Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh Sesuai Sunnah + Artinya

Posted in: Informasi

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh Sesuai Sunnah + Artinya -Sebagai umat Islam tentu saja sudah hal wajar untuk menjenguk orang yang sakit dan kemudian membacakan doa orang sakit kepada mereka yang sedang sakit. Pasti masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami doa untuk orang yang sedang sakit sehingga harus coba mencari informasinya. Biasanya pada saat sedang sakit ingin mendapatkan doa yang baik untuk kesembuhannya dari penyakit yang diderita. 

Oleh sebab itu, sunah bagi Anda yang menjenguk orang yang sedang sakit untuk mendoakan mereka sehingga diharapkan proses kesembuhannya akan jauh lebih cepat. Apalagi yang sedang sakit adalah orang tua, saudara maupun teman sehingga sewajarnya kita perlu mendoakan mereka. Selain itu, dengan doa-doa Rasulullah SAW  untuk kesembuhan sanak saudara atau teman yang sedang sakit dibacakan sebagai upaya menghidupkan sunah. 

Kumpulan Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh Sesuai Sunnah + Artinya 

unsplash.com

Adapun ada beberapa doa yang dibacakan yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT untuk kesembuhan saudara kita yang sedang sakit. Oleh sebab itu, bacakan doa orang sakit tersebut pada saat menjenguk orang yang sedang sakit sehingga harapannya mereka akan cepat sembuh. Kemudian dari sabda dari Rasulullah SAW dimana menjenguk orang yang sakit  adalah salah satu bagian dari hak orang muslim kepada muslim yang lainnya. Nah, ini dia kumpulan doa untuk orang-orang-orang yang sakit sehingga cepat sembuh :

Doa Saat Menjenguk Orang Sakit 

Doa menjenguk orang sakit yang dapat dibacakan untuk kesembuhannya lebih cepat adalah 

Allahumma rabban naa mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafi laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman 

Artinya adalah Ya Tuhanku, Tuhan Manusia, hilangkan penyakitnya  dan berikanlah kesembuhan sebab Engkau adalah sang penyembuh. Tidak ada yang bisa menyembuhkan selain Engkau dan berikan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit. 

Pada saat menjenguk orang yang sedang sakit sebaiknya mendoakan dan juga memberikan dorongan semangat yang positif sehingga mereka akan merasa terbantu. Sesungguhnya sesama muslim saling membantu dan dengan menjenguk orang yang sedang sakit  dan membacakan doa adalah salah satunya. 

Doa Kesembuhan Orang Tua 

Apabila orang tua kita sedang sakit hendaknya mendoakan mereka sehingga akan cepat sembuh dan dapat beraktivitas seperti sedia kala sehingga dapat membacakan doa orang sakit. Nah, seharusnya kita juga senantiasa mendoakan kesehatan dan keselamatan orang tua kita setiap hari sehingga tidak hanya pada saat mereka sakit. Sebab bagaimanapun juga orang tua adalah orang yang telah melahirkan kita sehingga wajib mendoakan mereka. Nah, doa untuk kesembuhan orang tua yang sedang sakit adalah : 

Allahumma rabbannaasi adzibil ba,sa isyifihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman. 

Yang artinya adalah Yaa Allah Yaa Rabb manusia, Engkau yang bisa menghilangkan rasa sakit maka sembuhkanlah, sesungguhnya Engkau dzat yang Maha menyembuhkan tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan Mu, ialah kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit yang lainnya. HR. Bukhari. 

Doa Untuk Orang Yang Sakit Keras 

Bagi Anda yang akan menjenguk orang yang sedang sakit keras atau sudah cukup parah sehingga sulit sembuh sebaiknya memberikan doa kepada mereka. Tentu saja orang yang sedang sakit keras atau cukup parah ingin mendapatkan kesembuhan dari Allah dan kita bisa doakan dan doa orang sakit parah yang sulit sembuh adalah :

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khiralli. 

Artinya adalah Ya Allah, sembuhkan penyakitnya dan jika itu lebih baik untuknya. Dan cabutlah nyawanya jika itu lebih baik baginya. 

Sehingga dengan memberikan doa orang sakit yang sudah sakit yang parah diharapkan nantinya akan diberikan  yang terbaik untuknya. Sebab mungkin saja beliau akan sembuh dari penyakitnya yang cukup parah meskipun sudah mengidap penyakit tersebut sudah lama. Namun jika hal yang terbaik untuknya adalah dengan mencabut nyawanya maka bisa saja akan terjadi atas kehendak Allah SWT. 

Mendoakan Orang Sedang Sakit 

Nah, mendoakan orang sakit yang sedang kita jenguk juga bisa dengan doa berikut ini :

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa afaka fi dinika jismika ila muddari ajalika 

Artinya adalah Wahai (menyebutkan nama orang yang sakit) semoga Allah dapat menyembuhkan penyakitmu, mengampuni semua dosamu dan mengafiatkanmu dalam agama dan juga fisikmu di sepanjang usiamu. 

Nah, doa tersebut dibaca oleh Rasullah SAW ketika sedang menjenguk sahabatnya yang bernama Salman AL-Farisi RA yang di riwayatkan oleh Ibnu Sunni. Kemudian di dalam doa tersebut selain mendoakan kesembuhannya namun juga menyertakan doa untuk pengampunan doa dan juga perlindungan agama dan jiwa raganya yang sedang sakit. 

Doa Kesembuhan Orang Sakit Dianjurkan Baca 7 Kali  

Doa untuk kesembuhan orang yang sedang sakit yang dianjurkan dibaca 7 kali  ialah :

As alullaahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka. 

Artinya adalah Aku memohon kepada Allah yang maha Agung, Tuhan arasy supaya memberikan kesembuhan. 

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang berkunjung kepada orang yang sedang sakit  yang mana belum datang ajalnya dan mengucapkan dia sebanyak 7 kali maka Allah akan senantiasa menyembuhkannya dari penyakit yang dideritanya. 

Doa Kesembuhan Sakit Teman  

Jika ada teman Anda yang sedang sakit maka bisa memberikan doa orang sakit untuknya, seperti pada saat Nabi mendoakan salah satu sahabatnya dengan menyebutkan amal saleh yang mana pernah dilakukan oleh orang sakit tersebut dan doanya adalah :

Allaahummasyfi ‘abdaka yanka’u laka ‘aduwwan au yamssyii laka ilas shalati. 

Artinya adalah Ya Allah, sembuhkan hamba-Mu ini yang banyak melukai musuh-musuh Mu dan berjalan demi melaksanakan shalat untuk Mu. 

Adan Menjenguk Orang Sakit 

Nah, untuk menjenguk orang yang sedang sakit juga adabnya sehingga tidak hanya memberikan doa bagi kesembuhannya namun juga ada adabnya yang dijelaskan di bawah ini :

1.Niat menjenguk orang sakit 

Hendaknya sebelum menjenguk orang yang sedang sakit diniatkan untuk menjenguk dan juga dengan harapan memberikan motivasi dan juga semangat yang positif kepada mereka. 

2. Memberitahu Nama

Selain itu, saat datang di rumah orang yang sedang sakit kemudian memberitahu nama Anda. Sebab siapa tahu beliau yang sedang sakit tidak mengenali sehingga Anda harus memberi tahu namanya dan juga asalnya dari mana. 

3. Duduk di samping kepala dan membacakan doa 

Kemudian sebaiknya duduk di samping kepala orang yang sedang sakit sebab hal ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW saat menjenguk saudara, teman atau yang lainnya sedang sakit dan bacakan doa. 

Nah, jadi itulah beberapa doa untuk kesembuhan orang sakit yang bisa dibacakan kepada orang yang sedang sakit sehingga diharapkan akan mendapatkan kesembuhan dan juga mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT dengan membacakan doa orang sakit.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah