Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN Dan SBMPTN 2022/2023

Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN – Mendengar kata SNMPTN dan SBMPTN rasanya mungkin sudah cukup familiar bukan? Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan dua jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh seluruh perguruan tinggi negeri di tanah air. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup siginifikan, jika SNMPTN dikenal sebagai jalur tanpa tes maka SBMPTN sendiri merupakan jalur yang mengharuskan pesertanya mengikuti tes terlebih dahulu. Lantas, bagaimana dengan besaran biaya kuliah lulusan SNMPTN dan SBMPTN tahun 2022/2023 ini? Apakah ada perbedaan? Untuk info lebih jelasnya, kamu bisa cek info di bawah ini

Deretan Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

i.insider.com

Seperti yang kita ketahui, biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) memang cenderung lebih murah ketimbang di kampus swasta. Di PTN sendiri, setelah kamu dinyatakan lolos, kamu hanya akan diminta untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT) atau biaya operasional pendidikan (BOP). Tergantung PTN yang kamu tuju, apakah UKT atau BOP yang mereka terapkan. Setiap PTN besaran tiap UKT atau BOP-nya tentu berbeda, tergantung kebijakan masing-masing kampus.

Perbedaan Mendasar UKT dan BOP

Umumnya, perbedaan mendasar antara UKT dan BOP adalah sistem penghitungan besaran biayanya. Untuk biaya kuliah lulusan SNMPTN dan SBMPTN sendiri sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok. Mengapa demikian? Karena biaya kuliah atau UKT untuk mereka yang lulus melalui SNMPTN maupun SBMPTN dikelompokkan dengan besaran biaya UKT yang sama. Jika kampus tersebut menerapkan total pengelompokkan UKT sebanyak 8 kelompok, maka biasanya besaran biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN ini akan masuk pada kelompok UKT 1 dan UKT 2.

Setelah membayar UKT atau BOP, kamu pun tidak perlu lagi membayar biaya pendidikan lainnya. Pasalnya, semua biaya termasuk biaya laboratorium, biaya praktikum, atau apapun itu, sudah termasuk ke dalam perhitungan UKT atau BOP kamu. Namun, hal ini hanya untuk beberapa perguruan tinggi negeri tertentu ya. Karena ada pula sejumlah PTN yang mengharuskan mahasiswanya untuk membayar biaya lain-lain di luar UKT atau BOP yang sudah dibayarkan sebelumnya.

Biaya Tambahan Lainnya

Namun, selain biaya-biaya yang harus kamu bayarkan ke kampus tersebut, kamu juga harus mempersiapkan biaya tambahan lainnya. Di antaranya adalah untuk biaya perlengkapan kuliah semacam buku, alat tulis, tas, atau buku-buku diktat yang pastinya akan wajib banget kamu baca.

Perbedaan mencolok yang membedakan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN ini hanya pada biaya pendaftarannya saja. Jika SNMPTN tidak memungut biaya sepeserpun dari calon pesertanya, maka para peserta SBMPTN sebaliknya. Ketika ingin mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN, seluruh calon peserta wajib membayar besaran biaya sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. Biaya pendaftaran ini bisa dikategorikan semacam cover charge untuk menutupi ongkos cetak soal, lembar jawaban dan operasional lainnya selama SBMPTN berlangsung.

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan seputar perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN tahun 2022/2023. Intinya, buat kamu yang sudah diterima melalui Jalur SNMPTN dan Jalur SBMPTN harus membayar biaya kuliah yang nominalnya sama. Kecuali kamu diterima melalui Jalur Seleksi Mandiri, tentunya penggolongan biaya kuliah kamu akan jauh berbeda dengan mereka yang diterima melalui Jalur SNMPTN dan Jalur SBMPTN. Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta