Bacaan Saat Takbir 7x Sholat Idul Fitri Ramadhan dan Artinya

Bacaan saat takbir 7x sholat Idul Fitri Ramadhan dan artinya – Tata cara sholat Idul Fitri berbeda dengan sholat lima waktu yang biasa dilaksanakan umat muslim. Salah satu perbedaannya terdapat pada jumlah takbir yang dilakukan pada rakaat yang didirikan, bacaan setelah takbir, dan adanya khutbah.

Bacaan Takbir Sholat Idul Fitri dan Artinya

pexels.com

Momen Idul Fitri menjadi penanda bahwa bulan Syawal sudah tiba dan Ramadhan sudah berakhir. Umat muslim yang sudah menjalankan puasa selama sebulan penuh tentu ingin memaksimalkan momen berakhirnya Ramadhan dengan menunaikan sholat Idul Fitri. Sholat dua rokaat tersebut tata cara pelaksanaannya berbeda dibandingkan sholat wajib dan sholat sunnah lainnya.

Oleh karena itu, baik pelaksanaan maupun makna takbir dan bacaannya perlu diketahui. Selain menambah rasa khusyu, umat muslim yang mendirikan sholat akan memahami doa yang sedang dibacanya. Pada artikel kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait bacaan-bacaan sholat Idul Fitri beserta artinya.

Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Mayoritas ulama, seperti ulama Hanafiyah, ulama Malikiyah dan ulama Hambali berpendapat bahwa waktu pelaksanaan shalat Idul Fitri dimulai saat matahari setinggi tombak hingga waktu zawal (matahari bergeser ke barat). Rasulullah Saw. biasanya mengakhirkan shalat Idul Fitri agar umat muslim bisa mengikutinya namun mempercepat pelaksanaan sholat Idul Adha agar umat muslim dapat menyembelih hewan qurban.

Tata Cara Niat Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal setelah Ramadhan berakhir. Adapun tata cara pelaksanaannya, setelah membaca niat dan melakukan takbiratul ihram, kita membaca doa iftitah, dilanjutkan takbir sebanyak 7 kali. Setelah itu, barulah kita membaca al fatihah dan bacaan sholat lainnya. Pada rakaat kedua, takbir yang dilakukan lebih sedikit dibandingkan rakaat pertama, yaitu 5 kali takbir. Baik pada jeda takbir rakaat pertama ataupun kedua, kita dianjurkan membaca dzikir.

  1. Takbiratul ihrom
  2. Bertakbir sebanyak tujuh kali takbir (selain takbiratul ihrom) sebelum membaca Al Fatihah. Di antara takbir membacaسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat pendek lainnya
  5. Melakukan gerakan shalat seperti biasa: ruku, i’tidal, sujud
  6. Bertakbir ketika bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua
  7. Bertakbir sebanyak tujuh kali takbir (selain takbir bangkit dari sujud) sebelum membaca Al Fatihah
  8. Membaca surat Al Fatihah
  9. Membaca surat pendek lainnya
  10. Melakukan gerakan shalat seperti biasa: ruku, i’tidal, sujud
  11. Salam

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى
Bacaan: usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa
Arti bacaan: Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka’at sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala

Bacaan Doa Iftitah Sholat Idul Fitri

Terdapat beberapa versi bacaan doa iftitah saat sholat, yaitu:

Versi 1

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Bacaan: allohumma baa’id baynii wa bayna khothoyaaya kamaa baa’adta baynal masyriqi wal maghrib. allohumma naqqinii min khothoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. allohummagh-silnii min khothoyaaya bil maa-i wats tsalji wal barod

Arti bacaan: Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun)

Versi 2

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ .

Bacaan: allaahu akbaru kabiira walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa’ashiilaa, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil ‘aalamiina. laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Arti bacaan: Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Bacaan Surat Al Fatihah Saat Sholat Idul Fitri dan Artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
bismillāhir-raḥmānir-raḥīm
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ
al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn
Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ
ar-raḥmānir-raḥīm
Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ
māliki yaumid-dīn
Pemilik hari pembalasan

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ
iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ
ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm
Tunjukilah kami jalan yang lurus

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ
ṣirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Bacaan Takbir 7x Sholat Idul Fitri

سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ
Bacaan: Subhânallâh, walhamdulillâh, walâ ilâha illallâh, wallâhu akbar, wa lâ haula walâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil azhîm.

Arti bacaan: Maha suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada tuhan selain Dia, Allah maha besar, dan tiada daya serta upaya selain berkat pertolongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.

Bacaan setelah takbir di atas sama dengan bacaan takbir 5x sholat Idul Fitri.

Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri

Sebelum menunaikan sholat Idul Fitri, umat muslim disunnahkan melakukan kegiatan-kegiatan sesuai anjuran Nabi Muhammad Saw, diantaranya:

  1. Mandi sebelum menunaikan sholat Idul Fitri.
  2. Berhias dan mengenakan pakaian terbaik
  3. Makan sebelum sholat Idul Fitri
  4. Bertakbir menuju tempat sholat Idul Fitri hingga sholat akan dilaksanakan. Lafadz takbir yang dianjurkan adalah اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ
    Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar wa lillahil hamd
    Arti: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya.
  5. Menyuruh wanita dan anak kecil untuk berangkat sholat Idul Fitri dengan tetap memperhatikan adab-adab ketika keluar rumah, seperti tidak berhias diri dan tidak memakai wewangian.
  6. Melewati jalan pergi sholat Idul Fitri dan pulang yang berbeda
  7. Dianjurkan berjalan kaki hingga ke tempat shalat dan tidak memakai kendaraan (kecuali memiliki keperluan)

Khutbah Idul Fitri

Setelah umat muslim menunaikan sholat Idul Fitri, imam akan menyampaikan khutbah. Pelaksanaan khutbah saat Idul Fitri berbeda dengan khutbah sholat Jumat yang terdiri dari dua khutbah. Meskipun demikian, jama’ah sholat Idul Fitri diizinkan mengikuti khutbah ataupun tidak mengikutinya.

Kini kamu sudah memahami bacaan saat takbir 7x sholat Idul Fitri Ramadhan dan artinya untuk dibaca saat mendirikan sholat. Jangan lupa untuk mencari tahu makna bacaan sholat Idul Fitri dari niat sampai salam agar ibadah semakin bermakna. Dengan memahami tata cara sholat Idul Fitri lengkap dengan bacaannya, kita akan terhindar dari kesalahan bacaan. Jika belum hafal berbagai macam bacaan dalam sholat Idul Fitri, masih ada waktu untuk menghafalkan bacaan dan artinya. Tetap semangat dan jangan menyerah!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta