Cara Membersihkan Casing HP yang Terkena Tinta Atau Menguning dan Kotor

Cara Membersihkan Casing HP yang Terkena Tinta Atau Menguning dan Kotor – Cara membersihkan casing HP tentu sangat berguna bagi semua orang, karena akan mempengaruhi tampilan handphone. Punya smartphone mahal tapi casenya tidak terawat, maka orang akan menganggap remeh.

Tidak dapat dipungkiri, handphone merupakan salah satu benda wajib dalam kehidupan sehari-hari. Manusia selalu membawanya kemana saja, tidak pernah lepas dari genggaman tangan, menjadikannya sarang kuman dan kotoran.

Cara Membersihkan Casing HP

unsplash.com/@elsitiomobile

Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan selain untuk menjaga penampilan, juga menghindarkan penggunanya dari berbagai macam penyakit. Jangan menunda membersihkan, karena jika terlalu lama akan susah dibersihkan.

Apabila tidak dibersihkan, bisa jadi sistem operasional menjadi terganggu akibat noda yang terlalu menumpuk dibiarkan. Hal ini sangat merugikan mengingat harga set smartphone beserta case tidak murah.

Penyebab Casing Handphone Menjadi Kotor

Sebelum mulai cara membersihkan casing HP, ketahui faktor penyebabnya menjadi kotor atau menguning. Perubahan warna, kotor, atau menguning dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti penjelasan berikut.

Sinar ultraviolet ternyata menyebabkan terjadinya perubahan warna selain berbahaya bagi kulit manusia. Pantulan sinar ultraviolet yang dibiarkan terus menerus mengenai permukaan akan merusaknya, apalagi dalam waktu relatif lama.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari dari sinar ultraviolet secara langsung, bila perlu gunakan warna hitam agar lebih awet jika sedang berada di luar ruangan. Simpan dalam tempat aman misalnya saku.

Keringat dari tubuh manusia juga menyebabkan timbulnya kotoran dan perubahan warna menjadi kekuningan. Karena dibawa kemana saja, potensi bersentuhan dengan kulit menjadi sangat tinggi, bahkan setiap saat dipegang.

Tidak hanya keringat, lotion, krim, atau apapun yang digunakan pada kulit jika bersentuhan dengan case akan menyebabkan hal serupa. Oleh karena itu, sebelum memegang handphone pastikan tangan kamu kering.

Jangan meletakkan telepon genggam sembarangan, karena kebersihannya kurang terjamin sehingga lebih cepat kotor dan menguning. Kotoran yang menumpuk akan menjadi sarang kuman, harus cepat dibersihkan.

Semua jenis pelindung luar smartphone mempunyai keunggulan serta kelemahan masing-masing, misalnya case transparan lebih cepat menguning. Cara membersihkan casing HP memang sangat penting diketahui oleh siapa saja.

Manfaat Menggunakan Casing Handphone, Apa Saja?

Apa alasan pengguna smartphone perlu membeli case, padahal tanpa benda satu itu juga dapat berfungsi normal? Jangan salah, hardcase atau softcase akan menambah nilai estetik pada tampilan smartphone.

Selain tampil bergaya, hardcase memerlukan cara membersihkan casing HP sebagai perlindungan tambahan, entah saat tidak sengaja jatuh atau tertindih. Karena desainnya mengikuti lekuk HP, maka perlindungannya lebih maksimal.

Tanpa kamu sadari, terkadang secara tidak sengaja HP bisa terjatuh, terselip, atau tertindih, sehingga harus lebih hati-hati saat membawanya. Menggunakan hardcase akan membuat penggunanya merasa aman.

Material pembuat HP terkadang menggunakan bahan plastik yang terasa licin saat dipegang, manfaatkan hardcase supaya ketika dibawa kemana saja tidak mudah terjatuh. Pilih permukaan hardcase yang agak kasar.

Selain melindungi dari potensi hancur atau rusak, harcase mampu memberikan perlindungan dari soft threat misalnya kotoran atau debu. Mengapa dinamakan soft threat? Karena meskipun kecil, kotoran dapat membahayakan kehidupan smartphone.

Zat cair menjadi ancaman, sifatnya dapat merusak komponen penting dalam HP, paling parah menyebabkan mati total. Kamu dapat membeli custom case dilengkapi penutup port untuk mencegah air masuk ke dalam.

Menggunakan hardcase atau softcase membuat HP lebih terjaga dari segala coretan, goresan, atau lecet. Dengan cara membersihkan casing HP, akan terlihat bersih, meningkatkan nilai tambah ketika hendak dijual.

Tanpa dilindungi hardcase, handphone menjadi cepat lecet, luntur, banyak bekas kotoran. Berbeda ketika memutuskan memanfaatkan perlindungan hardcase, warna asli HP tetap terjaga sampai bertahun-tahun lamanya.

Bahan Berbeda, Membersihkannya Juga Berbeda

Terkadang cara untuk membersihkan casing HP berwarna pink menggunakan tisu basah atau kain lembut saja sudah cukup, namun setiap jenis bahan mempunyai sifat berbeda. Diperlukan teknik berbeda, serta alat bervariasi.

Bahan plastik relatif lebih awet dari bahan lainnya, sehingga dapat dibersihkan dengan larutan atau cairan keras, misalnya pemutih pakaian. Apabila kulit kamu sensitif dengan pemutih, pastikan memakai sarung tangan karet.

Lakukan pembersihan di dekat ventilasi seperti jendela terbuka, karena pemutih dapat menginfeksi paru-paru. Siapkan campuran pemutih pakaian dengan air untuk merendam selama 5-10 menit sebelum dikeringkan.

Bahan karet dan silikon sifatnya lebih lembut daripada plastik, pakai sabun lembut untuk membersihkan. Meskipun risikonya cara membersihkan casing HP harus dilakukan berulang kali supaya maksimal. 

Buat campuran soda kue, sabun cuci, serta air sesuai kebutuhan ke dalam wadah berukuran sedang. Celupkan kain atau spons ke dalam larutan untuk menggosok permukaan pelindung luar HP.

Segala cairan atau zat cair dapat membuat casing bahan kayu menciut dan melar, sehingga ukurannya berubah. Namun menggunakan cuka bisa jadi solusi terbaik, asalkan tidak direndam di dalamnya.

Siapkan botol spray, kemudian isi larutan air cuka untuk disemprotkan pada permukaan. Jika dirasa kurang bersih, tambahkan beberapa tetes sabun, keringkan dengan handuk atau lap kain.

Bahan terakhir, kulit, sensitif terhadap pewarna, minyak, panas, sinar matahari, serta cuaca lembap. Jika sudah terkena kotoran, akan susah membersihkannya, sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih kulit.

Apabila menginginkan cara lebih mudah, gunakan air hangat, kain, sabun cuci tangan, serta kondisioner kulit. Campurkan air hangat dengan sabun cuci tangan seperlunya, rendam kain kemudian oleskan pada permukaan case.

Cara Membersihkan Casing HP Terkena Tinta 

Berapapun harga handphone tentu tidak menjamin akan terbebas dari kotoran seperti debu, noda tinta, atau noda lainnya. Meski dilindungi casing, tetap terlihat kotor, berikut cara membersihkan casing dengan benar. 

1. Siapkan Alat dan Bahan 

Ketika akan melakukan kegiatan apa saja, kamu perlu menyiapkan peralatan serta bahan-bahan yang dibutuhkan, termasuk membersihkan case. Alat-alat tersebut meliputi sikat gigi bekas, air hangat, alkohol, lap, serta baking soda. 

2. Tuangkan Air Hangat ke Wadah 

Cara membersihkan casing HP selanjutnya dengan tuangkan air hangat ke dalam mangkuk atau wadah lain, lakukan perlahan agar tidak tumpah hingga mengenai kulit. Pastikan sekeliling aman, jauhkan dari jangkauan anak kecil atau segala sesuatu yang berbahaya.

Masukkan baking soda secukupnya, tidak perlu terlalu banyak, setelah itu aduk bersama air hangat perlahan-lahan. Jika sudah terlarut, maka campuran sudah siap, tinggal menuju langkah selanjutnya.

3. Rendam Case Handphone 

Setelah dilepas dari handphone, masukkan case tersebut ke dalam campuran air hangat dengan baking soda sebelumnya. Pastikan semua bagian sudah terendam di dalam air, supaya pembersihan berjalan maksimal.

Rendam kurang lebih selama 15 menit, kamu akan dapat melihat noda tinta mulai terangkat. Supaya tidak bosan, kamu juga bisa menunggu sambil mengerjakan hal lain, misalnya membaca buku atau memasak.

4. Gosok Menggunakan Sikat Gigi 

Cara membersihkan casing HP selanjutnya yaitu menggosok case menggunakan sikat gigi tipis, lakukan perlahan agar tidak merusak warna. Pastikan semua bagian tergosok, terutama bagian yang terkena tinta, lakukan berulang kali.

5. Usapkan Alkohol

Teteskan alkohol ke permukaan case secukupnya atau menggunakan kapas, kemudian usapkan secara merata ke seluruh bagian. Setelah cukup kering, kamu dapat menggosoknya menggunakan lap bersih.

Cara Membersihkan Casing HP Putih yang Menguning 

Tampilan smartphone menjadi enak dipandang ketika masih baru, menjaga kebersihannya menjadi kewajiban pengguna. Jika ingin lebih hemat tanpa harus beli casing baru, sebaiknya lakukan cara-cara berikut ini.

1. Mencuci dengan Sabun 

Sabun cair untuk mandi atau sabun cuci piring bisa dijadikan alternatif bahan pembersih murah di rumah. Siapkan bahan utama sabun cair, air hangat, serta sikat gigi lembut sebelum membersihkan. 

2. Menggunakan Pasta Gigi 

Selama ini pasta gigi membantu tampilan gigi supaya bersih dan putih, apakah dapat digunakan juga pada casing handphone? Cara membersihkan casing HP berwarna dengan menggosok sikat gigi setelah dicampur odol.

3. Mengoleskan Minyak Kayu Putih 

Minyak putih menjadi bahan alternatif lainnya, murah dan mudah ditemukan dimana saja. Selain untuk menghangatkan badan atau penghilang gatal-gatal, gunakan minyak kayu putih untuk membersihkan permukaan pelindung handphone.

4. Cairan Pemutih Pakaian 

Ingin lebih cepat tanpa menunggu terlalu lama? Pakai saja cairan pemutih pakaian, sangat ampuh diaplikasikan pada silicon transparan, jangan sekali-kali mencobanya pada permukaan case berwarna, karena sifatnya merusak warna.

5. Penghapus Karet 

Ternyata selain bahan-bahan di atas, kamu juga dapat memanfaatkan penghapus karet sebagai alternatif lainnya. Meskipun lazim digunakan untuk menghapus coretan pensil, metode ini layak dicoba.

6. Boraks

Boraks dikenal sebagai bahan penjernih air, layak dicoba untuk cara membersihkan casing HP silikon transparan, hasilnya lebih bersih. Masukkan boraks ke dalam campuran air dan sabun cuci piring sebelum memulai.

7. Hand Sanitizer 

Apabila dalam kondisi darurat tidak ada bahan apapun yang dapat dimanfaatkan, hand sanitizer bisa menjadi pengganti paling mudah ditemukan. Karena hand sanitizer juga mengandung alkohol pembasmi kotoran.

Case Handphone Waterproof Atau Dustproof 

Menurut penelitian, ponsel membawa kuman sepuluh kali lipat daripada toilet, tidak mau tertular penyakit, kan? Selama pandemi atau kapan saja, kamu perlu cara membersihkan casing HP secara rutin.

Ketika memilih pelindung bagian luar, kamu akan dihadapkan pada opsi hardcase serta softcase, dengan kelebihan masing-masing. Namun ada jenis waterproof dan dustproof, akan memberikan perlindungan ekstra dari kotoran.

Beberapa HP mempunyai fitur waterproof, memungkinkan penggunaan di dalam air selama jangka waktu tertentu. Apabila tidak punya fitur tersebut, solusinya gunakan casing waterproof untuk melindungi dari kotoran dalam air.

Ada juga jenis lain bernama dustproof, dilengkapi fitur penutup lubang port untuk mencegah kotoran masuk dan merusak. Bagi pengguna HP yang hobi menjelajah alam, kedua pilihan case ini sangat direkomendasikan.

Untuk perlindungan ekstra, pakai desain flipcase, bentuknya mirip buku, menutupi bagian depan hingga belakang. Selain mengcover bagian body, juga melindungi layar dari segala potensi goresan. 

Flipcase mempunyai banyak jenis, dari perekat sampai magnet, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai penyangga. Hal ini sangat berguna supaya tidak terus menerus digenggam, sehingga mencegah kotoran menempel.

Pilihan berbagai jenis case di atas akan memudahkan kamu menghindari berbagai macam kotoran dari luar. Apalagi selama pandemi, pengguna smartphone perlu ekstra hati-hati dan waspada.

Supaya lebih mudah, bawa selalu tisu basah anti bakteri untuk melakukan pembersihan singkat setiap saat, setelah memegang apapun. Handphone adalah teman, namun jika kebersihannya kurang terjaga, akan membahayakan. 

Jangan lupa menjaga kebersihan tangan sebelum memegang case smartphone, untuk kebaikan kamu dan lingkungan sekitar. Cara membersihkan casing HP karet berwarna harus dilakukan secara rutin supaya lebih awet. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah