6 Contoh Dan Cara Membuat Mind Mapping yang Menarik

Contoh & Cara Membuat Mind Mapping – Sering disebut sebagai peta pemikiran, mind mapping bisa menjadi salah satu solusi bagi kamu yang sulit memahami atau menghafal sebuah materi. Mind mapping sendiri adalah teknik pemanfaatan keseluruhan potensi otak dalam memetakan sebuah pikiran, lewat citra visual dan sarana grafis lainnya. Teknik ini sudah dikembangkan sejak 1970-an oleh Tony Buzan berdasarkan riset tentang bagaimana cara kerja otak sebenarnya. Jika sebelumnya kamu belum pernah membuat mind mapping, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan contoh dan cara membuat mind mapping yang menarik untuk referensi kamu.

Deretan Contoh & Cara Membuat Mind Mapping Lengkap

unsplash.com

Belajar dengan menggunakan mind mapping jauh lebih mudah, ketimbang kamu menggunakan metode pencatatan tradisional. Mind mapping dianggap sebagai cara belajar yang menyenangkan dan kreatif, karena dengan menggunakan mind mapping makan kamu bisa membangkitkan ide-ide yang orisinal dan memicu ingatan dengan mudah. Pikiran kamu pun tidak akan menjadi mandeg apabila memakai metode mind mapping ini.

Apa Itu Mind Mapping?

Mind mapping adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan melalui pemetaan peta pikiran berbetuk percabangan yang dituangkan langsung kedalam media tulis, baik kertas maupun digital. Umumnya, mind mapping berupa suatu percabangan dari bagan-bagan. Mind mapping kerap dianggap mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Mudahnya kita mengingat suatu informasi utama ini dikarenakan tema utama terdefinisi dengan jelas di tengah mind map tersebut.

Mind mapping sendiri mempunyai pengertiannya tersendiri menurut beberapa ahli. Adapun pengertian mind mapping menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Tony Buzan
    Menurut Tony Buzan, mind mapping adalah salah atau cara untuk mengembangkan kegiatan berpikir dari seseorang dari yang tadinya satu arah menjadi ke segala arah, serta dapat mengambil berbagai macam pikiran ke dalam berbagai sudut pandang. Mind mapping sendiri mengembangkan cara berfikir yang bercabang-cabang dan kreatif. Dikenal pula sebagai peta konsep, mind mapping merupakan sebuah alat berpikir yang mempunyai manfaat yang sangat hebat bagi kehidupan sehari-hari. Terutama untuk memahami sesuatu baik pelajaran maupun yang lainnya.
  2. Caroline Edward
    Menurut Caroline Edward, mind mapping adalah sebuah cara yang paling efektif serta efisien dalam memasukkan atau mengeluarkan berbagai macam data atau informasi dari otak. Di mana sistem tersebut merupakan sebuah sistem alami yang dilakukan oleh sistem otak manusia. Sehingga potensi serta kapasitas dari otak itu sendiri bisa bekerja secara optimal.
  3. Melvin L Sliberman
    Melvin L Sliberman mempunyai pendapat berbeda, ia mengatakan bahwa mind mapping adalah sebuah cara berfikir murid yang kreatif untuk menghasilkan sebuah ide-ide dalam pelajaran yang sedang ia pelajari. Seperti mencatat sebuah pelajaran, atau cara kreatif dalam merencanakan sebuah penelitian baru.
  4. Bobby De Porter
    Menurut Bobby De Porter, mind mapping merupakan pemanfaatan fungsi otak yang ditambah dengan penggunaan citra visual dan grafis yang lainnya dalam memperoleh informasi. Mind mapping sendiri bertujuan untuk memasukkan sebuah informasi ke dalam otak yang dibantu dari proses otak kiri dan otak kanan yang terlibat dalam mengolah suatu informasi.
  5. Bobby De Porter dan Mike Hernacki
    Menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki, mind mapping adalah suatu teknik dalam mencatat sebuah informasi ke dalam bentuk yang kreatif dan efektif. Di mana seseorang yang menggunakan metode mind mapping ini dapat mengembangkan potensi kerja dari otak itu sendiri baik otak belahan kiri maupun kanan.

Jenis-jenis Mind Mapping

Berikut ini beberapa jenis mind mapping, antara lain yaitu

  1. Mind Map Silabus
    Mind mapping silabus atau mind map makro merupakan jenis mind mapping yang membantu memberikan gambaran tentang apa yang dipelajari. Biasanya mind mapping ini dibuat dengan ukuran besar dan ditempel di dinding.
  2. Mind Map Bab
    Mind mapping bab adalah mind mapping yang dibuat berdasarkan rangkaian bab yang telah dipelajari. Namun, mind mapping bab harus diringkas poin penting atau garis besarnya saja untuk mudah mengingatnya.
  3. Mind Map Paragraf
    Mind mapping paragraf yaitu mind mapping yang dapat memberikan informasi secara lengkap karena selain bisa melihat ringkasan dari setiap bab dan juga bisa mengetahui detail penjelasannya. Nah, keuntungan menggunakan mind mapping paragraf ini adalah dapat dibuat di buku teks kecil.

Apa Manfaat Mind Mapping?

Membuat mind mapping tentunya akan memberikan berbagai benefit buat kamu. Di bawah ini adalah beberapa manfaat mind mapping:

  1. Meningkatkan kemampuan untuk mengingat sesuatu yang penting
    Dengan membuat mind mapping, tentunya akan memudahkan kamu dalam mengingat, serta menemukan gambaran utuh dari informasi yang telah didapat. Materi-materi yang telah didapat dari membaca buku atau sumber-sumber lain dikumpulkan menjadi satu menggunakan metode mind mapping. Dengan begitu, kamu tidak perlu resah jika tiba-tiba lupa pada informasi yang sudah ditelusuri sebelumnya. Kamu akan dengan mudah kembali mengingat hal-hal penting cukup dengan membuka kembali mind map yang sudah dibuat.
  2. Melatih manajemen informasi, konsentrasi serta ketelitian
    Membuat mind mapping sendiri secara tidak langsung akan melatih kamu dalam mengatur informasi yang telah didapat. Kamu pun akan semakin terbiasa mengelompokkan materi-materi yang sesuai dengan suatu tema bahasan. Ini juga menuntut kejelian serta konsentrasi kamu sehingga jika rutin dilakukan akan semakin terasah kemampuan tersebut.
  3. Mengasah kreativitas dan imajinasi
    Mind mapping juga dapat menjadi ajang melatih kreativitas kamu dalam menciptakan rangkuman yang menarik. Dengan tampilan yang enak dilihat tentu akan mendorong kamu semakin sering membacanya kembali sehingga meningkatkan ingatan pada sebuah pokok bahasan. Proses ini juga melibatkan daya imajinasi dalam menghadirkan visualisasi untuk kemudahan mencerna materi.
  4. Menghemat waktu dalam mempelajari dan memahami informasi
    Membiasakan diri membuat mind mapping juga berdampak pada waktu yang disisihkan dalam memahami sebuah materi. Kamu pun akan dengan cepat mempelajari sebuah pelajaran di sekolah atau kuliah. Aktivitas membaca pun takkan jadi sia-sia karena bantuan mind map. Ini menjadi keuntungan karena dapat mempelajari pokok bahasan lain dalam jangka waktu yang cukup singkat.
  5. Dapat diaplikasikan pada beberapa hal
    Penerapan mind mapping tidak melulu di dunia pendidikan saja. Kamu juga dapat mengaplikasikan metode ini dalam pekerjaan atau rencana bisnis. Mind map akan membantu kamu dalam menyusun strategi agar efektivitas kerja dapat terjaga. Pada prosesnya, hal tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir dari tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Cara Membuat Mind Mapping

Belajar dengan mind mapping tentunya lebih menyenangkan karena melibatkan kreativitas. Jika sebelumnya kamu belum pernah membuat mind mapping, kamu bisa ikuti cara di bawah ini:

1. Siapkan peralatan tulis

Untuk membuat mind map, gunakan pulpen warna-warni, lalu mulailah menggambar dari bagian tengah kertasmu. Gunakan kertas dengan orientasi landscape supaya mendapatkan lebih banyak tempat.

2. Menuliskan topik utama

Setelah itu, mulailah membuat mind mapping dengan menuliskan topik utama di bagian tengah halaman. Kemudian, lingkupilah dengan lingkaran, persegi atau bentuk apapun terserah kamu. Kamu juga bisa menambah dengan gambar, misalnya gambar lampu bohlam, dan sebagainya.

3. Menambahkan anak gagasan utama

Tambahkan garis cabang dari gambar pusatnya untuk setiap ide dan anak gagasan utamanya. Jadi jumlah garis cabangnya akan bevariasi tergantung jumlah cabang atau anak dari ide utamanya. Usahakan gunakan warna yang berbeda untuk tiap garis cabangnya.

4. Tulis kata kunci di setiap cabang

Tulislah kata kunci di setiap cabang. Nantinya, kata-kata kunci inilah yang akan menyampaikan inti dari gagasan dan memicu ingatan kamu. Jadi ini akan mempermudahmu mengingat kembali. Jika kamu menggunakan singkatan, pastikan kamu familiar dengan singkatan-singkatan tersebut sehingga bisa dengan mudah membuatmu ingat selama berhari-berhari bahkan berminggu-minggu.

5. Tambahkan simbol dan ilustrasi

Kamu juga bisa menambahkan simbol-simbol dan ilustrasi-ilustrasi menarik untuk mendapatkan sumbu ingatan yang lebih baik.

Contoh Mind Mapping

Mind mapping tidak serta merta hanya berisikan teori atau materi saja. Lebih dari itu, mind mapping sendiri bisa berisi sebuah ide, rancangan proyek, sampai ringkasan laporan hasil kerja. Tak heran jika mind mapping banyak diandalkan dalam berbagai macam aspek. Nah, di bawah ini ada beberapa contoh mind mapping yang bisa digunakan:

1. Mind Mapping Pohon

rosaliacerro.files.wordpress.co

Mind mapping yang paling sering ditemui adalah mand mapping pohon. Untuk bisa membuat mind mapping pohon tentunya bukanlah hal yang mudah. Kamu memerlukan kreatifitas yang tinggi untuk bisa membuat agar mind mapping pohon tersebut terlihat menarik. Mind mapping pohon sendiri merupakan salah satu tipe mind mapping yang sangat simpel dibanding dengan mind mapping lainnya.

Selain simpel, pembuatannya pun juga sangat mudah karena hanya menggambar pohon saja yang notabene orang bisa membuatnya dengan mudah serta bisa digunakan ke dalam berbagai macam materi apapun. Dalam pembuatan mind mapping pohon, maka gambar dari pohon itu sendiri bisa dijadikan sebagai pokok dari pembahasan. Sedangkan gambar dari ranting, akar atau daun bisa dijadikan sebagai poin-poin penting dari pokok materi tersebut.

2. Mind Mapping Simpel

nesabamedia.com

Jika kamu tidak terlalu menyukai hal-hal yang rumit, maka mind mapping simpel bisa menjadi pilihan. Mind mapping yang simpel ini bisa di buat dalam banyak jenis dan tipe. Katakan saja dengan tipe yang tidak terlalu banyak mengeluarkan inspirasi. Pembuatannya hanya untuk beberapa poin dan bentuknya tidak ribet pula untuk kategori mind mipping simpel.

Membuat mind mapping simpel tentunya tidak sesulit membuat mind mapping jenis lainnya. Karena kamu cukup membuat beberapa kolom, kemudian menghubungkan tersebut satu dan lainnya. Kamu pun bisa menambahkan mind mapping simpel yang telah dibuat dengan perpaduan bebearpa warna agar terlihat lebih menarik.

3. Mind Mapping Sekolah

desfortin.com

Ada berbagai macam tipe yang bisa kamu temukan dalam pembuatan mind mapping untuk kategori sekolah. Mind mapping yang dibuat bisa disesuaikan dengan materi yang akan dibahas. Misalnya, jika kamu ingin temanya kesehatan maka untuk mind mappingnya sendiri bisa dibuat dengan desain yang berbau tentang kesehatan. Mind mapping untuk sekolah sendiri, sudah tentu harus dibuat lebih menarik karena didalamnya mengandung banyak sekali materi yang harus dikuasai dan dipahami.

Dalam membuat mind mapping sekolah, usahakan bentuk yang kamu pilih terlihat simple namun memiliki banyak perpaduan warna. Dengan begitu, selain akan mudah dimengerti, tentunya akan semakin mudah untuk menghapal poin-poin yang ada. Dan setelah mengenal mind mapping sekolah lebih jauh, maka bisa diterapkan pula dalam pembuatan mind mapping pada aspek lainnya.

4. Mind Mapping Diri Sendiri

pixabay.com

Ada banyak sekali contoh mind mapping diri sendiri yang bisa kamu temukan. Jika kamu masih bingung, mind mapping diri sendiri ini adalah peta pemikiran yang dibuat untuk mempermudah pembelajaran kamu. Atau, bisa juga diartikan sebagai mind mapping yang dibuat untuk memetakan tentang diri kamu sendiri.

Nah, kalau berbicara mengenai mind mapping tentang diri sendiri, maka beberapa jenisnya antara lain bisa seperti mind mapping tentanga passion kamu, atau mind mapping tentang bagaimana koneksi kamu dengan lingkungan sekitar. Bisa juga contoh mind mapping struktur keluarga yang mungkin sudah menyebar dan sulit untuk di hafal.

Dalam pembuatannya, kamu bisa menggunakan salah satu bentuk yang kamu anggap menarik. Katakan saja dengan bentuk peta konsep bergaris, atau peta konsep simpel lainnya. Namun, jika ingin membuatnya lebih menarik, jangan lupa memberikan warna yang cerah dan menambahkan bentuk-bentuk unik lainnya.

5. Mind Mapping Bisnis

reycca.files.wordpress.com

Bisnis merupakan satu hal yang menjadi topik pembicaraan hangat pada saat ini. Ketika kamu ingin membuat sebuah konsep bisnis atau laporan sebuah proyek, kamu bisa mengandalkan mind mapping sebagai ringkasannya. Dengan membuat mind mapping, kamu akan semakin mudah memahami serta menjelaskan konsep bisnis atau laporanmu. Mind mapping bisa di katakan sebagai salah satu jalan keluar terbaik bagi kamu yang ingin mempelajari proyek atau laporan dengan mudah dan cepat.

Dalam pembuatannya, kamu pun bisa berkreasi sesuai imajinasi. Kamu bisa membuat mind mapping yang serius, simple, atau penuh kreatifitas. Pada umumnya mind mapping bisnis biasanya dibentuk dengan animasi tertentu, atau bertemakan alam. Namun, kamu juga tetap bisa membuat mind mapping bisnis dengan beberapa garis dengan beberapa kolom saja.

6. Mind Mapping Visi dan Misi Hidup

static1.squarespace.com

Mind mapping yang berisikan visi dan misi hidup ini sangat penting untuk dibuat, agar setiap pencapaian tertinggi pun bisa diketahui sejauh mana pencapaiannya. Dengan begitu, maka kamu pun bisa lebih mengetahui seberapa besar kamu memperjuangkan pencapaian yang telah dibuat. Maka dari itu, pembuatan mind mapping ini pun harus dibuat dengan baik dan benar.

Dalam pembuatannya, mind mapping visi dan misi hidup ini memiliki dua poin penting yang beda dan terpisah yang harus ditulis. Poin yang pertama adalah visi hidup, dan poin yang kedua adalah misi hidup. Kedua poin tersebut harus dibuat terpisah, dengan begitu maka akan mudah untuk membedakan mana visi maupun misi dari hidup kita sendiri. jika sudah, maka jangan lupa untuk memberikan sub poin yang berisi visi maupun misi dalam hidupmu yang mesti dicapai.

Oke, di atas tadi Mamikos sudah bagikan info terkait 6 contoh dan cara membuat mind mapping yang menarik. Selain memudahkan untuk dipahami oleh diri sendiri, dengan membuat mind mapping juga bisa memudahkan orang lain untuk memahami mengenai materi yang ingin kamu sampaikan. Semoga informasi di atas bisa cukup berguna untuk kamu ya! Jika ingin mencari informasi lainnya, silahkan kunjungi situs Mamikos secara berkala ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah