Biaya Kuliah Universitas Nasional (Unas) Ajaran 2020/2021

 Mamikos | Sel, 03 Mar 2020

Biaya Kuliah Universitas Nasional (Unas) Ajaran 2020/2021 – Kuliah memang hanyalah sebuah pilihan, tapi kuliah merupakan pilihan yang most recomended terlebih lagi sekarang sudah zamannya globalisasi. Terlepas apakah kamu siswa SMA, MA, SMK atau sekolah kejuruan lainnya. Kuliah sejatinya adalah proses untuk meningkatkan modal kemampuan yang sudah kita dapat di sekolah menengah. Dulu mungkin gelar sarjana wah di mata masyarakat, tapi sekarang jumlah sarjana sudah sangat bejibun.

Sebagian besar dari mereka malah belum mendapatkan pekerjaan alias menganggur. Sekarang coba kamu bayangkan, jika yang sudah tamat kuliah saja menganggur, bagaimana yang tidak? Itulah alasan kenapa harus kuliah.

Daftar Biaya Bila Ingin Kuliah Universitas Nasional (Unas)

Banyak yang beranggapan bahwa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah keputusan yang paling baik, padahal sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tanah air yang kualitasnya sama dengan sejumlah Perguruan Tinggi Negeri favorit. Jika kamu memiliki cita-cita untuk dapat mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tentu saja ini bukanlah hal yang mudah. Kamu harus melalui beberapa tahapan, salah satunya adalah SMNPTN (Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri).

Ketika tidak berhasil lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tak sedikit calon mahasiswa baru merasa sangat terpukul. Tapi, harapan untuk berkuliah di tempat berkualitas pun tidak berhenti sampai di situ. Karena sekarang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga sudah tak kalah bergengsi. Kini sederetan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tak kalah unggul dibandingkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Buktinya, sudah banyak orang-orang hebat hasil cetakan berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Jadi, tak ada salahnya bukan untuk mencoba mengenyam pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS)?

Biaya Kuliah Universitas Nasional (Unas)

Dari banyaknya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, Universitas Nasional atau yang biasa disapa Unas juga ternyata cukup banyak peminatnya. Universitas Nasional (Unas) merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tertua di Jakarta dan menjadi perguruan tertinggi swasta tertua kedua di Indonesia. Kampus Universitas Nasional (Unas) pertama kali didirikan pada tahun 1949 atas prakarsa dari cendekiawan terkemuka kala itu yang terhimpun dalam Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK).

Untuk biaya kuliah Universitas Nasional (Unas) atau biaya universitas nasional jakarta atau biaya kuliah unas jakarta kelas reguler sendiri diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur reguler (mahasiswa bukan karyawan), sedangkan untuk biaya kuliah Universitas Nasional (Unas) kelas karyawan hanya diperuntukkan bagi mahaiswa Universitas Nasional (Unas) yang berstatus sebagai karyawan dan memilih kelas karyawan. Dan terakhir, untuk biaya kuliah Universitas Nasional (Unas) atau biaya universitas nasional jakarta atau biaya kuliah unas jakarta Pascasarjana dibedakan atas mahasiswa alumni Universitas Nasional (Unas) dan mahasiswa umum. Nantinya biaya kuliah alumni Universitas Nasional (Unas) akan lebih murah dibandingkan mahasiswa umum (bukan alumni). Berikut adalah biaya kuliah UNAS, dilansir dari website resmi: https://mpr.unas.ac.id/:

Biaya Kuliah Universitas Nasional Kelas Reguler

Biaya kuliah Universitas Nasional Kelas Karyawan

Untuk lebih mempermudah kamu mendaftarkan diri di Universitas Nasional (Unas), berikut Mamikos berikan informasi terkait kelengkapan berkas yang harus kamu penuhi dan syarat pendaftaran Universitas Nasional (Unas) untuk program kelas reguler (S1).

Kelengkapan Berkas Untuk Pendaftaran Program Kelas Reguler

  1. Pas foto ukuran 3×4 1 lembar
  2. Fotokopi Ijazah yang dilegalisir dengan cap basah 1 lembar
  3. Fotokopi SKHUN/ NEM/ UN yang dilegalisir dengan cap basah 1 lembar
  4. Fotocopy Kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 1 lembar
  5. Lulusan SMA Luar Negeri Ijazah harus disetarakan dan dilegalisir dengan cap basah oleh DIKTI
  6. Fotokopi Kartu Keluarga KK 1 lembar
  7. Fotokopi KTP calon mahasiswa dan orang tua 1 lembar
  8. Fotokopi NPWP 1 lembar calon mahasiswa/orang tua
  9. Fotokopi KITAS (Khusus Mahasiswa Asing) 1 lembar
  10. Bukti tidak terlibat Penyalahgunaan Narkoba
  11. Bukti Lulus Tes Potensi Akademik

Syarat Pendaftaran Kelas Reguler Program Sarjana (S1)

  1. Membayar biaya pendaftaran
  2. Mengisi Biodata Formulir Pendaftaran
  3. Menyerahkan Berkas Pendaftaran (sesuai tabel Kelengkapan Berkas pada nomor 1 -5)
  4. Mengikuti Tes Potensi Akademik (Tes Tertulis, Tes Wawancara dan Tes Urine)
  5. Persyaratan tambahan Untuk Pindahan atau lanjutan dari DIII
  6. Ijazah DIII yang dilegalisir dengan cap basah 1 lembar (khusus lanjutan dari DIII)
  7. Transkrip nilai dari PTN/ PTS asal yang dilegalisir dengan cap basah 1 lembar
  8. Print out bukti bahwa perguruan tinggi dan mahasiswa tercantum pada web forlap PDPT DIKTI
  9. Surat keterangan pindah atau surat keterangan pernah kuliah dari Universitas asal
  10. Catatan: Khusus Calon Mahasiswa Baru Yang Memiliki Nilai Rata-rata Raport Kelas 3 dan/atau Nilai Ujian Nasional Minimal 7,5 Bebas Tes Seleksi Masuk (Tes Tulis)

Syarat Pendaftaran Ulang Kelas Reguler Program Sarjana (S1)

  1. Lulus Tes Potensi Akademik (Tes Tertulis, Tes Wawancara dan Tes Urine)
  2. Membayar Biaya Kuliah
  3. Menyerahkan Berkas sesuai tabel Kelengkapan Berkas pada nomor 1-9
  4. Persyaratan tambahan Untuk Pindahan atau lanjutan dari DIII
  5. Ijazah DIII yang dilegalisir dengan cap basah 1 lembar (khusus lanjutan dari DIII)
  6. Transkrip nilai dari PTN/ PTS Asal yang dilegalisir dengan cap basah 1 lembar
  7. Print out bukti bahwa perguruan tinggi dan mahasiswa tercantum pada web forlap : PDPT DIKTI
  8. Surat keterangan pindah atau surat keterangan pernah kuliah dari Universitas asal

Demikian informasi yang dapat Mamikos berikan tentang biaya kuliah Universitas Nasional (Unas), semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kamu yang akan kuliah di Universitas Nasional (Unas). Jangan lupa untuk sekalian mencari referensi kost dekat Unas Jakarta Selatan Murah, kost Jakarta Selatan Murah serta sewa apartemen di Jakarta Selatan murah sebagai gambaran mencari informasi hunian sementara ketika kamu sudah resmi akan merantau dan mengenyam pendidikan di Universitas Nasional (Unas).

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: