Ternyata Segini Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di UGM !

Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di UGM ! – Universitas Gajah Mada atau yang sering dikenal dengan nama UGM merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di jogja. Siapa sih yang tidak tahu UGM? Tentu saja setiap orang ingin sekali bisa lolos tes SBMPTN untuk masuk universitas unggulan satu ini. Bagi kamu yang sedang menunggu hasil tes, semoga kamu diterima yah di kampus yang kamu inginkan.[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Perguruan tinggi yang terletak di kota istimewa Yogyakarta ini mempunyai berbagai jurusan dengan mutu dan kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Sudah lama Yogyakarta dikenal sebagai kota wisata dan kota pendidikan, hal ini juga didukung oleh perkembangan pendidikan di Universitas Gajah Mada yang semakin terkenal ke berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

Akan menjadi hal yang sangat menyenangkan jika bisa kuliah di Jogja. Kenapa? Karena jogja memiliki sejuta pesona indah mulai dari alam, kuliner hingga peninggalan sejarahnya. Kamu juga tidak akan gaptek dan kurang piknik kalau kuliah di jogja. Selain itu salah satu kelebihan yang lainnya jika menjadi mahasiswa di jogja adalah biaya hidup yang relatatif murah apalagi jika dibandingkan dengan kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Jika ingin menjadi salah satu mahasiswa di UGM, tentu saja kamu harus tahu dasar-dasar seputar UGM. Seperti rincian biaya hidup mahasiswa, tarif transportasi, tempat tinggal hingga biaya untuk makan sehari-hari.

Universitas Gadjah Mada mempunyai total 8 fakultas yang dapat anda jadikan pilihan jika ingin kuliah. Jurusan-jurusan di UGM juga sangat maju dan memiliki prospek pekerjaan yang  baik untuk kedepannya.

Enak ya, kamu jadi bisa memilih jurusan yang kamu suka dan sesuai dengan passion kam supaya kuliah jadi lebih menyenangkan. Daftar sudah, tes sudah lalu setelah itu kamu perlu tahu kan berapa kisaran biaya hidup mahasiswa kuliah di ugm?

Biaya Hidup Mahasiswa UGM

Untuk membuat kamu lebih mudah dalam menentukan perkiraan pengeluaran setiap bulannya. Kamu bisa mulai mencari info seputar pengalaman kuliah di ugm dari kakak angkatan atau dari kenalan kamu. Langsung saja, agar lebih paham berikut adalah rincian biaya hidup mahasiswa kuliah di UGM yang perlu kamu pahami

  • Biaya Kuliah

Biaya kuliah di UGM merupakan salah satu factor penting yang harus kamu cari tahu. Tidak mau kan tiba-tiba kaget karena biayanya terlalu mahal atau tidak sesuai dengan budget. Untuk biaya kuliah sendiri di UGM memang tergolong sudah cukup mahal, hal ini juga diinmbangi dengan mutu pendidikan yang sangat maju dibandingkan perguruan tinggi yang lain.

Jadi, seimbang ya?! Biya kuliah di ugm saat ini menggunakan system UKT atau uang kuliah tunggal. Biasanya setiap jurusan memiliki nominal yang berbeda-beda. Selain itu, enaknya kuliah di ugm adalah besarnya biaya UKT bisa menyesuaikan dengan kesanggupan orang tua kamu lho.

Misalnya saja kamu merasa orang tua kamu gajinya tidak besar, UKT yang dibayarkan biasanya berkisar dari 500ribu – 5juta. Jika kamu memiliki orang tua yang gajinya lumayan besar biaya UKT yang harus kamu bayarkan berkisar sekitar 5.5jut – 7.5juta.

UKT ini juga berbeda-beda untuk setiap jenjang dan juga sarjana, jadi kamu juga harus bijak dalam memilih jurusan jika tidak ingin salah langkah. Langsung saja lihat info terbaru biaya kuliah ugm untuk melihat rincian lengkap seputar biaya kuliah mahasiswa di ugm. Dengan mengetahui kisaran biaya kuliah di ugm kamu juga lebih mudah dalam membuat estimasi biaya hidup anak kost mahasiswa di jogja khususnya di UGM.

Selain biaya kuliah, kamu sebagai mahasiswa juga tidak akan jauh-jauh dari yang namanya tugas-tugas. Berarti kamu juga butuh estimasi untuk keperluan seperti ini. Kira-kira dalam sebulan kamu akan memerlukan sekitar 200ribu an untuk tugas di universitas gadjah mada. Biaya ini bisa lebih mahal jika kamu sudah sampai kuliah di semester akhir karena harus mempersiapkan TA.

  • Biaya Tempat Tinggal

Kelebihan lain dari menjadi mahasiswa di jogja adalah, sewa tempat tinggalnya sangat berlimpah. Banyak disewakan penginapan, rumah kontrakan, kost mahasiswa hingga apartemen untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan pendatang dari luar. Hmm enak sekali tempat tinggal cuma perlu memilih yang sesuai dengan kantong.

Kebanyakan mahasiswa di UGM memilih kost mahasiswa sebagai opsi pertama jika berasal dari luar daerah. Sewa kost memang lebih praktis dan efektif. Harganya sudah sangat murah, biasanya juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti kasur, alamari, kamar mandi dan beberapa fasilitas bersama.

Kala kuliah di UGM kamu bisa mulai mencari kost dekat ugm agar lebih dekat dan menghemat biaya transportasi. Tipe untuk kost – kost an di dekat ugm juga beragam, mulai dari kost putri, kost putra dan kost pasutri yang disewakan dengan harga mulai dari 250ribu per bulan hingga kost mewah dan kost eksklusif yang disewakan dengan harga mulai dari 600ribu ke atas. Lumayan murah ya?! Kalau sudah punya teman dekat, kamu juga bisa memilih kost satu kamar berdua agar lebih irit.

  • Harga Makan Sekitar UGM

Ada banyak sekali tempat makan dan nongkrong yang enak di sekitaran jogja termasuk di sekitar daerah UGM. Mulai dari makanan yang sangat murah hingga makanan yang mahal ala luar negeri juga bisa kamu jumpai dengan mudah di sekitaran UGM. Menu makanannya juga beraneka ragam dan enak-enak. Pastinya akan lebih betah kalau kamu tinggal di sekitaran kampus UGM. Ya, mau makan enak, masak sendiri atau makan di kafe mahal tergantung dengan budget kamu sendiri.

Makanan di jogja sangat murah meriah, jadi tidak perlu khawatir. Dengan uang 2ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan nasi kucing dengan porsi yang lumayan. Makan menu ayam dan lalapan juga di bawah 8ribu. Murah dan pastinya makanan di daerah ini enak-enak. Bagi kamu yang sudah biasa makan di warteg, untuk membeli nasi cukup dengan 2ribu saja, sayur dan lauk sekitar sekitar 2-4ribi. Biasanya lauk di warteg juga sangat bervariasi mulai dari tempe, telur, tahu dan ayam.

Di sekitar area kampus UGM atau kost juga biasanya tersedia pedagang yang menyediakan menu sarapan. Hingga malam hari juga banyak angkringan murah di pinggir jalan. Pokoknya tidak perlu takut kamu akan kelaparan kalu kuliah di UGM ya!

  • Transportasi

Transportasi umum di jogja hanya ada transjogja yang paling umum dipakai oleh mahasiswa. Tapi sekarang ini banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil karena lebih praktis dan hemat. Jadi, tidak heran kalau di setiap pagi jam masuk kuliah dan jam pulang kuliah, jalanan di jogja selalu macet. Untungnya sekarang juga sudah ada ojek online, jadi lebih mudah kalau kamu memang tidak ingin membawa kendaraan pribadi.

Tarif pelajar untuk trans jogja biasanya sekitar 3500 untuk jarak jauh maupun dekat. Sedangkan kalau ingin bawa kendaraan pribadi seperti motor untuk berangkat ke kampus dalam 3hari kamu hanya perlu 10ribu saja untuk uang bensin. Tapi ini tergantung juga dengan lokasi kost yang kamu pilih. Jika ingin lebih berhemat kamu bisa mencari kost dekat ugm yang dapat ditempung dengan jalan kaki.

  • Kebutuhan Lainnya

Selain kebutuhan di atas kita juga butuh peralatan lainnya untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk peralatan mandi, uang untuk jalan-jalan dan nongkrong bersama teman-teman. Siapakan sekitar 50ribu-100ribu untuk member kebutuhan pokok. Lalu untuk nongkrong dan makan bersam orang terdekat siapkan uang 30ribu-50ribu untuk sekali nongkrong. Beruntungnya, meskipun banyak kafe hits di jogja tapi harga makanannya juga cukup murah lho.

Enak sekali yah kuliah di UGM? Semua akses dan kebutuhannya mudah didapatkan.  Biaya hidup mahasiswa kuliah di UGM juga sangat terjangkau. Akan lebih enak lagi kalau kamu bisa mendapatkan uang jajan tambahan dengan mencari lowongan kerja part time jogja atau lowongan kerja freelance jogja. Bisa sekalian bantu orang tua untuk membiayai hidup sendiri dan bayar uang kuliah.