Apa Itu Mind Mapping, Pengertian, Fungsi, Tujuan & Jenis Mind Mapping

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Mind Mapping

Apa Itu Mind Mapping, Pengertian, Fungsi, Tujuan & Jenis Mind Mapping – Istilah Mind Mapping biasa digunakan di dunia pekerjaan, terutama di industri kreatif dan bisnis. Banyak alasan mengapa menggunakan┬ámind mapping untuk memetakan suatu materi, konsep, ataupun ide. Salah satunya adalah untuk mempermudah penyampaian materi tersebut kepada audience, karena mind mapping berorientasi kepada visual.

Mind Mapping

unsplash.com/@alvarordesign

Terdapat beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui sebelum membuat mind mapping, seperti fungsi, dan cara membuat mind mapping. Simak artikel di bawah ini agar kamu lebih paham apa itu mind mapping.

Pengertian Mind Mapping

Mind mapping adalah suatu teknik untuk menggambarkan alur dari suatu ide atau konsep dalam bentuk visual agar lebih mudah dipahami. Manusia pada umumnya lebih mudah mencerna sesuatu melalui gambar atau visual. Selain itu, mind mapping dapat membantu kamu dalam menguraikan ide besar yang ingin dijelaskan secara mudah dan menyeluruh, sehingga semua orang dapat dengan mudah memahami konsep ide besar tersebut secara menyeluruh.

Menurut Sliberman, mind mapping adalah cara berpikir yang disampaikan secara kreatif untuk menghasilkan ide-ide yang dapat diterapkan dari sesuatu atau konsep yang sedang dipelajari atau metode kreatif untuk merancang rencana dalam sebuah penelitian baru.

Fungsi Mind Mapping

Mind mapping memiliki berbagai fungsi yang biasanya dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran atau di dalam dunia kerja. Berikut adalah beberapa fungsi dari mind mapping.

1. Mempermudah Proses Pembelajaran

Mind mapping sangat sering digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa rata-rata siswa sangat sulit untuk menerima informasi baru yang benar-benar belum mereka pahami sebelumnya. Oleh karena itu, banyak guru atau pengajar menggunakan model visual dalam menjelaskan informasi yang ingin disampaikan.

Dengan memanfaatkan mind mapping, kamu bisa mempelajari berbagai informasi dan menghubungkannya menjadi satu kesatuan yang merupakan garis besar dari informasi-informasi tersebut. Sehingga, proses pembelajaran akan menjadi lebih cepat, mudah, dan tidak membosankan.

2. Meningkatkan Pemahaman Informasi

Ketika kamu menerapkan model mind mapping dalam proses pembelajaran, kamu dapat memahami informasi tersebut secara lebih dalam. Kamu pun mampu mencerna informasi lainnya dengan lebih mudah ketika kamu telah menghubungkannya dalam garis besar dalam mind mapping yang telah dilakukan.

3. Mengembangkan Kreatifitas

Ketika dalam pembuatan atau perancangan mind mapping, kamu perlu melakukan visualisasi terhadap informasi-informasi yang ingin kamu petakan agar lebih mudah dimengerti. Kamu dapat menggunakan kombinasi berbagai warna, simbol dan gambar yang menarik dalam pembuatan mind mapping. Proses pembuatan ini dapat merangsang kinerja otak kanan kamu agar lebih kreatif dalam pelaksanaannya, itulah sebabnya ketika kamu membuat mind mapping, kreatifitas otakmu akan terus berkembang.

4. Menjadi lebih produktif

Mind mapping dapat memudahkan kamu dalam mengatur berbagai pekerjaan, kamu bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang harus didahulukan. Ketika kamu sudah mengatur berbagai pekerjaan tersebut sebaik mungkin, kamu akan menjadi lebih produktif karena lebih tertata dalam melakukan pekerjaan.

5. Meningkatkan daya ingat

Mind mapping akan membuat kamu lebih mudah untuk mengingat gambaran dari sebuah informasi secara lengkap. Apabila kamu sudah terbiasa menerpakan metode mind mapping dalam pekerjaan/tugas, kamu tidak perlu khawatir akan kelupaan suatu informasi penting dari bagan mind mapping yang telah kamu buat, karena pada dasarnya seluruh informasi tersebuut sudah terkumpul di dalam satu mind map.

Cara Membuat Mind Mapping

Cara membuat mind mapping sebenarnya sangat mudah, ada beberapa aplikasi yang bisa mendukung kamu dalam pemmbuatan mind mapping, atau juga kamu bisa membuatnya dengan manual menggunakan kertas atau papan tulis. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah langkah-langka cara membuat mind mapping.

1. Persiapkan alat yang diperlukan

Pastinya sebelum melakukan sesuatu, kamu perlu menpersiapkan alat-alat pendukung. Sebelum membuat mind map, kamu bisa menggunakan kertas ukuran A3, papan tulis, ataupun karton sebagai medianya, kamu juga perlu siapkan alat tulis berupa pulpen, pensil warna, atau spidol warna dan keperluan lainnya. Sangat disarankan media yang digunakan berbentuk landscape karena pada dasarnya mind map sifatnya melebar bukan menurun. Selain media fisik di atas, kamu pun sekarang bisa membuat mind map dari berbagai macam aplikasi, kami akan rekomendasikan beberapa aplikasi terbaik untuk membuat mind map.

2. Tentukan konsep utama mind map

Kamu harus menentukan konsep yang nantinya akan menjadi pembahasan utama dari mind map, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukannya. Setelah menemukan konsep utama tersebut, kamu bisa meletakannya di tengah-tengah media guna memudahkan kamu untuk mengembangkan konsep tersebut.

3. Tentukan konsep turunan mind map

Setelah menentukan konsep utama, kamu perlu mencari pembahasan sesuai yang akan dijadikan konsep turunan dari mind map tersebut, nantinya konsep tersebut akan dihubungkan dengan garis ke konsep utama. Pada umumnya, penggunaan garis dalam mind map bukanlah menggunakan garis lurus, melainkan garis berliku-liku agar tidak terlihat kaku dan lebih bagus dilihat secara visual, dengan begitu otak dapat menangkap informasi tersebut dengan mudah.

4. Tambahkan gambar unik

Gunakan gambar untuk pembahasan yang telah kamu buat di mind map. Fungsi dari gambar ini adalah untuk menginterpretasikan berbagai pembahasan tersebut agar memudahkan otak mengingat berbagai informasi di dalamnya. Kamu bisa menggunakan simbol atau gambar yang relevan dengan pembahasan tersebut. Misalnya pembahasan yang kamu bahas adalah seputar workout, kamu bisa menggunakan berbagai simbol gym, atau lebih mudahnya kamu bisa search di google untuk mencari referensi simbol-simbol tersebut.

5. Pilih warna yang sesuai

Peran warna dalam mind map sangatlah penting, otak akan lebih mudah mengingat apabila kombinasi warna dan tulisannya sesuai. Pastikan kamu menggunakan warna yang berbeda-beda untuk setiap pembahasannya, dengan begitu ketika kamu mencoba mengingatnya, kamu akan teringat dengan warna dari informasi tersebut.

Penggunaan warna sebaiknya hanya satu jenis saja, misalnya merah, biru, hijau, kuning, orange, ungu, dsb. Tidak dianjurkan untuk menggunakan warna seperti biru tua, biru muda, biru laut, dsb, karena nantinya kamu akan kesulitan mengingat warna-warna tersebut karena kurangnya kontras dari warna-warna tersebut.

Jenis-Jenis Mind Mapping

Silabus mind mapping

Silabus mind mapping adalah jenis mind mapping yang berukuran besar, biasanya ditempel pada dinding agar mudah dibaca sehari-harinya. Silabus mind mapping ini mencakup bahasan yang luas, karena ukurannya sangat besar, berbagai informasi bisa dicantumkan secara lengkap di dalamnya.

Bab mind mapping

Bab mind mapping adalah jenis mind mapping yang disusun berdasarkan bab pembahasan. Dalam pembuatan mind mapping ini, ada hal yang harus kamu perhatikan, kamu harus mampu meringkas poin-poin inti agar tidak terlalu banyak, karena ukuran mind mapping yang cukup terbatas.

Paragraf mind mapping

Paragraf mind mapping adalah jenis mind mapping yang disajikan secara lengkap karena cakupannya yang kecil / sedikit. Dengan begitu, informasi-informasi dapat dicantumkan secara detail karena pokok pembahasannya yang kecil.

Demikian artikel mengenai mind mapping. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin mind mapping untuk memudahkan pembelajaran atau menjelaskan ide-ide yang kamu miliki. Jangan lupa share ke teman-teman kamu jika artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya di situs kami.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah