kita tuliskan. Oleh sebab itu, perlu sekali untuk mengetahui cara membuat latar belakang makalah yang baik dan benar.

Berikut adalah lima langkah membuat latar belakang masalah yang baik dan benar yang harus Anda ketahui:

1. Pikirkanlah ide dan konsep dengan baik

Ide dan konsep adalah modal utama dalam menulis sebuah karya tulis. Carilah ide yang unik dan tidak biasa. Untuk mendapatkan ide bisa dari berbagai situasi, yang termudah adalah dengan melihat kondisi sekitar. Cara lain untuk mendapatkan ide juga dapat dengan sering membaca berita atau informasi terkini tentang sebuah topik pembahasan.

Misalnya saja jika topik permasalahan yang akan diangkat berkaitan dengan bidang pertanian, maka kamu dapat mengambil ide dari permasalahan pertanian yang ada di sekitar kamu atau dengan mencari informasi serta berita terkini tentang bidang pertanian yang sedang banyak dibicarakan.

2. Tampilkan data 

Data dalam sebuah karya tulis ilmiah menjadi kekuatan tersendiri. Ketika menulis sebuah karya tulis ilmiah, maka jangan hanya memberikan opini namun juga tampilkan data. Tampilkan data dari tahun ke tahun agar pembaca tahu progres dari permasalahan yang akan diangkat. 

Data untuk sebuah riset dapat diperoleh dari berbagai sumber mulai dari database seperti BPS, database perusahaan, hasil survei, atau hasil wawancara. Semua data tersebut akan memperkuat opini kamu ketika membuat latar belakang sebuah masalah.

Misalnya saja ketika kamu ingin mengangkat masalah produksi padi yang menurun, maka kamu dapat menampilkan data seputar hasil panen padi di setiap tahunnya atau di setiap daerah. Data-data tersebut akan mempermudah kamu bercerita lebih jauh seputar latar belakang masalah yang akan kamu tuliskan.

3. Ambil konsep ilmu lain atau penelitian terdahulu

Cara membuat latar belakang makalah berikutnya adalah dengan mengambil konsep ilmu lain atau penelitian sebelumnya. Untuk memperkaya latar belakang masalah dalam tulisan kamu, langkah untuk mengambil konsep ilmu lain atau penelitian terdahulu dapat menjadi salah satu caranya.

Ilmu pengetahuan sebenarnya saling berkaitan satu dengan lainnya, sehingga dalam membuat sebuah karya tulis terutama makalah tidak ada salahnya jika kamu juga mengombinasikan dengan disiplin ilmu lain atau penelitian terdahulu. 

Sebagai contoh jika kamu hendak mengambil permasalahan produksi padi yang menurun, maka kamu dapat mengombinasikannya dengan ilmu ekonomi. Tentang bagaimana pengaruh produksi padi yang menurun dengan harga jual dan harga beli masyarakat. 

Hal tersebut akan membuat latar belakang masalah kamu lengkap. Pembaca juga akan mendapatkan informasi yang lengkap.

4. Tampilkan keunikan

Keunikan juga dapat membuat latar belakang masalah yang kamu tulis menjadi semakin baik. Keunikan yang dapat kamu tonjolkan diantaranya pada bagian metode penelitian, solusi yang akan diambil, tujuan, maupun rumusan masalah yang kamu usung. Latar belakang masalah yang unik, akan membuat tulisan yang kamu buat berbeda dengan tulisan milik orang lain.

5. Tulis dari hal umum ke khusus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa latar belakang masalah akan muncul di bagian paling awal dari sebuah tulisan. Sehingga cara membuat latar belakang makalah adalah dengan menuliskan dari bagian umum terlebih dahulu dan bawa jalan cerita tulisan tersebut ke hal yang lebih khusus.

Cara bertujuan agar pembaca terlebih dahulu memahami konsep dasar dari topik yang akan dibahas pada makalah tersebut. Ketika pembaca sudah memahami konsep dasarnya maka jika nantinya akan ditampilkan permasalahan yang lebih rumit, pembaca akan jauh lebih mengerti.

Metode penulisan dari umum ke khusus ini dikenal dengan metode deduktif. Melalui metode ini maka penulisan sebuah karya tulis akan lebih terstruktur dan jalan ceritanya menjadi lebih runtut serta mudah di mengerti.

6. Perkaya dengan pustaka

Dalam menuliskan sebuah latar belakang masalah jangan hanya menampilkan opini dan data saja, namun perlu juga menampilkan pustaka atau literatur. Literatur atau pustaka yang selaras dengan topik permasalahan yang diangkat akan membuat opini yang dibangun menjadi semakin kuat.

Pendapat dan teori dari para ahli menjadi landasan utama sekaligus cara membuat latar belakang makalah sebuah karya tulis ilmiah agar baik dan benar. Usahakan literatur yang digunakan merupakan literatur terbaru yang berasal dari sumber terpercaya, sehingga nantinya tulisan yang kamu buat semakin bagus.

7. Gunakan kata “mengapa”

Pada dasarnya latar belakang masalah merupakan jawaban dari pertanyaan mengapa, sehingga dalam menuliskan latar belakang masalah kamu harus sering menggunakan kata mengapa sebagai acuan, namun hal ini bukan berarti kata mengapa harus muncul dalam latar belakang masalah.

Maksudnya adalah menggunakan kata mengapa untuk kemudian jawabannya kamu tuliskan dalam latar belakang masalah tersebut. Pertanyaan mengapa yang muncul di otak akan membuat latar belakang masalah juga menjadi kritis.

Pentingnya Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah menjadi salah satu hal yang penting, sehingga banyak yang mengulas tentang cara membuat latar belakang makalah yang baik dan benar. Latar belakang masalah yang baik dan benar akan membuat tulisan dalam karya tulis tersebut menjadi menarik dan dapat membangun rasa penasaran pembaca.

Pembaca juga jadi bisa memahami tentang topik yang akan dibahasa melalui latar belakang masalah yang dituliskan. Maka dari itu, tulislah latar belakang masalah makalah kamu sebaik mungkin agar makalah kamu dapat menjadi karya yang bagus.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah