Cara Daftar UTBK Dan SBMPTN 2020 Untuk Lulusan 2019, 2018 Cek di Sini!

 Bella Carla | Rab, 20 Mei 2020

Cara Daftar UTBK & SBMPTN 2020 – Kurang lebih beberapa minggu lagi, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 akan dibuka. Pelaksanaan pendaftaran UTBK dan SBMPTN pada tahun ini akan dilaksanakan secara bersamaan, yakni pada tanggal 2 hingga 20 Juni 2020. UTBK dan SBMPTN ini dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020. Nah, sudahkah kamu mempersiapkan segala persyaratannya? Jika kamu membutuhkan info lengkap terkait pendaftaran UTBK dan SBMPTN, di bawah ini Mamikos telah jabarkan info terkait cara daftar UTBK dan SBMPTN 2020.

Info Terbaru Cara Daftar UTBK & SBMPTN 2020

Cara Daftar UTBK & SBMPTN 2020
unsplash.com

Informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari SBMPTN. Seperti yang kita ketahui, untuk bisa mendaftar SBMPTN maka calon peserta wajib memiliki nilai UTBK. Di mana UTBK ini sendiri akan dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Buat kamu yang masih bingung terkait pendaftaran UTBSK dan SBMPTN 2020, informasi berikut ini mungkin dapat menjadi referensi kamu.

Apa Itu UTBK dan SBMPTN?

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun. Kelebihan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta yang banyak dan waktu yang cepat serta hasil tes diberikan secara individu. UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

SBMPTN (Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi menggunakan ujian tulis secara nasional. Istilah SBMPTN pertama kali muncul pada tahun 2013 untuk menggantikan dari istilah SNMPTN Tulis, sehingga penyebutan SNMPTN setelah tahun 2012 digunakan khusus untuk seleksi menggunakan jalur undangan rapor. SBMPTN menjadi seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, pendaftaran UTBK menjadi salah satu bagian dari pendaftaran SBMPTN yang tidak dapat terpisahkan.

Apa Perbedaan UTBK dan SBMPTN?

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui percis perbedaan antara UTBK dan SBMPTN. Seperti yang kita ketahui bahwa SBMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru melalui tes yang dilakukan untuk menyeleksi kapabilitas peserta. Untuk tahun sebelumnya, SBMPTN dilakukan berbasis Cetak serta UTBK via Dekstop dan Android namun untuk tahun ini jalur SBMPTN full UTBK berbasis komputer. Selain itu, terdapat pula pemisahan fungsi dari SBMPTN dan UTBK itu sendiri.

Jika sebelumnya kita mengenal SBMPTN sebagai seleksi masuk perguruan tinggi, tahun ini seleksi masuk perguruan tinggi tersebut dinamakan UTBK. Setelah mengikuti UTBK, nilai dari hasil UTBK tersebut akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Jadi, SBMPTN merupakan proses pendaftaran peserta dan penyeleksiannya, sedangkan UTBK adalah proses ujiannya. Kesimpulannya, UTBK dan SBMPTN ini tergabung dalam satu jalur seleksi.

Apa Fungsi UTBK?

Jika melihat pada tujuannya, UTBK ini berfungsi sebagai sarana untuk memprediksi calon mahasiswa yang berkompeten. Dengan begitu, perguruan tinggi pun dapat memperkirakan kemampuan calon mahasiswa tersebut apakah dapat menyelesaikan studi tepat waktu atau sebaliknya. Selain itu, UTBK juga berfungsi sebagai kesempatan bagi calon mahasiswa dari berbagai daerah agar dapat mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes. Tak hanya berfungsi sebagai persyaratan SBMPTN saja, nilai UTBK juga bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan diri melalui jalur mandiri di PTN dan PTS jika gagal dalam SBMPTN.

Kapan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Dibuka?

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19 maka pendaftaran UTBK SBMPTN Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Sedangkan utuk pelaksanaan UTBK sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 12 Juli 2020. Nantinya, pelaksanaan UTBK akan dilakukan setiap hari pada jangka waktu tersebut dengan pembagian 4 sesi (kecuali hari Jumat sebanyak 2 sesi saja). Untuk pengumuman UTBK sendiri tidak akan langsung diumumkan setelah selesai melangsungkan tes, namun akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman SBMPTN yakni pada tanggal 25 Juli 2020.

