Apa Itu Management Trainee, Tugas & Tanggung Jawab Serta Gajinya

Posted in: Karyawan

Apa Itu Management Trainee, Tugas & Tanggung Jawab Serta Gajinya – Apakah Kamu pernah mendengar istilah tentang Management Trainee? Management Trainee adalah sebuah program penerimaan karyawan yang paling banyak dicari oleh mereka yang baru saja lulus. Jika ingin bergabung ke program tersebut, maka ketahui juga apa itu pengertian, tugas, tanggung jawab, dan gajinya.

Mengenal Pengertian Management Trainee

unsplash.com/@myleon

Management Trainee merupakan sebuah program khusus penerimaan karyawan baru untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Lewat keberadaan program tersebut, Kamu akan mendapatkan pengenalan sekaligus pelatihan lebih lanjut mengenai unit serta profil bisnis yang ada dalam sebuah perusahaan.

Tidak hanya itu, Kamu juga akan melakukan on job training. Apa yang dimaksud dengan on job training? Artinya adalah mendapatkan tugas pada divisi yang berbeda-beda sehingga lebih mudah untuk menemukan potensi terbaik. Tentu saja hal ini dapat disesuaikan dengan bakat dan kemampuan.

Setiap peserta yang mengikuti pelatihan tersebut akan belajar banyak hal. Mulai dari soft skill, hard skill, hingga interpersonal skill. Umumnya, program tersebut akan diselenggarakan perusahaan yang bergerak pada bidang retail, sales marketing, hingga keuangan untuk mendapat karyawan baru.

Tujuan Mengikuti Program Management Trainee

Adanya program Management Trainee yang satu ini ditujukan agar karyawan dapat bekerja sesuai dengan bakat serta kemampuannya. Nantinya, para peserta dapat menempati level manager atau bahkan supervisor setelah lulus dari program tersebut. Sampai saat ini pun ada banyak fresh graduate berminat mengikutinya.

Setiap lulusan Management Trainee tersebut diharapkan dapat mengembangkan visi serta misi yang ditetapkan oleh perusahaan. Adapun program training yang dilakukan tidak hanya melalui pelatihan saja. Kamu juga dapat memperoleh ujian tertulis seperti tes evaluasi, psikotes, dan lain sebagainya. 

Keberadaan training ini juga akan membuat para peserta dapat lebih mengetahui tentang apa yang harus mereka kerjakan. Untuk waktu training tersebut berbeda-beda. Umumnya akan tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Seperti satu tahun atau lebih dari waktu tersebut.

Seperti Apa Sistem Pembagian Management Trainee?

Perlu Kamu ketahui, bahwa beberapa perusahaan tentu saja akan menerapkan sistem pembagian management yang berbeda-beda satu sama lainnya. Akan tetapi, seperti apakah sistem pembagian Management Trainee secara umum? Umumnya, selama dua bulan peserta melaksanakan training in class.

Selanjutnya, peserta akan dikenalkan dengan on job training selama dua bulan. On job training tersebut terbagi menjadi dua periode. Kedua periode tersebut akan dilakukan dalam waktu sekitar 3 bulan. Sebelum penempatan pekerjaan, maka perlu berada pada posisi review setidaknya satu bulan.

Peserta dapat ditempatkan pada pekerjaan secara langsung selama satu tahun. Program tersebut memang terbilang memiliki waktu yang sedikit lama jika dibandingkan yang lainnya. Akan tetapi, sampai saat ini masih ada banyak pekerja yang menginginkan untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan.

Tugas dan Tanggung Jawab Management Trainee

Tugas dan tanggung jawab disini pada dasarnya akan kembali lagi pada masing-masing perusahaan. Tidak heran jika setiap tugas dan tanggung jawab yang bisa Kamu dapatkan tersebut akan bervariasi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengetahui gambaran umumnya. Seperti pada penjelasan di bawah ini:

1. Mengikuti pelatihan, workshop, atau seminar

Sangat penting bagi Kamu untuk mengikuti beberapa pelatihan. Tidak hanya itu, agar dapat berkembang dan belajar lebih banyak di divisi Management Trainee maka akan lebih baik untuk mengikut berbagai jenis pelatihan lainnya. Termasuk seminar, workshop, dan masih banyak lagi lainnya.

Mengapa? Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu yang jauh lebih baik seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Setiap keadaan yang diikuti tersebut juga akan menjadi sebuah sarana yang perlu digali agar dapat lebih efektif dalam mengembangkan potensi Kamu.

2. Belajar dari Karyawan Berpengalaman

Dalam hal ini, Kamu perlu memperhatikan dengan baik tentang karyawan-karyawan yang sudah berpengalaman. Mulailah untuk mengobservasi serta belajar dari staff yang sudah berpengalaman agar mendapatkan pengalaman yang jauh lebih banyak.

Pasalnya, hal ini adalah kesempatan yang paling berharga saat ingin menimba ilmu. Jangan ragu untuk belajar kepada mereka yang sudah berpengalaman. Nantinya tentu akan ada banyak hal yang belum Kamu ketahui untuk bisa dipelajari lebih lanjut. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat.

3. Mengikuti Evaluasi

Selanjutnya, Management Trainee bisa saja memerlukan penyelesaian beberapa evaluasi. Evaluasi tersebut bahkan dapat dibuat dalam berbagai bentuk yang berbeda-beda. Hal ini tentu saja akan disesuaikan dengan setiap perusahaan yang bersangkutan.

Terlebih, adanya evaluasi juga akan dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan serta perkembangan seseorang saat mereka menjalin program Management Trainee tersebut. Itulah mengapa, sangat penting untuk tetap mengikuti evaluasi agar nantinya dapat lebih baik dari sebelumnya.

4. Mempelajari Perusahaan

Seorang Management Trainee juga perlu mempelajari perusahaan lebih lanjut. Tentu saja, akan ada banyak hal yang perlu Kamu pelajari mengenai perusahaan. Mulai dari kebijakan, protokol, dan yang tidak kalah penting adalah budaya perusahaan. Tentu masih ada banyak hal lain yang perlu dipelajari nantinya.

Dengan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan perusahaan tersebut, maka tentu saja Kamu akan lebih mengenal dan jauh lebih mudah dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan berdasarkan dengan visi serta misi yang ada.

5. Mengerjakan dan Menyelesaikan Tugas

Selain perlu melakukan training dan belajar banyak hal baru, Kamu juga akan menerima berbagai tugas nantinya. Tentu saja, setiap tugas tersebut perlu diselesaikan dengan baik dan benar. Jika perlu, jadikan setiap tugas yang dikerjakan tersebut sebagai evaluasi atas apa saja ilmu yang sudah dipelajari.

Lantas, apa saja tugas yang perlu dikerjakan dan diselesaikan dalam training tersebut. Tentu saja, setiap tugas tersebut akan disesuaikan dengan perusahaan masing-masing. Contohnya seperti menganalisis sebuah kasus, report, dan masih banyak lagi lainnya.

Berapa Kisaran Gaji Management Trainee?

Jika Kamu sudah dinyatakan lolos dari proses rekrutmen, maka karyawan yang berstatus sebagai Management Trainee umumnya tidak akan langsung bekerja. Akan tetapi, mereka akan menghabiskan banyak waktunya untuk mengikuti pelatihan selama setahun. Tidak heran, jika gaji tersebut nantinya tidak sebesar karyawan tetap. 

Akan tetapi, saat Kamu sudah lulus nanti bisa mendapatkan tanggung jawab yang cukup besar secara langsung. Nantinya, gaji yang akan diperoleh tersebut terbilang cukup besar. Terlebih jika dibandingkan dengan rata-rata gaji lulusan baru yang ada di perusahaan lainnya.

Jika Kamu ingin mengetahui jumlah gaji tersebut secara detail, maka tentu akan lebih baik jika berkonsultasi langsung kepada pihak perusahaan untuk memastikannya. Terlebih, untuk menempati posisi sebagai Management Trainee tersebut tidaklah mudah. Akan ada berbagai seleksi sehingga menentukan diterima atau tidak.

Apa Saja Keuntungan Program Management Trainee?

Tidak jarang beberapa orang masih merasa ragu saat ingin masuk ke dalam program Management Trainee. Hal tersebut umumnya karena mereka menganggap bahwa pelatihan yang dilakukan terlalu lama. Sebenarnya, apa saja keuntungan mengikuti program Management Trainee tersebut? Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

1. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama

Apabila ingin menjadi seorang manager yang baik, maka tentu saja setiap orang akan dituntut untuk dapat bekerja sama dengan baik. Baik itu kepada rekan kerja seprofesi, customer, atau atasannya. Adanya pelatihan tersebut dapat melatih kemampuan seseorang dalam hal kerjasama.

Kamu juga dapat terus melatih kerjasama sampai nantinya dilepas kemudian lulus dari trainingnya. Untuk melatih kemampuan kerjasama tersebut umumnya para pelatih akan membagi peserta dalam beberapa kelompok selama beberapa bulan. Peserta pun perlu menyelesaikan tugas yang diberikan.

2. Bekerja Sesuai Minat

Sangat penting bagi Kamu untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan minat. Saat ini sendiri, ada banyak perusahaan yang menggunakan sistem generalisasi untuk proses Management Trainee. Dengan begitu, dalam proses Management Trainee tersebut nantinya akan diajarkan mengenai berbagai jenis divisi pekerjaan yang ada.

Contohnya saja, saat Kamu ingin mencoba beberapa jenis pekerjaan. Seperti marketing, finance, komunikasi, hingga bagian supply chain. Dengan mengetahui beberapa jenis pekerjaan tersebut tentu saja akan dapat menyimpulkan mana saja kemampuan terbaik serta minat yang disenangi pada pekerjaannya.

3. Menjalin Relasi Bisnis

Saat program Management Trainee didesain untuk memunculkan pemimpin di masa yang akan datang, maka tentu saja rekan kerja Kamu yang mengikuti program tersebut mempunyai peluang untuk menjadi seseorang yang besar di masa depan. Tentu saja, hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjalin relasi bisnis.

Tetapi, relasi bisnis ini sendiri tidak hanya dengan rekan kerja saja. Kamu juga dapat menjalin relasi tersebut dengan bawahan atau atasan sekalipun. Terlebih, menjaga sekaligus membangun relasi bisnis yang sehat tentu adalah keharusan. Keberadaannya bahkan dapat menjadi kepentingan yang lebih luas.

4. Mengajarkan Kepemimpinan

Seperti yang diketahui, pekerja terbaik adalah mereka yang mempunyai komunikasi bagus. Kemampuan komunikasi ini sendiri akan menjadikan poin tersendiri sehingga apa yang akan disampaikan dapat dipahami dengan baik kepada lawan bicara tanpa adanya kesalahan persepsi.

Dengan adanya kemampuan komunikasi tersebut, maka Kamu juga akan menghindari adanya salah paham maupun konflik. Keberadaan komunikasi sangatlah penting demi mendapatkan waktu yang efektif serta membantu kinerja tim agar berjalan tanpa adanya gangguan.

5. Menaikkan Produktivitas

Seorang karyawan yang sudah melewati tahap Management Trainee, tentu saja mereka dapat dengan mudah menaikkan produktivitas. Mengapa? Hal tersebut tidak lain karena pada Management Trainee setiap calon pekerja nantinya akan dilatih untuk mengerjakan tugas dengan seefektif mungkin serta disediakan waktu secara terbatas.

Tidak hanya itu, mereka juga akan lebih memahami bagaimana cara membuat tujuan yang realistis kemudian membuat strategi untuk mencapainya. Dengan mengikuti Management Trainee, maka karyawan akan diajarkan menyeimbangkan antara tugas bersama serta tugas dengan rekan kerja sekalipun.

6. Bersaing dengan Baik

Dalam dunia Management Trainee, setiap peserta yang mengikuti program tersebut nantinya akan dibekali dengan berbagai materi. Salah satunya adalah materi kepemimpinan yang dapat menjadikan persaingan antar rekan kerja tidak dapat dihindarkan. Akan tetapi, situasi tersebut sangat penting untuk mendapatkan motivasi.

Jika Kamu dapat lulus degan performa di atas rekan kerja, maka tentu saja akan lebih mudah untuk menapaki jenjang karir yang jauh lebih tinggi. Terlebih, program Management Trainee sendiri adalah salah satu batu loncatan untuk mendapatkan pencapaian karir yang lebih dari lainnya.

Itulah beberapa informasi yang dapat Kamu ketahui lebih lanjut mengenai Management Trainee. Program Management Trainee ini sendiri tentu akan memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun pencari kerja dalam meningkatkan kemampuan pekerjaan mereka.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah