23 Bisnis Menjanjikan dan Cocok untuk Dijalankan Mahasiswa

 Mamikos | Rab, 15 Agu 2018

Mencari lowongan kerja yang terbaru memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kemudian saat sudah mendapat pekerjaan yang mapan, banyak karyawan yang mencari kerja sampingan demi memperoleh pendapatan yang lebih atau sekedar menyalurkan hobi.

Beberapa peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa memiliki keuntungan yang menjanjikan dan prospek bisnis di masa depan yang baik.

Di tengah – tengah berkembangnya teknologi masa kini, memang sudah tersedia berbagai macam bisnis menjanjikan dan cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa. Apalagi dengan adanya teknologi canggih yang disebut dengan internet, dimana kamu bisa mengerjakan bisnis dengan modal yang kecil.

Coba saja buka  Usaha Sampingan dengan Modal Kecil. Dengan menjalankan bisnis saat masih kuliah, selain mendapat uang tambahan kamu juga bisa belajar berwirausaha sekaligus mengasah keahlian yang kamu miliki.

Berjualan Online

  1. Hijab Online

Semakin bertambahnya hijaber di Indonesia, banyak perusahaan – perusahaan hijab yang menciptakan inovasi baru dengan berbagai gaya.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis online yang menjanjikan. Untuk memulainya, kamu hanya membutuhkan smartphone, kemudian carilah reseller yang dapat dipercaya dengan kualitas hijab yang bagus.

Dengan adanya google ads yang tersedia pada fitur – fitur sosial media, bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan onlineshop hijab milikmu ke dunia. Bisnis ini lumayan banyak yang menjalankan, tapi belum banyak yang mengerti cara pemasaran yang baik.

Karena sudah sedikit banyak mengenal dunia digital harusnya ini menjadi awal yang baik untuk memulai bisnis online hijabmu sendiri.

  1. Sneakers Online

Anak muda zaman sekarang siapa sih yang nggak suka pakai sneakers? Mau kondangan pun banyak yang lebih memilih sneakers karena dianggap lebih nyaman dan praktis. Sebelum nantinya bisa buka offline store, kamu bisa mulai merintis bisnis online sneaker ini.

Bisnis online sneakers ini juga cukup menjanjikan karena ada banyak anak muda yang tertarik. Apalagi jika kamu pandai dalam memasarkan produk dengan berbagi gaya sneakers yang sedang ramai di pasaran.

  1. Aksesories Online

Aksesoris sejak lama memang sudah menjadi idaman bagi setiap wanita, tapi baru – baru ini aksesoris menjadi lebih dikenal dengan adanya internet dan sosial media. Sehingga dijadikan sarana untuk kembali memasarkan produk aksesoris melalui media internet.

Bisnis online aksesoris ini sudah mulai banyak ditemui di sosial media seperti instagram, jadi tidak ada salahnya juga jika kamu mencoba sembari bekerja atau menunggu pekerjaan.

Selain aksesoris bagi wanita, aksesoris untuk pria seperti dompet, jam tangan, topi dan ikat pinggang juga bisa dipasarkan. Biasanya mahasiswa juga tertarik membeli aksesoris dan sebagainya.

  1. Artwork

Jika kamu mengambil jurusan desain atau seni, peluang bisnis ini cocok untuk dijalankan selama masih kuliah. Artwork juga hampir sama dengan desain grafis, bedanya kamu hanya perlu membuat karya – karya dari foto kemudian dijual melalui sosial media. Tawarkan juga pada teman – teman kampus jasa untuk membuat artwork dari fotonya.

  1. Dropshiper

Berjualan online memang tidak terlalu susah, apalagi ada peluang berbisnis online untuk mahasiswa yang tidak memerlukan banyak modal yakni sebagai dropshiper. Sebagai mahasiswa dengan kegiatan yang lumayan banyak, kamu tidak perlu datang setiap hari ke toko atau mengirim sendiri barang jualan.

Kuncinya tinggal kamu memilih reseller yang dapat dipercaya, dan meluangkan waktu untuk memasarkan produk. Bisnis ini juga menjanjikan dan cocok untuk dijalankan mahasiswa karena tidak terlalu rumit dan memerlukan biaya banyak.

Freelancer

  1. Penulis Lepas

Bagi mahasiswa yang suka dengan urusan tulis menulis, bisa membuka bisnis sebagai seorang penulis. Lowongan kerja freelance untuk bagian menulis dapat dijumpai di beberapa situs internet.

Tidak hanya lewat online saja, kamu bisa juga membuka jasa penulis lepas bagi siapa saja seperti menulis skripsi, dokumen, atau tugas – tugas kuliah. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan bagian penulis untuk berbagai kebutuhan.

  1. Graphic Desain

Graphic designer juga cocok untuk mahasiswa yang belum bisa bekerja fullime.  Dengan keahlian yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan sekaligus menyalurkan bakat atau hobi yang kamu sukai.

Jika sudah semakin terasah, selain akan mendapat banyak keuntungan, saat akan bekerja nanti kamu sudah memiliki bekal yang bisa dijadikan pertimbangan bagi perusahaan. Setidaknya langkah awal untuk menjadi seorang desainer handal sudah kamu miliki.

Bisnis menjanjikan selanjutnya yang cocok untuk mahasiswa adalah desain logo. Sedikit berbeda dengan graphic designer biasa, desain logo sedikit lebih rumit. Jika ingin menjadi seorang designer logo yang handal, harus ada dasar – dasar atau alasan yang mendasari logo yang dibuat.

Sambil menunggu pesanan logo, kamu bisa tetap mengasah kemampuan supaya keahlian yang dimiliki lebih menjanjikan sehingga konsumen lebih memilih kamu karena sudah ada banyak karya yang dibuat. Bayaran untuk pembuatan logo juga lumayan banyak, apalagi jika melihat modal yang dibutuhkan hanya internet dan juga laptop.

  1. Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, penerjemah bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat. Sekarang ini masih banyak perusahaan yang membutuhkan seorang penerjemah freelance ketika bekerja sama dengan perusahaan asing untuk menyiapkan dokumen dalam dua bahasa.

Nah, supaya kemampuan yang kamu miliki tidak terbuang sia – sia dan selalu terasah, bisa mencoba bisnis yang satu ini.

Teknlogi dan Informasi

  1. Web Desain

Bukan hanya desiner logo atau desain untuk kebutuhan pemasaran, kini seorang web desainer juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya di dunia digital. Ini merupakan peluang bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa yang berhubungan dengan digital atau designer.

Jika sudah ada skill dalam mendesain sebuah web, tinggal kamu kembangkan dan rajin – rajin cari lowongan freelance di internet yang sedang membutuhkan seorang desainer web seperti lowongan kerja freelance mahasiswa jakarta, lowongan kerja freelance mahasiswa bandung atau daerah yang lainnya.

  1. Web Developer

Saat ini sudah banyak perusahaan, sekolah dan kampus – kampus yang memiliki websitenya sendiri. Ini bisa kamu jadikan sebuah peluang emas jika kamu kuliah jurusan program dan informatika. Untuk dapat menjalankan bisnis web development ini, kamu tidak perlu mengelarkan banyak modal.

Tapi kamu tetap harus pandai dalam mengatur jadwal antara kuliah dan pekerjaan. Menjadi seorang developer web memang tidak mudah, apalagi jik baru  ingin memulainya.

Sosial Media

  1. Copywriter

Untuk kamu yang memiliki keahlian dalam menulis dan membuat kata –kata menarik, bisnis sebagai seorang copywriter bisa dicoba. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan jasa copywriter dalam membuat tulisan untuk promo dan dalam memasarkan produk – produknya.

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan. Karena dengan berkembangnya sosial media, setiap perusahaan saling berlomba – lomba untuk membuat konsumen tertarik melalui media sosial dan apliaksi google.

  1. Admin Sosmed

Nah, untuk mahasiswa yang expert di bidang sosial media dan suka berkomunikasi dengan banyak orang bisnis admin sosmed ini cocok untuk dicoba. Kamu tidak perlu modal yang besar karena biasanya yang dibutuhkan hanya smartphone dan kuota.

Bisnis yang satu ini bisa dikerjakan dimana saja dan keuntungannya juga cukup menjanjikan. Melihat bahwa semakin banyak perusahaan serta brand – brand yang menggunakan sosial media sebagai sarana promosinya. Jika sudah ahli dalam hal ini, ada kemungkinan bahwa kamu bisa memegang beberapa akun sosmed.

  1. Content Creator

Kebutuhan untuk media promosi dan pemasaran kini sudah semakin beragam dan berkembang. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, kini perusahaan membutuhkan seorang pencipta konten yang menarik. Sambil kuliah kamu bisa mulai mencoba bisnis sebagai conten creator.

Dengan menuangkan ide yang kamu miliki kamu bisa meraup keuntungan yang cukup menjanjikan. Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang masih berjiwa muda terutama jika kamu sering update seputar tren terbaru di dunia digital.

Fotografi dan Video

  1. Jasa Foto dan Video

Bagi kamu mahasiswa yang hobi dengan fotografi atau video, melalui hobi yang kamu miliki ini sebenarnya kamu bisa juga meraup berbagai keuntungan. Selain keahlian kamu akan diakui kamu juga bisa mendapatkan uang lewat jasa foto dan video.

Biasanya kebutuhan foto dan video paling banyak dicari saat acara – acara besar seperti pernikahan, ulang tahun atau pesta yang lainnya. Nah, jika tidak banyak panggilan untuk foto di tempat kost atau di rumah kamu bisa membuka jasa foto studio. Lumayan kan kalau punya alatnya, tinggal menekuni hobi saja dapat uang.

  1. Editing Video

Bisnis menjanjikan selanjutnya yang cocok untuk mahasiswa adalah editing video. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah memasang iklan bahwa kamu menyediakan jasa editing video untuk berbagai macam kebutuhan. Editing video bisa menjadi peluang yang baik jika kamu dapat memasarkannya dan mengaturnya dengan tepat.

Mulailah dari mengerjakan editing – editing kecil yang mungkin nanti bayarannya belum terlalu besar. Tapi dari sinilah kamu bermula untuk dapat menjadi pengusaha yang besar.

  1. Animasi Gerak

Jika saat ini kamu kuliah dalam jurusan animasi sekaligus untuk mengasah kemampuan yang dimiliki, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis. Bisnis animasi gerak ini semakin berkembang karena sekarang pemasaran lewat media visual lebih banyak peminatnya. Jadi, perusahaan yang ada juga mulai memanfaatkan usaha ini untuk kebutuhannya.

Rata – rata bayaran dalam pembuatan animasi ini bisa lebih dari 500ribu karena prosesnya juga panjang dan tidak mudah. Sebenarnya kalau mau menekuni bidang ini dan sudah memiliki keahlian yang hebat, perusahaan akan membayar kamu hingga jutaan dan puluhan juta rupiah. Wah, enak yah kalau masih jadi mahasiswa tapi sudah berpenghasilaan puluhan juta rupiah setiap bulan?

  1. Animasi Foto

Selain animasi gerak sekarang ini animasi foto juga merupakan sebuah bisnis menjanjikan dan cocok untuk kalangan mahasiswa. Modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, hanya saja mungkin bisnis ini sedikit menguras waktu jadi kamu harus pintar – pintar dalam mengatur jadwal kuliah dan bekerja.

Anak muda biasanya paling berminat untuk memesan animasi foto sebagai hadiah atau untuk hiasan dinding. Harga animasi foto juga beragam tergantung dengan tingkat kesulitan gambar dari klien, tapi biasanya harganya cukup mahal kok.

Penyedia Jasa

  1. Jasa Pengiriman

Kalau sudah ada motor tapi bingung kamu mau menjalankan bisnis apa, cobalah membuka jasa pengiriman. Saat sedang kuliah, kamu bisa membuka pelayanan ini di sekitar kampus. Nah kalau sudah pulang bisa mulai bekerja di sekitar komplek kost atau perumahan yang dekat.

Bisnis pengiriman ini lumayan menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar. Kamu juga tahu kan kalau sekarang ini banyak orang yang menginginkan hal – hal  yang praktis dan mudah.

  1. Ojek

Bisnis selanjutnya juga memerlukan motor sebagai modal utama yakni menjadi tukang ojek. Setiap pulang kuliah kamu bisa mencari pelanggan di sekitar kampus, biasanya selain transportasi umum seperti angkutan kota dan bis ojek juga banyak dicari.

Kalau kamu kuliah di kota – kota besar seperti Jakarta, Surabaya, bandung, jogja dan sebagainya bisa coba juga untuk daftar sebagai ojek online.

  1. Tour and Travel

Bisnis tour and travel kini juga semakin berkembang, terbukti dengan banyaknya wisatawan yang memanfaatkan jasa ini untuk pergi liburan daripada harus repot urus ini dan itu sendiri. Tidak perlu jauh – jauh, buka saja jasa tour and travel untuk daerah sekitar di tempat yang saat ini kamu tinggali.

Hal ini juga akan memudahkan kamu dalam berbisnis apalagi jika kamu sudah tahu daerah – daerahnya. Pertama untuk menarik perhatian wisatawan, kamu bisa memasang tarif yang bersahabat atau mengadakan promo – promo wisata.

  1. Perawat Peliharaan

Bagi mahasiswa yang hobi merawat hewan peliharaan sebenarnya memiliki peluang bisnis yang bisa dijalankan. Di tengah kesibukan masyarakat masa kini banyak yang memiliki hewan peliharaan tapi tidak punya banyak waktu untuk mengurusnya.

Ini bisa dijadikan kesempatan untuk membuka bisnis  menjanjikan.  Namun, bisnis perawat peliharaan ini tidak mudah jika dijalankan sendiri. Caranya kamu bisa mengajak teman satu kampus untuk menjalankan bisnis bersama atau jika sudah punya cukup modal bisa membuka lowongan untuk karyawan.

  1. Jasa Membuat Makanan

Saat jam makan siang terkadang ada mahasiswa yang malas antri di kantin untuk membeli makanan. Hmmm bisa jadi peluang bisnis nih untuk membuat makanan dan menjualnya di sekitar area kampus. Di kampus mahasiswanya cukup banyak jadi kemungkinan besar makanan yang kamu jual akan laku keras.

Jika tidak sempat untuk membuat makanan, kamu bisa membeli di warung lain dan menjualnya dengan mengambil keuntungan tapi jangan terlalu besar ya ambil keuntungannya.

Sebagai mahasiswa tugas utamanya memanglah belajar, tapi jika ada peluang untuk berbisnis mengapa disia – siakan? Harus diingat juga bahwa menjalankan bisnis saat masih kuliah juga bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Selain harus giat dalam berusaha kamu juga harus pandai – pandai dalam mengatur jadwal dan selalu ingat bahwa prioritas utama adalah menjadi mahasisw bukan pembisnis dulu.

Artikel Menarik lainnya :