11 Aplikasi Screenshot SS Laptop dan PC Terbaik

 Almara Jati | Sab, 23 Mei 2020

11 Aplikasi Screenshot SS Laptop dan PC Terbaik – Dalam beberapa kesempatan, kamu mungkin butuh melakukan screenshot pada layar laptopmu. Bisa jadi ketika kamu membutuhkan informasi penting atau ingin menyimpan gambar dari suatu video yang kamu tonton. Selain screenshot secara sederhana menggunakan tombol PrtScr pada keyboard, ada beberapa aplikasi screenshot yang bisa kamu gunakan. Tidak hanya menyimpan dalam bentuk gambar, beberapa aplikasi screenshot memungkinkan kamu untuk merekam layar dalam bentuk video.

Daftar Aplikasi Screenshot SS Laptop dan PC

unsplash.com

Ketika kamu menemukan sebuah lelucon yang sangat lucu di internet, kamu pasti ingin membagikannya kepada temanmu. Ada juga kalanya kamu menemukan desain kamar yang menarik dan ingin kamu terapkan pada kamarmu. Untuk menyimpan informasi semacam itu, kamu bisa melakukan screenshot lalu membagikannya kepada orang lain atau menyimpannya untukmu sendiri. Dengan screenshot, kamu akan bisa menyimpan informasi lebih lama di gadget-mu tanpa takut jika suatu saat informasi tersebut dihapus dari sumber aslinya.

Apa Itu Screenshot?

Screenshot adalah suatu tangkapan tampilan layar yang diambil dari gadget tertentu seperti misalnya perangkat komputer atau laptop, tablet PC, bahkan ponsel pintar (smartphone). Screenshot biasanya dilakukan dengan dukungan sistem operasi seperti iPhone (dengan iOS nya), smartphone dengan OS Android ataupun operating system lain. Cara melakukan screenshot di perangkat Android pada umumnya memiliki basis yang sama, namun beberapa merk seperti Samsung misalnya, telah membuat metode yang berbeda dari perangkat Android lainnya.

Tetapi, tidak semua gadget didukung dengan fitur screenshot yang lengkap sesuai kebutuhan. Ada kalanya kamu harus menggunakan aplikasi atau software tambahan, terutama bagi gadget model lama. Akan tetapi, perangkat smartphone modern yang umum beredar saat ini tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan karena fitur tersebut sudah secara default disediakan oleh masing-masing operating system yang digunakan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biasanya kita akan menggunakan hasil screenshot untuk memberitahukan kepada orang lain tentang apa yang kita lihat dari layar gadget yang kita pegang. Alasannya adalah karena terkadang kita tidak bisa menjelaskan suatu keadaan dengan sangat akurat dan detail atau ada teks yang tidak bisa disalin ketika kita membutuhkannya. Sehingga kita bergantung pada screenshot sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. Kamu akan sering melihat hasil screenshot pada beberapa tutorial melakukan sesuatu karena akan lebih mudah menjelaskan menggunakan screenshot daripada melalui teks saja.

11 Aplikasi Screenshot SS Laptop dan PC

unsplash.com

Nah, akan ada kalanya kamu membutuhkan screenshot lebih dari sekedar tangkapan layar biasa. Kamu mungkin juga butuh untuk mengeditnya atau kamu membutuhkan screenshot berupa video. Ketika gadgetmu tidak mendukung kebutuhanmu, maka jalan keluarnya adalah dengan meng-install aplikasi untuk screenshot. Berikut akan Mamikos bagikan 11 aplikasi screenshot untuk laptop dan PC.

Jing — Windows & Mac

Program ini termasuk program yang sederhana sehingga cocok untuk kamu yang tidak ingin bertele-tele. Mode screenshot-nya hanya satu, yaitu Region. Meskipun demikian, Jing bisa men-screenshot foto dan video. Satu hal yang unik dari Jing adalah terdapat bubble berwarna oranye yang akan menempel di sisi kanan layar gadget-mu. Dengan menggunakan bubble tersebut, kamu bisa melakukan screenshot di komputermu atau mengakses menu History dan Settings dengan cepat.

Setelah melakukan screenshot, kamu akan diarahkan ke panel editor sederhana milik Jing. Di sana, kamu bisa menambahkan teks, frame, dan arrow. Tahap terakhir, kamu bisa menyimpan hasil screenshot ke komputermu atau mengunggahnya ke Screencast.

Snipping Tools — Windows

Snipping Tools masih merupakan aplikasi screenshot Windows yang diandalkan banyak orang meskipun kelihatannya sudah ketinggalan zaman. Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dulu karena Snipping Tools sudah tersedia secara otomatis bagi pengguna Windows 7, 8, dan 10. Untuk melakukan screenshot dengan Snipping Tools, kamu hanya butuh tiga langkah yaitu dengan klik opsi New, pilih area yang ingin kamu screenshot, lalu klik Save. Snipping Tools cocok untuk kamu yang ingin memiliki aplikasi screenshot yang seadanya saja.

Meskipun sederhana dan mudah digunakan, Snipping Tools memiliki sejumlah kekurangan. Pertama, Snipping Tools tidak memiliki Hotkey (tombol keyboard untuk melakukan screenshot) sehingga kamu akan kesulitan jika ingin melakukan screenshot dengan cepat. Kedua, fitur-fitur yang disediakan masih sangat terbatas. Snipping Tools hanya menyediakan aksesori berupa garis sederhana dan highlight, kamu tidak bisa menambahkan teks lain, dan tidak ada opsi cropping serta efek blurring.

Lightshot — Windows & Mac

Lightshot mungkin merupakan program screenshot paling sederhana dan ringan. Ukurannya hanya kurang dari 5 MB dan kamu bisa melakukan screenshot mode Region. Untuk kamu yang suka dengan segala sesuatu yang cepat dan ringkas, Lightshot mungkin adalah pilihan yang tepat. Aplikasi screenshot ini tidak memiliki interface, sehingga untuk melakukan screenshot kamu tinggal memencet tombol Prntscr atau melalui Sytem Tray.

Setelah itu, pilih bagian yang ingin kamu simpan. Selesai memilih, kamu bisa langsung mengedit hasil screenshot kamu dengan aksesori yang disediakan seperti teks, arrow, dan frame. Setelah mengedit hasil screenshot, kamu bisa menyimpannya ke komputer atau mengunggahnya ke server Lightshot.

TinyTake — Windows & Mac

Selain bisa digunakan untuk screenshot format foto, aplikasi screenshot TinyTake juga bisa untuk screenshot format video. TinyTake juga bisa berfungsi sebagai webcam yang bisa men-screenshot wajah kamu saat berada di depan kamera. Selain bisa disimpan di komputer, keunggulan lain dari aplikasi TinyTake adalah kamu juga bisa mengunggah foto hasil screenshot ke server pribadi TinyTake. Kamu tidak hanya akan diberikan tautan untuk berbagi, tetapi juga embed code yang bisa ditempelkan di blog milikmu.

Soal fitur, TinyTake tergolong memiliki fitur yang standar seperti cropping, bluring, Arrow, Line, Rectangle, Ellipse, dan Text. Akan tetapi, aksesori Text dari aplikasi ini akan meninggalkan frame berwarna putih yang tidak bisa dihilangkan. Kekurangan selanjutnya dari TinyTake adalah kamu harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu yang cukup rumit dan memakan waktu. Jika kamu lupa password akunmu, akan sangat sulit bagi kamu untuk melakukan recovery akun.

Skitch — Windows & Mac

Aplikasi ini sempat booming sebagai aplikasi screenshot untuk komputer. Akan tetapi, nama Skitch semakin menurun sejak tidak lagi mendukung pemasangan di Windows pada versi terbarunya. Versi terbaru aplikasi Skitch hanya bisa dinikmati pengguna Mac OS X. Bagi kamu pengguna Windows, kamu hanya bisa menikmati versi 2.8 dari aplikasi ini yang dirilis November 2016 silam.

Meski begitu, aplikasi screenshot buatan Evernote ini bisa dikatakan cukup menarik karena ada tiga mode yang disediakan yaitu Region, Full Screen, dan Blank. Setelah screenshot dengan salah satu mode tersebut, kamu akan dirahkan ke jendela pengeditan. Aksesori-aksesori yang disediakan cukup memadai untuk melakukan pengeditan, seperti highlight, arrow, frame, teks, dan lain-lain. Sementara dari segi edit efek, Skitch hanya mendukung fitur cropping dan blurring.

Secara garis besar, aplikas screenshot ini cocok untuk kamu yang ingin membuat tutorial lewat screenshot. Kekurangan dari Skitch adalah di bagian pemilihannya tidak bisa mengulang (redo) ketika salah melakukan seleksi. Sehingga kamu harus memulai editing lagi dari awal. Selain itu, kolom pemilihannya juga berwarna putih transparan sehingga kamu akan sulit membedakan ketika menyeleksi objek-objek berwarna hitam atau gelap.

Greenshot — Windows

Greenshot juga merupakan aplikasi screenshot yang cukup bisa kamu andalkan jika kamu yang tidak mau berlama-lama untuk mengedit. Sama seperti Lightshot, aplikasi ini tidak menyediakan interface. Untuk melakukan screenshot, kamu bisa memencet Hotkey yang disediakan atau melalui System Tray. Mode screenshot-nya pun hanya 4, yaitu Full Screen, Window, Region, dan Last Region.

Ketika selesai melakukan screenshot, kamu akan diberikan pilihan akan diapakan hasil screenshot tersebut. Kamu bisa langsung menyimpannya ke komputer atau mengedit terlebih dulu melalui Paint atau panel editor yang disediakan Greenshot. Panel editor dari aplikasi ini sendiri bisa dikatakan kurang lengkap dan tampilannya kuno. Kamu hanya bisa menambahkan aksesori berupa teks, arrow, beberapa bangun ruang, dan bubble.

Efek yang disediakan juga terlihat sangat kuno. Aplikasi ini juga tidak menyediakan fitur cropping foto. Fitur blurring yang disedikan juga tidak bisa terlalu kamu andalkan karena bagian yang akan kamu blur masih bisa terlihat dengan jelas. Bisa dikatakan bahwa Greenshot mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat jika kamu memang mencari aplikasi screenshot yang tidak rumit dan tidak terlalu lengkap.

PicPick — Windows

PicPick adalah salah satu aplikasi screenshot yang memiliki fitur paling lengkap. Aplikasi screenshot ini menjawab semua yang kamu butuhkan dalam hal pengambilan gambar di laptop atau komputermu, mulai dari mode penyeleksian yang sangat beragam hingga beberapa mode lain yang sulit kamu temukan di aplikasi screenshot lain. Beberapa di antaranya adalah Window Control, Scrolling Window, Fixed Region, dan lain-lain. PicPick juga menyediakan sejumlah aksesori populer seperti Arrow, beberapa bentuk bangunan, dan Highlight.

Selain itu, aplikasi screenshot ini tersedia dalam 40 bahasa dan mengadopsi beberapa efek yang mirip dengan Adobe Photoshop seperti Invert, GrayScale, Pixelate, Frame, Blur, Watermark, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa membagikan hasil screenshot kamu secara langsung ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Skype, email, atau mengunggahnya ke Imgur selain menyimpannya di komputer. Kamu juga bisa langsung mencetak hasil screenshot dengan menggunakan aplikasi PicPick.

Nimbus Capture — Windows & Mac

Aplikasi screenshot ini bisa dikatakan memiliki interface yang cukup modern. Aksesori-akserori yang dihadirkan juga pas sesuai kebutuhan, mulai dari Pencil, Arrow, Rectangle, Ellipse. Ada juga fitur Numbered Tag yang bisa kamu gunakan untuk menomori bagian-bagian tertentu dalam foto. Aplikasi screenshot ini juga dilengkapi juga dengan fitur blurring dan cropping.

Mode penyeleksian aplikasi ini memang hanya tersedia dalam 2 mode, yaitu Full Screen dan Fragment. Akan tetapi, kamu bisa menentukan sendiri ukuran screenshot melalui Custom Size. Ada pula fitur Video Record yang bisa membantu kamu dalam merekam aktivitas pada layar komputer. Aplikasi ini memang sedikit mirip dengan Bandicam, tetapi aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan gratis.

Kamu bisa memilih menyimpan hasil screenshot atau record kamu di komputer atau server pribadi milik Nimbus. Selain itu, Nimbus juga bisa melakukan print hasil screenshot kamu.

Clarify — Windows & Mac

Clarify menawarkan screenshot dengan cepat dan dengan berbagai cara yang beragam, baik itu dengan tombol capture, shortcut di keyboard, atau ikon di toolbar. Seperti aplikasi screenshot lainnya, kamu juga bisa mengambil gambar layar hanya sebagian saja sesuai yang kamu butuhkan. Fitur paling menarik dari aplikasi ini adalah membuat setiap screenshot menjadi urutan daftar. Fitur tersebut tentunya akan mempermudah jika kamu membuat tutorial dengan langkah-langkah yang memiliki urutan tertentu.

Seperti aplikasi screenshot pada umumnya, Clarify memiliki fitur menambah catatan, border, dan peralatan edit gambar sederhana. Sayangnya, kamu tidak bisa menggunakan aplikasi ini jika kamu ingin merekam layar dalam bentuk video. Meski begitu, jika kamu memiliki hobi blogging, kamu akan cocok dengan aplikasi screenshot ini.

ShareX — Windows

Aplikasi screenshot ini bisa dibilang cukup ringan karena hanya berukura 15 MB saja. Dari segi penampilan, ShareX mungkin memiliki interface yang tampak kuno dan ketinggalan zaman. Akan tetapi, dari segi fungsionalitas, ShareX tidak kalah dari aplikasi screenshot lainnya. ShareX menyediakan 13 mode berbeda untuk penyeleksiannya. Selain itu, ShareX juga bisa kamu gunakan untuk perekaman video baik dalam format MP4 maupun GIF.

Uniknya lagi, ShareX menyediakan mode Text Capture yang memungkinkan kamu melakukan screenshot pada gambar berisi teks untuk kemudian mengonversinya menjadi teks yang dapat disalin. Untuk panel editor ShareX tidak jauh berbeda dengan program screenshot pada umumnya. Kamu bisa menambahkan teks, Arrow, Tag Numbering, beberapa bangun ruang, color picker, dan lain-lain.

Selain itu, ada juga opsi Show Cursor yang bisa kamu pilih agar kursor tidak hilang saat melakukan screenshot. Setelah melakukan screenshot, ShareX akan langsung mengunggah hasilnya ke Imgur. Menariknya, kamu juga bisa mengatur pihak uploader mana yang akan kamu gunakan untuk menyimpan hasil screenshot kamu. Caranya adalah dengan menuju Destination lalu Image Uploader. Kamu juga bisa membuat QR Code dari foto hasil screenshot kamu.

ScreenPresso — Windows

ScreenPresso tidak membanjiri interface-nya dengan aksesori-aksesori yang tidak diperlukan. Semua aksesori yang ditampilkan adalah aksesori seperti Arrow, Ractangle, Bubble, Numbering Tag, hingga ikon-ikon dan simbol-simbol populer. Tak hanya itu, tiap aksesori memiliki gayanya masing-masing yang bisa kamu pilih.

Dari segi fitur tambahan, aplikasi screenshot ini menyediakan fitur Crop, Blur, Canvas Size (untuk mengatur ukuran foto), dan Cut Out (untuk menghilangkan bagian tertentu). Sayangnya, fitur bluring yang disediakan tidak bisa diatur tingkat keburamannya. Akan tetapi, ScreenPresso juga memiliki fungsi untuk merekam video. Video hasil rekaman layar bisa kamu simpan dalam format MP4 atau GIF.

Satu lagi kekurangan yang mungkin membuatmu berpikir dua kali untuk menggunakan aplikasi ini adalah bahwa aplikasi ini tidak bisa mengunggah hasil screenshot secara online ataupun membagikannya ke media sosial. Kamu hanya bisa menyimpan hasil screenshot di penyimpanan komputermu.

Itu tadi 11 aplikasi screenshot untuk laptop dan PC yang bisa Mamikos rekomendasikan. Setiap aplikasi memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan untuk memasang aplikasi yang mana dikembalikan lagi kepadamu karena kamu yang mengerti kebutuhanmu untuk screenshot. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: