Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta 2019/2020

Posted on Posted in Biaya Kuliah Masuk Universitas

Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta 2019/2020 – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran adalah Pendidikan pelayaran yang berada dibawah naungan Badan Diklat Perhubungan Republik Indonesia. Berdiri sejak tahun 1953 Akademi Ilmu Pelayaran yang menyelenggarakan Program Diploma III (setara dengan BSc) dengan 2 jurusan antara lain: Nautika dan Teknika (sertifikat kompetensi Klas III), lama pendidikan 3-4 tahun.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, STIP telah menetapkan Visi , Misi dan Tujuan  sebagai berikut:

VISI :

Menjadi Institusi Perguruan Tinggi Ilmu Pelayaran Yang Berkelas Dunia Dan Terdepan Di Indonesia.

MISI :

  1. Meningkatkan, mengembangkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ilmu pelayaran untuk penguasaan kompetensi berbasis metodologi modern dan teknologi informasi yang bertaraf internasional.
  2. Mengembangkan, meningkatkan mutu penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat guna pengembangan industri pelayaran.
  3. Membentuk peserta didik berkarakter industri untuk mewujudkan sumber daya manusia di bidang pelayaran yang berintegritas, memiliki wawasan kebangsaan, cinta tanah air yang tanggap, tangguh, tanggon, dan trengginas.
  4. Mengembangkan, memelihara sarana, prasarana, dan fasilitas pendidikan ilmu pelayaran sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  5. Mengembangkan, meningkatkan tata kelola pendidikan dan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel.

KEBIJAKAN MUTU :

  1. Meningkatkan mutu pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional dengan memperhatikan kebutuhan pasar serta memenuhi statutory dan regulatory.
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian bidang pelayaran untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi industri pelayaran dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan pembinaan sikap kepemimpinan, mental dan moral yang baik serta kesamaptaan fisik yang prima serta peduli terhadap keselamatan, keamanan, efisiensi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta memenuhi tuntutan kebutuhan.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan serta fasilitas pembentukan sikap secara efektif, efisien sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta memenuhi tuntutan kebutuhan.
  5. Meningkatkan sistem manajemen mutu untuk menerapkan tata kelola organisasi yang transparan dan akuntabel serta melakukan pengembangan yang berkesinambungan.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan di bidang pelayaran yang memiliki kompetensi bertaraf internasional.
  2. Menghasilkan penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi perkembangan industri pelayaran.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkarakter industri, berintegritas, dan cinta tanah air.
  4. Memiliki sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan yang modern dan selalu mengikuti perkembangan industri pelayaran.
  5. Tercapainya sistem tata kelola administrasi pendidikan dan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel.

Image result for Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta 2019/2020

Salah satu pertimbangan dalam memilih tempat kuliah adalah Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Selain membuka penerimaan melalui jalur pola pembibitan, Kementerian Perhubungan juga akan menerima calon Taruna/Taruni baru melalui jalur reguler. Perbedaan mendasar antara jalur pola pembibitan dengan jalur reguler adalah Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Untuk pola pembibitan, selama mengikuti pendidikan, Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (biaya SPP atau Semester, biaya Masa Dasar Pembentukan Karakter) ditanggung oleh Pemerintah. Sedangkan untuk jalur reguler, seluruh Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran menjadi tanggungan taruna/taruni sendiri.

Agar teman-teman makin mantap dalam menentukan tempat melanjutkan pendidikan, berikut ini  disampaikan Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran salah satu sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan yaitu STIP Jakarta. Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Tahun 2018 Jalur Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pola Pembibitan Pemerintah Daerah (Pemda) adalah sebagai berikut :

Pola Pembiayaan

  1. Selama mengikuti pendidikan Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (biaya SPP atau Semester, biaya Masa Dasar Pembentukan Karakter) ditanggung oleh Pemerintah;
  2. Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran non akademik (biaya penunjang akademik, biaya permakanan, biaya kegiatan ketarunaan, wisuda, dll) menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku pada masing-masing sekolah kedinasan;
  3. Komponen dan perkiraan besaran Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran non akademik sesuai dengan perincian yang sebagai berikut :

Pendidikan Transportasi Laut

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP Jakarta)

  1. D-IV Nautika
    • Biaya Penunjang Akademik 8.225.000 -14.900.000/taruna
    • Biaya Permakanan 800.000 – 1.200.000/taruna
  2. D-IV Teknika
    • Biaya Penunjang Akademik 8.225.000 -15.000.000/taruna
    • Biaya Permakanan 800.000 – 1.200.000/taruna
  3. D-IV KALK
    • Biaya Penunjang Akademik 8.225.000-14.950.000/taruna
    • Biaya Permakanan 800.000 – 1.200.000/taruna

Keterangan :

  1. Biaya penunjang akademik dibayarkan satu kali di awal pendidikan
  2. Biaya penunjang akademik yang menggunakan batas bawah dan batas atas ditentukan berdasarkan kebutuhan pendidikan
  3. Biaya permakanan dibayarkan tiap bulan;
  4. Biaya dapat berubah sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku.

Pendaftaran taruna/taruni baru STIP Jakarta jalur reguler tahun 2019 akan dibuka mulai tanggal 20 Mei s.d. 20 Juli 2019. Untuk kalian yang tertarik bergabung dengan STIP Jakarta atau sekolah kedinasan Kementerian perhubungan yang lain, bisa segera mempersiapkan diri. Untuk tahun 2019, Kemenhub membuka pendaftaran melalui jalur reguler untuk sekolah kedinasan yang diantaranya adalah API Madiun, PKTJ Tegal, STIP Jakarta, PIP Semarang, PIP Makassar, POLTEKPEL Surabaya, STPI Curug, POLTEKBANG Surabaya, ATKP Makassar, ATKP Medan, dan BP3 Banyuwangi.

Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait SIPENCANTAR STIP Jakarta Jalur Reguler Tahun 2019/2020 :

Program Studi

  1. Pendaftaran dibuka Mei s.d. Juni 2019.
  2. Calon Taruna/Taruni hanya berhak memilih 1 (satu) Program Studi yang ditawarkan.
  3. calon Taruna/Taruni wajib memperhatikan dengan seksama formasi Program Studi yang tersedia sesuai dengan persyaratan ijazah kelulusan / jurusan dari SLTA/sederajatnya sebelum melakukan pendaftaran, sehingga tidak terjadi kesalahan pendaftaran.
  4. Kesalahan pendaftaran terhadap pilihan Program Studi tidak dapat dianulir.
  5. Calon Taruna/Taruni dapat memilih Program Studi yang ditawarkan tanpa dibatasi domisili asal.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan Khusus

  1. D-IV Nautika
    SMU/MA (IPA), PAKET C (IPA), SMK Pelayaran Kapal Niaga (Nautika Kapal Niaga).
  2. D-IV Teknika
    SMU/MA (IPA), PAKET C (IPA), SMK Pelayaran Kapal Niaga (Teknika Kapal Niaga), SMK Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).
  3. D-IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK)
    SMU/MA (IPA dan IPS), PAKET C (IPA dan IPS), SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.

Keterangan:

Program keahlian dan kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016).

Tahapan, Jenis, dan Biaya Seleksi

  1. Setiap tahapan seleksi menggunakan sistem gugur.
  2. Biaya seleksi setiap tahapan menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni.
  3. Tata cara pembayaran seleksi dikirimkan kepada Calon Taruna/Taruni melalui e-mail yang bersangkutan sesuai dengan tahapan seleksi.
  4. Besaran biaya seleksi ditetapkan oleh masing-masing sekolah kedinasan sesuai dengan Peraturan Perundangan.
  5. Tahapan dan biaya seleksi adalah sebagai berikut :
    A. Seleksi Tahap I Pendaftaran 100.000 – 150.000
    B. Seleksi Tahap II Seleksi Administrasi; –
    C. Seleksi Tahap III Tes Akademik; 100.000 – 300.000
    D. Seleksi Tahap IV Psikotes; 300.000 – 600.000
    E. Seleksi Tahap V Tes Kesehatan; 500.000 – 1.500.000
    F. Seleksi Tahap VI Kesamaptaan dan; 30.000 – 300.000
    Wawancara; 30.000 – 300.000
    G. Seleksi Tahap VII (khusus untuk Program Studi Non Diploma Penerbang)  Tes Kesehatan II 2.100.000 Tes Bakat Terbang 2.500.000

Tempat Pendaftaran

Tempat pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni Baru Jalur Reguler Tahun 2019/2020 dapat dilihat melalui laman resmi STIP Jakarta.

 

Baca juga :  Pendaftaran Universitas Bakrie 2019/2020

Baca juga :  Biaya Kuliah UNEJ (Universitas Jember) 2019/2020

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari STIP dan mengetahui pembaruan terkini.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran