Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Bandung Yang Perlu Kamu Tahu

Posted on Posted in Info Kost, Info Penting, Informasi, Mahasiswa, Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Bandung – Setelah selesai menempuh jenjang SMA, kini saatnya kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak cara yang akan ditempuh untuk bisa masuk ke pergurua tinggi yang diimpikan. Termasuk menempuh ujian SNMPTN, SBMPTN dan mungkin juga daftar regular yang lainnya. Dan, kini akhirnya setelah pengumuman keluar, bagaimana? Senang ya bisa diterima di kampus impian?

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Bandung Yang Perlu Kamu Tahu

Farmhouse Lembang - Tempat Wisata di Bandung yang Buka Saat Lebaran

Sudah kebayang menjadi seorang mahasiswa, ngekost, punya teman baru dan gimana tinggal di bandung yah? Jangan buru-buru dulu, karena nyatanya kamu harus mulai mempersiapkan segala sesuatu yang akan kamu perlukan nantinya. Terutama mengenai biaya hidup anak kost mahasiswa di bandung. Ya, jangan hanya bingung mikir ospek saja, namun kamu perlu membuat perkiraan biaya hidup selama berada di bandung nanti. Apalagi kalau kamu akan tinggal jauh dari orang tua.

Bandung yang sering dikenal sebagai kota sunda merupakan kota metropolitan terbesar di jawa barat. Selain sudah sangat maju, Bandung juga memiliki tempat-tempat hiburan yang menarik. Juga terdapat beberapa perguruan tinggi dengan mutu dan kualitas pembelajaran yang bagus. Dan pastinya kamu akan senang tinggal di bandung karena kota satu ini memiliki banyak pesona alam dan juga tempat hiburan yang seru dan asik. Mungkin ini juga yang menjadi alasan kamu memilih Bandung sebagai tempat perantauan untuk menimba ilmu?

Kamu nggak sendiri kok, banyak juga orang yang menjadikan ini sebagai alasan. Lalu, pasti kamu bertanya-tanya tentang bagaimana gaya hidup di bandung, bagaimana biaya hidup di bandung?  Kali ini, kita akan membahas seputar biaya hidup anak kost mahasiswa bandung yang perlu kamu tahu.

  • Biaya Tempat Tinggal

Sarana tempat tinggal menjadi bagian penting yang harus diperhitungkan dengan matang. Dari segi kenyamanan, lingkungan dan juga harganya. Untuk kamu yang baru akan memulai hidup jauh dari rumah dan keluarga, mungkin kamu belum terbiasa jika harus apa-apa sendiri jadi sebaiknya kamu mencari lingkungan yang benar-benar membuatmu nyaman.

Untuk masalah sarana dan prasarana tempat tinggal, kamu tidak perlu khawatir karena di bandung banyak sekali sewa kost hingga sewa apartemen yang harganya masih dapat dijangkau oleh mahasiswa maupun pelajar. Tipe dan jenisnya juga beragam, ada yang lengkap dengan fasilitas menengah ke atas seperti kost ac mahasiswa bandung hingga kost eksklusif  bandung.

Harga kost mahasiswa di bandung rata-rata berkisar mulai dari harga 600ribu per bulan untuk kamar dengan fasilitas standar. Kost bandung juga bisa disewa mingguan atau harian. Jadi, bagi kamu yang masih belum yakin, bisa coba untuk kost mingguan dulu. Namun, harganya juga mungkin akan lebih mahal jika dibandingkan sewa kost bulanan.

Kalau sewa kost, tempatnya sempit dan terbatas, ada tidak sarana tempat tinggal yang lebih luas dan lengkap fasilitasnya? Tentu ada! Kini sudah banyak hunian-hunian vertikal yang sengaja disediakan dan dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi berbagai kalangan. Berapa harganya? Apakah mahal? Tidak perlu khawatir, karena banyak sewa apartemen di bandung yang menawarkan unit nyaman dengan kisaran harga dibawah 4juta per bulan.

Ada beberapa pilihan tempat tinggal yang bisa kamu jadikan alternative selama menjadi mahasiswa di bandung. Pilihlah yang menurutmu paling nyaman dan harganya juga sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Untuk lebih mengerti seputar biaya hidup anak kost atau tabel pengeluaran anak kost setiap bulannya, cobalah untuk berunding dengan orang tua. Atau kamu juga bisa bertanya pada kakak angkatan yang juga merantau dari luar daerah seputar cara hidup anak kost yang baik. Ini akan lebih membantu kamu dalam mengatur pengeluaran selama satu bulan.

  • Harga Makan di Bandung

Berbicara mengenai biaya hidup anak kost mahasiswa bandung, harga rata-rata untuk makan sehari-hari di Bandung juga tidak kalah penting. Supaya biaya makan tidak membengkak terlalu besar, sangat penting rasanya mengetahui kisaran harga makannya. Hal ini juga akan membantu kamu dalam menyiapkan budget tertentu untuk makan. Baik kamu akan tinggal sementara atau menetap di Bandung. Sebenarnya di bandung hampir sama dengan ibukota, harga makanan dan biaya lainnya tidak jauh berbeda.

Untuk urusan makan, di Bandung tidak akan pernah kehabisan menu yang beragam karena kini Bandung juga telah menjadu pusat kuliner. Kamu bisa memilih menu makan berbeda-beda jika memang bosan dengan lauk yang itu-itu saja. Namun, tentu saja jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya pengeluaran.

Di dekat kampus rata-rata terdapat banyak sekali tempat makan yang murah dan memang disediakan untuk mahasiswa. Dengan uang 10ribu kamu bisa mendapatkan nasi+lauk+sayur. Bukankah sudah irit sekali? Dan kebanyakan warteg di bandung, disediakan air putih yang gratis.  Namun, bagi kamu mahasiswa di bandung yang ingin menghemat pengeluaran makan, bisa makan 2x sehari saja sebenarnya sudah cukup kok. Akan lebih irit lagi jika kamu bisa memasak sendiri saja di kost.

Jadi, jika bisa berhemat makan 2x sehari kira-kira kamu akan menghabiskan sekitar 600ribu untuk biaya makan dalam sebulan. Belum terhitung dengan biaya makan kalau kamu hangout bersama teman-teman.  Atau kamu bisa membuat estimasi sekitar 17ribu untuk biaya makan dalam sehari.

  • Tarif Transportasi di Bandung

Untuk kamu mahasiswa di bandung yang tidak ingin membawa kendaraan pribadi, kamu bisa memanfaatkan transportasi sekitar yang ada. Dan untungnya, Bandung memiliki beberapa jenis transportasi dengan jalur yang berbeda-beda. Kamu juga tidak perlu sewa driver karena di Bandung sudah tersedia ojek online di setiap daerahnya. Kebanyakan angkutan kota di Bandung memasang tarif mulai dari 3ribu hingga 5ribu. Atau jika ingin memakai alternative bus damri tarifnya dimulai dari 4ribu – 10ribu tergantung dengan rute yang kamu tuju. Ingin lebih praktis? Biayannya diperkirakan mulai dari 3ribu/kilometer.

Sebenarnya, biaya transportasi ini juga bisa lebih ditekan lagi. Jika sudah mulai terbiasa dengan jalanannya, kamu bisa mencoba untuk membawa kendaraan sendiri. Nanti, bisa kamu bandingkan mana yang lebih murah dan praktis. Usahakan juga untuk memilih sewa kost di bandung yang lokasinya mudah dijangkau dari kampus dan jaraknya tidak terlalu dekat.

  • Biaya lain-lain

Balai Konservasi Rusa Ranca Upas Ciwidey - Tempat Wisata di Bandung yang Buka Saat Lebaran

Biaya lain yang juga perlu kamu tahu dan pertimbangkan adalah biaya printilan untuk kebutuhan sehari-hari seperti sabun, minyak wangi, shampoo dan lain sebagainya. Jika kamu tidak terlalu ribet dan hanya memerlukan barang-barang yang memang penting saja, dengan uang 100ribu kamu sudah bisa memenuhi biaya lain-lain. Tapi, biasanya perempuan akan membutuhkan lebih banyak barang jadi perkirakan saja sekitar 150ribu untuk kebutuhan lain-lain.

Lalu untuk kebutuhan belanja baju, sepatu dan hangout bagaimana? Hmm, tentu saja ini termasuk dalam biaya hiburan. Tidak mungkin bukan kamu akan selalu di kost dan hanya berangkat kuliah yang akan kamu lakukan? Hiburan juga penting, namun sebaiknya kamu juga memilah milih dan tidak terlalu menghabiskan uang untuk hiburan dan jalan-jalan.  Buat saja biaya untuk main dan jalan sekitar 400ribu an, tergantung dengan gaya hidup yang kamu jalani.

Jadi, kalau dihitung-hitung untuk biaya hidup anak kost mahasiswa bandung diluar biaya kost adalah sekitar 1.5juta per bulan. Terlalu mahal? Jika kamu merasa ini terlalu saying dan kamu juga ingin meringankan beban orang tua, kamu bisa mulai membuat usaha atau mencari lowongan kerja part time di bandung. Kini sudah banyak peluang untuk lowongan kerja freelance bandung yang dikhususkan untuk mahasiswa yang masih kuliah.

Hal ini juga sekaligus bisa membantu kamu untuk belajar berwirausaha dan juga mencari pengalaman. Cobalah juga untuk memperluas lingkup pertemanan, supaya jika membutuhkan bantuan atau yang lainnya kamu tidak bingung. Selain itu, jika banyak teman mungkin kamu juga akan sering diundang untuk acara pesta. Lumayan kan dapat makan gratis?

Langsung saja gunakan aplikasi lowongan kerja untuk menemukan pekerjaan sambilan apa yang cocok untuk kamu selama kuliah di Bandung. Tapi ingat bahwa pekerjaan ini tidak seharusnya membebani kamu saat kuliah. Karena belajar itu sangat penting lho.

Demikian info seputar biaya hidup anak kost mahasiswa yang dapat kita bagikan, semoga bermanfaat dan kamu bisa lebih pandai lagi dalam mengatur keuangan selama menjadi mahasiswa di bandung.

Baca juga :  Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Jakarta Dalam Sebulan, Penting Banget!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Bandung Yang Perlu Kamu Tahu

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Bandung Yang Perlu Kamu Tahu