Persyaratan UTBK SBMPTN

Salah satu syarat utama untuk bisa mengikuti SBMPTN 2020 adalah memiliki nilai UTBK. Nah, di bawah ini merupakan syarat pendaftaran UTBK:

  1. Merupakan siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 dengan maksimal umur 25 tahun
  2. Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 dengan maksimal umur 25 tahun
  3. Peserta mengikuti satu kali tes UTBK dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. UTBK kelompok Saintek;
    2. UTBK kelompok Soshum;
    3. UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum)
  4. Wajib membayar biaya UTBK sesuai ketentuan yang berlaku

Pendaftaran SBMPTN sendiri akan dibuka bersamaan dengan pendaftaran UTBK, yakni pada tanggal 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Adapun ketentuan pendaftaran SBMPTN adalah:

  1. Merupakan siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Siswa wajib memiliki Nilai UTBK.
  4. Siswa wajib memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Siswa wajib memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio. Adapun jenis portofolio SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:
    • Portofolio Olahraga
    • Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
    • Portofolio Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari)
    • Portofolio Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama)
    • Portofolio Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik)
    • Portofolio Seni Karawitan
    • Portofolio Etnomusikologi
    • Portofolio Fotografi
    • Portofolio Film dan Televisi
    • Portofolio Seni Pedalangan
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Siswa tidak lulus dalam jalur SNMPTN 2020 (siswa yang dinyatakan lulus dalam SNMPTN 2020 tidak diperkenankan untuk mendaftarkan diri di SBMPTN 2020).

Jenis Pendaftaran UTBK SBMPTN

Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN di tahun 2020 memang mengalami banyak perubahan. Salah satunya saja terkait jenis pendaftarannya. Adapun berikut info terbaru seputar jenis pendaftaran UTBK SBMPTN 2020:

  1. Pendaftaran Berbayar: untuk untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK.
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar: untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud.

Bagaimana Cara Pendaftaran UTBK dan SBMPTN?

Sama seperti jenis pendaftaran, cara pendaftran pada UTBK SBMPTN 2020 juga memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berikut adalah dua jenis cara pendaftran UTBK SBMPTN 2020:

  1. Cara pendaftaran UTBK SBMPTN tipe A:
    1. Siswa wajib memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun.
    2. Jika sudah memiliki akun LTMPT untuk siswa, silahkan login menggunakan akun tersebut melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
    3. Kemudian, pilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
    4. Pilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
    5. Jika calon peserta berkebutuhan khusus, wajib mengisi kebutuhan khusus.
    6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, ikuti tahapan berikut:
      • Wajib memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum memiliki, siswa terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
      • Setelah itu, isi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
    7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
    8. Setelah itu, siswa membayar biaya mengikuti UTBK SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN dengan menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah kamu dapatkan. Lakukan pembayaran dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai dengan jadwal yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal lagi.
    9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
    10. Siswa mengisi jenis jurusan SMTA.
    11. Siswa memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
    12. Siswa mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
    13. Siswa melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
    14. Siswa mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.
  2. Cara pendaftaran UTBK SBMPTN tipe B:
    1. Siswa wajib memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun.
    2. Jika sudah memiliki akun LTMPT untuk siswa, silahkan login menggunakan akun tersebut melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
    3. Kemudian, pilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
    4. Siswa memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes
    5. Jika calon peserta berkebutuhan khusus, wajib mengisi kebutuhan khusus.
    6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
      • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
      • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
    7. Siswa mengisi jenis jurusan SMTA
    8. Siswa memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
    9. Siswa mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
    10. Siswa melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
    11. Siswa mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Berapa Biaya UTBK 2020?

Agar dapat mengikuti UTBK SBMPTN 2020, siswa wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Biaya UTBK SBMPTN ini bisa kamu bayarkan melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking maupun ATM Bersama Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Jika kamu merupakan calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan, maka kamu tidak perlu membayar biaya UTBK SBMPTN.

Tata Cara Pembayaran Biaya UTBK SBMPTN

Bagi siswa yang wajib membayar biaya pendaftaran UTBK SBMPN dapat melakukan pembayaran dengan mengikuti tata cara di bawah ini:

Bank BTN

  1. ATM BTN
    • Masukkan pin atm dan pilih menu ‘transaksi lainnya’
    • Kemudian, pilih menu ‘pembayaran’
    • Pada menu ‘pembayaran’, pilih menu ‘multipayment’
    • Pada menu ‘multipayment’, pilih menu ‘multi biller’
    • Pada menu ‘multi biller’, pilih Kode Biller: UTBK 2020: 000001.
    • Kemudian, masukkan Kode Bayar (11 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran biaya UTBK SBMPTN yang sudah kamu peroleh setelah melakukan pendaftaran di website.
    • Selanjutnya, pilih menu ‘konfirmasi pembayaran’
    • Jika kamu merasa pembayaran sudah sesuai, pilih tombol ‘Ya’
    • Transaksi selesai
    • Silahkan cetak struk/resi sebagai bukti pembayaran
  2. Loket Bank BTN
    Kamu juga dapat membayar biaya UTBK SBMPTN 2020 melalui counter teller di seluruh loket Bank BTN. Caranya juga cukup mudah, kamu cukup menyerahkan slip pembayaran yang sudah kamu peroleh setelah melakukan pendaftaran di website. Setelah melakukan pembayaran, simpan struk/resi pembayaran sebagai bukti bahwa kamu sudah melakukan pembayaran.
  3. Mobile Banking
    • Masukan User ID dan Password
    • Pilih menu ‘transfer & pembayaran’ dengan sub menu ‘pembayaran’
    • Kemudian, pilih ‘daftar baru’
    • Pilih kategori ‘institusi Multi Biller’
    • Pilih Institusi 00001 – UTBK LTMPT, kemudian isi nama dan IDPEL/No. MHS, input PIN dan pilih ‘Lanjut’
    • Masuk ke tampilan ‘Cek Form Pembayaran Anda‘, pilih lanjut jika sudah sesuai
    • Selanjutnya akan muncul tampilan Konfirmasi-Konfirmasi Pembayaran kamu beserta Rincian Tagihan.
    • Periksa kembali nominal pembayaran dan nama yang tercantum apakah telah sesuai.
    • Jika sudah sesuai, maka checklist pada kotak ‘Saya Telah Membaca Term and Condition’ kemudian pilih Lanjut
    • Setelah selesai, kamu akan menerima email notifikasi pembayaran
  4. Internet Banking
    • Silahkan akses web internet banking BTN melalui laman browser dengan alamat https://internetbanking.btn.co.id
    • Kemudian, masukan User ID dan Password.
    • Pilih menu ‘Transfer & Pembayaran’, dengan sub menu ‘pembayaran’
    • Pilih penerima tidak ada di daftar.
    • Pilih Kategori Institusi Multi Biller.
    • Pilih Institusi 00001-UTBK, kemudian isi Nama dan IDPEL/No.MHS ID PEL/No MHS adalah Kode Bayar (11 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran biaya UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran di website.
    • Kemudian, masukan respon dari token
    • Layar konfirmasi pembayaran, pastikan kembali data yang tampil sudah sesuai dengan yang input pada laman pendaftaran UTBK LTMPT.

Bank Mandiri

  1. ATM Mandiri
    • Masukkan PIN ATM, lalu pilih menu ‘bayar’
    • Kemudian, pilih menu ‘pendidikan’ dan masukkan kode perusahaan/institusi: UTBK LTMPT: 10000
    • Masukkan Kode Bayar (11 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran UTBK yang sudah kamu dapatkan setelah mendaftar
    • Pilih item pembayaran UTBK LTMPT, ketik nomor urut yang ada di samping kiri. Jika sudah benar, pilih ‘Ya’
    • Pada menu Konfirmasi Pembayaran, Cek kembali detail pembayaran (terutama Kode Bayar). Bila sudah benar, pilih tombol ‘Ya’. Pastikan muncul tulisan transaksi sukses pada layar dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran
  2. Mandiri SMS
    • Ketik: BYR <spasi>LTMPT <spasi> <nomor index rekening> <spasi> <Kode Bayar>, lalu kirim ke 3355.
    • Jika transaksi kamu berhasil, maka kamu akan mendapat pesan SMS dari 3355 untuk memasukkan PIN SMS Banking Bank Mandiri.
    • Kemudian, ketik PIN SMS Banking sesuai petunjuk dari SMS.
    • Jika PIN SMS Banking Bank Mandiri yang dimasukkan benar, kamu akan mendapat pesan SMS dari 3355 yang berisi Kode Bayar dan Nama Pendaftar.
  3. Aplikasi Mandiri Online
    • Masuk ke Aplikasi Mandiri Online di ponsel kamu
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password Mandiri Online kamu.
    • Klik Home, pilih menu ‘payment/pembayaran’
    • Kemudian pilih ‘make new payment’, pilih menu ‘education/pendidikan’
    • Selanjutnya, akan keluar tampilan untuk entry Service Provider dan pilihan rekening yang akan didebet
    • Klik ‘continue’
    • Pada tampilan ‘sevice provide/penyedia jasa’, silahkan pilih UTBK LTMPT
    • Kemudian akan muncul tampilan Kode Bayar dan isi kodenya sesuai yang sudah kamu dapatkan dari website
    • Selanjutnya, klik ‘add as new payment’
    • Cek kembali apakah data kamu sudah benar, nantinya akan muncul layar konfirmasi dan klik ‘confirm/konfirmasi’
    • Jika sudah benar, selanjutnya klik ‘continue/lanjutkan’
    • Konfirmasi dengan memasukkan PIN Mandiri Online kamu
    • Jika pembayaran kamu berhasil, nantinya akan muncul Bukti Transaksi.
    • Simpan bukti transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
  4. Website Mandiri Online
    • Masuk ke ke website mandiri online https://ibank.bankmandiri.co.id/retail3
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password Mandiri Online kamu
    • Klik menu ‘payment/pembayaran’, kemudian pilih submenu menu ‘education/pendidikan’
    • Selanjutnya, klik ‘continue/lanjutkan’
    • Cek kembali apakah data kamu sudah benar, nantinya akan muncul layar konfirmasi dan klik ‘confirm/konfirmasi’
    • Kemudian, masukkan challenge code yang diperoleh dari Token dan klik ‘oke’
    • Jika pembayaran kamu berhasil, nantinya akan muncul Bukti Transaksi.
    • Simpan bukti transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
  5. Cabang Bank Mandiri
    Siswa juga dapat melakukan pembayaran biaya UTBK SBMPTN melalui counter teller di seluruh cabang Bank Mandiri. Caranya mudah, kamu cukup menyerahkan slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran saja. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan bukti cetak pembayaran. Simpan bukti tersebut sebagai bukti kamu sudah melakukan pembayaran.
  6. ATM Bersama
    • Masukkan pin atm dan pilih menu ‘transaksi lainnya’
    • Kemudian, pilih menu ‘transfer link/ATM bersama/Prima’
    • Masukkan nomor rekening tujuan transfer 0081000083838383838
    • Selanjutnya, masukkan nomor referensi (boleh diisi/tidak),
    • Masukkan nominal Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah).
    • Masukkan Jenis Rekening, kemudian ‘konfirmasi transfer’
    • Transaksi selesai
    • Silahkan cetak struk/resi sebagai bukti pembayaran

Bank BNI

  1. ATM BNI
    • Masukkan pin atm dan pilih menu ‘lainnya’
    • Kemudian, pilih ‘menu pembayaran’, ‘menu berikutnya’, ‘menu Universitas’, ‘menu UTBK LTMPT’
    • Masukkan kode pembayaran yang tercetak pada slip pembayaran biaya seleksi UTBK LTMPT 2020 yang kamu peroleh setelah melakukan pendaftaran.
    • Periksa kembali informasi yang muncul pada layar konfirmasi. Jika sudah benar, pilih ‘tekan jika iya’
    • Transaksi selesai
    • Silahkan cetak struk/resi sebagai bukti pembayaran
  2. Teller BNI
    Siswa juga dapat melakukan pembayaran biaya UTBK SBMPTN melalui teller di seluruh cabang Bank BNI. Caranya mudah, kamu cukup menyerahkan slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran saja. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan lembaran “Tanda Terima Pembayaran” (berstempel dan ditandatangani oleh petugas teller BNI). Simpan lembar tersebut sebagai bukti kamu sudah melakukan pembayaran.
  3. BNI Mobile Banking
    • Masuk ke Aplikasi BNI Mobile Banking di ponsel kamu
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password
    • Selanjutnya pilih menu ‘pembayaran – biaya pendidikan’
    • Pada menu, pilih layanan ‘pendaftaran, Institusi UTBK LTMPT’, selanjutnya input Kode Bayar, dan lanjutkan proses pembayaran.
    • Layar akan menampilkan inquiry respon. Kamu tinggal masukkan password transaksi dan lanjutkan proses pembayaran hingga muncul status ”Transaksi berhasil” sebagai bukti transaksi.
    • Simpan bukti transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
  4. BNI Internet Banking
    • Masuk ke ke website BNI Internet Banking
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password
    • Masuk ke menu ‘pembelian/pembayaran, Pembayaran Tagihan’, kemudian pilih ‘biaya pendidikan’.
    • Pada menu ‘pembayaran tagihan’, pilih tipe layanan pendaftaran dan pilih UTBK LTMPT
    • Selanjutnya, input kode bayar dan lanjutkan proses
    • Hasil inquiry respon, input kode challenge dengan BNI eSecure (Token) untuk melanjutkan proses pembayaran.
    • Jika transaksi kamu berhasil, maka akan muncul konfirmasi ‘Transaksi Sukses’ dan konfirmasi transaksi berhasil dapat disimpan atau dicetak sebagai bukti.
  5. BNI SMS Banking
    Kamu juga dapat melakukan pembayaran UTBK LTMPT melalui SMS Banking. Cukup kirim SMS perintah (MO) dengan format PAY<spasi>UTBK<spasi>KODE BAYAR. KODE BAYAR ‘11 digit numeric only’ dan kirim ke 3346. Setelah itu kamu akan mendapatkan SMS Response Inquiry (MT Inquiry) sebagai berikut:

    • Kode Bayar (KodeBayar): 11 digit numeric only.
    • Nominal (Rp): 6 digit numeric only
  6. Channel Keagenan (Agen 46)
    • Silahkan datang ke Agen 46 terdekat
    • Ketika melakukan pembayaran, kamu cukup menyebutkan Kode Pembayaran UTBK LTMPT 2020 kepada Agen 46 atau menyerahkan slip pembayaran biaya seleksi UTBK LTMPT 2020 yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran
    • Selanjutnya, Agen 46 akan melakukan verifikasi atas informasi pembayaran yang kamu berikan
    • Jika verifikasi data sesuai, kamu bisa menyelesaikan pembayaran
    • Setelah selesai, kamu akan menerima bukti pembayaran dari Agen 46 sebagai tanda bukti pembayaran UTBK LTMPT yang sah.

Tes UTBK Apa Saja?

Akibat dari adanya pandemi Covid-19, materi UTBK SBMPTN pada tahun 2020 hanya mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS). Di mana TPS ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. TPS sendiri meliputi empat subtes, yakni penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pemahaman bacaan dan menulis.

Lokasi Pelaksanaan Tes UTBK

Meskipun wabah pandemi Covid-19 belum mereda, hingga sekarang LTMPT belum memberikan pengumuman lebih lanjut terkait perubahan lokasi pelaksanaan tes UTBK. Ini berarti tes UTBK akan tetap dilaksanakan di seluruh perguruan tinggi negeri yang tersebar di berbagai daerah di tanah air. Berikut adalah daftar lengkap lokasi pelaksanaan tes UTBK tahun 2020:

No. Pusat UTBK PTN Alamat Pusat UTBK PTN No Tlp Pusat UTBK PTN Email Pusat UTBK PTN
1 Universitas Syiah Kuala Gedung ICT Center, Jl. Syekh Abdul Rauf No.2, Darussalam, Banda Aceh 06516303969 utbk@unsyiah.ac.id
2 Universitas Malikussaleh UPT Pusat Komputer Jl Irian No. 1 Komplek Kampus Bukit Indah, Blamg Pulo – Lhokseumawe 081227944233 utbk@unimal.ac.id
3 Universitas Teuku Umar Universitas Teuku Umar UPT. TIK. Gedung F, Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat 06557110535 utbk@utu.ac.id
4 Universitas Samudra Ruang Kesekretariatan Penerimaan Mahasiswa Baru Gedung Biro Rektor Universitas Samudra, Meurandeh, Kota Langsa – Aceh 085296969201 utbk@unsam.ac.id
5 Institut Seni Budaya Indonesia Aceh Jln. Banda Aceh Medan Km. 8,5 Desa Ujong XII Kec. Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar 065192023 utbk@isbiaceh.ac.id
6 Universitas Sumatera Utara Pusat Pelayanan Terpadu, Gedung Biro Pusat Administrasi Lantai 1 Kampus USU Padang Bulan, Jalan dr. T. Mansyur No. 9 081397727952 puml@usu.ac.id
7 Universitas Negeri Medan Ruang VIP Room Gedung Serbaguna Unimed Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate. 0616613365 utbk@unimed.ac.id
8 Universitas Riau Sekretariat UTBK SBMPTN, Gedung Rektorat Lantai 2, Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 076163266 utbk.sbmptn@unri.ac.id
9 Universitas Maritim Raja Ali Haji Jl Politeknik Senggarang Tanjungpinang 07714500089 utbk@umrah.ac.id
10 Universitas Andalas Gedung Rektorat Universitas Andalas, Kampus Limau Manis Padang 075171301 sekre.wr1@unand.ac.id
11 Universitas Negeri Padang Gedung Rektorat Lama Bagonjong Lt. 1 – Jln Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang  07517051260 utbk@unp.ac.id
12 Institut Seni Indonesia Padang Panjang Gedung Rektorat Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang Sumatera Barat 075282077 utbk@isi-padangpanjang.ac.id
13 Universitas Jambi Gedung Balairung Lantai 2 Kampus UNJA Mendalo, Jl. Raya Jambi – Muara Bulian Km.15 Mendalo Indah Jambi 081279921450 pusat_utbk_unja@unja.ac.id
14 Universitas Bengkulu Rektorat Universitas Bengkulu, Jalan WR Supratman Kandang Limun Bengkulu 073621170 snmptn.utbk@unib.ac.id
15 Universitas Sriwijaya Gedung Graha Sriwijaya Lt. 1 Kampus UNSRI Bukit Besar Jl. Srijaya Negara Bukit Besar Palembang 0711-362388,  082250000171 utbk@unsri.ac.id
16 Universitas Bangka Belitung  UPT TIK, Gedung Babel IV Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung  0717422145, 08127177098 ubbbak@gmail.com
17 Universitas Lampung Gedung UPT. TIK Unila Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng Bandar Lampung 085357841177 simanila@kpa.unila.ac.id
18 Institut Teknologi Sumatera Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan  07218030188 utbk@itera.ac.id
19 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Jakarta km.4 Pakupatan Serang Banten 0254280330,  087871261263 utbk@untirta.ac.id
20 Universitas Indonesia Gedung Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Jl. Prof. Dr. Sujudi, Kampus UI Depok, Jawa Barat 0217864126 sekretariat.pmb@ui.ac.id
21 Universitas Negeri Jakarta Kampus A UNJ, Gedung D, Pustikom Lt 1. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. 082244413433 utbk@unj.ac.id
22 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Kampus UPNVJ Pondok Labu, Jl. RS. Fatmawati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan Gedung Rektorat Lantai 1 Ruang Nusantara 2 0217699431 utbk@upnvj.ac.id
23 Universitas Singaperbangsa Karawang  Jalan H.S. Ronggowaluyo, Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Prov. Jawa Barat. 0267641177 utbk@unsika.ac.id
24 Institut Teknologi Bandung Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahaiswaan,CCAR ITB lantai 4 Jalan Tamansari no 64,  Bandung 022-2530689 dirdik@ditdik.itb.ac.id
25 Universitas Padjadjaran Unit Layanan Terpadu (ULT) Lantai Dasar Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor. Pelayanan hari Senin-Jumat dan jam kerja 07.30-16.00 WIB 02284288888 smup@unpad.ac.id
26 Universitas Pendidikan Indonesia Divisi RMB Direktorat Akademik UPI Jalan Dr. Setiabudhi no 229 Bandung  0222013753 pusat.utbk@upi.edu
27 Institut Seni Budaya Indonesia Bandung Jalan Buahbatu No.212 Bandung 0227314982, 081802212208 utbk@isbi.ac.id
28 Institut Pertanian Bogor DSITD IPB Kampus IPB Dramaga Gedung B Perpustakaan Lantai 3 02518623936 utbk-ipb@apps.ipb.ac.id
29 Universitas Siliwangi UPT TIK Universitas Siliwangi Gedung Rektorat Lantai 2 Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya  0265330634 helpdesk@unsil.ac.id  / info@unsil.ac.id
30 Universitas Jenderal Soedirman Gedung SPMB  Komplek Rektorat UNSOED  Jl. Prof HR Bunyamin 708 Purwokerto – Jawa Tengah. 0281636262 spmb@unsoed.ac.id
31 Universitas Tidar Humas (BAKPK) Universitas Tidar, Jl. Kapten Suparman 39, Magelang, Jawa Tengah  0293364113 utbk@untidar.ac.id
32 Universitas Sebelas Maret Gedung SPMB UNS Jl. Ir Sutami 36 a Kentingan Jebres Surakarta  0271634880 spmb@unit.uns.ac.id
33 Institut Seni Indonesia Surakarta Kampus I ISI Surakarta, Gedung Akademik Pusat Lantai II, Jl. Ki Hajar Dewantara No.19 Kentingan Jebres Surakarta  0271647658 utbk@gm.isi-ska.ac.id
34 Universitas Diponegoro Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru, Gedung ICT Center, Lantai 1, Jl Prof. Soedarto SH, Kampus Tembalang, Semarang 0247460041 utbk@live.undip.ac.id
35 Universitas Negeri Semarang Gedung Prof. Retno Sriningsih Satmoko, Ruang Mendut, Lantai 1 LP2M UNNES, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang. 0248508091 utbk@mail.unnes.ac.id
36 Universitas Gadjah Mada Direktorat Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada, Jl. Pancasila, Bulaksumur, Yogyakarta 0274551222 pusat.utbk@ugm.ac.id
37 Universitas Negeri Yogyakarta Kantor Admisi  Gedung Rektorat UNY Jl. Colombo No.1 Yogyakarta  0274548811 pmb@uny.ac.id
38 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Bagian Humas Gedung Rektorat Jl SWK 104 (Lingkar Utara) Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta (0274) 486733,08112656484  FAX: (0274) 486400 ltmpt.pmb@upnyk.ac.id
39 Institut Seni Indonesia Yogyakarta Bagian Pendidikan Gedung Rektorat Lantai 1 ISI Yogyakarta, Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta 0274379133 utbk@isi.ac.id
40 Universitas Jember Bagian Akademik Kantor Pusat, Universitas Jember – Jl. Kalimantan No.37 Jember 0331335055 utbk@unej.ac.id
41 Universitas Brawijaya Bagian Akademik Universitas Brawijaya, Gedung Rektorat Lantai 2, Jl Veteran Malang 0341575754 utbk@ub.ac.id
42 Universitas Negeri Malang Bagian Akademik – Gedung Graha Rektorat Lantai 2 Universitas Negeri Malang – Jl. Semarang no. 5 Malang 0341551312 utbk@um.ac.id
43 Universitas Airlangga Kantor PPMB, Gedung ACC (Airlangga Convention Center) Kampus C UNAIR Jl.Mulyorejo Surabaya 0315956009 utbk@ditsi.unair.ac.id
44 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Direktorat Pendidikan ITS, Gedung KPA dr. Angka Lantai 1, Kampus ITS, Sukolilo Surabaya 031-5994251-54 Ext. 1012, 031-5947213, 0813-5764-4598 utbk@its.ac.id
45 Universitas Negeri Surabaya Gedung Rektorat Lt. 1 Kantor ULT Kampus Unesa Jl. Lidah Wetan Surabaya  03199425705 utbk@unesa.ac.id
46 Universitas Trunojoyo Gedung Rektorat lantai 2, Kampus Universitas Trunojoyo Madura, Jl Raya Telang PO Box 2 Kamal – Bangkalan  087762160996 utbk@trunojoyo.ac.id
47 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur UPT TIK, Gedung Giri Pustaka Lantai 1, Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya 0318793589 pusatutbk@upnjatim.ac.id
48 Universitas Tanjungpura Jln. Prof. DR. H. Hadari Nawawi Pontianak 0561739630 utbk@untan.ac.id
49 Universitas Palangka Raya Kampus Tanjung Nyaho Jalan Yos Sudarso (Gedung Rektorat UPR) 081250885225 utbk@upr.ac.id
50 Universitas Lambung Mangkurat Biro Akademik dan Kemahasiswaan ULM. Gd Rektorat Lt.1. Jl. Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin 05113306694 bak@ulm.ac.id
51 Universitas Mulawarman Bagian Akademik, Gedung Rektorat UNMUL, Jalan Kuaro Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda 08115558220 utbk@unmul.ac.id
52 Institut Teknologi Kalimantan Kampus ITK Gedung A, Jl Soekarno hatta KM 15, Karang Joang, Balikpapan Utara (0542)8530800/ (0542)8530801 utbk@itk.ac.id
53 Universitas Borneo Tarakan Jl. Amal Lama No 1 Tarakan   Gedung Rektorat Lantai 1 Ruang.BAKK 082148247123 pmb@borneo.ac.id
54 Universitas Udayana Biro Akademik, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat (BAKHM), Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran Lt. I 0361701954 baa@unud.ac.id
55 Universitas Pendidikan Ganesha Jalan Udayana No 11 Singaraja 036222570 utbk@undiksha.ac.id
56 Institut Seni Indonesia Denpasar Jl Nusa Indah, Denpasar 0361227316 akademik@isi-dps.ac.id
57 Universitas Mataram  Jalan Majapahit Nomor 62 Mataram – Nusa Tenggara Barat Tlp (0370) 633007 / Fax. (0370) 636041 Hp. 087877789689 dan 081809169674 utbk-ptn621@unram.ac.id
58 Universitas Nusa Cendana Jl. Adisucipto, Kampus Undana, Penfui, Kupang, NTT 0380881580 utbk@undana.ac.id
59 Universitas Timor UNIVERSITAS TIMOR 082145898779 warek1@unimor.ac.id
60 Universitas Hassanuddin Biro Administrasi Akademik Gedung Rektorat Lantai 7 UNHAS Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Makassar 0411586006, 085343742764 biroadmakademik@gmail.com
61 Universitas Negeri Makassar ICT Center, Menara Pinisi UNM, Sayap B Lt. 2 Jl. AP Pettarani Makassar 08152549456 utbk@unm.ac.id
62 Universitas Sam Ratulangi Gedung Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNSRAT, Lantai. 1, Jl. Kampus Bahu, Manado 0431864832 akademik@unsrat.ac.id
63 Universitas Negeri Manado Pusat Komputer UNIMA 085342657007 utbk@unima.ac.id
64 Universitas Tadulako Jl. Soekarno Hatta Km 9 Palu Sulawesi Tengah 451422611 utbk@untad.ac.id
65 Universitas Sulawesi Barat Jalan Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH,MH Talumung 085214578527, 085255923789 utbk@unsulbar.ac.id
66 Universitas Haluoleo Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kendari 082395669583 utbk@uho.ac.id
67 Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jenderal Sudirman No 6, Dulalowo Timur Kota Tengah Kota Gorontalo Tlp (0435) 821125 Fax (0435) 821752 utbk@ung.ac.id
68 Universitas Sembilan Belas November Kolaka Jl. Pemuda No. 339 Kel. Tahoa Kolaka Sulawesi Tenggara 04052321132 rektorat@usn.ac.id
69 Universitas Pattimura Gedung Rektorat, Jl. Ir. M. Putuhena, Gedung Rektorat, Kampus Poka – UNPATTI 0911322626 utbk@unpati.ac.id
70 Universitas Khairun Gedung Rektorat Universitas Khairun Jl. Pertamina Kampus II Unkhair gambesi Kota Ternate 09213110905 admin@unkhair.ac.id
71 Universitas Cenderawasih (Jayapura) Rektorat Universitas Cenderawasih, Jl Kamp Wolker Yabansai Kota Jayapura 0967572101 utbk@uncen.ac.id
72 Universitas Musamus Merauke Universitas Musamus, Jl. Kamizaun Mopah Lama No.1 (Gedung Rektorat) 0971325923 ltmpt@unmus.ac.id
73 Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua Jl Raya sentani km 17.8, Waena, Heram, Jayapura (kompleks uptd taman Budaya Prov. Papua). 02147483647, (0967)591130, 5170942 tanahpapua.isbi@gmail.com
74 Universitas Papua Biro Perencanaan, Akademik, dan Kemahasiswaan (BPAK) Universitas Papua 02147483647 utbk@unipa.ac.id

Oke, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkair cara daftar UTBK dan SBMPTN tahun 2020. Semoga informasi di atas bisa menjadi panduan kamu ketika ingin mendaftarkan diri di jalur SBMPTN tahun ini ya! Jika kamu ingin mencari informasi lainnya terkait UTBK dan SBMPTN, kamu bisa kunjungi situs Mamikos dan temukan informasi yang kamu inginkan di sana.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: