Begini Susunan Makalah yang Tepat dan Benar

Posted in: Edukasi
Tagged: Susunan Makalah

Begini Susunan Makalah yang Tepat dan Benar -Makalah merupakan salah satu tugas sekolah atau kuliah yang paling sering kita dapatkan. Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang didalamnya terdapat kalimat ilmiah berdasarkan buah pemikiran seseorang. Makalah ini bentuknya formal dan harus memperhatikan penggunaan EYD yang baik dan benar. 

Untuk membuat makalah yang baik dan benar, adakalanya kita memahami susunan makalah terlebih dahulu. Tujuannya agar nantinya makalah yang kita buat jelas dan bisa dimengerti oleh yang membacanya. Selain itu jika kita sudah memahami susunan makalah yang tepat, maka kita akan lebih mudah untuk menyusun tiap langkah-langkahnya.

Susunan Makalah yang Tepat dan Benar

pixabay.com

Suatu makalah agar bisa dikerjakan dengan mudah, tentunya membutuhkan persiapan. Apa saja persiapan penting untuk memulai sebuah makalah? Berikut ini adalah langkah-langkah penyusunan makalah agar lebih mudah dikerjakan:

Tahap Persiapan

Dalam tahap persiapan yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan referensi atau literature dari buku-buku atau karya ilmiah lainnya. Selain itu kamu juga perlu mengembangkan masalah, tujuannya agar bisa dibahas dengan detail di dalam makalah kamu. Bacalah buku-buku literature untuk mengembangkan pola pikir dan penyelesaian masalah.

Tahap Penulisan

Di tahap ini, kamu mulai menyusun makalah berdasarkan literature dan referensi kamu. Susunlah makalah dengan sistematis. Jika bingung, kamu bisa membuat skema atau bagan agar penyusunan makalah menjadi lebih mudah dan terstruktur.

Tahap Pemeriksaan

Tahap terakhir ini merupakan tahap koreksi makalah kamu. Tahap ini jangan sampai terlewat karena jika makalahmu tidak diperiksa, bisa-bisa banyak tulisan yang salah atau pembahasannya masih kurang benar. 

Susunan Makalah

unsplash.com

Berikut ini adalah susunan makalah yang benar dan tepat untuk diikuti: 

Halaman Cover

Halaman ini berisi sampul dari makalah yang kita buat. Pada halaman sampul harus memuat informasi lengkap seperti nama penulis, judul makalah, logo sekolah atau kampus dan yang paling penting adalah tahun terbit. 

Ada kalanya para penulis makalah sering lupa untuk menulis tahun terbit. Hal ini sangat penting diperhatikan, karena kemungkinan jika makalah yang kamu buat sangat ilmiah bisa digunakan menjadi salah satu sumber penelitian bagi seseorang. Sehingga peneliti akan memasukkan makalah yang kamu buat ke daftar pustaka. 

Untuk menghindari plagiarism, tahun makalah penting untuk ditulis dan jika ada tempat kepenulisan makalah juga bisa ditulis. Kebanyakan plagiarism terjadi karena makalah yang kita buat tidak mencantumkan tahun pembuatan. 

Kata Pengantar

Makalah yang baik dan benar harus mengandung kata pengantar. Fungsi dari kata pengantar ini adalah untuk memberikan pandangan umum pada pembaca mengenai apa isi makalah yang kamu buat. Di kata pengantar ini tuliskan inti dari isi makalah yang sudah kamu buat. 

Sebagai contoh misalnya kamu membuat makalah mengenai jenis-jenis obat tradisional, maka dalam kata pengantar kamu berilah kalimat yang menjelaskan ada banyak jenis obat tradisional yang bisa digunakan.

Daftar Isi

Daftar isi adalah halaman yang memberi informasi halaman dari isi sebuah makalah. Tujuan dibuatnya daftar isi adalah untuk mempermudah pembaca untuk menemukan informasi tertentu. Berilah halaman di makalah kamu, agar ketika revisi pun kamu bisa menemukan kesalahan dengan cepat dan tepat. 

Pendahuluan

Dalam susunan makalah terdapat pendahuluan yang biasanya dibagi menjadi beberapa sub bab yaitu:

  1. Latar belakang: Berisi informasi yang berasal dari pertanyaan yang mengarah pada landasan mengapa kamu membuat makalah ini. Pada latar belakang, kamu wajib menulis alasan atau urgensi penting yang melandasi kamu membuat makalah. Selain itu tulis juga bagaimana cara-cara menyelesaikan masalah. Berilah data dan fakta di latar belakang untuk memperkuat makalah ilmiah.
  2. Rumusan Masalah: berisi mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan kamu jelaskan di bagian pembahasan. Cukup dua atau tiga pertanyaan saja.
  3. Tujuan: Kamu bisa menulis apa tujuan dibuatnya makalah. Tuliskan secara singkat dan menggambarkan secara jelas tujuan dan manfaat dari makalah kamu. 
  4. Isi/ Pembahasan: bagian paling penting dalam sebuah susunan makalah adalah Pembahasan. Disini kamu harus menulis secara lengkap mengenai permasalahan dalam makalah kamu. Uraikanlah sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah dan tujuan yang sudah kamu buat. Masukkan literature atau buku referensi yang kamu pakai. Tulislah landasan teori, uraian materi dan penyelesaian masalah
  5. Penutup: Di bagian ini kamu akan menulis Kesimpulan dan Saran. Tulislah kesimpulan yang kamu dapatkan setelah memecahkan masalah, uraikan dengan jelas hasil dari makalah kamu. 
  6. Daftar pustaka: Yang tak kalah penting dari sebuah makalah yaitu daftar pustaka. Jika tidak mau dianggap penjiplakan, masukkan seluruh referensi dan literature yang kamu gunakan. Tulislah referensi yang valid, seperti dari buku, jurnal atau informasi valid dari internet. 

Itulah format susunan makalah yang baik dan benar. Jika kamu mau membuat makalah, pastikan susunannya rapi dan jelas seperti yang sudah di ulas diatas. Pastikan makalahmu benar sesuai dengan standar susunan makalah agar bisa disebut sebagai makalah ilmiah. 

Cara Membuat Makalah yang Benar

pixabay.com

1.Tentukan Tema Pembahasan

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum membuat makalah adalah menentukan tema atau topic. Jika kamu sudah mendapat tugas dari guru atau dosen, maka akan sangat mudah melangkah ke step selanjutnya. Pilihlah tema makalah yang sudah kamu kuasai, sehingga selama proses pengerjaannya menjadi menyenangkan dan mudah. 

2. Tentukan Judul

Hal yang paling sulit adalah menentukan judul. Namun jika kamu sudah memiliki tema yang tepat, maka memilih judul pun tidak sulit. Pastikan judul yang kamu pakai mewakili dari tema pembahasan yang sudah kamu pilih. Buatlah judul yang singkat, padat dan jelas. Buatlah judul yang menarik, sehingga para pembaca menjadi tertarik membaca makalahmu. 

3. Kumpulkan referensi

Setelah kamu memiliki tema dan judul, selanjutnya kamu wajib mengumpulkan referensi yang bisa mendukung dalam proses penyusunan makalah. Referensi yang kamu pilih haruslah yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan. Misalnya kamu bisa cari referensi dari buku, jurnal ilmiah atau artikel. 

Catatan untuk kamu yang mau mencari referensi dari internet, carilah informasi yang valid. Karena kamu sedang membuat makalah ilmiah, sehingga semua sumber referensi haruslah bisa dipertanggung jawabkan. Di internet banyak informasi palsu, sehingga kamu harus pintar menyeleksi informasinya.

4. Tulis Makalah

Tulislah makalah kamu menurut dengan susunan makalah yang tepat, sehingga akan mempermudah selama proses penyusunan makalah. Kamu bisa baca tulisan mengenai susunan makalah diatas, agar kamu bisa membuat makalahmu dengan mudah.

Jangan lupa untuk perkuat makalah dengan fakta dan data yang kamu miliki. Bahas makalah secara objektif dan berikan semua solusinya. Dijamin makalah mu akan menjadi makalah ilmiah yang enak dibaca.

5. Sunting Makalah

Cari kata-kata yang salah tulis atau kalimat yang kurang tepat. Hal ini wajib kamu lakukan.

Itulah ulasan mengenai pembuatan makalah yang baik dan benar, semoga bermanfaat untuk para pelajar atau mahasiswa. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta