2 Cara Cepat Menemukan Gagasan Utama/Pokok dalam Paragraf

2 Cara Cepat Menemukan Gagasan Utama/Pokok dalam Paragraf – Sejak duduk di bangku sekolah, kemudian kuliah, dan bekerja, kita sering dihadapkan dengan soal-soal tes Bahasa Indonesia. Kebanyakan soal yang diberikan meminta kita untuk menemukan pokok/ide utama dalam sebuah paragraf. Soal ini mungkin terlihat sederhana, tapi masih banyak di antara kita yang sering salah menjawabnya. 

Cara Cepat Menemukan Gagasan Utama

rawpixel.com

Setiap tulisan baik artikel maupun karya tulis pasti memiliki gagasan utama atau topik pembahasan besar. Artikel atau karya tulis juga pasti terdiri dari beberapa paragraf yang membentuk kesatuan sehingga jadilah sebuat tulisan yang terstruktur dan mudah dipahami. Setiap paragraf juga memiliki gagasan atau topik sendiri yang lebih spesifik dan berhubungan dengan gagasan besarnya. Gagasan/ide pokok dalam paragraf inilah yang akan kita pelajari saat ini.

Apa sebenarnya Gagasan Utama itu ?

Gagasan utama adalah ide inti atau pokok dari sebuah tulisan dan paragraf. Ide pokok ini berisi permasalahan yang penting untuk dibahas dan dijelaskan. Dengan adanya gagasan utama, pembaca dapat dengan mudah memahami inti bacaan. Gagasan utama adalah unsur penting yang tidak dapat ditinggalkan. Jika sebuah bacaan tidak memiliki gagasan yang jelas, bacaan tersebut akan sulit dipahami dan menjadi tidak berguna. 

Struktur Paragraf

Sebelum belajar lebih jauh,kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang paragraf. Paragraf adalah kumpulan kalimat yang memiliki satu topik atau gagasan utama. Paragraf terdiri dari kalimat utama, kalimat penjelas, gagasan utama, dan gagasan penjelas. Uraiannya sebagai berikut:

  1. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama. Gagasan tersebut bisa disampaikan secara lugas atau tersirat.
  2. Gagasan utama adalah ide pokok yang dibahas dalam paragraf tersebut. Ingat! hanya ada satu gagasan utama saja dalam sebuah paragraf.
  3. Kalimat penjelas adalah kalimat yang isinya berupa penjelasan, uraian, dan rincian dari kalimat utama.
  4. Gagasan penjelas adalah ide yang ingin disampaikan tentang gagasan pokok dalam kalimat utama.

Jadi, cara cepat menemukan gagasan utama / pokok dalam paragraf adalah membaca bacaan secara cermat untuk menemukan kalimat utamanya. 

Jenis-jenis paragraf

Paragraf dibagi jadi 4 jenis. Kamu perlu pahami ini untuk mempermudah menemukan kalimat utama. Berikut penjabarannya:

  1. Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf
  2. Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf
  3. Paragraf Deduktif-Induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak diawal dan diakhir paragraf. Biasanya, kalimat yang berada diakhir mempertegas kalimat di awal paragraf.
  4. Paragraf inaratif, adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di tengah paragraf. Namun, model ini jarang ditemui pada sebuah tulisan. 

Bagaimana cara menemukan kalimat utama? 

pixabay.com

Setelah memahami tentang paragraf lebih dalam, sekarang kita bahas intinya. Sekali lagi, gagasan utama dapat ditemukan pada kalimat utama. Lalu bagaimana cara menentukan kalimat utama? Di bawah ini adalah ciri-ciri kalimat utama yang dapat memandumu menemukan gagasan utama:

  1. Mengandung inti permasalahan
  2. Kalimatnya lengkap dan bisa berdiri sendiri
  3. Diikuti kalimat lain yang menjelaskan kalimat tersebut
  4. Pada kalimat utama yang terletak di akhir paragraf atau induktif, kalimat utama menggunakan kata seperti; jadi, dengan demikian, kesimpulannya, dapat disimpulkan, dll.  

Apakah kamu sudah cukup memahami cara menemukan gagasan utama yang dijelaskan di atas? Mencari gagasan utama dengan menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu memang membutuhkan kemampuan analisis kalimat yang baik. Kamu harus tentukan mana kalimat utama dan kalimat penjelasnya terlebih dahulu untuk bisa memperoleh gagasan utamanya.

Jika cara di atas sulit untuk kamu lakukan, bacalah paragraf bacaan dengan cermat lalu ambil kesimpulan secara keseluruhan. Kesimpulan harus berupa inti pembahasan. Kamu mungkin tidak perlu menganalisis kalimat terlalu dalam, tapi kamu harus fokus untuk menarik sebuah kesimpulan.

Kesimpulan 

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan terdapat 2 cara cepat menemukan gagasan utama / pokok dalam paragraf, yaitu :

  1. Menemukan kalimat utama karena kalimat utama mengandung gagasan utama
  2. Menyimpulankan isi paragraf secara keseluruhan

Nah, agar tidak meraba-raba dan lebih paham lagi, mari kita bahas contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal:

1. Cermatilah paragraf berikut ini!

(1) Hampir setiap perokok mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan. (2) Pada setiap bungkus rokok tertera bahayanya, mulai serangan jantung hingga menyebabkan kematian. (3) Peringatan itu tidak membuat perokok terutama perokok akut bergeming. (4) Riset telah membuktikan bahwa perokok cenderung menyepelekan akibat yang ditimbulkan dari merokok. 

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Jawaban Benar : A

Pembahasan : Kalimat utama pada paragraf ini terletak di awal paragraf, yaitu hampir setiap perokok mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan. Kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas karena menjelaskan bahaya rokok lebih rinci, yaitu mulai terserang jantung hingga menyebabkan kematian. 

(Sumber soal : Pusat Penilaian Pendidikan  , Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018)

2. Cermatilah paragraf berikut ini!

Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda, dan Padina. Sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia Hemprichii, Enhalus Acoroides, dan Thalassodendron Ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska, dan mangrove. Sekitar 90 persen ikan tinggal di perairan wilayah ini. 

Gagasan utama paragraf tersebut adalah :

A. Spesies Ikan Taman Nasional Bunaken 
B. Spesies rumput laut Taman Nasional Bunaken
C. Spesies terumbu karang Taman Nasional Bunaken
D. Ekosistem terumbu karang Taman Nasional Bunaken

Jawaban Benar : D   

Pembahasan : Jawaban gagasan utama yang tepat adalah D, yaitu ekosistem terumbu karang Taman Nasional Bunaken. Jika dibaca dengan cermat, paragraf tersebut tidak hanya menjelaskan tentang spesies ikan saja, rumput laut saja, atau terumbu karang saja, melainkan seluruh ekosistem secara keseluruhan. Jadi, jawaban A, B, dan C tidak tepat.

Gagasan utama dalam paragraf ini terletak diawal paragraf sehingga disebut paragraf deduktif. 

(Sumber soal : wikipedia.co.id)

3. Cermatilah paragraf berikut ini!

(1) Selain masalah realisme, ada masalah kesenjangan antara warga kulit putih dan kulit hitam. Reuters melapora, median pertumbuhan pendapatan keluarga di AS mulai meningkat pada 2015, tetapi median pendapatan keluarga kulit hitam tetap sekitar 61 persen dari kulit putih.

(2) Di Minneapolis, angka median itu lebih lagi, lebih kurang 44 persen. Kenaikan pasar saham dan harga rumah di AS pada 2009-2020, setelah krisis ekonomi yang dikenal dengan sebutan krisis subprime mortgage, berpengaruh kecil terhadap peningkatan kekayaan orang Afrika-Amerika. Mereka terdiri sekitar 13 persen dari populasi AS, tetapi hanya menyumbang 4,2 persen dari kekayaan bersih rumah tangga seluruh warga AS. Dengan kata lain, ada banyak keluarga kulit hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih. 

(Sumber bacaan:Tajuk Rencana Harian Kompas, Rabu 4//6/2020)

Gagasan utama pada paragraf kedua yang benar adalah :

A. Masalah realisme
B. Banyak keluarga kulit hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih
C. Median pertumbuhan pendapatan keluarga si AS
D. Peningkatan kekayaan orang Afrika-Amerika

Jawaan Benar : B

Pembahasan : Gagasan utama pada paragraf kedua yang benar adalah banyak keluarga hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih. Gagasan ini jelas ditunjukan oleh kalimat utama yang diletakan pada akhir paragraf. Terdapat penjelas “dengan kata lain…” Penjelas tersebut menunjukan ide pokok paragraf yang dibaca setelah kalimat sebelumnya menunjukan gagasan penjelas dengan menunjukan fakta-fakta terkait kesenjangan. 

Itu dia pembahasan tentang cara menemukan gagasan utama/pokok dalam paragraf. Setelah ini, harapannya kamu menjadi lebih mudah mengerjakan soal-soal pelajaran atau soal tes lainnya. Mengerjakan soal Bahasa Indonesia itu tidak sulit, yang penting kita fokus dan cermat membaca soal. Selamat Belajar. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah