Cara Berhenti Berlangganan Indihome, Cek Syarat dan Prosedurnya

Posted in: Informasi

Cara Berhenti Berlangganan Indihome, Cek Syarat dan Prosedurnya — Tidak sedikit orang yang merasa betapa borosnya jika hanya mengandalkan paket data internet atau kuota internet. Padahal di masa-masa seperti ini, berkomunikasi via digital, presentasi via digital, dan sederet kegiatan serba digital lainnya lazim dilakukan.

Makanya, penawaran paket berlangganan WiFi pun banyak berseliweran di mana-mana. Mulai dari yang memberikan benefit sekadar puas berinternet saja, sampai ada yang paket dengan mengakses bebas saluran TV kabel yang jadi lebih memudahkan mendapatkan konten hiburan dari seluruh dunia.

Salah satu yang menawarkan paket berlangganan jaringan WiFi adalah Indihome. Namun apabila saat ini kamu berkeinginan untuk berhenti paket langganannya, Mamikos punya info cara berhenti berlangganan Indihome di sini.

Tata Cara Berhenti Langganan Indihome, Syarat dan Prosedur

mediaindonesia.com

Ada sejumlah alasan yang dapat membuat seseorang yang semula berlangganan wifi kemudian ingin berhenti. Informasi yang coba Mamikos berikan kali ini adalah bagaimana cara menghentikan paket berlangganan Indihome, berikut syarat dan prosedurnya. Simak cara berhenti langganan paket Indihome tersebut di sini.

Pilihan Metode Berhenti Paket Langganan Indihome

Tidak perlu minder jika sampai hari ini kamu masih belum tahu bagaimana cara menghentikan paket berlangganan Indihome. Meskipun mungkin kamu sudah menjadi pelanggan paket internet Indihome sejak lama. Untuk menjawab pertanyaan dan kegelisahan kamu mengenai cara berhenti langganan Indihome tersebut, Mamikos akan merangkum semua infonya di sini.

Jika diurutkan, maka ada empat langkah yang dapat kamu tempuh apabila hendak berhenti langganan Indihome. Langkah-langkah berhenti langganan Indihome tersebut diantaranya adalah:

  1. Membuat pengajuan berhenti langganan Indihome dengan langsung mendatangi kantor plasa Telkom terdekat.
  2. Mengontak atau melakukan panggilan ke Indihome call center di nomor 147.
  3. Mengirim permintaan pemberhentian langganan Indihome via akun Facebook Telkom di @telkomcare.
  4. Mengirim permohonan pemberhentian langganan Indihome via akun Twitter resmi Telkom di @TelkomCare.

Syarat, Ketentuan, dan Prosedur Berhenti Langganan IndiHome

Sebelum Mamikos masuk lebih dalam pada penjelasan rinci mengenai langkah-langkah pemberhentian langganannya, maka kamu perlu mengetahui dahulu, apa saja persyaratan yang diperlukan apabila hendak berhenti berlangganan Indihome tersebut. Di bawah ini adalah syarat, ketentuan, dan prosedur pemberhentian langganan Indihome nya:

  1. Fotocopy KTP elektronik atas nama pemilik layanan Indihome yang hendak dihentikan. Syarat ini hanya untuk pengurusan berkas secara offline atau kamu datang sendiri ke kantor Plasa Telkom terdekat.
  2. Scan atau foto KTP atas nama pemilik layanan Indihome. Cara ini untuk proses pengurusan berkas pemberhentian layanan via daring.
  3. Melakukan pelunasan tagihan langganan bulan terakhir. Apabila tagihan sudah dibayar, kamu dapat membawa struk pembayaran tagihan bulan terakhir tersebut jika datang ke Plasa Telkom.
  4. Melakukan pelunasan tagihan bulan yang sedang berjalan.
  5. Melakukan pengembalian perangkat yang disewakan.
  6. Menyiapkan materai 6.000 serta stempel resmi jika yang hendak menghentikan layanan Indihome adalah sebuah perusahaan atau instansi tertentu.

Perhatikan Hal-hal Berikut saat Hendak Menghentikan Layanan Indihome

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu hendak menghentikan paket layanan Indihome di rumah. Beberapa hal tersebut sudah Mamikos rangkum juga di sini. Jadi, yang pertama sebelum kamu menghentikan layanan Indihome, perlu diingat kamu wajib untuk melunasi pembayaran tagihan di bulan terakhir penggunaan.

Misalnya begini. Kamu ingin menghentikan paket langganan pada tanggal 19 November. Maka kamu harus melunasi tagihan untuk bulan Oktober. Biasanya faktur tagihan akan keluar tiap tanggal 6 pada awal bulan.

Hal kedua yang perlu diperhatikan juga kamu perlu melunasi tagihan pada bulan yang sedang berjalan. Jadi bukan tagihan bulan terakhir saja yang perlu dilunasi. Misalnya begini. Kamu hendak berhenti memakai layanan Indihome pada tanggal 19 November. Maka ada 19 hari tagihan yang perlu kamu lunasi di bulan November tersebut. Biasanya pihak Indihome akan memberikan faktur pada kamu mengenai nominal tagihan yang perlu dilunasi.

Hal ketiga yang jangan sampai terlupa juga apabila paket langganan Indihome ini kamu gunakan sendiri, bukan untuk kantor atau sebuah instansi, maka kamu tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan stempel atau materai. Sampai sini sudah mulai paham bagaimana persiapan sebelum menghentikan layanan Indihome? Jika sudah, mari beranjak pada pembahasan selanjutnya.

Cara Menghentikan Layanan Indihome Secara Luring dan Daring

Saatnya kita masuk pada pembahasan utama yakni cara menghentikan layanan Indihome via offline dan online. Dari kedua metode tersebut kamu bisa sesuaikan mana yang paling mampu kamu lakukan dan tidak mengganggu aktivitas utama. Mamikos akan bahas satu per satu dari kedua metode di atas untuk menghentikan paket berlangganan Indihome berikut ini.

Di bawah ini beberapa metode cara berhenti layanan Indihome bisa kamu pilih.

A. Mendatangi Plasa Telkom Terdekat

unsplash.com/John Schnobrich

Cara satu ini bisa dipilih apabila memungkinkan untuk kamu datang ke Plasa Telkom terdekat. Cara berhenti langganan Indihome satu ini amat disarankan agar semua informasi bisa dengan lebih baik dan jelas dipahami. Apabila kamu hendak berhenti langganan Indihome dengan mendatangi Plasa Telkom maka ikuti caranya di sini:

Langkah pertama: Kamu perlu menyiapkan semua syarat apabila hendak mengajukan pemberhentian layanan Indihome di rumah.

Langkah kedua: Datangi Plasa Telkom terdekat pada jam kerja. Hal ini agar kamu dapat meringkas waktu dan tidak keliru datang ke sana. Jam operasional Plasa Telkom di tiap daerah mungkin saja tidak sama. Oleh sebab itu kamu perlu memastikan lebih lanjut dengan mengecek peta daring atau lokasi Plasa Telkom tersebut.

Langkah ketiga: Setelah datang ke Plasa Telkom kamu bisa langsung mengambil antrian untuk menuju layanan pelanggan (customer service).

Langkah keempat: Saat bertemu CS, segera ajukan permohonan untuk memberhentikan langganan Indihome di urmah kamu

Di tahapan ini, terdapat beberapa poin yang perlu kamu lakukan. Misalnya saja menuliskan nomor tagihan Indihome kamu sebelumnya, kemudian mengisi formulir untuk pengajuan pemberhentian, dan melampirkan fotokopi KTP pemilik layanan Indihome tersebut.

Langkah kelima: Kamu perlu melakukan pelunasan tagihan di bulan berjalan dan mengembalikan perangkat Indihome yang disewa.

Langkah keenam: Proses menghentikan langganan Indihome pun selesai.

B. Melakukan Kontak ke Indihome Call Center di 147

travelxtrans.com

Metode kedua yang bisa kamu pilih apabila hendak berhenti langganan Indihome adalah dengan cara melakukan telepon langsung ke Indihome Call Center. Cara menghentikan langganan Indihome via nomor call center 147 rupanya menjadi salah satu cara yang sering dilakukan.

Sebab cara satu ini dikenal jauh lebih mudah dan praktis. Melakukan panggilan ke call center Indihome pun cukup gampang. Kamu hanya perlu menekan kode area, misal 021 untuk area Jakarta kemudian dilanjutkan dengan nomor 147.

Perhatikan ini. Apabila kamu menelepon nomor call center Indihome, maka kamu akan menanggung biaya panggilan 1k per menitnya. Makanya, perlu pastikan juga kalau pulsa di ponsel kamu mencukupi sebelum melakukan panggilan.

Untuk cara lengkap menghentikan layanan Indihome vie call center bisa kamu ikuti sebagai berikut:

Langkah pertama: Sebelum menelepon Call Center, kamu perlu semua syarat pemberhentian layanan IndiHome.

Langkah kedua: Telepon IndiHome call center 147.

Langkah ketiga: Tunggu sampai panggilan kamu tersambung. Setelah ada CS yang menerima, kamu bisa langsung menyampaikan maksud kamu dengan jelas, singkat, dan padat saja pada CS TelkomCare tersebut.

Langkah keempat: Usai melakukan panggilan telepon call center ke 147, kamu bisa segera melunasi tagihan terakhir serta tagihan bulan berjalan IndiHome kamu. Apabila diminta untuk melengkapi data, kamu mungkin juga perlu mengirimkan beberapa dokumen yang diminta.

Langkah kelima: Jika semua syarat dan ketentuan sudah kamu penuhi, maka layanan Indihome di rumah akan segera dinonaktifkan. Setelah itu biasanya akan datang tim dari Indihome untuk mengambil perangkat yang masih terpasang di sana.

Langkah keenam: Jika perangkat Indihome sudah dicabut, maka kamu resmi berhenti berlangganan paket Indihome.

C. Melakukan Pemberhentian Layanan Indihome via FB

unsplash.com/Gabriel Gonzalez

Apakah menghentikan paket layanan Indihome dapat dilakukan via sosial media? Tentu saja biasa. Apalagi di era serba sosmed seperti sekarang. Salah satu sosmed yang dapat kamu manfaatkan untuk menghentikan paket layanan Indihome adalah via Facebook. Di bawah ini adalah tata cara berhenti dari layanan Indihome via FB.

Langkah pertama: Kamu bisa melakukan login dulu ke akun Facebook.

Langkah kedua: Jika sudah masuk ke beranda, kamu dapat mencari halaman penggemar (fanspage) Indihome di @telkomcare.

Langkah ketiga: Jika kamu sudah menemukannya, kamu dapat mengklik tombol Kirim Pesan.

Langkah keempat: Kirimkan pengajuan menghentikan layanan Indihome dan tunggu beberapa saat sampai pesan kamu direspon oleh petugas Telkom.

Di tahapan ini, biasanya CS TelkomCare akan meminta kamu melampirkan beberapa berkas penting sebagai validasi data. Untuk lebih memudahkan kamu bisa menyiapkan nomor HP, alamat email, foto pindai KTP, foto pindai KK, dan nomor Indihome kamu.

Langkah kelima: Usai mengajukan permohonan pemberhentian layanan Indihome via Inbox FB, kamu bisa segera melakukan pelunasan tagihan Indihome bulan sebelumnya dan yang saat ini berjalan.

Langkah keenam: Jika semua prosedur telah kamu penuhi, maka layanan Indihome di rumah kamu akan segera dihentikan. Jangan lupa untuk mengembalikan perangkat yang disewakan ke kantor Plasa Telkom.

Langkah ketujuh: Layanan Indihome kamu telah selesai dihentikan.

D. Menghentikan Layanan Indihome via Twitter

unsplash.com/Solen Feyissa

Selain menghentikan layanan Indihome via akun Facebook, sosial media lain yang dapat kamu pilih untuk menghentikan layanan Indihome adalah Twitter. Di bawah ini adalah tata cara berhenti langganan via Twitter yang dapat kamu ikuti:

Langkah pertama: Kamu dapat login dulu ke akun Twitter milikmu.

Langkah kedua: Ikuti (follow) akun Twitter resmi Telkom di @TelkomCare.

Langkah ketiga: Kamu dapat menuliskan tweet dengan memento akun @TelkomCare atau mengirimkan Direct Message yang menyatakan keinginan kamu menghentikan layanan Indihome. Biasanya, CS akan segera merespon tweet yang kamu kirimkan.

Langkah keempat: Tunggu sampai CS @TelkomCare merespon atau membalas pesanmu. Perlu diingat juga saat berkirim DM dengan CS @TelkomCare, kamu perlu memberikan alasan mengapa kamu ingin berhenti dari layanan Indihome tersebut.

Sama dengan proses menghentikan layanan via Facebook di atas, menghentikan layanan via Twitter pun kamu perlu menyiapkan nomor Indihome, nomor HP, alamat email, foto scan KTP, dan foto scan KK. File-file ini akan diminta saat CS bersiap memvalidasi data dari pengguna.

Langkah kelima: Sesudah CS @TelkomCare selesai memvalidasi identitas atau data pengguna Indihome kamu, semua proses pemberhentian layanan sudah selesai.

Langkah keenam: Kamu hanya perlu menunggu sampai CS mengkonfirmasi lebih lanjut mengenai pemberhentian layanan.

Langkah ketujuh: Ikuti prosedur seperti yang diinformasikan oleh CS. Instruksi tersebut dapat berupa info untuk segera melunasi tagihan bulan lalu dan berjalan serta pengembalian perangkat.

Langkah kedelapan: Jika semuanya telah dilakukan, maka kamu pun sudah berhenti dari layanan Indihome.

Info Tambahan:

Jika kamu mungkin bertanya, menghabiskan waktu berapa lama kira-kira untuk proses berhenti langganan Indihome ini? Jawabannya tergantung dari padat atau tidaknya server.

Tapi untuk penyelesaian pemberhentian biasanya hanya memakan waktu 1×24 jam saja. Apabila masih ada keluhan, seperti internet Indihome kamu masih menyala, maka kamu dapat melaporkannya pada CS agar segera ditindaklanjuti.

Mamikos harap kamu mendapatkan wawasan baru mengenai tata cara berhenti berlangganan Indihome seperti yang tertuang di atas. Tak perlu sungkan membagikan info dalam artikel ini pada sahabat atau pengikut kamu di sosial media. Supaya mereka merasakan manfaat dari informasi yang tertulis pada blog Mamikos ini.

Tinggalkan cara lama menelusuri hunian kos secara konvensional dengan melihat iklan baris. Sebab kini ada cara yang jauh lebih mudah dan praktis melalui akses situs web resmi dan aplikasi pencari kos Mamikos. Hanya dengan satu aplikasi kamu dapat mengatur info hunian kos seperti apa yang kamu ingin temukan di sana. Lebih praktis, mudah, dan efisien pastinya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah